5 Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Dengan Mudah

Kesalahan mengirim Email bisa menjadi hal yang berakibat fatal. Untuk mengurungkan pengiriman tersebut, simaklah Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim yang akan di bahas pada penjelasan di bawah ini.

Seperti yang kita ketahui bersama, Email telah menjadi salah satu alat komunikasi utama. Baik digunakan untuk komunikasi personal maupun profesional, email memberikan kemudahan dalam mengirim pesan dengan cepat dan efisien.

Namun, terkadang kesalahan tak terhindarkan dan bisa terjadi kapan saja dan pesan email sudah berhasil terkirim kan. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengurungkan atau membatalkan pesan email yang terkirim tersebut?

Tenang saja sob. Mari kita bahas secara rinci bagaimana cara membatalkan email yang sudah terkirim dengan sangat mudah. Simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Dengan Fitur Urungkan Pengiriman

Beberapa layanan email, seperti Gmail, menyediakan fitur “Urungkan Pengiriman” yang memungkinkan kamu membatalkan pengiriman email dalam jangka waktu yang sangat singkat setelah mengklik tombol “Kirim”.

Biasanya, kamu memiliki waktu beberapa detik untuk membatalkan pengiriman sebelum email benar-benar terkirim. Fitur ini dapat diaktifkan dan diatur di pengaturan Gmail kamu. Berikut langkah-langkah untuk mengubah pengaturan akun Email:

Login ke Email

Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Dengan Mudah
Login ke Email

Cara membatalkan email yang sudah terkirim pertama, silahkan login ke akun Google melalui PC atau Desktop. Jika sudah, pilih menu Setting atau Pengaturan dengan meng-klik icon bergambar gear yang ada pada sudut kanan atas di samping foto profil akun Google.

Pilih Setelan dan Urungkan Pengiriman

Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Dengan Mudah
Pilih Setelan dan Urungkan Pengiriman

Jika sudah, masuk ke setelan umum lalu scroll ke bawah. Kemudian, temukan pilihan dan klik opsi “Urungkan Pengiriman” atau “Enable Undo Send“.

Pilih Durasi Periode Pembatalan Pengiriman

Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Dengan Mudah
Urungkan Pengiriman

Kemudian pilih waktu yang kamu inginkan. Jika kamu sering melakukan kesalahan saat mengirim email, pilihlah jangka waktu yang lebih lama agar kamu dapat menghapusnya. Karena kamu mungkin tidak akan menyadari kesalahan untuk sementara waktu.

Waktu durasi di sini adalah waktu pengiriman email setelah mengklik tombol kirim. Dengan cara ini kamu dapat secara otomatis mengingat email ketika tidak terkirim.

Simpan Perubahan Setelan

Opsi periode pembatalan pengiriman terdiri dari 5 detik, 10 detik, 20 detik, dan 30 detik. Setelah kamu menentukan pilihan, lanjutkan mengklik tombol “Simpan Perubahan” di bagian bawah menu. Kemudian, setelah pengaturan dibuat, kamu dapat mengakses email dengan aman di lain waktu.

Jika terjadi kesalahan saat mengirim email, periksa bagian kiri bawah badan email. Ketika tombol kirim di klik, akan muncul pilihan “ulangi” dan “lihat pesan”. “Klik tombol “Coba lagi” dan email yang kamu kirim akan otomatis dihapus dan ditambahkan ke proyek.

Baca Juga :  Apakah Token Listrik Bisa Diisi 2 Kali Dalam Sehari? Cek Jawabannya!

Segera tulis proyeknya, buka emailnya, dan perbaiki kesalahannya. Misalnya, memperbaiki kesalahan ketik atau menambahkan pesan yang lupa kamu kirim. Kamu tidak perlu membuka menu pengaturan untuk mencegah pengiriman email melalui HP. Cukup klik tombol “Urungkan” pada notifikasi yang muncul segera setelah pengiriman email.

Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Di Outlook

Membatalkan email yang sudah terkirim di Outlook tidak selalu mudah dilakukan, terutama jika email tersebut sudah terkirim ke server email penerima. Namun, Outlook memiliki fitur “Recall Email” yang memungkinkan kamu mencoba membatalkan email yang belum terbaca oleh penerima atau yang masih berada di server Outlook.

Berikut langkah-langkah cara membatalkan email yang sudah terkirim di Outlook:

  • Buka folder “Sent Items” di Outlook.
  • Temukan email yang ingin dibatalkan.
  • Buka email tersebut dengan meng-klik dua kali.
  • Pada pita menu Outlook, pilih tab “Message”.
  • Di grup “Move”, klik “Actions”.
  • Kemudian pilih “Recall This Message”.
  • Selesai.

Cara ini tergantung pada konfigurasi server email penerima dan pengaturan Outlook milikmu, kamu mungkin akan diberi opsi untuk membatalkan pengiriman dan/atau menghapus pesan dari kotak surat penerima.

Namun, perlu diingat bahwa fitur ini tidak selalu berhasil, terutama jika email sudah dibaca oleh penerima atau jika penerima menggunakan klien email yang berbeda yang tidak mendukung fitur ini.

Jadi, meskipun kamu menggunakan fitur “Recall Email”, tidak ada jaminan bahwa email tersebut dapat benar-benar dibatalkan. Selalu penting untuk memeriksa pesan dengan cermat sebelum mengirimnya.

Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Di Microsoft 365

Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Dengan Mudah
Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Di Microsoft 365

Untuk cara membatalkan email yang sudah terkirim di Microsoft 365, kamu dapat menggunakan fitur “Recall Email” atau “Recall Message” yang tersedia dalam Outlook. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya akan berhasil jika beberapa kondisi terpenuhi, seperti:

  1. Pengiriman email dilakukan ke dalam organisasi yang sama, artinya email tersebut dikirim kepada orang yang juga menggunakan server email yang sama dengan kamu.
  2. Email tersebut belum dibaca oleh penerima. Jika email sudah dibuka oleh penerima, kamu tidak dapat membatalkannya.

Berikut adalah langkah-langkah cara membatalkan email yang sudah terkirim:

  • Buka folder Sent Items di Outlook.
  • Temukan email yang ingin kamu batalkan pengiriman nya.
  • Buka email tersebut.
  • Di menu tab Message atau “Pesan”, pilih opsi Actions atau More Actions (tergantung pada versi Outlook kamu).
  • Pilih “Recall This Message”.
  • Kamu akan diberikan dua opsi, yakni:
    – “Delete unread copies of this message“: Pilih opsi ini jika kamu ingin menghapus email dari kotak masuk penerima.
    – “Delete unread copies and replace with a new message“: Pilih opsi ini jika kamu ingin mengganti email dengan versi yang direvisi.
  • Klik “OK” untuk menyelesaikan prosesnya.
Baca Juga :  6 Cara Mengatasi Token Listrik Bunyi Terus Padahal Pulsa Masih Banyak

Setelah kamu memilih opsi yang sesuai, Outlook akan mencoba membatalkan pengiriman email tersebut. Namun, perlu diingat bahwa keberhasilan pengembalian email tergantung pada beberapa faktor, termasuk konfigurasi server email dan apakah penerima telah membaca pesan tersebut atau tidak.

FAQ: Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim

Bagaimana cara menarik email yang sudah terkirim?

Cara membatalkan email yang sudah terkirim dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Login ke akun Email kamu via Dekstop.
  • Pilih Setelan atau Pengaturan.
  • Lalu, scroll ke bawah hingga menemukan pilihan “Urungkan Pilihan” atau “Enable Undo Send”.
  • Pilih durasi.
  • Simpan perubahan setelan.
  • Selesai.

Bagaimana cara menghapus email yang sudah terkirim di HP?

Berikut cara membatalkan email yang sudah terkirim atau beberapa pesan email yang sudah terkirim di HP:
  • Buka aplikasi Gmail atau Email di ponsel atau tablet android kamu.
  • Ketuk foto profil pengirim di sebelah kiri setiap pesan yang ingin di hapus.
  • Ketuk hapus di bagian atas.
  • Selesai.

Bagaimana cara membatalkan jadwal pengiriman email?

Cara membatalkan jadwal pengiriman email dapat bervariasi tergantung pada platform atau layanan email yang digunakan. Caranya sangat mudah, ketuk menu > lalu ketuk Terjadwal > Batalkan Pengiriman. Jika sudah, ketuk email tersebut sekali lagi.

Bagaimana jika terjadi kesalahan pengiriman email apa yang akan dilakukan?

Jika terjadi kesalahan saat mengirimkan email, berikut langkah-langkah cara membatalkan email yang sudah terkirim yang dapat membantu:

  • Periksa apa yang salah dengan email tersebut. Apakah ada kesalahan dalam isi, penerima yang salah, lampiran yang tidak sesuai, atau masalah teknis lainnya?
  • Jika kamu menyadari kesalahan segera setelah mengirim email, segera ambil tindakan. Jika memungkinkan, hentikan proses pengiriman atau batalkan email secepat mungkin.
  • Jika kesalahan tidak terlalu serius, pertimbangkan untuk mengirimkan email koreksi atau klarifikasi kepada penerima. Pastikan untuk menjelaskan dengan jelas apa yang salah dan sampaikan informasi yang benar atau perbaikan yang diperlukan.
  • Jika kesalahan cukup serius, misalnya mengirim informasi sensitif kepada penerima yang salah, jangan ragu untuk meminta maaf dengan tulus. Lakukan dengan cara yang profesional dan sampaikan penyesalan kamu atas kesalahan tersebut.
  • Gunakan kesalahan ini sebagai pembelajaran untuk mencegah terjadinya kesalahan serupa di masa depan. Mungkin kamu perlu memperbaiki proses pengiriman email kamu atau memperhatikan lebih seksama sebelum mengirim email penting.
  • Setelah kesalahan terjadi dan ditangani, pertimbangkan untuk meninjau kembali proses pengiriman email kamu. Buatlah langkah-langkah yang bisa ditingkatkan atau sistem kontrol yang bisa ditambahkan untuk mencegah kesalahan serupa di kemudian hari.
Baca Juga :  Cara Nelpon Private Number Indosat di Android

Apakah email yang sudah dikirim bisa di edit?

Email yang sudah dikirim tidak bisa diedit di kotak masuk penerima. Ketika sebuah email sudah dikirim, konten serta lampirannya biasanya menjadi tetap dan tidak dapat diubah lagi oleh pengirim.

Bagaimana cara menggunakan fitur Undo Send di Gmail?

Untuk menggunakan fitur Undo Send di Gmail, ikuti langkah-langkah cara membatalkan email yang sudah terkirim berikut ini:

  • Masuk ke akun Gmail kamu di browser web atau aplikasi Gmail jika menggunakan perangkat mobile.
  • Di sudut kanan atas, klik ikon gear (pengaturan) dan pilih See all settings (Lihat semua pengaturan).
  • Di antara opsi pengaturan, cari dan klik tab “General” (Umum).
  • Gulir ke bawah hingga nanti kamu menemukan opsi “Undo Send” (Batalkan Pengiriman).
  • Klik kotak centang di sebelah “Enable Undo Send” (Aktifkan Batalkan Pengiriman).
  • Di samping Send cancellation period (Waktu Pembatalan Pengiriman), pilih waktu yang kamu inginkan untuk memiliki kesempatan membatalkan pengiriman email setelah mengklik “Kirim” (dari 5 hingga 30 detik).
  • Gulir ke bawah dan klik tombol Save Changes (Simpan Perubahan) di bagian bawah halaman pengaturan.
  • Selesai.

Apakah email terjadwal bisa dibatalkan?

Ya, email terjadwal bisa dibatalkan sebelum waktu pengiriman yang telah ditentukan. Banyak platform email seperti Gmail atau Outlook memiliki fitur untuk mengatur email agar terkirim secara otomatis pada waktu tertentu di masa depan.

Jika kamu ingin membatalkan pengiriman email yang telah dijadwalkan, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka folder email terjadwal: Biasanya, email yang dijadwalkan disimpan dalam folder khusus seperti “Scheduled” atau “Drafts” yang ditandai untuk dikirim nanti.
  • Temukan email yang ingin dibatalkan: Cari email yang ingin kamu batalkan pengirimannya.
  • Buka email dan batalkan: Biasanya, kamu akan memiliki opsi untuk membatalkan pengiriman email terjadwal sebelum waktu pengiriman. Ini bisa berupa tombol atau opsi yang tersedia di menu terkait dengan pengelolaan email terjadwal.
  • Konfirmasi pembatalan (jika diperlukan): Beberapa platform dapat meminta konfirmasi tambahan sebelum membatalkan pengiriman email.
  • Pastikan email tidak terkirim: Setelah membatalkan, pastikan untuk memeriksa bahwa email tersebut tidak terkirim sesuai jadwal yang sebelumnya diatur.

Kesimpulan

Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim
Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim

Meskipun membatalkan email yang sudah terkirim bisa menjadi tantangan, ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil untuk mengatasi situasi tersebut. Memanfaatkan fitur “Undo Send” dan berkomunikasi secara langsung dengan penerima adalah dua cara membatalkan email yang sudah terkirim paling efektif untuk menangani kesalahan tersebut.

Semoga tutorial ini bisa berguna dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati dan selalu melakukan cek secara berkala sebelum mengirimkan email agar tidak menyebabkan masalah kedepannya. Selamat mencoba!

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng. Ikuti saya di Instagram: @juandasidabutar09

Artikel Menarik Lainnya