Apakah Chipset MediaTek Helio P35 Bagus Untuk Game? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

Apakah chipset MediaTek Helio P35 bagus untuk game? Chipset menjadi tolak ukur yang penting saat memilih ponsel untuk bermain game. Chipset yang mampuni mempengaruhi performa permainan, termasuk kecepatan mengeksekusi perintah-perintah permainan.

Chipset MediaTek Helio P35 adalah chipset yang digunakan di berbagai ponsel namun umumnya di segmen menengah ke bawah. Mereka yang tertarik dalam dunia gaming saat membeli ponsel yang menggunakan chipset ini pastinya akan mencari tahu apakah Chipset MediaTek Helio P35 bagus untuk game dan sebaliknya.

Maka Beadaily akan menjawab apakah Chipset MediaTek Helio P35 bagus untuk game atau tidak melalui pembahasan ini, simak langsung yuk!

Tentang Chipset MediaTek Helio P35

Tentang Chipset MediaTek Helio P35
Tentang Chipset MediaTek Helio P35

Untuk membahas lebih lanjut apakah chipset MediaTek Helio P35 bagus untuk game, mari berkenalan dengan chipset ini. Jadi MediaTek Helio P35 salah satu chipset yang dikembangkan oleh MediaTek untuk digunakan dalam ponsel pintar.

Chipset ini memiliki kombinasi GPU PowerVR yang berperan penting dalam aktivitas gaming. MediaTek Helio P35 menggunakan arsitektur octa-core yang terdiri dari delapan inti ARM Cortex, digunakan menjaga keseimbangan kinerja dan efisiensi daya.

Dari segi konektivitas, MediaTek Helio P35 mendukung berbagai fitur termasuk Wi-Fi, Bluetooth, GPSm 4G LTE untuk penuhi kebutuhan internet dan navigasi penggunanya. Sedangkan untuk performanya ditujukan untuk ponsel penggunaan sehari-hari.

Kelebihan dan Kekurangan Chipset MediaTek Helio P35

Sebelum memaparkan apakah chipset MediaTek Helio P35 bagus untuk game, mari bahas terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan chipset ini. Untuk kelas ponsel pintar MediaTek Helio P35 belum termasuk yang unggul, mereka yang paham performa lebih mempertimbangkan Qualcomm Snapdragon Series, Samsung Exynos Series atau seri MediaTek Dimensity yang lebih kompleks.

Karena chipset ini dikhususkan untuk ponsel menengah dengan performa baik, tentulah penting mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Berikut dijelaskan kelebihan dan kekurangan MediaTek Helio P35.

1. Kelebihan Chipset MediaTek Helio P35

Berikut ini kelebihan yang ditawarkan MediaTek Helio P35.

  • Menggunakan arsitektur octa-core dengan CPU ARM Cortex A53 yang berjalan hingga kecepatan 2.3GHz. Ini memberikan keseimbangan kinerja sehari-hari
  • Mendukung efisiensi daya ponsel
  • GPU powerVR GE8320 dengan closck 680 MHz
  • Memiliki hardware depth engine yang mengolah dan menghasilkan gambar bokeh profesional
  • Mendukung RAM LPDDR3 dan LPDDR4x (4GB dan 6GB) dan eMMC5.1
  • Mendukung tampilan FHD+ dan rasio aspek 20:9
  • Mendukung dual kamera 13MP dan kamera tunggal 25MP
  • Memiliki electronic image stabilition (EIS) dan rolling shutter compensation (RSC) untuk menghapus efek condong Sebagian Ketika mereka objek yang bergerak cepat.
  • Harga yang relatif terjangkau
Baca Juga :  100 Star Facebook Berapa Rupiah? Cek Disini!

2. Kekurangan Chipset MediaTek Helio P35

Tercatat ada beberapa kekurangan Chipset MediaTek Helio P35, berikut diantaranya:

  • Teknologi proses 12 nm yang cukup efisien namun tidak sebaik chipset Snapdragon sehingga rentan panas jika digunakan terlalu lama
  • Tidak cocok untuk gaming berat
  • Hanya bisa digunakan dalam mode smooth (mode terendah)
  • Performa CPU terbatas jadi tidak kompatibel digunakan dalam tugas berat atau aplikasi yang membutuhkan proses cepat

Apakah Chipset MediaTek Helio P35 Bagus untuk Game?

Apakah Chipset MediaTek Helio P35 Bagus untuk Game?
Apakah Chipset MediaTek Helio P35 Bagus untuk Game?

Apakah chipset MediaTek Helio P35 bagus untuk game? Melalui penjelasan diatas sebetulnya anda bisa memahami kapasitas chipset ini untuk gaming. Jika tertarik pada ponsel dengan komponen yang sama, mengetahui apakah chipset MediaTek Helio P35 bagus untuk game memang sangat perlu.

Chipset MediaTek Helio P35 sebetulnya bagus untuk game, namun dikhususkan untuk permainan ringan seperti Mobile Legends. Pemilik ponsel yang menggunakan MediaTek Helio mengklaim bahwa chipset ini masih aman digunakan tanpa ada kendala lag.

Sedangkan untuk permainan yang cukup berat seperti PUBG Mobile dan Genshin Impact tidak direkomendasikan karena MediaTek Helio P35 ini tidak mampu menghandle permainan dengan baik.

Ponsel yang Didukung MediaTek Helio P35

Setelah mengetahui apakah chipset MediaTek Helio P35 bagus untuk game, tentu perlu mengetahui ponsel yang menggunakan prosessor ini. Seperti yang sudah disebutkan, MediaTek Helio P35 dikhususkan untuk ponsel menengah maka harganya pun cukup terjangkau.

Berikut beberapa ponsel pintar yang menggunakan MediaTek Helio P35:

  • Vivo Y20
  • Vivo Y17
  • Samsung Galaxy A03s
  • Samsung Galaxy A12
  • Oppo A54
  • Oppo A15
  • Oppo A15s

Jenis Chipset MediaTek yang Dipakai di HP

Jenis Chipset MediaTek Helio yang Dipakai di HP
Jenis Chipset MediaTek Helio yang Dipakai di HP

Mencari jawaban apakah chipset MediaTek Helio P35 bagus untuk game membawa kita membahas urutan prosessor MediaTek yang digunakan pada HP. Chipset ini memiliki tingkatan masing-masing, bisa anda temukan pada ponsel harga terjangkau dan sebaliknya.

Baca Juga :  10 Syarat dan Link Daftar Agency Snack Video Terbaru 2024

Berikut kategori MediaTek yang umumnya dipakai pada ponsel pintar:

1. MediaTek Helio Series

MediaTek Helio Series adalah prosessor yang memiliki empat fraksi diantaranya:

  • Helio X series (2014-2017) SoC yang dirancang untuk HP kelas atas
  • Helio A series (2018-2020) untuk HP kelas entri
  • Helio P series (2015-2020) untuk HP kelas menengah dengan kemampuan multimedia dan efisiensi daya
  • Helio G series (2019-2024) untuk mendukung tren mobile gaming

2. MediaTek Dimensity

MediaTek Dimensity
MediaTek Dimensity

MediaTek Dimensity series adalah chipset yang dirancang memberikan performa tinggi, efisiensi daya, dan konektivitas yang baik. Chipset ini termasuk kompleks dengan beberapa fitur unggul. Chipset ini hadir dengan beberapa seri yaitu MediaTek Dimensity 700 Series, Dimensity 800 Series, Dimensity 900 Series, dan MediaTek Dimensity 1000 Series.

Lalu perusahaan MediaTek kemudian mengganti seri Dimensity 700 dan 800 dengan Dimensity 6000 series yang menaungi chipset 5G kelas terjangkau. Sedangkan Dimensity 900 diganti dengan Dimensity 7000 series.

Sedangkan Dimensity 8000 merupakan hasil dari Dimensity 1000 series yang dihuni chipset 5G kelas menengah. Lalu ada Dimensity 9000 merupakan hasil representasi chipset 5G kelas flagship. MediaTek Dimensity memiliki beberapa fitur unggul dan kelebihan berikut ini:

  • Perfoma tinggi dengan processor octa-core untuk meningkatkan kinerja multitasking dan pengolahan grafis
  • Dilengkapi GPU Mali-G series yang mendukung reolusi tinggi dan refresh rate untuk gaming
  • Dari segi konetivitasnya, MediaTek Dimensity series mendukung teknologi 4G dan 5G
  • Prosessor ini dirancang untuk fokus pada efisiensi daya sehingga mengoptimalkan masa pakai baterai
  • Didukung tekologi HDR10+ dan pengolahan kamera yang canggih
  • MediaTek Dimensity juga mendukung pemprosesan AL untuk mengoptimalkan kamera, fitur Al, dan pengelanan wajah.

3. MediaTek Seri Lawas

MediaTek Seri Lawas menggunakan nama MT yang diikuti empat angka. Model seri ini pernah dirilis antara lain MediaTek MT6753, MediaTek MT6752, dan MediaTek MT6750. Ketiganya masuk dalam kategori kelas menengah. Fitur-fitur chipset MediaTek seri lawas ini antara lain CPU octa-core, konektivitas 4G CAR6, dan teknologi fast charging Pump Express.

Chipset ini banyak digunakan pada ponsel local seperti Evercoss yang secara umum memiliki harga terjangkau. Jadi chipset ini memiliki kemampuan yang baik untuk harga tersebut.

Bacaan menarik untuk anda: Rekomendasi HP Vivo Harga 1 Jutaan RAM 6GB

Jenis Chipset MediaTek Terbaik

Jenis Chipset MediaTek Terbaik
Jenis Chipset MediaTek Terbaik

Saat membahas apakah chipset MediaTek Helio P35 bagus untuk game, pernyataan jenis terbaik perlu anda ketahui. Ini bisa berbicara tentang perfoma CPU yang kuat dan efisien, kulitas grafis yang kompleks, konektivitas terbaru, efisiensi daya serta dukungan teknologi.

Baca Juga :  Rekomendasi HP Vivo Harga 1 Jutaan RAM 6GB Terbaik

Apakah dari ketiga seri chipset MediaTek diatas, Helio P35 termasuk atau tidak. Maka mari kita beranjak dari pembahasan apakah chipset MediaTek Helio P35 bagus untuk game, anda perlu mengetahui manakah jenis chipset MediaTek terbaik.

  • MediaTek Dimensity 9300

Jenis chipset MediaTek terbaik hadir dari seri Dimensity 9300 yang dirilis pada November 2023. CPU di chipset ini merupakan gabungan dari komponen penting mulai dari GPU immortalis-G720 MC12, prosessor Al MediaTek APU 790, ISP imaqiq 990, modem 5G, dan display driver MediaTek MiraVision 990.

Komposisi penting pada CPU nya mendukung empat inti prima cortex-X4 (3,25 gHz) dan empat inti performa cortex-A720 (2.0 Ghz). Chipset ini biasanya hadir pada smartphone yang memiliki performa gahar seperti vivo X100,Vivo X100s, Vivo x100 Pro, dan Vivo iQOO Neo 9 Pro.

  • MediaTek Dimensity 1200

Kemudian ada MediaTek Dimensity 1200 yang memiliki performa tinggi dengan efisiensi daya. Disuguhkan Octa-core dengan struktur 1+3+4, terdiri dari satu core cortex-A78 yang kuat, tiga core Cortex-A78, dan empat core cortex-A5 yang melakukan tugas-tugas ringan.

Chipset ini mendukung performa grafis yang optimal, beberapa HP yang menggunakan prosessor Dimensity 1200 adalah Realme X9 Pro, Realme X7 Max 5G, Oppo K9 Pto, Vivo X70 Pro, Oneplus Nord 2 5G, Oppo Reno 6, dan Xiaomi 11 T.

  • MediaTek Dimensity 8300

Dimensity 8200 dari MediaTek adalah chipset yang bersaing di kelas menengah premium. Salah satu keunggulan nya yaitu efisiensi tinggi dan fitur HyperEngine 6.0 untuk mengoptimalkan kemampuan chipset saat bermain game.

Komponen Utama chipset ini adalah delapan inti CPU, enam inti GPU Mali-G610, prosessor gambar MediaTek Imaqiq 785, prosessor Al MediaTek APU 580 dan Tampilan MediaTek MiraVision 785 display. Beberapa ponsel dengan Chipset Dimensity 8200 yaitu Vivo S16 Pro, Xiaomi K6OE, Vivo V27 Pro, dan iQOO Neo 7 SE.

Penutup

Apakah Chipset MediaTek Helio P35 Bagus untuk Game?
Apakah Chipset MediaTek Helio P35 Bagus untuk Game?

Dengan terjawabnya apakah Chipset MediaTek Helio P35 bagus untuk game maka anda bisa mempertimbangkan game ringan untuk smartphone yang memakai chipset ini. Sedangkan untuk permainan berat seperti PUBG Mobile, Beadaily rekomendasikan ponsel yang menggunakan chipset MediaTek Dimensity 8300 atau jenis lain seperti Snapdragon.

Semoga penjelasan diatas cukup untuk menjawab apakah chipset MediaTek Helio P35 bagus untuk game, terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya