20+ Rekomendasi Film Romantis Indonesia Rating Tertinggi

Dari berbagai genre film yang ada, rekomendasi film romantis Indonesia menjadi solusi untuk kamu yang menyukai adegan manis. Film ini sangat cocok  ditonton sebagai relaksasi dengan alur cerita yang menyentuh.

Hingga saat ini cukup banyak genre film romantis berkualitas di Indonesia, bahkan menduduki peringkat tinggi sebagai film yang paling banyak ditonton. Alur film ini mampu membuat penonton terseret dalam apik nya cerita dan begitupun chemistry yang dibangun patut di acungi jempol.

Rekomendasi Film Romantis Indonesia

Produksi film lokal telah berkembang dengan berbagai genre yang memukau, mulai dari film aksi, dokumenter, komedi hingga film romantis. Jika kita kilas balik, dunia film Indonesia lebih berfokus memproduksi film romansa dari aktor/aktris terpopuler.

Hal tersebut bisa dibuktikan banyaknya film yang membekas di ingatan masyarakat tanah air. Maka, kamu juga bisa mencoba keseruan dari film romantis tersebut. Mulai dari film yang diangkat dari kisah nyata, berikut rekomendasi film romantis Indonesia dengan rating tertinggi.

  • Rekomendasi Film Indonesia Romantis Terbaru

Untuk genre film romantis terbaru, inilah beberapa judul yang patut kamu masukkan kedalam daftar tontonan.

1. Ancika: Dia yang Bersamaku 1995

Ancika: Dia yang Bersamaku 1995
Ancika: Dia yang Bersamaku 1995

Rekomendasi film Indonesia romantis yang terbaru jatuh kepada Ancika: Dia yang Bersamaku 1995. Film Ancika yang berlatar belakang tahun 1995 merupakan trilogi hubungan Dilan dan Milea yang sempat populer di film sebelumnya, yaitu Dilan 1990, Dilan 1991, dan Milea: Suara dari Dilan.

Film ini menceritakan kisah cinta Dilan dengan seorang wanita bernama Ancika. Diceritakan dalam film, Dilan jatuh cinta kepada Ancika yang tidak suka geng motor dan dilan. Segala upaya dilakukan Dilan untuk menaklukkan hati gadis itu, hingga ” dia (milea) memang punya sejarah, tapi aku punya Dilan” terucap Ancika.

2. Kupu-Kupu Kertas

Kupu-Kupu Kertas
Kupu-Kupu Kertas

Di urutan kedua ada film kupu-kupu kertas sebagai salah satu rekomendasi film Indonesia romantis terbaru. Film ini mengisahkan perjalanan cinta Ihsan dan Ning yang terhalang ideologi. Ihsan seorang lelaki yang lahir di lingkungan organisasi NU, sedangkan ning tumbuh di lingkungan simpatisan PKI.

Pada tahun 1965, hubungan kedua golongan geng tersebut memanas karena memperebutkan lahan. Namun, Ning dan Ihsan tidak mempermasalahkan latar belakang keluarga yang berbeda. Pada akhirnya situasi semakin memanas, akahkan kisah cinta kedua sejoli ini berakhir bahagia? Saksikan kelanjutanya kisah cintanya di bioskop kesayanganmu.

3. OOTD: Outfit Of The Designer

OOTD: Outfit Of The Designer
OOTD: Outfit Of The Designer

Film OOTD termasuk karya lokal yang mengangkat teman fashion dengan kisah cinta yang penuh plot twist. OOTD menngisahkan Nare, seorang mahasiswi desainer fashion di Birmingham, Inggris yang jatuh cinta pada seorang fotografer bernama Bagas. Namun perjalanan cinta menuai banyak masalah, munculnya perasaan dikhianati hingga berada di hubungan toxic.

4. Galaksi

Rekomendasi film Romantis Indonesia - Galaksi
Galaksi

Rekomendasi film Indonesia romantis terbaru selanjutnya adalah Galaksi. Film ini sempat populer di Bioskop karena mengangkat cerita cinta romantis di bangku SMA antara Galaksi dan Kejora. Galaksi sendiri adalah ketua geng Ravispa.

Kedua sejoli ini dipertemukan saat urusan Kejora dengan Ravista yang merupakan musuh dari geng Ravispa. Permusuhan kedua geng ini membuat Galaksi semakin sering bertemu dengan Kejora, dan tanpa disadari mereka menaruh hati satu sama lain. Lalu bagaimanakah akhir dari kisah cinta Galaksi? Saksikan kelanjutannya di aplikasi streaming favoritmu!

  • Rekomendasi Film Romantis Indonesia Rating Tertinggi

Jika diatas kumpulan film terbaru, maka kamu pecinta tayangan romatis tidak boleh ketinggalan film Indonesia dengan rating tertinggi. Walaupun dimbil perbandingan dengan produksi terbaru, film-film tidak kalah menarik meskipun menggunakan teknologi yang lebih terbatas. Berikut rekomendasi film romantis Indonesia rating tertinggi dari waktu ke waktu.

Baca Juga :  100+ Link Telegram Drama Korea Sub Indo Terbaru 2024

1. Dilan 1990 dan 1991

Dilan 1990 dan 1991
Dilan 1990 dan 1991

Rekomendasi film romantis Indonesia yang paling populer yaitu Dilan 1990 dan 1991. Film ini diadaptasi dari novel dan merupakan kisah nyata. Menceritakan perjalanan romantis antara Dilan geng motor di bandung yang nakal dengan Milea, gadis manis dan polos.

Untuk film romansa, Dilan memang layak kamu tonton karena setiap menit dipenuhi percakapan-percakapan menyentuh berlatar belakang tahun 1990 dan 1991. Konfik juga tergambar dengan baik saat Milea dan Dilan cekcok karena kebiasaan Dilan berkelahi dengan geng motor yang lain.

Film Dilan 1990 diproduksi tahun 2018 berhasil mengumpulkan 6.315.664 penonton dan menduduki peringkat pertama film genre romansa terlaris. Sedangkan Dilan 1991 meraih 5.253.411 penonton.

2. Habibie & Ainun

Habibie & Ainun
Habibie & Ainun

Lalu ada Habibie & Ainun sebagai drama biografi yang populer. Rekomendasi film romantis Indonesia ini diangkat dari memoar berjudul sama dari Presiden Republik Indonesia ke-3, Alm. BJ Habibie mengenai kisah hidupnya bersama mendiang istrinya, Hasri Ainun Habibie.

Film ini mengisahkan Rudy Habibie seorang genius ahli pesawat jatuh cinta kepada Aninun, dokter muda yang cerdas. Mereka kemudian menikah dan berpindah ke Jerman dan memulai perjalanan mimpi yang tidak mudah. Film yang diproduksi MD pictures ini berhasil menggaet 4.601.249 penonton.

3. Ayat-Ayat Cinta

Ayat-Ayat Cinta
Ayat-Ayat Cinta

Masih dari produksi MD Pictures, rekomendasi film Indonesia romantis ini adalah ayat-ayat cinta. Menceritakan kehidupan Fahri (Fedi Nuril) yang mengejar gelar masternya di Universitas Al-Azhar, Kairo. Kehidupannya sangat sederhana, ia bekerja sebagai penerjemah buku namun tidak antusias untuk menikah.

Kemudian Fahri bertemu dengan Maria Girgis, perempuan Mesir Kristen yang mengagumi Al-Qur’an dan menaruh hati pada Fahri. Namun Fahri akhirnya jatuh hati pada perempuan bercadar bernama Aisha. Konflik tergambar saat Fahri dan Aisha menikah, dimana fitnah mulai timbul dari wanita-wanita yang sempat menaruh hati padanya termasuk Maria.

Film yang dirilis tahun 2008 ini telah ditonton 3.676.135 termasuk di jajaran rekomendasi film romantis Indonesia terlaris.

3. Film Romantis Indonesia Latar SMA

Pada dasarnya rekomendasi film romantis Indonesia lebih sering mengusung latar belakang SMA. Film-film seperti ini menyajikan alur cerita ringan, dapat kamu saksikan bersama pasangan dan anggota keluarga. Langsung saja, berikut rekomendasi film romantis Indonesia dengan latar belakang SMA.

