20+ Oleh-Oleh Khas Solo Kekinian, Wajib Coba!

Menjelajahi kota Solo kurang lengkap rasanya tanpa membeli buah tangan untuk orang di rumah, mengingat banyak oleh-oleh khas solo kekinian yang bisa kamu garap agar mereka yang belum sempat mengunjungi kota Batik ini bisa merasakan kenikmatan dari bingkisan tersebut.

Setiap sudut kota Indonesia memiliki keberagaman budaya dan kuliner yang khas, begitupun dengan kota Solo. Keberagaman kuliner Solo menjadi tujuan menarik untuk wisatawan yang ingin mencicipi berbagai olahan dan dibawa pulang.

Kamu yang sudah menyusun rencana liburan di Kota ini tidak boleh melewatkan oleh-oleh khas Solo kekinian untuk dinikmati bersama keluarga. Lantas apa saja ya yang terbaik dari kota Solo? Berikut rekomendasi nya!

Oleh-Oleh Khas Solo Kekinian

Solo satu dari sekian banyaknya kota legendaris di Indonesia. Kota Batik ini memiliki banyak hal yang bisa membuat kamu jatuh hati, mulai dari tempat, makanan hingga olahan khas yang hanya ada sini.

Tentu kesempatan bepergian ke kota ini harus dimanfaatkan supaya mencicipi yang terbaik dari kota Solo dan membawanya pulang sebagai bingkisan. Untuk kamu yang ingin mencoba sesuatu yang baru dari Solo, ini pilihan oleh-oleh khas Solo kekinian dan paling diburu wisatawan!

1. Pukis Badran

Oleh-oleh Khas Solo Kekinian - Pukis Badran
Oleh-oleh Khas Solo Kekinian – Pukis Badran

Oleh-oleh khas solo kekinian yang pertama adalah Pukis Badran. Camilan kekinian ini memiliki banyak warna dan varian rasa yang menarik. Kue Pukis Badran terbuat dari bahan dasar tepung, telur, ragi dan gula pasir.

Menariknya, kamu bisa memilih berbagai varian rasa untuk dinikmati atau dibawa pulang seperti rasa keju, cokelat, daging, kacang, gula aren, tiramisu, meses, oreo dan abon sapi. Pukis Badran bisa bertahan tiga hari jadi cocok dibawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau kolega.

Jika pertama kali mendatangi kota Solo, kamu bisa mendatangi gerai Pukis Badran di alamat berikut:

  • Jl. Kenangan No.25, Purwonosari, Laweyan
  • Jl. Prof.dr Soepomo No.117, Punggawan

2. Serabi Notosuman

Serabi Notosuman
Serabi Notosuman

Tidak pernah ke kota Solo namanya kalau tidak pernah mencicipi Serabi Notosuman. Serabi ini menjadi kuliner ternama meskipun sudah ada di beberapa daerah lain, namun rasa dan kelezatan olahan Solo ini tidak pernah tertandingi.

Nama Serabi Notosuman yang diambil dari sebuah nama jalan di Solo diolah menggunakan tepung beras, gula pasir, santan, pandan dan air. Tidak seperti serabi yang umumnya disajikan dengan kuah manis, namu Serabi Notosuman dapat dinikmati dengan memakannya secara langsung tanpa tambahan kuah.

Baca Juga :  9 Merk Susu Penggemuk Badan untuk Dewasa di Indomaret

Oleh-oleh khas Solo kekinian ini memiliki dua varian rasa, original dan cokelat. Serabi Notosuman terbilang cukup murah, satu paket berisi 10 dijual mulai dari harga Rp23.000. Sayangnya, serabi hanya bertahan 24 jam untuk mempertahankan citarasa yang khas.

Alamat: Jl. Moh. Yamin No. 28, Jayengan, Kec, Serengan, Surakarta

3. Kue Madarijin

Kue Madarijin
Kue Madarijin

Oleh-oleh khas Solo Kekinian ini sudah pasti familiar ya. Kue Mandirijin Orion adalah kue basah yang dilapisi selai nanas dengan butter yang melimpah jadinya sangat empuk. Ketika membeli kamu akan ditawari tiga jenis kue yaitu Mandarijin Orion biasa, kismis dan spesial.

Selain rasa, hal menarik dari oleh-oleh khas Solo kekinian ini dapat bertahan satu minggu jadi cocok digarap meskipun melalui perjalanan darat yang panjang. Kamu bisa mengunjungi toko roti untuk mencicipi kue Mandarijin, cookies dan jajajan tradisional yang lengkap.

Alamat: Jl. Jend. Urip Sumoharjo No. 80 Purwodiningratan

4. Solo Prabu

Solo Prabu
Solo Prabu

Satu lagi oleh-oleh khas Solo kekinian yang wajib kamu cicipi dan bawa pulang yaitu Solo Prabu, kue modern dari atlet veteran Febri Utomo. Kue ini berbentuk bulat dan memiliki dua lapisan yang berbeda.

Kini solo prabu memiliki ragam varian rasa seperti Pasopati Velvet, Donut Kentang, Pandawa Pastry, Arjuna Blueberry, Punokawan Bolu, Bima Green Tea, Inglish Oake, Nakula Chocolate, Sadewo Taro, Yudhistira O’chese, Gareng Greentea, Semar Keju dan Sebagainya.

Kamu dapat mengunjungi outlet untuk memilih varian rasa best seller dari Solo Prabu mulai dari Rp25.000-Rp60.000. Kue modern ini bisa bertahan selama 4 hari di suhu ruangan dan 7 hari di lemari pendingin.

Alamat: Jl. R.M. Said No,197 Mangkubumen, Banjarsari

5. Abon Mesran

Abon Mesran
Abon Mesran

Oleh-oleh khas Solo kekinian selanjutnya adalah Abon Mesran. Makanan ringan ini terbuat dari daging rebus yang dibumbui lalu digoreng. Abon Mesran mempunyai dua produk dari bahan daging berbeda yaitu abon sapi dan ayam, cocok untuk kamu yang menyukai rasa abon!

Salah satu alasan Abon Mesran cocok dibawa pulang selain harganya murah karena bisa bertahan hingga beberapa minggu. Mulai dari harga Rp60.000 kamu bisa menikmati abon bersama orang-orang tersayang lho!

Alamat: Jalan Kalilarangan No. 72 Jayengan, Serengan.

6. Roti Kecik Ganep

Roti Kecik Ganep
Roti Kecik Ganep

Toko Ganep salah satu toko roti tradisional Solo yang sudah berdiri sejak tahun 1881. Nama Ganep bermakna filosifis lengkap, sehat, dan utuh. Toko ini memiliki tiga produk yaitu camilan kering, roti kering dan lauk.

Baca Juga :  6 Link Auto Followers Snack Video Gratis Terbaru 2024

Roti kecil yang akan kamu temui disini dibuat dari beras ketan dengan tesktur sedikit keras dan manis. Sedangkan lauk pada toko ganep berupa abon pedas manis, keripik usus, paru, srundeng manis pedas, dan stick crackers.

Untuk olahan roti kering hingga lauknya dijual mulai dari Rp6.500-Rp49.000. Oleh-oleh khas Solo kekinian ini bisa bertahan beberapa minggu jadi cocok dibawa sebagai buah tangan.

Alamat: Jl. Sutan Syahrir No, 176 Tambajsegaran

7. Solo Floss Roll

Solo Floss Roll
Solo Floss Roll

Salah satu oleh-oleh khas solo kekinian yang pastinya membuat kamu ketagihan yaitu olahan bolu gulung berisi abon yang dikenal dengan nama Solo Flos Roll. Bolu ini sangat diburu wisatawan karena teksturnya lembut, padat dengan isian abon ayam dan sapi berkualitas.

Satu box abon gulung khas Solo berisi 8 pcs bolu dijual mulai dari Rp115.000. Bolu ini dapat bertahan 4 hari di suhu ruangan kering, cocok sebagai bingkisan untuk orang rumah.

Alamat: Jalan Parikesit Utara No.13 Pajang, Lawengan

8. Intip Goreng Solo

Intip Goreng Solo
Intip Goreng Solo

Oleh-oleh khas solo yang satu ini masih melegenda sampai sekarang meskipun jajanan dan aneka bolu-bolu terbaru dari kota Batik ini mulai merajai pasar. Intip goreng khas Solo adalah jajanan dari kerak nasi yang dikeringkan lalu digoreng. Di beberapa daerah intip goreng disebut juga rengginang.

Intip goreng khas Solo memiliki dua varian rasa, intip original dan intip goreng dengan siraman gula jawa. Cocok untuk kamu yang jajanan garing original atau rasa yang dominan manis. Jajanan ini bisa kamu nikmati dan dibawa pulang mulai dari harga Rp25.000.

Bacaan menarik untuk kamu: Oleh-Oleh Khas Medan Kekinian yang Wajib Dibeli untuk Orang Rumah!

9. Solo Pluffy

Solo Pluffy
Solo Pluffy

Untuk kamu pecinta cake lembut wajib mencoba solo pluffy, oleh-oleh khas Solo kekinian dari artis Jessica Milla. Solo pluffy sendiri dibaking berbentuk lingkaran berdiameter 12 centimeter. Kue lembut ini memiliki 3 lapisan yang terdiri dari filling cream dan perpaduan varian rasa kue.

Oleh-oleh dari kota Solo ini menggunaan topping crust yang lembut jadi cocok buat kamu yang doyan manis. Solo Pluffy bisa bertahan 1-2 hari di suhu ruang kering, untuk harganya mulai Rp58.000 saja. Berikut gerai Solo Pluffy yang dapat kamu kunjungi saat bepergian ke kota Solo.

  • Jl. Sutowijoyo No. 274 Penumping
  • Jl. Dingo No 20 Lewayan
  • Jl. Ronggowarsito No. 145 Banjarsari

10. Klengkam Solo

Klengkam Solo
Klengkam Solo

Rekomendasi oleh-oleh khas Solo kekinian selanjutnya adalah Klengkam Solo yang berbahan dasar kentang. Klengkam Solo biasa dinikmati sebagai kudapan dan lauk pelengkap. Dengan tektur yang renyah dan manis, klengkam solo begitu populer bagi masyarakat lokal dan wisatawan. Kamu juga bisa membawa klengkam untuk sanak saudara, lho!

11. Bakpia Balong

Bakpia Balong
Bakpia Balong

Bergeser ke olahan kue, kali ini ada Bakpia Balong yang termasuk oleh-oleh khas Solo kekinian. Tekstur bakpia lembut dan isianya tebal jadi cocok dibawa sebagai oleh-oleh. Bakpia Balong Solo memiliki beberapa varian rasa yaitu cokelat, kacang hijau, keju, cokelat keju, tiramisu, choco lava, red bean, chesse milk dan cappucino.

Baca Juga :  Rekomendasi 10 Merk Gembok Motor Anti Maling Paling Aman

Di dalam satu pack berisi 5 bakpia mulai dari Rp 45.000, aman dikonsumsi 14 hari di suhu ruangan yang mendukung.

Alamat:  Jalan Kapten Mulyadi No. 17 Sudiroprajan, Jebres

12. Mata Maling

Mata Maling
Mata Maling

Mata maling merupakan oleh-oleh khas Solo kekinian yang terbuat dari kulit melinjo. Mata Melinjo adalah camilan keripik berwarna merah dengan rasa pedas manis. Sajian ini sudah ada sejak dulu dan menjadi incaran wisatawan saat mengunjungi kota Solo.

Untuk kamu yang ingin menggarap berbagai macam olahan khas Solo wajib mencoba Mata Maling. Karena selain renyah, harganya terjangkau mulai dari Rp12.000 saja!

13. Batik Solo

Selain makanan, batik Solo menjadi buah tangan yang bisa kamu bawakan kepada orango-orang tersayang. Solo dikenal sebagai penghasil kain batik terbesar di Indonesia, tentu tidak sulit menemukan batik dengan corak dan motif tradisional di sudut kota.

14. Emping Melinjo

Di urutan terakhir ada Emping Melinjo sebagai salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Solo kekinian untuk kamu yang tidak terlalu suka rasa manis. Jajanan ini memiliki rasa pedas dan pahit yang tidak terlalu kuat, sehingga begitu populer dikalangan masyarakat lokal dan wisatawan.

Untuk menghasilkan Emping Melinjo yang renyah, biji melinjo harus bersih dan dikeringkan dibawah sinar matahari. Maka, ketika kamu mengunjungi kota Solo akan terasa kurang jika tidak mencicipi emping melinjo atau membawanya pulang.

Oleh-Oleh Khas Solo Lainnya

Solo adalah kota luas yang menyimpan berbagai olahan untuk kamu yang ingin berkunjung di waktu dekat. Selain beberapa rekomendasi diatas, masih ada beberapa makanan kering hingga kue-kuean yang cocok kamu bawa pulang, diantaranya:

  • Kremes Ayam Malioboro
  • Sosis Solo
  • Kerupuk Karak
  • Serbat Jahe
  • Wayang Kulit Gagrak
  • Serundeng
  • Rengginang
  • Kaos Khas Solo
  • Souvernir Khas Solo
  • Balung Kethek

Akhir Kata

Oleh-Oleh Khas Solo Kekinian
Oleh-Oleh Khas Solo Kekinian

Saat mengunjungi daerah tertentu wajar apabila kita mencari referensi olehan khas mulai dari camilan, minuman segar, bahkan aneka kue untuk dibawa kepada orang-orang tersayang. Dengan pilihan oleh-oleh khas Solo kekinian tersebut kamu dapat berbagi kenikmatan dengan sahabat, keluarga dan kolega sambil bertukar pengalaman saat mengunjungi kota Batik ini.

Selamat menjelajah di Solo, ciptakan kenangan disetiap sudut kota ya sobat!

Artikel Menarik Lainnya