8 Urutan Langkah Dalam Cara Mengetahui PIN ATM Dari Nomor Kartu ATM: Semua Jenis ATM!

Tak jarang orang menanyakan apakah ada cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM. Pernyataan ini sering kali menimbulkan pro dan kontra antara sesama nasabah Bank.

Lantas, benarkah ada cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM? Temukan jawaban dari Cara Mengetahui PIN ATM Dari Nomor Kartu ATM melalui penjelasan kami dibawah ini!

Sekilas tentang ATM

ATM merupakan sebuah alat elektronik yang memungkinkan nasabah Bank untuk melakukan transaksi tanpa perlu harus mengunjungi cabang Bank atau berinteraksi dengan petugas Bank secara langsung.

ATM, jika dalam bahasa Inggris memiliki singkatan yaitu “Automated Teller Machine. Sedangkan dalam bahasa Indonesia, kepanjangan ATM adalah “Anjungan Tunai Mandiri”

Dengan adanya perangkat ini, orang-orang sudah dapat lebih mudah untuk mengelola keuangan yang tersimpan dalam rekening Bank-nya.

Cara Mengetahui PIN ATM dari Nomor Kartu ATM, Apakah Ada?

Cara Mengetahui PIN ATM dari Nomor Kartu ATM
Cara Mengetahui PIN ATM dari Nomor Kartu ATM Cara Mengetahui PIN ATM Dari Nomor Kartu ATM

Lupa PIN ATM bisa menjadi momen yang menyebalkan, terutama saat kita ingin melakukan suatu transaksi yang urgent. Ada banyak opsi yang beredar terkait cara mengatasi lupa PIN ATM, salah satunya yaitu melalui nomor kartu ATM.

Benarkah, ada cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM? Sayang sekali jawabannya Tidak ya gaes. Hingga saat ini, belum ada ditemukan cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM.

Nomor kartu ATM yang terletak di bagian depan kartu hanya berfungsi sebagai identitas rekening milik anda. Kombinasi 16 digit angka dalam nomor kartu ATM ini diterbitkan oleh pihak Bank, sedangkan PIN ATM yang terdiri dari 6 digit angka dibuat oleh nasabah sendiri.

Baca Juga :  8 Cara Melihat Postingan IG Yang Di Private Tanpa Follow

Jadi, walau dengan cara apapun, PIN ATM tidak dapat diketahui hanya dengan melihat nomor kartu ATM saja. Keduanya jelas berbeda dan tidak memiliki hubungan apa-apa.

PIN ATM merupakan kode rahasia, biasanya terdiri dari 6 digit angka, yang berfungsi sebagai kunci agar dapat mengakses kartu ATM. Oleh karena itu, kerahasiaan PIN ATM sangatlah dijaga secara ketat.

Cara Mengatasi Lupa PIN ATM tanpa ke Bank untuk Semua Jenis Kartu ATM

Cara Mengatasi Lupa PIN ATM tanpa ke Bank untuk semua jenis kartu ATM
Cara Mengatasi Lupa PIN ATM tanpa ke Bank untuk semua jenis kartu ATM

Sesuai dengan yang telah kami sebutkan sebelumnya bahwa cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM tidak akan dapat berhasil dilakukan. Namun anda tidak perlu khawatir, dibawah ini kami akan memberi tahu anda cara mengatasi lupa PIN ATM tanpa ke Bank untuk semua jenis kartu ATM.

Berikut ini langsung saja kami tampilkan urutan langkah-langkah dalam cara mengatasi lupa PIN ATM dengan mudah:

  1. Siapkanlah terlebih dahulu beberapa syarat atau keperluan yang akan dibutuhkan seperti: KTP (sesuai dengan kepemilikan rekening), buku tabungan, kartu ATM, dan PIN terakhir yang kamu ingat
  2. Setelah semua persyaratannya telah kamu kantungi, selanjutnya hubungilah call center Bank sesuai dengan jenis Bank yang anda gunakan. Misalnya: BRI (call center: 1500017)
  3. Setelah panggilan terhubung, sampaikanlah kendala anda yang lupa PIN ATM 
  4. Layanan/ CS Bank akan menanyakan beberapa pertanyaan kepada anda untuk verifikasi data. Silahkan jawab sesuai dengan yang tertera di buku tabungan, kartu ATM, dan KTP anda.
  5. Setelah data anda berhasil di verifikasi, selanjutnya anda akan diminta untuk membuat PIN ATM yang baru
  6. Pastikan kamu membuat PIN dari kombinasi angka yang mudah untuk anda ingat
  7. CS akan mengonfirmasi apabila PIN ATM kamu telah berhasil di perbarui
  8. Selesai! Sekarang coba anda gunakan kembali kartu ATM anda dengan memakai PIN ATM yang baru saja anda buat.

Daftar Contact CS atau call center semua Jenis Bank di Indonesia

Daftar Contact CS atau call center semua Jenis Bank di Indonesia
Daftar Contact CS atau call center semua Jenis Bank di Indonesia

Cara mengatasi lupa PIN ATM yang telah kami tampilkan diatas ditujukan untuk pengguna ATM BRI. Nah, untuk pengguna ATM lain, di bawah ini kami juga akan menampilkan daftar kontak CS atau call center semua jenis BANK di Indonesia yang akan memudahkan kamu dalam mengatasi kendala terkait lupa PIN ATM.

Baca Juga :  7 Cara Mengembalikan Suara TV Digital Yang Hilang
Nama BANK Call center 
BRI
Mandiri
BCA
Bank SUMUT
  • Call center: 14002
  • WhatsApp: +62 81 184 14000
  • Email: banksumut.co.id
BNI
  • Call center: 1500046
  • WhatsApp: 0811 5881 946
  • Email: bnicall@ bni.co.id
BTN
Danamon
Bank CIMB Niaga
  • Call center:14041
  • WhatsApp: 0811 9781 4041
  • Email: @cimbniaga.co.id
Bank Panin
HSBC
CitiBank
Standard Chartered
  • Call center: (021) 5799 9988
  • Website: https://www.sc.com/id/help-centre/
Bank BRI Syariah
Bank Muamalat Indonesia
Bank Syariah Mandiri
Bank Jateng
  • Call center: 14066
  • Email: @bankjateng.co.id
Bank Jatim
BSI
  • Call center: 14040
  • WhatsApp: +62 815 8411 4040
  • Email: @bankbsi.co.id
Bank DKI

Note: Perlu diketahui bahwa menghubungi layanan call center Bank ini tidaklah gratis. Oleh karena itu, pastikan anda memiliki pulsa sebelum melakukan panggilan telepon.

Apa yang akan Terjadi Jika Lupa PIN ATM?

Perlu anda ketahui bahwa lupa PIN ATM berpotensi terhadap kartu ATM yang akan terblokir jika salah memasukkan PIN hingga 3 kali. Ada beberapa penyebab lupa PIN ATM yang umum terjadi diantaranya seperti:

  • Menggunakan PIN ATM dari kombinasi angka yang rumit
  • Memiliki banyak kartu ATM
  • Tidak mencatat PIN ATM
  • Membuat PIN ATM dengan asal-asalan
Baca Juga :  10 Cara Tukar Pulsa Jadi Saldo DANA Dengan Potongan Rendah

Tips agar Tidak Lupa PIN ATM

Tips agar Tidak Lupa PIN ATM
Tips agar Tidak Lupa PIN ATM/ Cara Mengetahui PIN ATM Dari Nomor Kartu ATM

Ada beberapa tips yang bisa anda coba untuk menghindari masalah lupa PIN ATM.  Diantaranya kami tampilkan berikut ini:

  • Pilih PIN ATM yang mudah diingat

Tips agar tidak lupa PIN ATM yang pertama yaitu dengan memilih PIN ATM yang mudah diingat, namun tidak mudah ditebak orang lain.

Gunakanlah angka yang relevan dengan anda, tetapi hindari menggunakan informasi pribadi yang bisa ditebak seperti tanggal lahir. Agar keamanan ATM anda kuat, sebaiknya gunakan lah PIN ATM dari kombinasi angka yang unik menurut versi anda.

  • Buat Notes PIN

Dengan mencatat PIN ATM, anda akan terhindar dari masalah seperti ATM terblokir karena salah PIN. Buatlah catatan PIN ATM anda, bisa di buku maupun di note HP. Namun jika anda menggunakan Note HP, pastikan kamu mengunci note tersebut agar tidak bisa diakses orang lain.

Akan tetapi perlu diingat bahwa dalam membuat cacatan PIN ATM, hindari secara terang-terangan menulis secara lengkap dengan judul “PIN ATM” Hal ini berguna agar jika ada orang lain secara tidak sengaja melihat notes anda, mereka tidak akan mengetahui apa maksud dari tulisan tersebut.

  • Gunakan Mnemonic atau Pengingat

Berikutnya, ada juga tips agar tidak lupa PIN ATM yakni dengan menggunakan mnemonic atau pengingat. Buatlah suatu pengingat yang hanya dapat dimengerti oleh anda sendiri agar memudahkan anda untuk mengingat PIN.

  • Gunakan Teknik Asosiasi

Tips menghindari lupa PIN ATM yang terakhir yaitu dengan menggunakan teknik asosiasi. Buatlah asosiasi atau cerita dengan angka-angka PIN anda. Teknik ini dapat memperkuat ingatan anda dengan PIN ATM.

Misalnya, PIN ATM yang dibuat dengan angka “041698” memiliki makna yaitu:

04 mengartikan anda anak ke 4

16 merupakan tanggal jadian anda dengan pasangan

98 merupakan dua angka terakhir yang diambil dari tahun lahir anda.

Akhir Kata

Cara Mengetahui PIN ATM Dari Nomor Kartu ATM
Cara Mengetahui PIN ATM Dari Nomor Kartu ATM

Dengan mengetahui langkah-langkah dalam cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM, anda dapat menemukan solusi dari masalah yang sedang anda hadapi dengan mudah pakai Cara Mengetahui PIN ATM Dari Nomor Kartu ATM praktis tanpa harus mengunjungi kantor cabang Bank!

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay