3 Cara Mengaktifkan Kartu Axis yang Sudah Mati

Cara mengaktifkan kartu Axis yang sudah mati perlu diketahui pengguna provider ini untuk berjaga-jaga jika suatu saat nomor Axis yang mereka gunakan hangus atau tidak bisa digunakan.

Nomor hangus dan tidak bisa digunakan salah satu permasalahan yang biasa kita temui di berbagai provider seluler Indonesia, tak terkecuali kamu yang menggunakan kartu Axis. Kartu mati terjadi karena pengguna tidak mengisi pulsa atau kuota saat masa tenggang.

Apakah kartu Axis yang telah mati bisa bisa diaktifkan kembali? Beruntungnya kini pengguna layanan dari Axis bisa menggunakan kartu setelah proses reaktivasi dan tentunya memiliki syarat dan ketentuan. Untuk itu, mari simak tuntas syarat dan cara mengaktifkan kartu Axis yang sudah mati.

Ciri-Ciri Kartu Axis yang Sudah Mati

Ciri-Ciri Kartu Axis yang Sudah Mati
Ciri-Ciri Kartu Axis yang Sudah Mati

Sebelum lebih jauh membahas syarat dan cara mengaktifkan kartu Axis yang sudah mati, anda perlu mengenali ciri-ciri kartu hangus untuk memastikan kartu dapat berguna atau tidak. Berikut merupakan ciri-ciri kartu SIM yang sudah tidak aktif lagi.

  1. Sinyal kartu hilang. Saat anda memasukkan kartu ke slot SIM maka sinyal tidak terdeteksi oleh perangkat
  2. Tidak bisa digunakan untuk aktivitas seluler. Karena sinyal kartu hilang maka kartu tidak dapat digunakan untuk melakukan panggilan, mengirim SMS, atau menggunakan layanan data.
  3. Menampilkan pesan error. Saat sinyal kartu hilang anda akan menerima pemberitahuan bahwa kartu tidak aktif.

Syarat Mengaktifkan Kartu Axis yang Sudah Mati

Untuk membahas cara mengaktifkan kartu Axis yang sudah mati, tentu anda perlu mengetahui sejumlah syarat dan ketentuan berlaku. Saat ciri-ciri kartu mati terjadi, anda bisa mengaktifkan kartu secara online dan offline.

Baca Juga :  3 Cara Cek Bantuan Simpel Bri Lewat HP Dengan Mudah

Mengaktifkan kartu secara online melalui browser, sedangkan reaktivasi offline dilakukan di XL center terdekat. Untuk memudahkan kamu dalam reaktivasi kartu, berikut sejumlah syarat yang dibutuhkan.

1. Reaktivasi Online

Beberapa syarat yang diperlukan untuk mengaktifkan kartu Axis secara online yaitu:

  • KTP dan KK (berupa foto)
  • Kartu SIM yang sudah mati
  • Nomor handphone lain untuk verifikasi
  • Koneksi internet untuk mengakses situs XL

2. Reaktivasi Secara Offline

Sedangkan reaktivasi kartu secara offline dilakukan di XL center terdekat, kamu perlu membawa data-data berikut sebagai persyaratan fisik:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan KK yang sesuai pemilih kartu (saat registrasi)
  • Kartu SIM yang sudah mati
  • Jika kartu hilang, kamu perlu membawa surat keterangan dari pihak yang berwajib
  • Mendatangi XL center terdekat
  • Membayar biaya administrasi mulai dari Rp5.000

Cara Mengaktifkan Kartu Axis yang Sudah Mati

Sampai saat ini kartu mati menjadi masalah pada pengguna kartu prabayar. Mereka sangat sulit memperhatikan masa aktif membuat kartu berada dalam masa tenggang hingga hangus. Padahal hal ini sangat perlu, mengingat banyaknya aktivitas seluler yang kita lakukan.

Cara Mengaktifkan Kartu Axis yang Sudah Mati
Cara Mengaktifkan Kartu Axis yang Sudah Mati

Nomor tersebut bisa saja tertaut di akun perbankan dan sosial media yang membutuhkan verifikasi. Namun saat hal ini sudah terjadi pengguna kartu Axis tidak perlu khawatir karena kalian bisa reaktivasi kartu.

Jika mengalami hal yang sama, jangan terburu-buru membeli kartu SIM yang baru. Lebih baik mencoba beberapa cara mengaktifkan kartu Axis yang sudah mati, dengan begitu kartu dapat digunakan seperti biasanya.

1. Cara Mengaktifkan Kartu Axis yang Sudah Mati Melalui Browser

Pertama, cara mengaktifkan kartu Axis yang sudah mati melalui browser pengguna atau reaktivasi online. Caranya lebih hemat dan praktis sebab kalian tidak perlu mendatangi XL center terdekat ataupun membayar biaya administrasi. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan kartu Axis secara online.

  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan untuk aktivasi kartu Axis secara online
  • Kemudian kunjungi situs reaktivasi Axis https://bit.ly/AktifkanKartuAXISHangus
  • Setelah berhasil masuk klik menu “reaktivasi kartu”
  • Masukkan nomor HP Axis yang mati pada kolom tersedia
  • Lalu beri checklist pada kotak yang tersedia
  • Tahap selanjutnya anda harus mengikuti semua proses reaktivasi kartu Axis, seperti menunggah foto tanda pengenal dan dokumen yang dibutuhkan sampai proses video call dengan petugas.
Baca Juga :  2 Cara Buat Link IG Pacar di Bio Pribadi, Wajib Tahu!

Setelah semua tahap reaktivasi kartu Axis diikuti, anda akan diberikan informasi terkait status kartu saat ini dan langkah apa saja yang diperlukan ke tahap selanjutnya. Dengan begitu, kartu Axis kembali aktif dan bisa digunakan.

2. Cara Mengaktifkan Kartu Axis yang Sudah Mati ke XL Center

Cara mengaktifkan kartu Axis yang sudah mati selanjutnya mendatangi XL center terdekat dikotamu. Meskipun membutuhkan biaya dan waktu yang lebih banyak, cara ini lebih efektif karena penanganan secara langsung. Jika bingung, cari lokasi XL center terdekat Disini.

Berikut cara mengaktifkan kartu Axis yang sudah mati melalui XL center terdekat:

  • Siapkan semua syarat yang dibutuhkan
  • Kunjungi XL center terdekat melalui pencarian diatas
  • Sesampainya di XL center, ambil nomor antrean customer service
  • Saat giliran anda, sampaikan pada CS ingin mengaktifkan kartu Axis yang sudah mati
  • CS akan meminta sejumlah syarat termasuk tanda pengenal dan kartu yang sudah mati, namun sebelumnya anda akan diminta mengisi formulir reaktivasi
  • Tunggu beberapa saat sampai petugas mengonfirmasi data dan membantu mengaktifkan kartu Axis anda
  • Setelah aktif, anda perlu membayar biaya administrasi mulai 5 ribu rupiah
  • Selesai, kartu Axis aktif dan bisa digunakan kembali.

Apakah Reaktivasi Kartu Axis yang Sudah Mati Bisa Diwakilkan?

Ingin reaktivasi lebih cepat namun tidak punya waktu luang mendatangi gerai XL center? Kendala ini seringkali menjadi keluhan pengguna kartu Axis lantas mencari tau apakah reaktivasi bisa diwakilkan atau tidak.

Untuk anda yang berhalangan tidak perlu khawatir sebab aktivasi ulang kartu Axis bisa diwakilkan. Hanya saja proses ini membutuhkan syarat khusus berupa KTP asli pemilik kartu, surat pernyataan yang dibubuhi materai 6000 rupiah.

Untuk keamanan penggunaan kartu, customer service XL mungkin melakukan verifikasi lanjutan seperti bukti lain dan video call dengan pihak yang bersangkutan. Maka saat memilih reaktivasi dengan perwakilan, siapkan sejumlah syarat tersebut.

Bacaan menarik untuk anda Cara Mengaktifkan Kartu XL Yang Sudah Mati Secara Online Dan Offline

Baca Juga :  Penyebab Kenapa Keyboard Hp Lemot dan Solusi Mengatasinya

Tips dan Cara Agar Kartu Axis Tidak Mati dan Hangus

Tips dan Cara Agar Kartu Axis Tidak Mati dan Hangus
Tips dan Cara Agar Kartu Axis Tidak Mati dan Hangus

Supaya tidak repot-repot mengunjungi gerai dan mencoba cara mengaktifkan kartu Axis yang sudah mati, anda harus memeriksa dan memperpanjang masa aktif secara berkala. Ada beberapa tips dan cara yang boleh anda lakukan, berikut diantaranya:

1. Cek Masa Aktif Secara Berkala

Periksa masa aktif kartu secara rutin melalui layanan pelanggan atau memakai cara lain yang disediakan operator. Dengan cara ini, anda bisa mengetahui kapan kartu akan masuk masa tenggang dan bersiap untuk memperpanjang masa aktifnya. Untuk memeriksa masa aktif kartu Axis dapat dilakukan dengan beberapa cara berikut:

  • Menggunakan UMB *808#
  • Melalui Aplikasi AxisNet
  • Melalui SMS dengan format “CEK” lalu kirim pesan ke 123
  • Melalui Call center Axis 838

2. Gunakan Sebagai Nomor Utama

Gunakan kartu Axis sebagai nomor utama yang berarti pemakaiannya rutin untuk melakukan panggilan, mengirim SMS, atau menggunakan paket data. Dengan cara ini kebutuhan aktivitas seluler anda semakin meningkat dan semakin intens mengisi pulsa dan kuota. Seperti yang kita ketahui, membeli pulsa dan kuota dapat menambah masa aktif kartu Axis.

3. Memperpanjang Masa Aktif Kartu Axis

Ada beberapa cara memperpanjang masa aktif kartu Axis yang dapat membantu menjaga umur kartu, berikut diantaranya:

  • Melalukan pembelian pulsa di konter atau melalui aplikasi AxisNet
  • Membeli paket data. Untuk masa aktif yang diperoleh sesuai besaran paket yang dibeli
  • Menerima transfer pulsa. Berbeda dengan Telkomsel yang tidak menambah masa aktif dengan sistem transfer, Axis justru memberikan masa aktif tambahan setelah menerima pulsa transfer.
  • Membeli masa aktif salah satu cara paling mudah saat kartu berada di masa tenggang. Pastikan pulsa cukup lalu akses dial *808*7*7# melalui menu telepon lalu pilihlah paket awet irit.

Penutup

Cara Mengaktifkan Kartu Axis yang Sudah Mati
Cara Mengaktifkan Kartu Axis yang Sudah Mati

Dengan memahami tiga cara mengaktifkan kartu Axis yang sudah mati, pengguna dapat reaktivasi dan menggunakan kartu tanpa harus membeli dan menggunakan nomor baru. Setelah aktif, rawat kartu Axis dengan tips-tips yang sudah Beadaily sajikan supaya anda tidak perlu repot mengunjungi layanan XL karena kartu mati.

Semoga Bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya