14 Penyebab dan Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Dibuka

Aplikasi Livin Mandiri kamu tidak bisa dibuka? Jangan Khawatir, coba deh simak artikel Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Dibuka berikut ini agar aktivitas transaksimu Kembali lancar.

Seperti yang kita ketahui, Livin Mandiri merupakan salah satu aplikasi perbankan yang dimiliki dan dikelola langsung oleh PT Bank Mandiri Tbk untuk memudahkan para nasabah untuk melakukan transaksi secara online dengan mudah dan lancar.

Adapun segala transaksi didalamnya hanya bisa dilakukan dengan mengandalkan smartphone, misalnya Ketika ingin melakukan pembayaran menggunakan fitur QRIS, namun kamu lupa membawa uang cash, maka dengan dengan aplikasi Livin Mandiri pembayaran bisa dilakukan tanpa menggunakan uang tunai.

Namun, seperti halnya dengan banyak aplikasi lainnya, terkadang ada saja kendala ketika aplikasi ini tidak dapat dibuka atau mengalami kesulitan dalam mengaksesnya. Apakah kamu mengalami masalah serupa?

Jika sobat sekalian punya masalah seperti itu, jangan panik yaa. Silahkan saja simak dan ikuti penyebab dan cara mengatasi Livin Mandiri tidak bisa dibuka di bawah ini sampai tuntas agar bisa melakukan transaksi dengan lancar lagi.

Penyebab Livin’ by Mandiri Tidak Bisa Dibuka

Dengan hadirnya aplikasi Livin’ by Mandiri, para nasabah Mandiri bisa melakukan transaksi keuangan secara online kapan pun dan dimana saja. Kemudahan ini pun didukung karena stabilnya koneksi internet.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa, selama perangkat terhubung dengan jaringan internet, maka para nasabah Mandiri bisa melakukan transaksi dengan lancar tanpa ada kendala apa pun.

Namun, bukan berarti aplikasi mobile seperti Livin’ by Mandiri ini tidak pernah mengalami masalah. Terkadang, beberapa nasabah juga menemukan berbagai masalah saat mengakses mobile banking, padahal sudah berhasil login atau bahkan tidak bisa dibuka sama sekali.

Nah, beberapa penyebab lain Livin’ by Mandiri tidak bisa dibuka mungkin antara lain sebagai berikut:

Sedang Melakukan Maintenance atau Pemeliharaan Server

Penyebab dan Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Dibuka
Sedang Melakukan Maintenance atau Pemeliharaan Server

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi Livin Mandiri tidak bisa dibuka, ada baiknya mengetahui lebih dulu beberapa penyebab utama Livin’ by Mandiri tidak bisa dibuka.

Salah satu penyebab Livin’ by Mandiri tidak bisa dibuka adalah karena pihak bank Mandiri sedang melakukan Maintenance atau pemeliharaan server pada pada aplikasi mobile banking mereka.

Bank akan mengembangkan sistem untuk memelihara mobile banking. Maintenance atau pemeliharaan server ini biasanya dilakukan pada malam hari. Biasanya sistem akan memberi tahu kamu ketika pemeliharaan sedang berlangsung.

Baca Juga :  5 Cara Menghilangkan Iklan Shopee Di HP Dengan Mudah

Pemeliharaan sistem ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pelanggan saat bertransaksi melalui Livin’.

Aplikasi Livin Mandiri Belum di Update

Penyebab dan Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Dibuka
Aplikasi Livin Mandiri Belum di Update

Sebelum masuk ke pembahasan inti mengenai cara mengatasi Livin Mandiri tidak bisa dibuka, ada baiknya mengetahui lebih dulu beberapa penyebab lain Livin’ by Mandiri tidak bisa dibuka.

Semua software atau perangkat lunak akan diperbarui oleh developer atau pengembangnya secara berkala dengan tujuan untuk memperbaiki segala kendala atau kerusakan-kerusakan lain yang sering ditemui sebelumnya.

Jika versi terbaru tersedia, nantinya akan muncul notifikasi atau pemberitahuan pada Hp untuk mengingatkan kamu agar segera memperbaharui aplikasinya ke versi terbaru.

Setelah aplikasi terupdate, banyak fitur baru tersedia di dalamnya. Oleh karena itu, jika nasabah tidak memperbarui Livin’ by Mandiri, maka aplikasi lama tidak dapat digunakan lagi. Karena pihak pengembang menggunakan aplikasi versi terbaru.

Data atau Cache Yang Menumpuk Di Aplikasi Livin Mandiri

Penyebab dan Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Dibuka
Data atau Cache Yang Menumpuk Di Aplikasi Livin Mandiri

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi Livin Mandiri tidak bisa dibuka, ada baiknya mengetahui lebih dulu beberapa penyebab selanjutnya Livin’ by Mandiri tidak bisa dibuka.

Chace adalah suatu mekanisme penyimpanan sementara yang digunakan dalam komputasi untuk menyimpan data yang sering diakses sehingga dapat diakses lebih cepat dibandingkan dengan mengambilnya dari sumber aslinya.

Cache biasanya berada di antara sumber data utama (seperti RAM atau disk) dan unit pemrosesan (seperti CPU). Cache dapat berupa cache perangkat keras (seperti cache L1, L2, L3 pada CPU) atau cache perangkat lunak (seperti cache web pada browser).

Tujuan utama dari penggunaan cache adalah untuk meningkatkan kinerja sistem dengan mengurangi waktu akses data dan mempercepat respon aplikasi.

SIM Dicabut

Biasanya, untuk mengakses mobile banking, smartphone kamu harus memiliki kartu SIM yang sudah terpasang. Pendaftaran mobile banking Mandiri membutuhkan nomor Hp yang aktif.

Mobile banking juga hanya dapat dioperasikan pada Hp dengan nomor yang sesuai dengan nomor yang di daftarkan pada saat pendaftaran di mobile banking Mandiri.

Jadi, jika kamu memindahkan kartu SIM ke perangkat baru, aplikasi mobile banking mungkin tidak bisa dibuka dan kamu perlu mengunduh aplikasinya tersebut di perangkat baru.

Koneksi Internet Lemot

Penyebab lain Livin’ by Mandiri tidak bisa dibuka adalah mungkin karena koneksi internet yang kamu gunakan tidak stabil. Sebagaimana diketahui, jaringan internet sangat berperan penting untuk mengakses mobile banking.

Akun Dibatasi Sementara

Ada indikasi akun Livin Mandiri ditangguhkan sementara karena melanggar ketentuan penggunaan. Aktivitas mencurigakan terkait keamanan akun juga dapat menghalangi akses akun.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki Ktp Yang Buram

Pembatasan sementara ini mungkin diberlakukan oleh penyedia layanan untuk melindungi akun dari akses tidak sah atau aktivitas mencurigakan dan untuk melindungi keamanan dan integritas informasi pengguna.

Aplikasi Livin’ by Mandiri Crash

Penyebab lain Livin’ by Mandiri tidak bisa dibuka berikutnya adalah aplikasinya mengalami crash seperti adanya indikasi bug dalam kode aplikasi, kegagalan sistem operasi dan ketidakcocokan aplikasi dengan versi software.

Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Dibuka

Penyebab dan Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Dibuka
Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Dibuka

Berdasarkan penyebab diatas, kita dapat mengetahu cara mengatasi Livin Mandiri tidak bisa dibuka. Untuk memperbaiki penyebab-penyebab diatas, kamu dapat mencoba langkah-langkah cara mengatasi Livin Mandiri tidak bisa dibuka berikut ini:

  • Pastikan koneksi internet yang kamu gunakan sudah stabil dan kuat.
  • Coba tutup aplikasi Livin Mandiri dan buka kembali setelah beberapa saat.
  • Lakukan pembaharuan pada aplikasi Livin Mandiri ke versi yang lebih baru.
  • Bersihkan Cache di aplikasi Livin Mandiri.
  • Matikan dan hidupkan kembali Hp kamu.
  • Pastikan tanggal dan waktu di Hp kamu sudah sesuai.
  • Hapus aplikasi Livin Mandiri dan install ulang kembali
  • Nonaktifkan VPN di Hp kamu.
  • Periksa kapasitas penyimpanan di Hp kamu apakah masih cukup untuk digunakan pada aplikasi Livin Mandiri.
  • Hubungi Costumer Service Mandiri.

Cek Gangguan Pada Aplikasi Livin Mandiri

Cara mengatasi Livin Mandiri tidak bisa dibuka yang pertama adalah dengan melakukan cek gangguan pada aplikasi Livin Mandiri. Kamu bisa mengunjungi situs web resmi Mandiri atau bisa menggunakan aplikasi disana.

Biasanya pihak bank akan memberikan informasi tentang status layanan, pemeliharaan atau gangguan yang mungkin terjadi. cara cek lewat situs web resmi Bank Mandiri bisa melalui link: https://www.bankmandiri.co.id/livin.

Kamu juga bisa melakukan cek pada akun official sosial media mereka seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Restart Aplikasi dan Perangkat

Cara mengatasi Livin Mandiri tidak bisa dibuka lainnya adalah mengakhiri aplikasi Livin Mandiri sepenuhnya dan kemudian membukanya kembali. Proses ini dapat memperbaiki masalah sementara yang disebabkan oleh kesalahan kecil atau penumpukan cache.

  • Tutup aplikasi Livin Mandiri sepenuhnya. Untuk melakukan ini, geser aplikasi ke atas pada layar utama atau gunakan pengelola tugas sistem kamu.
  • Setelah menutup aplikasi, tunggu beberapa saat dan kemudian buka kembali aplikasi Livin Mandiri.

