10+ Kelebihan dan Kekurangan Bahan Ceruti Babydoll

Kelebihan dan kekurangan bahan ceruti babydoll memang seharusnya menjadi pertimbangan saat memilih pakaian dengan bahan yang sama. Hal ini sangat penting karena bahan dapat memengaruhi kenyamanan, penampilan dan perawatan nya.

Sementara itu ceruti babydoll salah satu jenis kain yang umumnya digunakan saat produksi hijab, baju, dan rok. Dengan banyaknya pakaian yang menggunakan bahan ini maka tidak sedikit pula yang mencari informasi kelebihan dan kekurangan bahan ceruti babydoll. Jika anda salah satunya, ketahui jawabannya melalui pembahasan ini!

Mengenal Bahan Ceruti

Mengenal Bahan Ceruti
Mengenal Bahan Ceruti

Untuk membahas kelebihan dan kekurangan bahan ceruti babydoll, anda perlu mengenal dan memahami secara mendasar bahan kain tersebut. Berikut disajikan dengan lengkap tentang kain ceruti.

  • Apa Itu Bahan Ceruti?

Bahan ceruti adalah jenis kain yang terbuat dari campuran polyester, sifon dan crepe. Awalnya ceruti terbuat dari kain sutra namun seiring perkembangan teknologi tekstil, bahan-bahan tersebut mulai di upgrade ke serat sintetis.

  • Karakteristik Bahan Ceruti

Sama halnya dengan bahan kain yang lain, ceruti juga memiliki karakteristik yang biasanya menjadi pengenal utama akan bahan tersebut. Berikut beberapa karakteristik dari bahan ceruti.

  1. Sekilas bahan ceruti memiliki permukaan seperti kulit jeruk namun bertekstur halus dan lembut
  2. Memiliki efek flowty yaitu kesan “jatuh” atau “mengalir” lembut ketika digunakan
  3. Ceruti bersifat ringan dan halus jadi sangat nyaman digunakan
  4. Jika di terawang kain tampak berserat dan bertekstur menyerupai awan
  • Jenis-Jenis Bahan Ceruti

Jenis-Jenis Bahan Ceruti
Jenis-Jenis Bahan Ceruti

Ketika membahas kelebihan dan kekurangan bahan ceruti babydoll, maka perlu anda pahami bahwa kain ini salah satu jenis dari bahan ceruti. Berikut dijelaskan satu-persatu jenis-jenis bahan ceruti.

Baca Juga :  Contoh Nomor Rumah Maksimal 10 Karakter Di Akulaku
Jenis Ceruti Deskripsi
Ceruti Babydoll Bahan ceruti paling populer dan sering dialokasikan dalam pembuatan pashmina. Kain ini memiliki sifat mudah dibentuk dan lembut.
Ceruti Ultimate Bahan kain yang fleksibel, digunakan dalam produksi berbagai pakaian mulai dari hijab, gamis, rok dan pashmina.
Ceruti Premium Bahan kain yang lebih tipis dan lebih flowly dari jenis lain. Ceruti premium memiliki bahan yang kuat namun sedikit menerawang.
Ceruti Amunzen Ceruti amunzen lebih sering digunakan saat produksi cadar. Keunggulan bahan ini adalah menyerap keringat dan cepat kering, tetapi sedikit menerawang seperti ceruti premium
Ceruti Georgette Bahan ini lembut, tidak mudah kusut, elastis dan flowly. Sekilas akan sulit membedakan antara ceruti georgette dan premium.
Ceruti Diamond Ceruti diamond terlihat seperti berpasir namun lebih ringan dari lima jenis kain diatas. Keunggulannya tidak terlalu tipis dan bertekstur lembut.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Ceruti Babydoll

Dari keenam jenis bahan ceruti, jenis babydoll adalah yang paling populer di pasaran. Hal ini membuktikan semakin banyak anda temukan produk pakaian yang memanfaatkan bahan ceruti babydoll.

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Ceruti Babydoll
Kelebihan dan Kekurangan Bahan Ceruti Babydoll

Namun tidak bisa dipungkiri jika banyak konsumen merasa puas dan sebaliknya saat menggunakan bahan ceruti. Terlebih anda yang ingin memproduksi baju atau pasmina menggunakan bahan tersebut, sangat penting memahami apa saja kelebihan dan kekurangan bahan ceruti babydoll.

Tercatat ada 11 kelebihan dan kekurangan bahan ceruti babydoll, simak satu persatu yuk!

Kelebihan Bahan Ceruti Babydoll

Membahas kelebihan dan kekurangan bahan ceruti babydoll, yang pertama kita jabarkan kelebihan pada kain tersebut, berikut diantaranya:

1. Bahan Kain Kuat

Secara umum, kain ceruti babydoll dikenal cukup kuat karena terbuat dari serat sintetis. Tentu saja bahan kain yang kuat salah satu pertimbangan utama memilih pakaian, kekuatan mempengaruhi ketahanan saat digunakan sehari-hari, pencucian bahkan memberikan ketenangan untuk dipakai jangka panjang.

2. Bahan Halus

Untuk sehari-sehari umumnya kita lebih tertarik menggunakan pakaian berbahan halus. Meskipun ceruti babydoll dikenal cukup tipis, namun kain ini sangat halus sehingga nyaman saat bersentuhan dengan kulit.

Baca Juga :  20+ Oleh-Oleh Khas Medan Kekinian yang Wajib Dibeli untuk Orang Rumah!

