9 Motor Yang Cocok Untuk Tinggi Badan 140 Cm

Mencari tau rekomendasi tentang motor yang cocok untuk tinggi badan 140 cm merupakan langkah yang tepat untuk menemukan jenis motor yang cocok dikendarai oleh kamu yang bertubuh mungil dengan tinggi yang setara.

Dengan memilih motor yang sesuai dengan ukuran badan, anda bisa mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan mudah. Lantas apa sajakah jenis motor yang cocok untuk tinggi badan 140 cm? Ketahui selengkapnya dalam artikel ini!

Manfaat Memilih Motor yang Tepat Sesuai dengan Tinggi Badan

Manfaat Memilih Motor yang Tepat Sesuai dengan Tinggi Badan
Manfaat Memilih Motor yang Tepat Sesuai dengan Tinggi Badan

Sebelum lanjut menampilkan rekomendasi motor yang cocok untuk tinggi badan 140 cm, terlebih dahulu kami akan menjelaskan beberapa manfaat memilih motor yang tepat sesuai dengan tinggi badan.

Ada beberapa manfaat dari memilih motor yang tepat sesuai dengan tinggi badan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mempermudah timbang badan

Apakah anda termasuk sebagai pengendara pemula atau bahkan masih baru belajar? Jika iya, maka memilih motor yang sesuai dengan ukuran tubuh adalah langkah yang tepat!

Motor yang memiliki ketinggian sesuai dengan ukuran tubuh akan membantu kamu agar lebih mudah untuk timbang badan. Keseimbangan yang baik dapat membantu anda untuk lebih cepat mahir dalam mengendarai motor.

  • Motor lebih mudah dikendalikan

Memilih motor yang sesuai dengan tinggi badan juga dapat membawa dampak positif, yang mana motor akan lebih mudah dikendalikan, terutama saat akan berhenti atau berkendara di jalanan yang macet.

  • Berkendara terasa lebih nyaman dan aman

Dengan memilih motor yang setara dengan tinggi badan, biker akan mendapatkan kenyamanan saat berkendara. Berbeda dengan motor yang tinggi, apabila tidak sepadan dengan postur badan, maka yang menaiki nya akan kewalahan untuk mengendalikan motor sehingga memicu rasa kurang nyaman.

  • Kemudahan penyimpanan

Manfaat yang terakhir dari memilih motor yang sesuai dengan tinggi badan yaitu kemudahan dalam penyimpanan nya. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa motor yang sesuai ukuran tubuh akan lebih mudah dikendalikan. Nah, ini akan membantu pengendara untuk lebih mudah menyimpan motor di garasi maupun area parkir yang sempit.

Baca Juga :  10+ Rekomendasi Merk Sandal Wanita Yang Empuk, Stylish, Elegan Dan Terbaru

Motor yang Cocok untuk Tinggi Badan 140 Cm

Nah, berikut ini langsung saja kami tampilkan sejumlah rekomendasi motor yang cocok untuk tinggi badan 140 cm, mulai dari merk Honda, Yamaha, dan Suzuki.

1. Honda Scoopy

Motor yang Cocok untuk Tinggi Badan 140 Cm - Honda Scoopy
Motor yang Cocok untuk Tinggi Badan 140 Cm – Honda Scoopy

Rekomedasi motor yang cocok untuk tinggi badan 140 cm yang pertama adalah Honda Scoopy. Dimensi dan ukuran Honda Scoopy tergolong cukup mungil dan ringan sehingga cocok untuk kamu yang memiliki tinggi badan 140 cm ke bawah.

Motor ini memiliki spesifikasi, yakni: panjang 1864 mm, lebar 683 mm, dan tinggi 1075 mm dengan berat yang hanya berkisar sekitar 94-95 kg. Motor ini termasuk sebagai salah satu pilihan terlaris khususnya untuk para wanita, yang pada umumnya memiliki tubuh yang lebih kecil dibandingkan pria.

2. Yamaha Fino

 Yamaha Fino
Motor yang Cocok untuk Tinggi Badan 140 Cm – Yamaha Fino

Bagian yang kedua ini merupakan produk motor buatan Yamaha yang bernama Fino. Selain bobotnya yang ringan, Yamaha Fino ini juga memiliki ketinggian yang dapat dikatakan setara dengan ketinggian 140 cm.

Motor ini memiliki dimensi panjang 1870 mm, lebar 700 mm, dan tingginya 1066 mm. Ukurannya yang demikian tentu akan memudahkan anda serta memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman.

3. Honda Genio

 Honda Genio
Motor yang Cocok untuk Tinggi Badan 140 Cm – Honda Genio

Selanjutnya, ada juga rekomendasi motor yang cocok untuk tinggi badan 140 cm yaitu Honda Genio. Motor ini memiliki desain, termasuk tingginya dan bobot yang hampir serupa dengan varian Honda Scoopy.

Honda Genio memiliki dimensi total yaitu panjang 1869 mm, lebar 692 dan tinggi 1061 mm. Lihatlah perbandingan ukurannya dengan Scoopy, beda tipis banget kan gaes?

4. Yamaha Fazzio

Yamaha Fazzio
Motor yang Cocok untuk Tinggi Badan 140 Cm – Yamaha Fazzio

Fazzio adalah produk Yamaha yang diluncurkan 2 tahun lebih awal dibandingkan dengan Yamaha Fino. Motor ini juga termasuk sebagai salah satu varian motor yang cocok untuk tinggi badan 140 cm.

Hal tersebut dapat kamu perhatikan melalui dimensi motor Yamaha Fazzio yang memiliki panjang 1820 mm, lebar 685 mm, tinggi 1125 mm, tinggi tempat duduk 750 mm dan berat berkisar di angka 95 kg.

5. Yamaha Mio M3

Yamaha Mio M3
Motor yang Cocok untuk Tinggi Badan 140 Cm – Yamaha Mio M3

Masih dari produk Yamaha, kali ini kami memperkenalkan motor yang cocok untuk tinggi badan 140 cm yakni Yamaha Mio M3. Motor ini diciptakan dengan bobot sekitar 94 kg, dengan panjang 1070 mm, lebar 685 mm, tinggi 1035 mm, dan tinggi jok 750 mm.

Baca Juga :  6 Penyebab Kenapa Mau Bayar Bpjs Tapi Tagihan Sudah Terbayar

Namun sayangnya, sekarang motor ini sudah tidak diproduksi lagi. Jika anda ingin mendapatkan Mio M3, mungkin anda bisa mencarinya melalui situs atau platform jual beli sepeda motor bekas seperti misalnya Market Place Facebook.

6. Suzuki nex II

Suzuki nex II
Motor yang Cocok untuk Tinggi Badan 140 Cm – Suzuki nex II

Suzuki yang pada dominannya lebih banyak memproduksi motor jenis manual dan sport, ternyata memiliki juga varian motor matic yakni Suzuki Nex II yang sangat cocok digunakan oleh biker dengan tinggi badan 140 cm.

Motor ini memiliki bobot yang sangat ringan yaitu hanya 93 kg saja, dengan panjang 1890 mm, lebar 675 mm, dan tinggi 1045 mm.

7. Honda BEAT

Honda BEAT
Motor yang Cocok untuk Tinggi Badan 140 Cm – Honda BEAT

Rekomendasi motor yang cocok untuk tinggi badan 140 cm yang selanjutnya adalah Honda Beat. Beat series memiliki banyak varian seperti, CBS, CBS-ISS, Street, Deluxe dan lain-lain.

Semua varian Beat ini mendukung untuk digunakan oleh mereka yang memiliki tinggi badan yang rendah atu postur tubuh yang kecil.

Tak hanya itu, desain motor Beat juga terkenal simpel namun keren dan menarik hati. Menggunakan sepeda motor ini dapat menambah kepercayaan diri anda saat berkendara.

8. Honda Vario 110 eSP dan FI

Vario 110 eSP dan FI
Motor yang Cocok untuk Tinggi Badan 140 Cm – Vario 110 eSP dan FI

Rekomendasi motor yang cocok untuk tinggi badan 140 cm yang terakhir adalah Honda Vario 110 eSP dan juga 110 FI. Kedua varian ini sangat mendukung digunakan oleh mereka yang bertubuh mungil.

Kedua varian Honda Vario 110 eSP dan 110 FI ini memiliki dimensi dengan ukuran yang sama yakni 1.888 x 679 x 1.091 (PxLxT). Perbedaannya mungkin hanya terletak sedikit pada bagian desain nya serta penambahan fitur-fitur nya.

Tips Memilih Motor yang Sesuai dengan Tinggi badan 140 Cm

Setelah memberikan sejumlah rekomendasi motor yang cocok untuk tinggi badan 140 cm, selanjutnya kami akan memberikan anda panduan tentang tips memilih motor yang sesuai dengan tinggi badan 140 cm.

Ada beberapa tips yang dapat anda ikuti diantaranya adalah seperti:

1. Pertimbangkan jenis motor

Tips yang pertama, pertimbangkan jenis motor sesuai dengan selera dan gaya pribadi anda. Apakah anda akan memilih motor matic atau bebek. Dengan memilih motor yang sesuai, anda bisa mendapatkan kenyamanan dan lebih percaya diri dalam mengendarai nya.

2. Perhatikan tinggi jok motor

Tinggi jok motor juga berpengaruh terhadap ketinggian sepeda motor. Oleh karena itu, anda perlu memperhatikan bagian ini. Cobalah duduk diatas motor, dan lihat apakah kedua kaki anda dapat menyentuh tanah dengan baik.

3. Perhatikan bobot motor

Tidak cukup hanya memperhatikan ketinggiannya saja, namun anda juga perlu mempertimbangkan bobot motor. Agar lebih proporsional dengan postur tubuh anda, maka pastikan anda memilih bobot motor yang lebih ringan. Hal ini akan membuat anda lebih mudah untuk melajukan maupun menghentikan motor.

Baca Juga :  Sudah Bayar BPJS Tapi Masih Ada Tagihan? Berikut 8 Solusinya!

4. Perhatikan stang motor dan ergonomi

Selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah bagian stang motor dan ergonominya. Pastikan dudukan motor tidak terlalu jauh ke bagian stang motor. Selain itu, pastikan juga bagian stang motor tidak terlalu tinggi.

Motor dengan stang yang mudah dijangkau dengan posisi kaki yang tidak terlalu jauh akan menciptakan posisi yang lebih nyaman sehingga berkendara terasa lebih nyaman.

5. Bertanya pada dealer motor

Tips yang terakhir dalam memilih motor yang sesuai dengan tinggi badan 140 cm yakni dengan bertanya pada dealer motor atau orang yang punya pengalaman dibidangnya.

Jangan pernah ragu untuk menanyakan pada dealer motor, mengenai rekomendasi motor yang lebih cocok dengan postur tubuh anda. Mereka akan memberikan beberapa pilihan yang dapat anda pertimbangkan dan pilih sesuai selera.

Cara Mengurangi Tinggi Sepeda Motor Agar Sesuai dengan Ukuran Tubuh

Terlanjur membeli motor yang tingginya tidak sesuai dengan postur tubuh anda? Jangan khawatir! Berikut ini kami akan memberikan beberapa cara mengurangi tinggi sepeda motor agar sesuai dengan ukuran tubuh.

1. Turunkan atau ganti Shockbreaker menjadi lebih rendah

Langkah yang pertama bisa anda lakukan dengan menurunkan bagian suspensi atau shockbreaker motor. Atau mau yang lebih simpel? Bisa juga dengan langsung mengganti bagian shockbreaker dengan tipe yang lebih rendah.

Mintalah bantuan pada ahli yang berpengalaman seperti bengkel, karena tindakan mengatur ulang atau mengganti bagian shockbreaker ini memerlukan pemahaman khusus.

2. Pilih jok motor yang lebih tipis

Cara mengurangi tinggi sepeda motor yang selanjutnya bisa juga anda lakukan dengan mengganti bagian jok motor dengan bahan yang lebih tipis. Hal ini dapat dengan efektif mengurangi tinggi motor. Namun, perhatikan juga ya gaes, pastikan anda memilih jok yang berkualitas bagus, tidak terlalu tipis dan nyaman digunakan.

3. Mengganti ban motor

Ban motor juga termasuk sebagai salah satu bagian motor yang berpengaruh terhadap tinggi motor. Apabila ban motor anda dirasa lebih tinggi, maka anda bisa menggantinya dengan ban yang berukuran yang lebih kecil. Maka setelah itu, ketinggian motor anda pasti akan banyak berkurang.

Akhir Kata

Motor Yang Cocok Untuk Tinggi Badan 140 Cm
Motor Yang Cocok Untuk Tinggi Badan 140 Cm

Setelah mengetahui sejumlah rekomendasi motor yang cocok untuk tinggi 140 cm, kini anda menemukan bahan pertimbangan untuk memilih motor sesuai dengan proporsi tubuh anda yang tergolong mungil.

Selanjutnya anda hanya perlu memikirkan dari merk mana anda akan membeli sepeda motor, apakah Honda, Suzuki atau mungkin Yamaha? Selamat berpikir untuk menemukan motor impian. Semoga mendapatkan yang terbaik yah sobat Beadaily!

Artikel Menarik Lainnya