Hubungi Costumer Service Bank Mandiri

Penyebab dan Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Dibuka
Hubungi Costumer Service Bank Mandiri

Cara mengatasi Livin Mandiri tidak bisa dibuka berikutnya adalah dengan menghubungi Costumer Service Bank Mandiri melalui nomor telepon 1500025 atau WhatsApp ke +6281 184 14000.

Tim Costumer Service akan membantu kamu untuk mengecek status server dan memberikan solusi terbaik untuk mengatasi kendala yang kamu alami.

Periksa Koneksi Internet

Livin Mandiri memerlukan koneksi internet yang stabil untuk berfungsi dengan baik. Pastikan bahwa perangkat kamu terhubung ke jaringan Wi-Fi atau data seluler yang kuat dan stabil.

  • Buka pengaturan jaringan pada perangkat kamu dan pastikan bahwa koneksi internet sedang berjalan dengan baik.
  • Jika menggunakan Wi-Fi, coba sambungkan ke jaringan lain atau periksa router kamu untuk memastikan tidak ada masalah pada sambungan internet.
  • Jika menggunakan data seluler, pastikan bahwa sinyal cukup kuat untuk mendukung aplikasi.
Baca Juga :  5+ Cara Transfer Kuota Indosat Yang Kita Miliki Lewat Myim3 dengan Mudah dan Praktis!

Update Aplikasi Livin Mandiri

Kemungkinan aplikasi Livin Mandiri memerlukan pembaruan untuk mengatasi masalah yang Anda alami. Pergi ke Google Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS) dan periksa apakah ada pembaruan yang tersedia untuk aplikasi Livin Mandiri.

Cara mengatasi Livin Mandiri tidak bisa dibuka selanjutnya adalah dengan melakukan update aplikasi Livin Mandiri. Dengan begitu, mungkin aplikasi bisa dibuka kembali.

Langkah-langkah cara update aplikasi Livin Mandiri:

  • Langkah pertama, buka Google Play Store.
  • Cri aplikasi Livin Mandiri.
  • Di sebelah kanan, terdapat logo berwarna hijau yang bertuliskan update.
  • Klik logo tersebut untuk melakukan update.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses update berjalan.
  • Jika sudah selesai, aplikasi akan bisa dibuka kembali.
  • Selesai.

Hapus Cache di Aplikasi Livin Mandiri

Kadang-kadang, masalah dapat terjadi karena data sementara atau cache yang rusak. Menghapus cache dan data aplikasi Livin Mandiri dapat membantu memperbaiki masalah ini. Namun, perlu diingat bahwa langkah ini dapat menghapus pengaturan dan preferensi yang disimpan di dalam aplikasi.

Cara mengatasi Livin Mandiri tidak bisa dibuka berikutnya adalah dengan menghapus chace di aplikasi Livin Mandiri. berikut langlah-langkah yang dapat dilakukan:

  • Buka Pengaturan atau Setting di Hp masing-masing.
  • Jika sudah, pilih aplikasi.
  • Kemudian cari aplikasi Livin Mandiri.
  • Pilih opsi penyimpanan.
  • Lalu pilih menu Hapus Cache untuk membersihkan cache pada aplikasinya.
  • Selesai.

Periksa Pengaturan Keamanan

Beberapa perangkat memiliki pengaturan keamanan yang ketat yang dapat menghalangi aplikasi dari berjalan dengan benar. Pastikan pengaturan keamanan perangkat kamu memungkinkan instalasi dan operasi aplikasi seperti Livin Mandiri.

  • Buka pengaturan perangkat kamu dan cari menu “Keamanan” atau “Privasi”.
  • Periksa untuk memastikan bahwa tidak ada pengaturan yang membatasi instalasi atau operasi aplikasi dari sumber yang tidak dikenal.
  • Jika diperlukan, aktifkan opsi “Instalasi dari Sumber yang Tidak Dikenal” untuk memungkinkan aplikasi Livin Mandiri diinstal dan berjalan dengan baik.

Akhir Kata

Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Dibuka
Cara Mengatasi Livin Mandiri Tidak Bisa Dibuka

Nah, itulah tadi 14 penyebab dan cara mengatasi Livin Mandiri tidak bisa dibuka yang dapat kamu lakukan agar bisa melakukan segala transaksi keuangan kembali dengan lancar.

Kiranya dengan mengikuti langkah-langkah cara mengatasi Livin Mandiri tidak bisa dibuka dapat membantu kamu untuk mengatasi hal yang sama. Semoga referensi ini berguna bagi para pengguna aplikasi Livin Mandiri juga. Semoga bermanfaat!

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng. Ikuti saya di Instagram: @juandasidabutar09

Artikel Menarik Lainnya