1. Gita Cinta dari SMA

Gita Cinta dari SMA
Gita Cinta dari SMA

Gita cinta dari SMA mengisahkan perjalanan cinta masa SMA yang terhalang kelas sosial. Film ini berlatar belakang tahun 1980-an yang menceritakan Ratna Suminar (Prilly Latuconsina) sebagai siswi baru bertemu dengan Galih Rakasiwi (Yesaya Abraham) seorang siswa yang bersikap dingin.

Galih dan Ratna kemudian jatuh hati satu sama lain. Sayangnya, hubungan mereka ditentang ayah Ratna karna perbedaan kelas sosial. Sebagai rekomendasi film romantis Indonesia, kemurnian dan perjuangan cinta tergambar dengan apik oleh dua aktor dan aktris tanah air, Prilly dan Yesana.

2. Dear David

Dear David
Dear David

Rekomendasi film romantis Indonesia latar belakang SMA selanjutnya yaitu Dear David. Film ini menceritakan Laras, seorang murid pintar penerima beasiswa. Dia terkenal memiliki sifat sederhana dan tidak neko-neko, namun dibalik itu semua Laras memiliki blog rahasia berisi fantasi liarnya tentang David.

Bukan hanya kisah cinta, Dear David menceritakan persimpangan hidup remaja dengan media sosial dan cinta segitia. Laras sebagai karakter utama harus mempertaruhkan masa depannya saat blog terbongkar dan dibaca oleh seluruh murid sekolah. Bagaimana kelanjutan kisah Dear David? kamu bisa saksikan di aplikasi streaming sekarang!

3. Mariposa

Mariposa
Mariposa

Satu lagi rekomendasi film romantis Indonesia latar belakang SMA yang dibintangi aktor tampan Angga Yunanda dan Adhisty Zara. Mariposa menceritakan seorang siswi pindahan bernama Acha yang menyukai Iqbal. Keduanya sama-sama berprestasi namun memiliki karakter yang berbeda jauh. Acha seorang yang ambisius sedangkan Iqbal keras kepala dan bersikap dingin.

Baca Juga :  10 Ide Usaha Ternak Yang Menguntungkan dan Mudah Dikelola

Acha melakukan berbagai cara untuk mendapatkan hati Iqbal, sayangnya dia menerima penolakan terang-terangan. Acha bukan tipe perempuan yang gampang menyerah, ia tetap bertahan untuk menaklukkan Iqbal. Akankah kisah cinta mereka berakhir bahagia?

4. Teman Tapi Menikah

Teman Tapi Menikah
Teman Tapi Menikah

Rekomendasi film romantis Indonesia berikut ini diambil dari kisah perjalanan cinta Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percusion. Berawal dari sahabat, ternyata Ditto telah menyimpan rasa pada Ayu selama 11 tahun. Keduanya bertemu saat SMP dan berlanjut ke bangku SMA, mereka kerap bertukar cerita satu sama lain dan memiliki pasangan masing-masing.

Disamping itu, Ditto melakukan segala cara untuk menyatakan perasaanya namun Ayu hanya menganggap mereka sebagai teman curhat saja. Kamu yang tertarik dengan alur cerita ringan dengan kesan mendalam, Teman tapi Menikah sangat direkomendasikan. Setiap scene terasa apik yang diperankan Adipati Dolken dan Vanessa Pricilia!

5. Galih dan Ratna

Galih dan Ratna
Galih dan Ratna

Kisah cinta bermula karena minat dalam musik dikemas dalam film berjudul Galih dan Ratna. Galih seorang siswa SMA yang memiliki minat di bidang musik namun terhalang ibunya, sedangkan Ratna siswi pindahan yang juga memiliki minat yang sama.

Awal mula kedekatan kedua remaja ini karena Ratna tertarik dengan walkman yang digunakan Galih. Ratna dan Galih merupakan hasil remake film Gita Cinta dari SMA (1979) dengan menggandengan Sheryl Sheinafia sebagai Ratna dan Refal Hady sebagai Galih.

4. Rekomendasi Film Romatis Indonesia Happy Ending

Film romantis yang berakhir manis tentu lebih disukai. Meskipun tidak semua film dikemas “happy ending” namun beberapa rekomendasi dibawah dapat kamu jadikan pilihan untuk ditonton.

  •  Imperfect

Imperfect
Imperfect

Imperfect adalah rekomendasi film romantis Indonesia yang menyuguhkan akhir cerita bahagia. Film ini menceritakan seorang perempuan gemuk bernama Rara (Jessica Mila) yang mengikuti gen sang ayah. Sedangkan adiknya Lulu (Yasmin Napper) mengikuti gen ibu dengan badan proporsional.

Rara tidak peduli meski tubuhnya dijadikan gunjingan keluarga dan rekan. Terlebih wanita ini memiliki Dika, kekasih yang mencintai dia apa adanya. Ketidakpedulian akan bobot tubuh perlahan hilang saat dia ditawari posisi tinggi oleh bosnya. Rara mulai insecure dan melakukan berbagai cara mendapatkan badan ideal. Imperfect memiliki alur yang sederhana, adegan romantisnya pun pasti buat penonton sumringah.

  • Jilbab Traveler

Jilbab Traveler
Jilbab Traveler

Lalu ada Jilbab Traveler sebagai rekomendasi film romantis Indonesia yang diadaptasi dari novel Asma Nadia. Menceritakan kisah Rania, seorang penulis yang dikenal sebagai “Jilbab Traveler” karena perjalanannya di seluruh dunia menggunakan hijab. Namun ketika dia kembali ke Indonesia, Rania menghadapi konflik cinta segitiga antara Hyun Geun dan Ilhan.

Lalu bagaimanakah akhir dari kisah Rania? Saksikan kelanjutan kisah cinta segitiga dari film rilisan 2016 ini di aplikasi streaming kesayanganmu.

  • Noktah Merah Perkawinan

Noktah Merah Perkawinan
Noktah Merah Perkawinan

Noktah merah perkawinan salah satu rekomendasi film romantis Indonesia dengan naskah yang apik. Film ini menceritakan suami istri yang saling mencintai, Ambar dan Gilang yang menghadapi konflik rumah tangga karena berbeda pemahaman. Kekecewaan tergambar dengan baik saat terjadi pertengkaran hebat karena campur tangan ibu Ambar dan ibu Gilang sendiri.

Saat kondisi itu, hadirkan yuli seorang wanita muda yang menaruh cinta pada Gilang. Sejak saat itu, kesalahpahaman kian terjadi. Lantas bagaimana akhir pernikahan Ambar dan Gilang?

5. Rekomendasi Film Romantis Indonesia Sad Ending

Setiap film menawarkan keapikan dan akhir yang berbeda-beda, jika diatas sudah kamu temukan rekomendasi film romantis Indonesia yang berakhir bahagia maka ini sejumlah film anak bangsa dengan akhir cerita sebaliknya.

1. Kukira Kau Rumah

Kukira Kau Rumah
Kukira Kau Rumah

Bergeser ke rekomendasi film romantis indonesia yang memberikan kisah akhir yang pahit, pertama ada film Kukira Kau Rumah yang di bintangi Prilly Latuconsina, Jourdy Pranata, Shenina Cinnamon, dan Raim Laode. Film yang dirilis tahun 2021 ini tentang kesehatan mental dan hubungan percintaan yang romantis.

Niskala seorang wanita yang mengidap bipolar sejak berada di SMA, hal tersebut membuat sang ayah sangat protektif. Saat kuliah Niskala bertemu dengan Pram, seorang pria yang merasa kesepian. Mereka kemudian saling jatuh cinta satu sama lain dan menuai masalah di sekitar termasuk Niskala yang semakin mengabaikan peraturan rumah berakibat cekcok dengan teman dan anggota keluarga.

Baca Juga :  40 Urutan Film Netflix Rating Tinggi Terbaik, Semua Genre Paling Banyak Ditonton

2. Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

Tenggelamnya Kapal Van der Wijck
Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

Rekomendasi film romantis Indonesia selanjutnya yaitu Tenggelamnya Kapal Van der Wijck. Film ini mengambil latar belakang tahun 1930-an, menceritakan kisah cinta sepasang kekasih yang terhalang status sosial. Digambarkan Zainuddin (Herjunot Ali) berlayar ke Padang kemudian jatuh cinta kepada Hayati (Pevita Pearce) seorang bangsawan di Minang.

Karena darah Minang yang diperoleh dari ibunya, statusnya tidak diakui dalam masyarakat Minang. Hal tersebut membuat Hayati dijodohkan dengan Aziz (Reza Rahadian). Atas peristiwa tersebut Zainuddin merantau ke tanah Jawa untuk menyembuhkan sakit hatinya dan perlahan kehidupannya pun berubah.

Zainuddin kembali bertemu dengan Hayati ketika menjadi penulis, namun paling epic dalam film ini digambarkan Hayati kembali pulang ke kampung halamannya menaiki kapal Van der Wijck yang tenggelam di perjalanan. Lalu bagaimakah akhir kisah Zainuddin dan Hayati? Kamu bisa saksikan film ini di aplikasi streaming favorit mu!

3. Twivortiare

Twivortiare
Twivortiare

Masih di rekomendasi film romantis Indonesia, kali ini ada Twivortiare film yang dirilis tahun 2019 diproduseri Manoj Punjabi. Film ini menceritakan hubungan pernikahan antara laki-laki dan perempuan yang sebelumnya mengalami kegagalan dalam pernikahan pertama.

Beno berprofesi sebagai dokter bedah dan Alex menjadi seorang bankir menjalani rumah tangga yang bahagia, namun Alex akhirnya merasa kehidupan pernikahan nya monoton saat Beno lebih memprioritaskan pasien nya. Setelah bertengkar hebat mereka memutuskan untuk bercerai, namun Beno mencari cara supaya rujuk dengan Alex karena merasa ada kekosongan dalam dirinya.

Dengan syarat dari Alex, mereka kembali bersama dan mencoba setelah pernah gagal. Ternyata penyatuan ini bukan hal yang mudah, terdapat keraguan dan trauma masa lalu yang menghantui. Film ini di sukseskan oleh Reza Rahadian sebagai Beno dan Raihaanun sebagai Alexandra.

6. Film Romantis Indonesia dengan Alur Cerita Rumit

Banyak poroduksi perfilm-an lokal yang mengangkat isu perselingkuhan ke dalam sebuah film dan menarik perhatian masyarakat. Kebanyakan tema ini menggunakan alur cerita rumit, lantas apa saja rekomendasi film romantis Indonesia dengan alur tersebut? Inilah dua terbaik diantaranya.

  • Selesai

Selesai
Selesai

Film perselingkuhan berjudul Selesai mengisahkan kehidupan rumah tangga Broto (Gading Marten) dan Ayu (Ariel Tatum) yang diujung tanduk karena Broto telah bermain api dengan Anya (Anya Geraldine). Namun saat akan bercerai mereka terpaksa menunda dan berpura tidak terjadi apa-apa.

Broto tidak ingin disalahkan kemudian menuduh Ayu telah berselingkuh selama ini, dan Ayu pun tidak menyangkal tuduhan tersebut. Meskipun termasuk film dengan alur cerita rumit, beberapa scene tergambar sebagai pasangan romantis, cocok untuk kamu yang tidak suka film monoton.

  • Antologi Rasa

Antologi Rasa
Antologi Rasa

Rekomendasi film romantis Indonesia yang satu ini justru lebih rumit. Film ini menceritakan Keara (Carissa Perusset) yang menjalin persahabatan dengan Harris (Herjunot Ali) dan Ruly (Refal Hady). Tanpa disadari Harris menyukai Keara, namun wanita ini sebaliknya dia justru jatuh hati pada Ruly.

Plot twist dari film ini ternyata Ruly menyukai Denise, sesama bankir lain yang telah bersuami. Namun Ruly mengejar cinta Keara karena merasa mustahil menjalin asmara dengan Denise, lantas siapakah yang akan dipilih Keara, apakah Harris atau Ruly? Kamu bisa saksikan kelanjutannya di aplikasi streaming kesayanganmu.

Penutup

Rekomendasi Film Romantis Indonesia
Rekomendasi Film Romantis Indonesia

Itulah rekomendasi film romantis Indonesia dengan cerita yang apik. Jika kamu cukup bingung memilih film diatas, tentu kami sarankan film yang paling populer dari tahun ke tahun. Pada akhirnya kami ucapkan selamat menikmati kisah romantis bersama orang tersayang kamu.

Artikel Menarik Lainnya