6 Cara Scan Foto ke PDF di HP Android Dengan Mudah

Informasi terkait cara scan foto ke PDF, sepertinya menjadi solusi paling tepat bagi seseorang ketika ingin melengkapi berkas yang harus menggunakan foto dengan format PDF. Dalam melakukan proses memindai foto ke format PDF ini, Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan perangkat HP Android saja. Penasaran seperti apa kira-kira tata cara scan foto menjadi format PDF di HP Android, yuk cari tahu informasi selengkapnya di artikel berikut ini.

Bagaimana Cara Scan Foto ke PDF di HP Android?

Bagaimana Cara Scan Foto ke PDF di HP Android?
Bagaimana Cara Scan Foto ke PDF di HP Android?

Melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti sekarang ini, menjadikan seseorang kini lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Salah satu yang bisa Anda lihat disini adalah, kini pengguna bisa melakukan proses scan foto / gambar ke format PDF cukup dengan memanfaatkan perangkat HP Android saja. Dengan mengandalkan perangkat HP yang dimiliki, Anda sudah bisa melakukan proses scan / memindai kapan saja dan dimana saja sesuai keinginan.

Namun yang menjadi pertanyaan disini adalah, bagaimanakah proses cara scan foto ke PDF tersebut dengan menggunakan perangkat HP Android? Sebelum Anda mengetahui tata cara memindai objek foto / gambar menjadi format PDF, sebaiknya kenali terlebih dahulu seputar kelebihan dan kekurangan dari file format PDF. Yang mana, informasi tersebut bisa Anda lihat pada tabel penjelasan di bawah ini.

Kelebihan File PDF Kekurangan File PDF
File format PDF bersifat fleksibel, sehingga bisa dibuka di perangkat mobile maupun perangkat desktop. Karena dirancang dengan tampilan read only, maka file PDF tidak bisa dilakukan pengeditan.
PDF menawarkan fitur lock / fitur kunci, yang mana berguna untuk mengamankan dokumen. Sulit dibaca di layar, dikarenakan tampilannya berformat A4 atau berbentuk potret.
Format file PDF bisa digunakan untuk menyimpan data berupa gambar, foto maupun grafik.
Isi file dokumen PDF lebih aman, lantaran memiliki tampilan read-only yang hanya bisa dibaca dan tidak bisa diedit secara langsung.
Memungkinkan pengguna mengompresi berkas berukuran besar, sehingga tidak akan memakan banyak memori.
Bisa diakses oleh semua pengguna, sehingga mudah dan nyaman digunakan.

Perlu Anda ketahui, bahwa ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan dalam memindai objek foto / gambar ke dalam format PDF di perangkat HP Android, baik itu dengan ataupun tanpa aplikasi pihak ketiga. Sehingga, Anda nantinya bisa memilih apakah akan memindai foto ke format PDF dengan aplikasi pihak ketiga atau justru sebaliknya. Adapun untuk tata cara scan foto ke PDF di HP Android, bisa Anda simak pada penjelasan berikut ini.

Baca Juga :  Cara Menstabilkan Video Di Capcut Tanpa Aplikasi

1. Cara Scan Foto ke PDF dengan PDF Converter

Cara Scan Foto ke PDF dengan PDF Converter
Cara Scan Foto ke PDF dengan PDF Converter

Pertama, kita akan membahas mengenai proses memindai foto ke format PDF di HP Android dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, yakni PDF Converter. Ya, aplikasi ini hadir dengan memudahkan para pengguna untuk mengambil sebuah gambar yang disimpan di galeri dengan format JPG, PNG dan lain-lain untuk dijadikan format PDF. Agar Anda lebih paham mengenai tata cara memindai foto ke format PDF dengan aplikasi PDF Converter, maka bisa ikuti instruksinya di bawah ini.

  • Silahkan Anda download % install aplikasi PDF Converter di perangkat HP Android yang dimiliki.
  • Apabila aplikasi PDF Converter sudah terpasang di HP Android, Anda tinggal buka saja aplikasi tersebut.
  • Di tampilan awal aplikasi, Anda akan melihat 2 ikon (kamera dan galeri) yang mengarahkan Anda untuk mengambil gambar. Nantinya, Anda tinggal pilih salah satu ikon tersebut untuk menampilkan foto yang ingin diubah ke format PDF.
  • Jika sudah, Anda pilih foto mana yang akan dipindai menjadi format PDF dengan aplikasi PDF Converter.
  • Kemudian tinggal klik saja opsi “Convert to PDF”, dang anti nama file-nya sesuai yang Anda inginkan.
  • Terakhir, silahkan Anda klik “Save” dan gambar tersebut akan tersimpan dalam bentuk format PDF.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Cek KTP Online Terbaik 

2. Cara Scan Foto ke PDF Lewat TapScanner

Cara Scan Foto ke PDF Lewat TapScanner
Cara Scan Foto ke PDF Lewat TapScanner

Selain aplikasi PDF Converter, Anda juga bisa menggunakan aplikasi lain bernama TapScanner untuk memindai foto menjadi format PDF. Di aplikasi ini, Anda akan menemukan banyak sekali fitur dan filter menarik untuk ditambahkan dalam proses pemindaian foto nantinya. Adapun mengenai cara scan foto ke PDF dengan aplikasi TapScanner ini terbilang sangat mudah, dimana Anda hanya tinggal mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  • Pertama-tama, Anda perlu mengunduh dan menginstal terlebih dahulu aplikasi TapScanner tersebut melalui layanan Google Play Store.
  • Setelah terpasang di perangkat HP Android, Anda buka aplikasinya dan klik tanda (+) di bagian menu “Home”. Anda nantinya bisa mengambil gambar melalui kamera secara langsung ataupun dari galeri yang tersimpan.
  • Anda pilih foto yang ingin diubah ke format PDF, dan klik “Selesai”.
  • Nantinya, Anda akan diarahkan untuk memotong bagian dari gambar yang tidak diperlukan dan menambahkan filter jika diperlukan.
  • Apabila foto sudah pas sesuai keinginan, maka tinggal klik “Simpan”. Bagi Anda yang ingin menyimpan foto PDF ke memori HP, maka klik tanda “Unduh” yang ada di bagian kanan atas di samping ikon titik tiga.
  • Jika sudah, maka layar akan menampilkan 2 opsi yang meminta Anda untuk melakukan konfirmasi bentuk foto yang ingin disimpan. Disini, silahkan Anda pilih “PDF” dan atur kualitas penyimpanan yang diinginkan.
  • Terakhir, silahkan Anda klik “Simpan” untuk menyimpan hasil foto PDF tersebut.
Baca Juga :  Cara Mengetahui Password Wifi Yang Belum Terhubung

3. Cara Scan Foto ke PDF Menggunakan Aplikasi CamScanner

Cara Scan Foto ke PDF Menggunakan Aplikasi CamScanner
Cara Scan Foto ke PDF Menggunakan Aplikasi CamScanner

Aplikasi CamScanner, juga memungkinkan bagi para pengguna untuk melakukan proses scan foto menjadi format PDF di perangkat HP Android. Tidak hanya dapat melakukan pemindaian objek foto / gambar saja, aplikasi ini juga bisa memindai file menjadi bentuk softcopy secara langsung dari perangkat ponsel. Langkah-langkah memindai foto ke format PDF dengan aplikasi CamScanner, yakni sebagai berikut.

  • Unduh dan pasang aplikasi CamScanner di perangkat HP Android Anda.
  • Kemudian, Anda buka aplikasi CamScanner untuk memulai proses pemindaian foto ke format PDF.
  • Setelah itu, tekan tombol kamera dan arahkan kamera pada foto yang ingin dipindai.
  • Lakukan proses pengeditan gambar jika memang diperlukan. Disini, Anda bisa memotong foto sesuai keinginan.
  • Jika sudah, ubah nama file sesuai keinginan dan simpan gambar dalam format PDF tersebut.

4. Cara Scan Foto ke PDF dengan Aplikasi Tiny Scanner

Cara Scan Foto ke PDF dengan Aplikasi Tiny Scanner
Cara Scan Foto ke PDF dengan Aplikasi Tiny Scanner

Cara scan foto ke PDF dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga berikutnya, yakni bisa Anda lakukan dengan aplikasi Tiny Scanner yang mudah digunakan di perangkat HP Android. Aplikasi ini, memungkinkan para pengguna untuk memindai berbagai dokumen seperti foto, tanda terima, laporan dan lain sebagainya sesuai keinginan. Untuk menggunakan aplikasi Tiny Scanner ini terbilang cukup mudah, dimana Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah pemindaian foto ke format PDF berikut ini.

  • Langkah pertama, Anda unduh dan install aplikasi Tiny Scanner di layanan Google Play Store di perangkat HP Android Anda.
  • Apabila Anda ingin mengambil gambar untuk mulai scan, maka silahkan pilih ikon kamera. Sementara jika sudah memiliki gambarnya, tinggal pilih saja ikon
  • Jika sudah, atur ukuran gambar tersebut agar terlihat lebih rapi. Dalam mengatur ukuran gambar disini, Anda hanya perlu melakukan pemotongan untuk menghilangkan bagian yang tidak diperlukan. Caranya, Anda tarik garis di kotak biru dan jika sudah selesai tinggal klik Ceklis”.
  • Kemudian, Anda nantinya hanya memilih apakah ingin hasil gambar berwarna atau hitam putih. Apabila Anda menginginkan gambar berwarna, tinggal klik ikon gambar dan lanjutkan klik “Ceklis”.
  • Dan terakhir, Anda silahkan beri nama file gambar format PDF tersebut untuk menyimpan di memori perangkat HP Android.

5. Cara Scan Foto ke PDF Menggunakan Google Drive

Cara Scan Foto ke PDF Menggunakan Google Drive
Cara Scan Foto ke PDF Menggunakan Google Drive

Jika keempat cara memindai foto ke format PDF di atas menggunakan aplikasi pihak ketiga, maka kali ini Anda bisa memindai foto di perangkat HP Android tanpa perlu aplikasi pihak ketiga. Caranya, Anda tinggal memanfaatkan fitur Google Drive yang terpasang di perangkat HP Android Anda tersebut. Adapun untuk melakukan proses pemindaian foto menjadi format PDF dengan Google Drive, bisa Anda lakukan dengan menerapkan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Tips pertama, silahkan Anda buka aplikasi Google Drive di perangkat HP Android Anda. Apabila Anda belum memasang aplikasi ini, maka bisa mengunduh dan menginstall-nya terlebih dahulu di layanan Google Play Store.
  • Apabila Google Drive sudah terbuka, Anda tinggal klik saja simbol bertanda plus (+) yang ada di bagian pojok kanan atas.
  • Kemudian, Anda tinggal pilih opsi “Scan” dan ambil foto yang diinginkan.
  • Pada foto yang akan diubah menjadi format PDF, Anda bisa melakukan proses pengeditan seperti memotong, memutar ataupun mengambil ulang foto tersebut jika dirasa masih kurang pas.
  • Jika sudah sesuai keinginan, maka tinggal klik “Done” dan masukkan nama file yang diinginkan, lalu klik “Save” untuk menyimpan gambar.
Baca Juga :  10 Cara Menggabungkan 2 Foto Menjadi 1 Tanpa Aplikasi

6. Cara Scan Foto ke PDF Lewat Situs Website Online Smallpdf

Cara Scan Foto ke PDF Lewat Situs Website Online Smallpdf
Cara Scan Foto ke PDF Lewat Situs Website Online Smallpdf

Adapun cara scan foto ke PDF tanpa aplikasi pihak ketiga selain menggunakan Google Drive, Anda bisa melakukan proses pemindaian melalui situs website online. Dari sekian banyaknya situs pemindai foto format PDF yang ada di internet, Anda bisa menggunakan situs Smallpdf yang dapat memindai file foto, word, ppt dan lain sebagainya. Dimana, tata cara melakukan pemindaian foto menjadi format PDF di situs website online ini, yakni sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan Anda buka situs browser di perangkat HP Android dan kunjungi situs Smallpdf.
  • Setelah itu, Anda tinggal unggah foto berbentuk file JPG atau format lain dengan mengklik menu “Taruh Gambar Disini” dan pilih gambarnya.
  • Apabila foto yang diinginkan sudah berhasil diunggah, maka pengguna bisa mengatur ukuran kertas, ukuran margin dan orientasi PDF yang diinginkan.
  • Selanjutnya, Anda klik “Buat PDF Anda Sekarang” dan tunggu selama beberapa saat sampai prosesnya selesai dilakukan.
  • Jika prosesnya sudah selesai dilakukan, Anda hanya tinggal mengunduh saja file gambar hasil PDF tersebut dan menyimpan hasilnya di memori perangkat HP Android.
Cara Scan Foto ke PDF
Cara Scan Foto ke PDF

Demikianlah tadi informasi penting bagi Anda mengenai tata cara scan foto ke PDF di perangkat HP Android, baik dengan ataupun tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Nantinya, Anda bisa memilih salah satu metode pemindaian foto ke format PDF yang dirasa mudah untuk dilakukan.

Artikel Menarik Lainnya