3. Mudah Dirawat

Beberapa bahan pakaian membutuhkan perawatan ekstra agar tidak mudah lusuh, namun berbeda dengan kain ceruti babydoll yang mudah dirawat. Anda bisa menggunakan tangan dan mesin untuk mencuci kain berbahan ceruti ini. Kainnya pun tidak mudah robek, lusuh, dan luntur meskipun sudah dipakai cukup lama.

4. Warna yang Menarik

Salah satu kelebihan bahan ceruti babydoll adalah pilihan warna yang menarik. Untuk gamis dan rok menggunakan bahan ini lebih disukai sebab memberikan kesan manis, feminim, dan mengembang saat dipakai.

5. Bahan Ringan

Untuk pakaian dan hijab memang lebih disukai bahan yang ringan karena tidak memberikan beban pada tubuh. Dengan bahan kain ceruti babydoll anda lebih nyaman dan bisa lebih leluasa dalam aktivitas sehari-hari.

6. Harga Murah dan Mudah Ditemukan

Kelebihan bahan ceruti babydoll yang terakhir adalah harga yang tergolong murah. Per meternya kain ini dibanderol di kisaran harga Rp9.000 sampai Rp15.000 saja. Jika dibandingkan lima jenis kain ceruti yang lain, bahan babydoll lebih mudah ditemukan di pasaran jadi memudahkan siapa saja yang membutuhkan kain dalam jumlah banyak.

Bacaan menarik untuk anda: Rekomendasi Helm Untuk Wanita Berhijab Yang Aman Dan Terbaru

Kekurangan Bahan Ceruti Babydoll

Kekurangan Bahan Ceruti Babydoll
Kekurangan Bahan Ceruti Babydoll

Untuk melengkapi pembahasan seputar kelebihan dan kekurangan bahan ceruti babydoll, berikut sejumlah pertimbangan saat membeli pakaian atau kain ceruti jenis babydoll.

1. Kurang Menyerap Keringat

Kekurangan bahan ceruti babydoll yang paling utama tidak memiliki kemampuan baik menyerap keringat. Sementara itu, bahan kain yang tidak menyerap keringat kurang diminati terutama mereka yang berktivitas di suhu hangat.

Karena keringat tidak terserap pakaian dengan baik, kita cenderung merasa lembab dan lengket. Pada akhirnya keringat membuat bau badan dan memengaruhi kenyamanan sehari-hari.

2. Mudah Kusut

Selain tidak menyerap keringat dengan baik, bahan ceruti babydoll juga mudah kusut. Jika memakai bahan ini sehari-hari, anda perlu perawatan ekstra bahkan bisa membatasi pergerakan supaya pakaian tetap rapi.

3. Transparan

Bahan ceruti babydoll cukup transparan karena sifat kain yang tipis dan ringan. Bahan yang transparan menampilkan detail tubuh sehingga kurang diminati beberapa orang. Dalam bidang fashion, kain ini juga membutuhkan lapisan tambahan untuk menutupi bagian tertentu.

Baca Juga :  6 Ciri-Ciri Tidak Cocok Minum Susu Prenagen Esensis yang Bisa Dikenali

4. Hanya Bisa Digunakan untuk Aktivitas Khusus

Jika memilih bahan ceruti untuk didesain khusus anda bisa memilih tanpa furing (kain lapis). Sayangnya, pakaian tersebut hanya bisa digunakan saat-saat tertentu misalnya acara santai, dimana sebagian besar perempuan tertarik menaruh kesan sensual tanpa terlalu vulgar.

5. Dikhususkan untuk Pakaian Wanita

Pada umumnya bahan kain ini biasanya digunakan untuk fashion wanita karena kain yang tipis dan lembut. Di pasaran sangat amat jarang kita temukan pakaian pria yang menggunakan kain ceruti babydoll, mereka lebih suka tekstur kain yang lebih kasar seperti kain linen dan wol.

Itulah kelebihan dan kekurangan bahan ceruti babydoll yang dapat anda simak. Jika dibandingkan kekurangannya, kain ini mencatat lebih banyak kelebihan sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi perempuan.

Pemanfaatan Bahan Ceruti Babydoll

Pemanfaatan Bahan Ceruti Babydoll
Pemanfaatan Bahan Ceruti Babydoll

Dengan dipahaminya kelebihan dan kekurangan bahan ceruti babydoll secara langsung diketahui bahwa bahan ini tidak dimanfaatkan untuk produksi segala jenis pakaian. Berikut pemanfaatan ceruti babydoll pada umumnya:

  1. Pashmina salah satu pemanfaatan bahan ceruti babydoll karena memiliki ragam warna yang menarik. Selain itu, bahan ini mudah di bentuk memberikan tampilan modis meskipun rentan kusut.
  2. Gamis salah satu pakaian yang menggunakan bahan ceruti babydoll. Dalam pembuatan gamis biasanya menggunakan furing karena bahan yang transparan.
  3. Rok. Sama seperti gamis, bahan ceruti babydoll juga kerap dimanfaatkan untuk produksi rok dengan pelapis (furing).
  4. Baju. Meskipun tidak sebanyak kreasi untuk hijab, bahan ceruti babydoll kerap juga dimanfaatkan dalam pembuatan baju.

Penutup

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Ceruti Babydoll
Kelebihan dan Kekurangan Bahan Ceruti Babydoll

Dengan dipahaminya kelebihan dan kekurangan bahan ceruti babydoll anda bisa mempertimbangkan pakaian atau pemanfaatan kain untuk produksi hijab, baju, rok maupun gamis. Semoga penjelasan diatas bermanfaat, terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya