17+ Cara Menangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Dengan HP, Sangat Mudah

Sinyal WiFi sering kali tidak menjangkau cukup jauh sehingga memengaruhi pengalaman browsing. Untungnya ada Cara Menangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Dengan HP yang akan di bahas pada artikel kali ini untuk meningkatkan kekuatan dan jangkauan sinyal WiFi pada suatu perangkat.

Saat ini, WiFi banyak digunakan oleh masyarakat untuk mengakses Internet. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa WiFi sudah menjadi kebutuhan utama untuk mengakses Internet. Tanpa WiFi, kita akan kesulitan terhubung dengan dengan jaringan internet.

Meskipun kita bisa menggunakan paket data, bahkan kebanyakan orang justru lebih memilih WiFi sebagai jaringan untuk akses Internet. Mengapa demikian? Beberapa alasannya mungkin seperti biaya bulanannya lebih murah dan koneksi lebih cepat.

Lantas, bagaimana jika sinyal WiFi tersebut jaraknya terlalu jauh dari kita? Apakah ada cara untuk menangkap sinyal WiFi meskipun dengan jarak jauh? Atau, apakah ada aplikasi yang meningkatkan sinyal WiFi dari jarak jauh?

Tenang saja untuk menjawab rasa penasaranmu, pada artikel ini Team Beadaily akan memberikan tutorial lengkap mengenai cara menangkap sinyal WiFi jarak jauh dengan HP agar koneksi internet kamu tetap stabil. Simak panduan berikut.

Jaringan WiFi bisa terhubung sampai jarak berapa?

Melansir dari beberapa sumber terpercaya, jarak WiFi agar bisa tetap terhubung harus memiliki gelombang frekuensi sebesar 2.4GHz (biasanya dapat mencapai jarak 150 feet atau 45 meter. Jarak ini mengasumsikan tidak ada hambatan seperti tembok atau beton. Karena mereka bukan hantu, gelombang Wi-Fi tidak dapat menembus benda padat tersebut.

Cara Menangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Dengan HP

Selain masalah jarak, kekuatan sinyal WiFi juga biasanya berkurang ketika terhalang oleh tembok atau beton. Hal ini biasanya menjadi masalah bagi rumah yang memiliki banyak ruang. Nah, agar tetap bisa mengakses Internet jarak jauh dengan HP, kamu pasti membutuhkan cara menangkap sinyal WiFi jarak jauh dengan HP.

Tujuannya adalah untuk selalu dapat memanfaatkan kecepatan koneksi Internet kamu dan menjaga stabilitas koneksi Internet kamu. Untuk itu, berikut ini cara menangkap sinyal WiFi jarak jauh dengan HP sehingga kamu bisa tetap terhubung dengan WiFi.

Periksa Kecepatan dan Kualitas Sinyal WiFi

Sebelum kamu mencoba cara menangkap sinyal WiFi jarak jauh dengan HP lain, pastikan terlebih dahulu sinyal WiFi yang kamu gunakan memiliki kecepatan dan kualitas yang tepat. Kamu bisa memeriksa kecepatan dan kualitas sinyal WiFi kamu menggunakan aplikasi Speedtest yang tersedia di Google Play Store atau App Store.

Baca Juga :  9 Cara Cek Resi Ninja Lewat WhatsApp Yang Harus Anda Ketahui

Jika kecepatan dan kualitas sinyal WiFi kamu kurang baik, coba perbaiki masalahnya sebelum mencoba metode lain.

Menggunakan VPN (Virtual Private Network)

Cara Menangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Dengan HP, Sangat Mudah
Menggunakan VPN (Virtual Private Network)

Cara menangkap sinyal WiFi jarak jauh dengan HP yang pertama bisa menggunakan VPN (Virtual Private Network). VPN bisa membantu kamu mengenkripsi koneksi internet dan memungkinkan kamu dapat mengakses internet tanpa batasan geografis.

Selain itu, jika wilayah kamu mengalami masalah pemblokiran internet dan kamu ingin membuka akses internet yang di tutup itu, kamu juga bisa menggunakan VPN untuk mengatasi masalah tersebut.

Mengubah Posisi Antena Router

Apabila cara menangkap sinyal WiFi jarak jauh dengan HP belum berhasil, hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengubah posisi antena Router. Kamu bisa mencoba menempatkan router di lokasi yang lebih tinggi dan terbuka agar sinyal WiFi bisa menjangkau area yang lebih luas.

Gunakan Kabel Ethernet

Cara Menangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Dengan HP
Gunakan Kabel Ethernet

Jika kamu memerlukan koneksi internet yang stabil dan cepat, kamu dapat menghubungkan ponsel kamu langsung ke router menggunakan kabel Ethernet. Karena dengan kabel Ethernet, jaringan internet kamu akan menjadi stabil dan kamu tidak perlu lagi khawatir dengan sinyal WiFi jarak jauh saat jaringan tidak stabil.

Menggunakan Data Seluler

Cara menangkap sinyal WiFi jarak jauh dengan HP berikutnya yaitu dengan menggunakan data seluler. Jika jaringan WiFi kamu lemah atau tidak stabil, kamu dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan data seluler. Namun, pastikan kamu memiliki paket internet agar dapat mengakses internet melalui data seluler.

Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal WiFi

Cara Menangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Dengan HP
Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal WiFi

Jika kamu sudah mencoba beberapa cara menangkap sinyal WiFi jarak jauh dengan HP namun tidak ada yang berhasil, kamu dapat menggunakan aplikasi penguat sinyal WiFi untuk mengatasi masalah ini.

Saat ini banyak sekali aplikasi penguat sinyal WiFi yang bisa kamu unduh secara gratis di Play Store. Dengan begitu, jika kamu mempunyai masalah sinyal yang tidak stabil, kamu bisa menggunakan aplikasi penguat sinyal WiFi sebagai solusinya ketika hal seperti ini terjadi.

Memakai WiFi Extender

Cara menangkap sinyal WiFi jarak jauh dengan HP lainnya bisa memakai WiFi Extender untuk meningkatkan atau memperluas jangkauan sinyal WiFi. Perangkat ini dapat dihubungkan ke router dan dihubungkan ke perangkat elektronik seperti ponsel dan laptop melalui WiFi. Banyak orang memilih menggunakan WiFi repeater karena nyaman tanpa memerlukan kabel LAN.

Penggunaannya sangat mudah, cukup aktifkan WiFi Extender lalu dekatkan ke router agar sinyal terdeteksi. Setelah menyimpan sinyal, kamu dapat mengarahkan WiFi Extender ke ruangan yang tidak atau tidak ada jangkauan sinyalnya.

Menggunakan WiFi Amplifier

Cara menangkap sinyal WiFi jarak jauh dengan HP berikutnya yang dapat kamu gunakan untuk memperluas jangkauan jaringan WiFi adalah WiFi Amplifier. Bisa dibilang alat ini adalah versi sederhana dari WiFi Extender.

Cara menggunakan repeater WiFi cukup sederhana, hanya dengan menghubungkan perangkat ini ke sumber listrik. Maka alat ini akan secara otomatis meningkatkan sinyal WiFi dari router terdekat.

Menambah Jumlah Access Point

Cara Menangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Dengan HP
Access Point

Access point adalah perangkat yang dapat dihubungkan ke router. Beberapa router mempunyai Access Point khusus, namun ada juga jenis router yang memerlukan Access Point tambahan. Alat ini menggunakan kabel jaringan area lokal (LAN) yang terhubung ke router agar menangkap sinyal WiFi jarak jauh. Kualitas ini cocok untuk rumah dua lantai atau area outdoor.

Baca Juga :  Cara Gampang Pinjam Pulsa Telkomsel 100 Ribu

Letakkan Router ke Tempat Tinggi

Letakkan Router ke Tempat Tinggi

Router WiFi harus dipasang di tempat terbuka dan tinggi. Misalnya, kamu bisa meletakkannya di dinding ruang tamu atau ruang keluarga. Menempatkan router pada posisi yang lebih tinggi memungkinkan sinyal WiFi menjangkau area yang lebih luas tanpa terganggu oleh benda lain seperti dinding dan perangkat elektronik yang memancarkan gelombang elektromagnetik.

Jauhkan Router Dari Benda Padat

Sebaiknya jauhkan router dari benda padat, karena sinyal WiFi tidak dapat menembus benda padat. Hindari memasang router di ruangan yang tertutup lemari atau lemari, di dapur, atau di ruangan yang banyak buku atau tirai.

Sinyal WiFi juga dapat terganggu oleh benda logam, benda beton, dan perangkat elektronik. Selain itu material seperti kayu, lumut, dan air mampu menyerap gelombang WiFi. Oleh karena itu, pastikan kamu memasang WiFi di lokasi yang jauh dari fasilitas tersebut.

Gunakan Mode Pesawat Pada HP

Jika sinyal WiFi yang kamu terima masih lemah setelah mencoba beberapa cara menangkap sinyal WiFi jarak jauh dengan HP diatas, kamu bisa mencoba menggunakan mode pesawat di HP kamu.

Mode pesawat menonaktifkan semua fitur yang tidak perlu di ponsel kamu, termasuk koneksi data dan Bluetooth. Ini dapat membantu kamu menangkap sinyal WiFi jarak jauh dengan HP milikmu.

Perbarui Perangkat Keras dan Perangkat Lunak

Apabila setelah mencoba cara menangkap sinyal WiFi jarak jauh dengan HP diatas sinyal WiFi masih lemah, kamu dapat memastikan router serta perangkat keras dan lunak ponsel kamu sudah diperbarui. Karena perangkat keras dan perangkat lunak yang ketinggalan zaman dapat memengaruhi kecepatan dan kualitas sinyal Wi-Fi yang diterima ponsel kamu.

Cara Menangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Dengan HP Menggunakan Aplikasi

Seperti yang sudah kamu jelaskan diatas, bahwa cara menangkap sinyal WiFi jarak jauh dengan HP bisa menggunakan aplikasi penguat sinyal WiFi. Jika kamu bingung memilih aplikasi penguat sinyal WiFi, berikut beberapa aplikasi penguat sinyal WiFi yang bisa kamu coba antara lain dapat dilihat pada ulasan di bawah ini.

WiFi Analyzer

Cara Menangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Dengan HP
Aplikasi WiFi Analyzer

WiFi Analyzer adalah aplikasi penguat sinyal WiFi yang cukup populer digunakan banyak pengguna untuk mendeteksi sinyal WiFi yang tidak stabil. Aplikasi ini bisa membantu kamu mendapatkan sinyal WiFi yang bagus dan dapat mempercepat koneksi internet kamu.

> Download Aplikasi WiFi Analyzer

Connection Stabilizer Booster

Cara Menangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Dengan HP
Aplikasi Connection Stabilizer Booster

Aplikasi penguat sinyal WiFi yang kedua adalah Connection Stabilizer Booster yang memungkinkan pengguna untuk lebih meningkatkan stabilitas sinyal WiFi hanya dengan mengoptimalkan fitur yang tersedia.

Baca Juga :  5+ Cara Transfer Kuota Indosat Yang Kita Miliki Lewat Myim3 dengan Mudah dan Praktis!

> Download Connection Stabilizer Booster

Auto Network Signal Refresher

Cara Menangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Dengan HP
Aplikasi Auto Network Signal Refresher

Salah satu aplikasi penguat sinyal WiFi yang bisa kamu coba adalah Auto Network Signal Refresher. Menggunakan aplikasi ini bisa mendapatkan sinyal yang bagus dan membantu kamu menemukan jaringan WiFi terbaik.

Open Signal – 5G, 4G Speed Test

Cara Menangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Dengan HP
Aplikasi Open Signal – 5G, 4G Speed Test

Aplikasi Open Signal – 5G, 4G Speed Test  memiliki fungsi peta yang memungkinkan peta mengukur stabilitas jaringan Internet. Ini memungkinkan kamu memantau langsung di mana jaringan atau jaringan WiFi terkuat yang bisa untuk kamu gunakan. Kamu juga bisa mendapatkan kekuatan sinyal optimal tanpa hambatan karena aplikasi ini menawarkan fitur petuntuk arah.

Bagaimana agar WiFi bisa jarak jauh?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cara memperluar jangkauan WiFi bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti:

  1. Periksa Kecepatan dan Kualitas Sinyal WiFi.
  2. Menggunakan VPN (Virtual Private Network).
  3. Mengubah Posisi Antena Router.
  4. Gunakan Kabel Ethernet.
  5. Gunakan Data Seluler.
  6. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal WiFi.
  7. Memakai WiFi Extender.
  8. Menggunakan WiFi Extender.
  9. Menambah Jumlah Access Point.
  10. Letakkan Router ke Tempat Tinggi.
  11. Jauhkan Router Dari Benda Padat.
  12. Gunakan Mode Pesawat Pada HP
  13. Perbarui Perangkat Keras dan Perangkat Lunak.

Bagaimana cara agar sinyal WiFi kuat di HP kita?

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar sinyal WiFi kuat di HP kita, antara lain:

  1. Ubah frekuensi WiFi di Android.
  2. Pembaruan firmware Android.
  3. Ubah kata sandi WiFi secara berkala.
  4. Jauhkan ponsel Android Anda dari perangkat elektronik lainnya.
  5. Hapus koneksi WiFi lama.
  6. Pindahkan lokasi router.
  7. Mulai ulang router secara teratur.
  8. Gunakan aplikasi penguat sinyal.

Artikel Menarik Lainnya Disini

7 Cara Convert Pulsa Ke DANA Rate Tinggi, Minimal Convert 30 Ribu
5 Cara Top Up Koin Tiktok Murah Via Pulsa, Codashop, DANA dan ATM
7 Platform Reseller Top Up Game Termurah 2024
Wajib Tahu! 5+Cara Membatalkan Top Up Shopeepay Dengan Mudah

Akhir Kata

Cara Menangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Dengan HP
Cara Menangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Dengan HP

Kualitas sinyal yang baik bisa mempengaruhi kecepatan koneksi internet kamu . Jika sinyalnya kurang bagus maka koneksi internet akan otomatis terputus sehingga kamu tidak akan bisa mengakses internet.

Oleh karena itu, jika kamu menghadapi situasi seperti sinyal WiFi saat jauh lemah, kamu dapat menggunakan beberapa cara menangkap sinyal WiFi jarak jauh dengan HP diatas untuk meningkatkan kualitas sinyal WiFi milikmu.

Demikian panduan yang dapat kami informasikan. Kami harap artikel ini bermanfaat dan berguna bagi kamu. Selamat mencoba!

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng. Ikuti saya di Instagram: @juandasidabutar09

Artikel Menarik Lainnya