20+ Oleh-Oleh Khas Medan Kekinian yang Wajib Dibeli untuk Orang Rumah!

Jika memiliki rencana bepergian ke Medan maka kamu harus mengetahui apa saja oleh-oleh khas Medan kekinian. Mengapa? Selain dapat menjajal olahan khas, orang-orang tersayang juga dapat menikmati buah tangan dari ibukota Sumatera Utara ini.

Banyak olahan yang dapat kamu jadikan oleh-oleh dari Medan, mulai dari jajanan ringan, sirup dan aneka kue. Inilah daftar oleh-oleh khas Medan yang paling sering diburu para wisatawan.

Oleh-Oleh Khas Medan Kekinian

Medan salah satu destinasi kuliner yang menyenangkan. Selain banyak wisata yang bisa kita kunjungi, makanan-makanan yang disajikan pun tak kalah menarik. Di kota ini kamu dapat menikmati jajanan, makanan tradisional hingga oleh-oleh khas Medan kekinian.

Kamu yang pertama kali berkunjung ke Medan sangat perlu menjelajahi setiap sudut kota sembari menikmati santapan-santapan lezat. Bahkan, ada beberapa makanan khas medan yang patut dicoba dan dibawa pulang sebagai buah tangan, lho.

Nah, apa saja sih oleh-oleh khas Medan kekinian? Mulai dari makanan berat hingga aneka roti-rotian, inilah oleh-oleh khas medan yang menjadi incaran.

1. Bika Ambon Zulaikha

Oleh-oleh khas Medan kekinian yang pertama jatuh ke Bika Ambon Zulaikha. Bika ambon salah satu olahan tradisional Medan yang terbuat dari adonan tepung, gula dan bahan pelengkap lainnya.

Bika ambon khas Medan memiliki tekstur yang lembut dan berongga. Ke dalam adonannya juga ditambahkan pewangi alami daun pandan untuk memberikan aroma khas pandan.

Oleh-oleh khas Medan bika ambon Zulaikha memiliki rasa yang tidak terlalu manis, rongganya pun cukup tebal jadi sangat kenyal dimulut. Bika ambon Zulaikha memiliki ukuran yang berbeda-beda, berkisar Rp45.000-Rp73.000. Bika ambon Zulaikha dapat bertahan hingga 4 hari.

2. Bolu Meranti

Bolu Meranti - Oleh-oleh khas Medan kekinian
Bolu Meranti

Bolu meranti masuk kedalam daftar oleh-oleh khas Medan kekinian. Jika bika ambon memiliki tekstur yang lembut dan berongga, bolu meranti adalah varian bolu gulung yang menggugah selera.

Baca Juga :  Merk Susu Tinggi Zat Besi Untuk Dewasa Terbaik 2024

Bolu kebanggaan Medan ini memiliki beragam varian rasa seperti keju, mocca, nanas, dan blueberry. Bolu memiliki tektur yang padat dan lembut, cocok dihidangkan bersama secangkir teh dan kopi.

Kisaran harga bolu gulung meranti sesuai topingnya, mulai Rp80.000-Rp105.000. Kamu juga bisa memilih beberapa menu tambahan ketika berkunjung ke toko bolu meranti di Jalan Razak, Ring Road dan Sisingamangaraja Medan, tersedia lapis keju, bika ambon, lapis legit dan brownies.

Oleh-oleh khas Medan kekinian ini bertahan selama 3 hari setelah baking pada suhu normal dan 7 hari didalam lemari pendingin.

3. Pancake Durian

Masih membahas daftar oleh-oleh khas Medan kekinian, selanjutnya ada pancake durian untuk kamu pecinta durian. Tidak seperti pancake durian pada umumnya, oleh-oleh khas medan ini memiliki bentuk seperti dadar dan didalamnya merupakan olahan durian.

Ada beberapa varian rasa yang mungkin cocok dilidah kamu dan dibawa pulang, yaitu rasa cokelat, pandan hingga mocca. Kamu tidak perlu meragukan kualitas pancake durian Medan, pengolahannya menggunakan durian berkualitas jadinya sangat lumer dimulut.

Sayangnya, perkembangan usaha pancake durian tidak secepat bika ambon dan bolu meranti. Untuk mendapatkan olahan pancake durian ini kamu harus mengunjungi outlet tunggal yang diberi nama “durian house” di jalan Sekip No. 67 H, Medan Petisah.

4. Medan Napoleon

Medan Napoleon
Medan Napoleon

Satu lagi oleh-oleh khas Medan kekinian yaitu Medan Napoleon. Kue yang merupakan perpaduan lapisan pastry dan selai memiliki rasa yang autentik, disajikan berbentuk gulungan seperti bolu meranti.

Bisnis ini dikelola aktor kebanggaan Indonesia, Irwansyah. Mereka memperkenalkan Medan napoleon dengan beberapa varian rasa, yaitu red velvet, karamel, keju, crazy, green tea dan durian. Kue ini dapat bertahan 3-4 hari setelah di baking karena dibuat tanpa bahan pengawet.

5. Bolu Toba

Bolu Toba
Bolu Toba

Bolu toba salah satu oleh-oleh khas Medan kekinian yang wajib kamu coba, lho. Rasa bolu medan ini tidak perlu diragukan lagi, karena teksturnya yang lembut dan manisnya pas jadi cocok dibawa sebagai oleh-oleh.

Ada berbagai varian rasa yang ditawarkan, pembeli tinggal memilih sesui rasa yang disukai. Tersedia rasa blueberry, mango, strawberry, spikoe, bolu gulung, pancing hazelnut, cokelat padang bulan dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Apakah Terabox Aman? Simak 8+ Kelebihan Dan Kekurangan Terabox

Untuk harganya pun sebenarnya masih affordable sebagai buah tangan khas medan. Dengan ciri khas bolu lapis kamu bisa mendapat bolu ini mulai dari Rp55.000.

6. Sirup Buah Markisa

Sirup Buah Markisa
Sirup Buah Markisa

Untuk melengkapi olahan kue diatas, kota ini juga memiliki minuman khas sirup buah markisa. Minuman ini biasanya lebih banya diproduksi menjelang tahun baru, namun beberapa daerah khusus di Medan dapat kamu kunjungi jika tertarik membawa sirup buah markisa sebagai oleh-oleh.

Sirup buah markisa yang paling laris di Medan adalah Sirup Markisa Pohon Pinang dan Saran Tawon. Kedua merek ini sudah sudah dikenal masyarakat dan mereka yang mengunjungi medan.

7. Kopi Tjong A Fie Mansion

Oleh-oleh khas medan kekinian selanjutnya untuk pecinta kopi. Tjong A Fie Mansion adalah bangunan bersejarah di kota Medan, menghasilkan kopi dari bahan-bahan premium sehingga aromanya pun sangat kuat. Kopi Tjong A Feie Mansion ini mungkin masih asing di telinga wisatawan, padahal banyak yang sudah mengunjungi dan membawanya sebagai buah tangan.

8. Bolu Menara

Bolu Menara
Bolu Menara

Oleh-oleh khas medan yang satu ini pastinya sudah sangat familiar ya. Sejak diresmikan pada 2021 silam, Bolu Menara sudah membuka beberapa outlet di sudut kota Medan. Bolu Menara dikenal karena tekstur lembut dan cukup manis.

Rasa manis bolu merupakan hasil perpaduan antara selai dan toping berlimpah. Ada beragam toping yang menggugah selera, seperti kacang teng-teng, keju, jeruk Medan, mocca, double cheese, red velved, choco banana, pandan durian, black forest dan banyak lagi.

Berbicara harga, Bolu Menara juga masih sangat ramah jadi cocok untuk semua kalangan. Kamu dapat menikmati olahan bolu lembut ini mulai dari Rp46.000. Untuk kamu yang pertama kali melakukan perjalanan ke Medan dapat mengunjungi outlet Bolu Menara di beberapa lokasi berikut:

  • Jl. Sei Belutu No. 77
  • Jl. Gagak Hitam No. 17
  • Komplek Milala Mas, Jl. Setia Budi Blk. B No. 2
  • Jl. Ayahanda No. 46A-46B
  • Jl. Jamin Ginting No. 233
  • Jl. Karya No.133/157
  • Jl. Wiliem Iskandar, Pancing
  • Jl. Gatot Subroto No. 129
  • Jl. Bilal Ujung
Baca Juga :  10+ Rekomendasi Merk Sandal Wanita Yang Empuk, Stylish, Elegan Dan Terbaru

9. Durian Medan

Medan juga sangat terkenal dengan aneka buah-buahannya, termasuk durian. Di kota ini kamu bisa menikmati durian legit dan dibawa sebagai oleh-oleh kepada orang terkasih.

Kamu bisa menemukan berbagai jenis durian di Medan, mulai dari durian mentega, montong dan musang king. Ada beberapa tempat makan durian Medan yang paling populer, berikut diantaranya.

  • Ucok Durian
    Jl. K.H Wahid Hasyim No. 30-32
  • Si Bolang Durian
    Jl. Iskandar Muda C-D No. 75, Babura
  • Pelawi Durian
    Jl. Kutilang No. 10, Sei Sikambing B, Medan Sunggal

10. Lapis Legit Affinois

Lapis Legit Affinois
Lapis Legit Affinois

Lapis legit merupakan makanan dari lampung namun bisa kamu temukan di kota Medan. Ya, lapis legit affinois salah satu oleh-oleh khas Medan kekinian yang cocok dibawa sebagai buah tangan. Lapis legit Affinois terletak di Jl. Majopahit No.166, Petisah tengah, Kec. Medan Petisah.

11. Pia Tamiang

Oleh-oleh khas medan kekinian selanjutnya adalah pia tamiang. Pia memiliki bentuk yang pipih dan isian yang padat. Kamu akan merasakan sensasi renyah diluar saat mencicipinya. Pia ini cocok dijadikan oleh-oleh karena bisa disimpan lebih lama jadi aman untuk kamu yang melakukan perjalanan jauh.

Daftar Oleh-Oleh Khas Sumut yang Ada di Medan

Tidak melulu dari Medan, ada beberapa oleh-oleh khas Sumatera Utara yang sudah diperjualbelikan di kota ini. Jika melakukan perjalanan singkat ke Medan kamu bisa mendapatkan oleh-oleh khas sibolga, tebing tinggi dan beberapa kota lainnya.

  • Roti Ketawa
  • Lemang Tebing Tinggi
  • Roti kacang
  • Kopi koktong
  • Dolung
  • Kacang sihobuk
  • Keripik Sibolga
  • Teri Medan
  • Ikan Sale
  • Roti ganda Siantar
  • Lampet
  • Kopi Sidikalang
  • Manisan jambu
  • Teri bajak
  • Orong-orong

Penutup

Oleh-Oleh Khas Medan Kekinian
Oleh-Oleh Khas Medan Kekinian

Ada banyak oleh-oleh khas Medan kekinian yang dapat kamu coba saat berkunjung atau dijadikan buah tangan untuk orang-orang tersayang. Dengan memilih salah satu dari rekomendasi diatas, mereka yang belum memiliki kesempatan bepergian ke Medan dapat merasakan keistimewaan kota ini melalui bingkisan tersebut.

Artikel Menarik Lainnya