10 Cara Mengatasi Kuota Masih Banyak Tapi Tidak Bisa Internetan: Mudah Banget Ternyata!

Suatu kondisi yang mana kuota masih banyak tapi tidak bisa internetan bisa menjadi situasi yang sangat menjengkelkan. Masalah seperti ini dapat terjadi disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah karena gangguan jaringan operator yang digunakan.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas lebih lengkap terkait beberapa penyebab dan cara mengatasi kuota masih banyak tapi tidak bisa internetan. Yuk disimak sampai tuntas yah!

Penyebab dan Cara Mengatasi Kuota Masih Banyak Tapi Tidak Bisa Internetan

Mengetahui terlebih dahulu kemungkinan penyebab kuota masih banyak tapi tidak bisa internetan dapat membantu anda untuk mengidentifikasi masalah sehingga lebih mudah untuk mencari solusi atau cara mengatasinya.

Terdapat beberapa kemungkinan penyebab kuota masih banyak tapi tidak bisa digunakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Masalah Sinyal atau Jaringan

penyebab kuota masih banyak tapi tidak bisa internetan
Penyebab kuota masih banyak tapi tidak bisa internetan

Penyebab yang pertama kuota masih banyak tapi tidak bisa internetan adalah bisa jadi karena masalah sinyal atau jaringan di perangkat yang digunakan. Sinyal yang tidak stabil dapat membuat layanan internet tidak dapat berjalan secara optimal, walaupun kuota masih ada.

  • Gangguan Jaringan Operator Seluler

Gangguan pada jaringan operator seluler juga dapat menyebabkan masalah kuota masih banyak tapi tidak bisa internetan. Pada umumnya gangguan ini dapat muncul karena adanya pemeliharaan jaringan/ maintenance atau suatu perbaikan oleh penyedia jaringan telekomunikasi sesuai dengan layanan provider yang anda gunakan.

  • Batasan Penggunaan Kuota

Penyebab kuota masih banyak tapi tidak bisa internetan yang selanjutnya adalah karena adanya batasan penggunaan pada sisa kuota yang dimiliki. Umumnya, terdapat dua pembatasan penggunaan kuota yaitu batasan waktu dan akses layanan.

Batasan waktu yang dimaksud disini adalah pembagian waktu penggunaan kuota yang biasanya dibagi kedalam 3 jenis yaitu kuota malam (dapat digunakan dari pukul 00.00 – 07.00) dan kuota siang (bisa digunakan 07.01 – 23.59 dan satu lagi adalah kuota 24 jam.

Baca Juga :  Cara Menambah Followers TikTok dalam 1 Menit

Sedangkan batasan akses layanan, maksudnya adalah pembagian kuota internet yang membagi kuota berdasarkan pada layanan tertentu saja yang dapat digunakan. Misalnya jika sisa kuota yang anda miliki adalah kuota sosmed, maka kuota tersebut tidak akan dapat digunakan untuk mengakses layanan browsing. Demikian juga dengan jenis kuota lainnya.

  • Pengaturan APN yang Salah

Pengaturan APN yang salah juga menyebabkan masalah terkait kuota masih banyak tapi tidak bisa internetan. APN (Access Point Name) merupakan sistem pengaturan dalam perangkat seluler yang menghubungkan perangkat dengan jaringan seluler.

Jadi, sebuah perangkat tidak akan dapat digunakan mengakses internet apabila pengaturan APNnya tidak benar.

  • Masalah Perangkat

Selanjutnya, kuota masih banyak tapi tidak bisa internetan juga dapat terjadi apabila terdapat suatu masalah pada perangkat yang digunakan. Masalah-masalah yang dimaksud disini adalah seperti bug sistem, masalah perangkat lunak yang mungkin telah kadaluwarsa, penumpukan cache serta ruang penyimpanan internal yang penuh juga dapat menyebabkan kinerja ponsel menjadi tidak maksimal.

  • Masalah pada Pengaturan Koneksi

penyebab kuota masih banyak tapi tidak bisa internetan
Penyebab kuota masih banyak tapi tidak bisa internetan

Terkadang masalah pengaturan koneksi juga dapat memicu masalah layanan internet tidak dapat dijalankan padahal kuota masih ada, seperti salah satunya yang seringkali terjadi adalah yang mana pengguna tidak mengaktifkan data selulernya saat ingin mengakses layanan internet. Selain itu, perlu juga untuk diketahui bahwa mengaktifkan fitur mode pesawat dapat membuat data seluler mati otomatis.

  • Masalah pada Aplikasi yang Digunakan

Ketika anda mengalami kendala terkait kuota masih banyak tapi tidak bisa internetan, ada kemungkinan bahwa ada masalah teknis pada aplikasi yang anda gunakan. Misalnya seperti layanan pada aplikasi yang sedang mengalami gangguan, aplikasi yang dijalankan kadaluarsa, atau bisa juga karena masalah perizinan data ke aplikasi.

  • Masalah dengan Kartu SIM

Penyebab terakhir masalah kuota masih banyak tapi tidak bisa internetan adalah karena adanya masalah dengan kartu SIM, yang mungkin mengalami masalah atau tidak terbaca dengan benar oleh perangkat, sehingga mengganggu koneksi internet.

Cara Mengatasi Kuota Masih Banyak Tapi Tidak Bisa Internetan

Cara Mengatasi Kuota Masih Banyak tapi tidak bisa internetan
Cara Mengatasi Kuota Masih Banyak tapi tidak bisa internetan

Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, selanjutnya kami akan memberikan anda panduan terkait bagaimana cara mengatasi kuota masih banyak tapi tidak bisa internetan.

Baca Juga :  Brimo Gagal Memuat Saldo, Cek Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya Disini !!

Ada beberapa cara mengatasi kuota masih banyak tapi tidak bisa internetan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Periksa dengan Detail Sisa Kuota

Langkah pertama yang perlu anda lakukan dalam cara mengatasi kuota masih banyak tapi tidak bisa internetan adalah memeriksa detail sisa kuota.

Pastikan kuota anda yang masih tersedia saat ini tidak memiliki aturan batasan waktu penggunaan maupun batasan akses layanan. Jika ada, maka pastikan anda menggunakan kuota internet sesuai dengan aturan yang telah ditentukan.

  • Periksa Pengaturan Koneksi

Selanjutnya adalah memeriksa pengaturan koneksi dalam perangkat. Pastikan data seluler telah diaktifkan. Selain itu, pastikan juga mode pesawat dalam keadaan off/ mati.

  • Restart Perangkat

Jika masalahnya kemungkinan disebabkan oleh masalah bug pada perangkat, maka anda bisa mengatasinya dengan cara merestart perangkat. Terkadang, berbagai kendala dalam perangkat seluler dapat teratasi dengan mudah, hanya dengan melakukan restart.

  • Periksa pengaturan APN

pastikan pengaturan APN di ponsel anda telah dikonfigurasi dengan benar. Anda dapat menghubungi operator seluler atau mencari secara online informasi terkait setelan APN yang tepat untuk operator yang anda gunakan.

  • Periksa Status Jaringan yang Digunakan

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa salah satu penyebab kuota masih banyak tapi tidak bisa internetan adalah karena masalah jaringan, yang biasanya terjadi karena pemeliharaan jaringan/ maintenance.

Oleh karena itu, cobalah periksa status jaringan operator yang anda gunakan, untuk memastikan apakah benar sedang terjadi perbaikan jaringan atau maintenance. Jika benar demikian, maka anda perlu menunggu beberapa saat hingga maintenance selesai dan jaringan normal kembali.

  • Periksa Kartu SIM

Periksalah beberapa hal pada kartu SIM anda, seperti: masa aktif kartu, posisi peletakan kartu apakah sudah benar. Jika memungkinkan, coba pasang kartu SIM anda ke ponsel lain dan lihat apakah dapat terhubung ke intenet. Jika tidak, maka besar kemungkinan kartu SIM anda bermasalah.

  • Refresh Jaringan

Cara Mengatasi Kuota Masih Banyak tapi tidak bisa internetan
Cara Mengatasi Kuota Masih Banyak tapi tidak bisa internetan

Cara mengatasi kuota masih banyak tapi tidak bisa internetan yang selanjutnya adalah dengan merefresh jaringan. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk refresh jaringan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Nonaktifkan koneksi data, lalu tunggu beberapa detik, setelah itu aktifkanlah kembali.
  2. Hidupkan beberapa detik mode pesawat, setelah itu matikan kembali.
  3. Mulai ulang atau restart perangkat.
  4. Buang semua aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.
  • Perbarui Software

Apabila setelah melakukan restart, kendalanya masih belum bisa teratasi, maka anda bisa melakukan langkah penanganan yaitu dengan cara memperbarui perangkat lunak (software) yang terpasang dalam perangkat anda ke versi yang terbaru.

  • Hubungi Operator Jaringan yang Digunakan

Jika semua langkah diatas tidak berhasil, maka kami menyarankan anda untuk menghubungi operator seluler sesuai dengan jaringan yang anda gunakan. Mereka dapat melakukan pengecekan lebih lanjut dan memberikan solusi yang sesuai dengan situasi anda.

  • Gunakan Alternatif Jaringan Internet lain Seperti WiFi

Terakhir, jika anda merasa tidak perlu menghubungi layanan operator seluler yang anda gunakan, maka satu-satunya solusi yang dapat anda lakukan jika memungkinkan ialah menggunakan alternatif jaringan internet lain seperti WiFi, sambil menunggu hingga layanan internet anda normal kembali.

Baca Juga :  Cara Menambah Followers TikTok dalam 1 Menit

Akhir Kata

Kuota Masih Banyak Tapi Tidak Bisa Internetan
Kuota Masih Banyak Tapi Tidak Bisa Internetan

Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, anda dapat mengatasi masalah dimana kuota masih banyak tapi tidak bisa internetan. Dengan demikian, anda bisa kembali menikmati pengalaman internet yang lancar.

Artikel Menarik Lainnya