9 Cara Mengembalikan Akun TikTok Dengan Nama Pengguna

Ternyata masih banyak sekali pengguna Aplikasi TikTok yang masih belum mengetahui cara mengembalikan akun TikTok dengan nama pengguna meskipun telah menggunakan aplikasi TikTok dalam waktu yang cukup lama. Karena itu pada kesempatan ini kamu akan memberikan informasi mengenai cara mudah untuk mengembalikan akun TikTok dengan menggunakan nama pengguna.

Cara Mengembalikan Akun TikTok Dengan Nama Pengguna

Cara Mengembalikan Akun TikTok Dengan Nama Pengguna
Cara Mengembalikan Akun TikTok Dengan Nama Pengguna

Sebenarnya, untuk mengembalikan akun TikTok menggunakan nama pengguna tidaklah sulit. Hanya saja ada beberapa langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk bisa mengembalikan akun TikTok menggunakan nama pengguna. Nah, adapun cara mengembalikan akun TikTok dengan nama pengguna adalah sebagai berikut:

  • Buka Aplikasi TikTok

    Buka Aplikasi TikTok
    Buka Aplikasi TikTok

Langkah pertama pada cara mengembalikan akun TikTok dengan nama pengguna adalah dengan membuka aplikasi TikTok yang ada di ponsel Anda. Jika Anda belum memiliki aplikasi tersebut silakan terlebih dahulu Anda mengunduh aplikasi TikTok di Google Play atau Apps Store. Jangan sampai mengunduh aplikasi TikTok dari sumber yang tidak jelas serta tidak bisa dipercaya keamanannya.

Sebab, mengunduh aplikasi TikTok dari sumber yang tidak dikenal dan tidak terpercaya bisa menimbulkan berbagai masalah untuk Anda nantinya. Hal ini dikarenakan aplikasi yang diunduh dari sumber yang tidak terpercaya sangat berisiko disusupi malware atau virus yang bisa mengganggu kinerja perangkat atau bahkan bisa juga mencuri data Anda.

  • Pilih Opsi Login Memakai Nama Pengguna

Setelah Anda berhasil masuk pada halaman utama aplikasi TikTok, langkah berikutnya pada cara mengembalikan akun TikTok dengan nama pengguna yang perlu Anda lakukan adalah dengan memilih opsi login memakai nama pengguna. Karena itu, abaikan opsi lain yang disediakan aplikasi TikTok dan fokus mencari opsi login memakai nama pengguna. Setelah Anda menemukan opsi tersebut langsung klik opsi tersebut.

  • Memasukkan Nama Pengguna

Begitu menekan opsi login menggunakan nama pengguna, Anda akan diminta untuk memasukkan nama pengguna yang Anda gunakan pada aplikasi TikTok. Meskipun tahapan ini merupakan yang paling mudah pada cara mengembalikan akun TikTok dengan nama pengguna, nyatanya ada banyak orang yang tidak berhasil melakukan ini. Hal ini disebabkan karena salah menuliskan nama pengguna yang digunakan pada akun TikTok.

Seringkali yang menjadi alasan orang salah menuliskan nama pengguna adalah karena lupa dengan nama penggunanya sendiri. Biasanya ini terjadi karena nama pengguna yang digunakan terlalu susah sehingga membuat pemiliknya sendiri sampai lupa. Itulah mengapa pemilihan nama pengguna perlu dipikirkan dengan sungguh-sungguh dan tidak sembarangan.

Untuk mencegah hal ini terjadi, ada baiknya Anda menggunakan nama pengguna yang tidak sulit dan mudah diingat. Nah, nama yang mudah diingat ini misalnya nama diri sendiri, nama orang terkasih, nama hewan peliharaan, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin menggunakan nama yang mudah diingat namun juga unik Anda bisa membuat singkatan dari kombinasi nama-nama tersebut.

  • Lupa Kata Sandi

    Lupa Kata Sandi
    Lupa Kata Sandi

Sesudah memasukkan nama pengguna, silakan Anda memilih opsi kata sandi. Fungsi opsi lupa sandi ini adalah agar membantu pengguna yang lupa kata sandi bisa tetap masuk ke akun TikTok-nya. Namun seperti yang telah dijelaskan di atas,  agar proses login ini berhasil dilakukan pastikan nama pengguna yang Anda masukkan sudah benar.

  • Masukkan Nomor Telepon Atau Email Yang Digunakan Saat Mendaftar TikTok

Langkah selanjutnya pada cara mengembalikan akun TikTok dengan nama pengguna setelah memilih opsi lupa kata sandi adalah dengan memasukkan nomor telepon atau bisa juga email yang digunakan saat Anda mendaftar akun TikTok. Pilih saja salah satu yang sekiranya Anda masih memiliki akses penuh .

Baca Juga :  7 Perbedaan Caviplex Dan Enervon C: Manfaat, Efek Samping, Dan Aturan Pakai

Jadi misalnya nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar sudah tidak digunakan Anda bisa menggunakan email. Sebaliknya, jika Anda lupa email yang digunakan untuk mendaftar akun TikTok Anda bisa menggunakan nomor. Nantinya nomor telepon atau email yang Anda masukkan digunakan untuk menerima kode verifikasi dari aplikasi TikTok.

Kode tersebut nantinya yang akan digunakan oleh pengguna untuk bisa masuk ke akun TikTok. Karena itulah, jangan berikan kode tersebut ke siapa pun. Sebab siapa saja yang memiliki kode tersebut bisa bebas memasuki akun TikTok Anda dan memiliki akses penuh terhadap akun tersebut.

Sedikit saran, karena ada beberapa kasus dimana pengguna benar-benar kehilangan akses terhadap keduanya, ada baiknya Anda melakukan pembaharuan. Jadi misalkan nomor telepon sudah tidak aktif, silakan melakukan pembaharuan nomor telepon Anda pada aplikasi TikTok. Begitu juga ketika Anda lupa email yang digunakan saat mendaftar TikTok, segera ganti email yang tercantum pada TikTok dengan email baru Anda.

  • Masukan Kode Verifikasi

    Masukan Kode Verifikasi
    Masukan Kode Verifikasi

Langkah berikutnya pada cara mengembalikan akun TikTok dengan nama pengguna yang harus Anda lakukan adalah memasukkan kode verifikasi yang diterima sesegera mungkin. Jangan terlalu lama memasukkan kode verifikasi yang diterima sebab ada waktu batasan waktu untuk memasukkan kode tersebut. Perlu Anda ingat, kode verifikasi ini tidak bisa dipakai berulang kali alias hanya bisa sekali pakai.

Jika Anda tidak berhasil memasukkan kode verifikasi sesuai waktu yang ditentukan atau malah tidak mendapatkan kode verifikasi sama sekali, silakan klik opsi kirim ulang kode verifikasi. Nantinya, aplikasi akan mengirimkan lagi kode verifikasi yang dapat Anda gunakan untuk masuk ke akun TikTok menggantikan kode verifikasi lama.

  • Setel Ulang Password

Setelah Anda memasukkan kode verifikasi langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan pada cara mengembalikan akun TikTok dengan nama pengguna adalah dengan menyetel ulang kata sandi. Nah, saat menyetel ulang kata sandi ini Anda tidak perlu sembarangan. Sebab, jika kata sandi baru yang Anda masukkan terlalu lemah besar kemungkinan besar akun Anda akan dibobol oleh hacker.

Karena itu Anda harus menyusun kata sandi yang kuat dan tidak mudah untuk dibobol. Untuk membuat kata sandi yang kuat ini Anda bisa menggunakan perpaduan angka, huruf besar dan kecil, serta simbol-simbol. Tetapi ingat, pastikan Anda mengingat kata sandi yang telah dibuat tersebut agar jika suatu saat ingin login menggunakan perangkat yang berbeda Anda tidak kebingungan.

Baca Juga :  5+Cara Mendapatkan Kuota Gratis Smartfren Terbaru 2024

Alternatif lainnya jika Anda tidak ingin mengingat kata sandi yang dibuat Anda bisa mencatatnya di buku atau aplikasi pencatatan. Sehingga jika suatu saat ingin melihat kembali kata sandi tersebut Anda hanya harus membuka catatan

  • Login

Setelah melakukan semua langkah-langkah cara mengembalikan akun TikTok dengan nama pengguna di atas, Anda hanya perlu melakukan login dengan memasukkan nama pengguna dan kata sandi. Setelah itu, Anda akan secara otomatis akan masuk ke halaman beranda pada akun TikTok. Jika sudah seperti itu, Anda bisa dengan bebas menggunakan aplikasi TikTok sesuai dengan keinginan Anda.

Baca juga: 30+ Link Penambah Followers TikTok Gratis Tanpa Aplikasi

Cara Mengembalikan Akun Yang Terblokir

Cara Mengembalikan Akun Yang Terblokir
Cara Mengembalikan Akun Yang Terblokir

Selain mengetahui cara mengembalikan akun TikTok dengan nama pengguna ada baiknya Anda juga mengetahui cara untuk bisa mengembalikan akun TikTok yang terblokir. Hal ini bertujuan jika suatu saat akun Anda mengalami pemblokiran oleh pihak TikTok, Anda tidak akan khawatir, sebab Anda sudah mengetahui cara untuk menangani hal ini.

Perlu Anda ketahui cara untuk bisa mengembalikan akun TikTok yang terblokir cukup mudah, sebab langkah yang perlu Anda lakukan untuk membuka akun yang terblokir  jauh lebih sedikit dibandingkan langkah-langkah pada cara mengembalikan akun TikTok dengan nama pengguna. Nah, adapun cara untuk bisa membuka akun TikTok yang terblokir adalah seperti berikut ini:

1. Login Ke Akun Yang Diblokir Oleh TikTok

Langkah pertama yang harus Anda lakukan agar pihak TikTok membuka blokiran akun Anda adalah dengan login ke akun TikTok Anda yang diblokir. Cara untuk bisa login ke akun TikTok ini sangatlah mudah, sebab Anda hanya harus memasukkan nama pengguna serta kata sandi. Namun jika Anda lupa kata sandi dari akun TikTok tersebut akan sulit bagi Anda untuk bisa membuka akun yang di blokir tersebut.

Baca Juga :  Cara Menang Undian Telkomsel Undi-Undi Hepi Terbaru Tahun 2024

Karena itulah, jika ingin membuka akun yang diblokir TikTok jangan sampai Anda lupa kata sandi dan nama pengguna dari akun TikTok. Dengan begitu proses untuk membuka akun yang terblokir tersebut bisa berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.

2. Tekan Tombol Permohonan Banding

Setelah berhasil login ke akun TikTok Anda yang terblokir, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan menekan tombol permohonan banding. Sebab, tanpa menekan tombol ini Anda tidak akan bisa melanjutkan proses permohonan banding.

3. Isi Kolom Yang Disediakan

Nah begitu Anda menekan tombol permohonan banding, Anda akan diarahkan ke halaman deskripsi. Pada halaman ini Anda perlu menuliskan permintaan maaf yang setulus mungkin agar pihak TikTok mau mengabulkan permintaan Anda untuk membuka blokiran pada akun TikTok milik Anda. Selain menyampaikan permintaan maaf ada baiknya Anda juga menyertakan alasan yang kuat dan juga masuk akal yang bisa dijadikan pertimbangan oleh pihak TikTok mengabulkan permintaan Anda.

Itulah mengapa Anda perlu menghindari menuliskan sesuatu yang buruk atau alasan yang tidak masuk akal pada kolom deskripsi. Sebab, hal-hal tersebut malah akan menjadi penyebab ditolaknya permohonan Anda.

4. Tekan Tombol Ajukan Banding

Begitu Anda telah selesai menuliskan permintaan maaf pada kolom deskripsi langkah yang perlu Anda lakukan hanyalah menekan tombol ajukan banding. Begitu Anda menekan tombol ajukan banding, maka secara otomatis permintaan Anda akan langsung terkirim kepada pihak TikTok.

5. Tunggu Balasan Dari Pihak TikTok

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan hanyalah menunggu TikTok meninjau permohonan Anda dan kemudian memberikan balasan atas permintaan Anda. Waktu tunggu ini bisa berbeda, tergantung banyak atau tidaknya orang yang melakukan permintaan ini. Namun waktu tunggu ini umumnya hanya sekitar 24 jam saja.

Jika permintaan Anda dikabulkan, maka Anda sudah bisa menggunakan akun TikTok Anda seperti biasanya. Namun apabila permintaan ditolak, Anda bisa mengajukan ulang permohonan banding kepada pihak TikTok. Nah, alternatif lainnya jika tidak ingin mengajukan permohonan banding ulang, Anda bisa membuat akun TikTok yang baru.

Cara Mengembalikan Akun TikTok Dengan Nama Pengguna
Cara Mengembalikan Akun TikTok Dengan Nama Pengguna

Jadi begitulah informasi mengenai pada cara mengembalikan akun TikTok dengan nama pengguna yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi mengenai pada cara mengembalikan akun TikTok dengan nama pengguna yang kami sampaikan di atas dapat berguna serta menambah wawasan Anda.

Artikel Menarik Lainnya