3 Rekomendasi Cara Mengembalikan Akun DANA Yang Nomornya Sudah Tidak Aktif

3 Rekomendasi Cara Mengembalikan Akun DANA Yang Nomornya Sudah Tidak Aktif – Cara mengembalikan akun DANA yang nomornya sudah tidak aktif sangatlah mudah, kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Berbicara mengenai DANA, saat ini ada banyak sekali jenis platform pembayaran digital yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. DANA menjadi salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Cara Mengembalikan Akun DANA Yang Nomornya Sudah Tidak Aktif

Cara Mengembalikan Akun DANA Yang Nomornya Sudah Tidak Aktif
Cara Mengembalikan Akun DANA Yang Nomornya Sudah Tidak Aktif

Apakah kamu pernah mengalami kondisi dimana nomor HP yang kamu hubungkan dengan DANA hilang atau sudah tidak aktif? Lalu jika memang hilang apakah nomornya bisa dikembalikan?

Tenang jangan panik atau pusing. Tentu bisa asalkan menggunakan cara mengembalikan akun DANA yang nomornya sudah tidak aktif  dengan benar. Namun, sebelum membahas mengenai bagaimana cara mengembalikan akun DANA yang nomornya sudah tidak aktif  sebaiknya kita simak terlebih dahulu apa sih aplikasi DANA itu?

DANA merupakan salah satu aplikasi layanan keuangan berbasis digital yang memiliki fungsi sebagai media pembayaran digital. DANA dinilai menjadi aplikasi yang efisien karena bisa menggantikan kedudukan dompet konvensional. Aplikasi ini bisa kalian download dengan mudah dan bebas di Playstore secara gratis.

DANA menjadi aplikasi yang akan membantu kalian dalam proses transaksi secara cepat dan mudah. Aplikasi ini juga bisa menggantikan kedudukan akun mobile banking jika kalian belum atau tidak memilikinya.

Sistem transaksinya sangat mudah dipergunakan untuk berbagai macam jenis transaksi seperti halnya transfer uang, penerimaan uang, pembayaran tagihan listrik, tagihan wifi, tagihan air, pembelian pulsa, dan pembayaran online lainnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa aplikasi DANA ini memiliki fitur code barcode yang akan semakin memudahkan proses transaksi kalian.

Beberapa keuntungan lainnya yang bisa kalian dapatkan selain sebagai dompet digital adalah

  1. Bisa melakukan penarikan tunai di kasir Alfamidi atau Alfamart.
  2. Bisa melakukan top-up melalui berbagai E-Wallet, Bank, Alfamidi, hingga Alfamart.
  3. Bisa kalian gunakan sebagai platform untuk menabung secara online.
  4. Memiliki 10 kali gratis transfer selama sebulan.
  5. Bisa mendapatkan berbagai promo jika menggunakan aplikasi DANA mulai dari potongan pembelian, promo voucher, hingga promo-promo menarik lainnya yang akan menguntungkan kalian para pengguna aplikasi ini.
Baca Juga :  Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Polytron Melalui 8 Urutan Langkah

Bagaimana Cara Memiliki Akun Dana?

DANA merupakan salah satu aplikasi yang tersedia di Playstore, jadi langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendownload nya terlebih dahulu di Playstore. Setelah itu daftarlah menggunakan nomor handphone dan lakukan verifikasi kode OTP.

DANA juga menyediakan fitur premium bagi kalian. Caranya sedikit panjang jika dibandingkan dengan non premium yaitu kalian harus melakukan verifikasi KTP dan wajah terlebih dahulu. Apabila sudah menjadi member premium, maka kalian akan dengan bebas dapat mengakses banyak sekali fitur di aplikasi DANA.

Mengatasi Lupa PIN DANA

Mengatasi Lupa PIN DANA
Mengatasi Lupa PIN DANA

Setelah mendapatkan informasi mengenai cara mengembalikan akun DANA yang nomornya sudah tidak aktif, kali ini kalian akan disajikan informasi mengenai bagaimana sih cara mengatasi apabila ada kejadian lupa dengan PIN DANA.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuka aplikasi DANA di halaman login dan klik “Lupa PIN DANA”. Setelah itu kalian akan masuk dalam proses verifikasi akun yang mana diharuskan untuk memasukkan 4 digit kode. Kode ini akan dikirimkan via sms melalui handphone kalian.

Jika sudah maka secara otomatis fitur “Pertanyaan Keamanan” akan aktif. Di sana kalian akan diminta untuk menjawab 3 Pertanyaan Keamanan atau memasukkan NIK yang terdapat di KTP.

Apabila kalian memilih untuk menjawab 3 Pertanyaan Keamanan dan jawabannya benar secara berturut-turut, maka secara otomatis kalian akan diarahkan untuk menghubungi Customer Service dari tim DANA. Sebaliknya, jika kalian memilih untuk mengisi dan memasukkan NIK KTP, maka kalian akan langsung diarahkan untuk memasukkan PIN baru.

Adapun beberapa tips yang harus kalian ketahui jika ingin membuat PIN baru. Pertama, pastikan PIN itu merupakan kombinasi angka yang unik dan sifatnya pribadi sehingga tidak akan dengan mudah diretas atau ditebak oleh orang lain. Kedua pastikan bahwa PIN yang akan kalian buat merupakan PIN yang tidak akan dengan mudah kalian lupakan.

Apa Saja Fungsi ID DANA

Apa Saja Fungsi ID DANA
Apa Saja Fungsi ID DANA

Apakah kalian tau, ketika membuat akun DANA maka secara otomatis kalian akan memiliki ID DANA. ID DANA merupakan identitas dari nomor handphone yang sudah terdaftar pada aplikasi DANA.

Beberapa fungsi penting dari ID DANA digunakan sebagai nomor virtual account apabila kalian melakukan top-up melalui bank. Tidak hanya itu saja, ID DANA ini juga berfungsi sebagai nomor rujukan ketika melakukan top-up DANA via e-wallet lainnya, Alfamart, hingga Alfamidi.

Terakhir, fungsi dari ID DANA ini adalah sebagai penerima kode verifikasi OTP ketika kalian melakukan login di aplikasi. Nah OTP ini nantinya akan dikirimkan melalui SMS. Jadi, ID DANA ini memiliki fungsi yang sangat banyak dan tentunya penting sekali.

Baca Juga :  10 Cara Menghilangkan Bekas Stiker di Laptop Dengan Mudah

Baca Juga: Kenapa Tidak Bisa Top Up DANA Di Indomaret? Ketahui 8 Penyebab Lengkap Solusinya!

Cara mengembalikan akun DANA yang nomornya sudah tidak aktif Jika Device Hilang

Ini dia cara mengembalikan akun DANA yang nomornya sudah tidak aktif apabila device atau handphone kalian hilang, dengan cara:

1. Menggunakan Device Lain

Cara pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan menggunakan device atau perangkat lain. Di perangkat ini kalian bisa melakukan login ulang ke akun DANA milik kalian.

Caranya mudah sekali cukup dengan memasukkan nomor yang sebelumnya sudah terdaftar di DANA. Setelah itu lakukan verifikasi dan ubahlah nomor ponsel pada aplikasi DANA dengan nomor ponsel yang baru.

2. Tanpa Device

Cara mengembalikan akun DANA yang nomornya sudah tidak aktif  yang kedua jika kalian tidak memiliki device atau perangkat lainnya. Caranya sangat mudah sekali cukup kirim keluhan kalian via email [email protected]. Dengan menghubungi ini, keluhan kalian akan segera diproses dengan beberapa persyaratan seperti:

  • Mencatat nomor dari tiket keluhan yang nantinya diberikan oleh tim Customer Service
  • Menyiapkan video selfie sambil memegang kertas yang sebelumnya sudah diisi dengan nomor baru, nomor tiket keluhan, serta tanda tangan.
  • Setelah itu kirimkan video selfie yang sedang memegang kertas itu via email [email protected].
  • Ketika sudah diproses oleh pihak DANA, maka akan ada notif pergantian nomor HP DANA.
  • Setelah itu kalian bisa langsung menggunakan nomor baru yang sudah diproses oleh pihak DANA.

Cara Mengubah Nomor DANA Jika Nomor HP Sudah  Tidak Aktif

Cara Mengubah Nomor DANA Jika Nomor HP Sudah  Tidak Aktif
Cara Mengubah Nomor DANA Jika Nomor HP Sudah  Tidak Aktif

Cara mengembalikan akun DANA yang nomornya sudah tidak aktif  sudah dijelaskan di atas, lalu bagaimana jika hanya ingin sekedar mengganti nomor saja jika nomor HP yang lama sudah tidak aktif?

  • Pertama, bukalah aplikasi DANA dan klik menu Saya.
  • Setelah itu pilih Pengaturan Keamanan dan Ubah Nomor Ponsel.
  • Jika sudah maka pilih Ganti Nomor.
  • Jika kalian sudah mengaktifkan fitur Pertanyaan Keamanan, maka aplikasi akan mengarahkan kalian untuk menjawab 3 pertanyaan.
  • Apabila 3 jawaban kalian salah secara berturut-turut akan diarahkan untuk memasukkan alamat email guna melakukan verifikasi akun.
  • Ikuti instruksi yang dikirimkan via email hingga selesai.

Bagaimana Cara Mengganti Nomor HP yang Masih Aktif di Aplikasi DANA?

Sebelumnya sudah dijelaskan cara mengembalikan akun DANA yang nomornya sudah tidak aktif, lalu bagaimana jika kita ingin mengganti nomor DANA jika nomornya belum expired atau mendekati expired?

  • Buka terlebih dahulu aplikasi DANA dan pilih menu Saya.
  • Setelah itu pilihlah menu Pengaturan Keamanan dan pilih Ubah Nomor Ponsel
  • Lalu klik Ganti Nomor dan masukkan PIN akun DANA milik kalian
  • Setelah itu kalian akan mendapatkan notif berupa kode OTP yang dikirimkan melalui SMS
  • Masukkan kode OTP dan nomor baru milik kalian dan klik selanjutnya.
  • Dan nomor akan terganti dengan nomor baru.
Baca Juga :  4 Cara Melihat Status WA Orang yang Tidak Menyimpan Nomor Kita Paling Manjur

Seberapa Penting Melakukan Pergantian Nomor DANA?

Berbicara mengenai bagaimana cara mengembalikan akun DANA yang nomornya sudah tidak aktif, apakah melakukan pergantian nomor DANA itu penting dilakukan jika nomor itu hilang?

Jawabannya adalah penting sekali karena jika tidak segera diganti maka hal yang ditakutkan adalah disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Nah dengan mengganti akun DANA, kamu bisa menggunakan cara mengembalikan akun DANA yang nomornya sudah tidak aktif  yang sudah dijelaskan di atas.

Ini juga berlaku ketika kalian hendak melakukan pergantian nomor telepon pribadi yang kalian gunakan. Jangan sampai lupa, karena jika lupa hal yang paling beresiko adalah nomor kalian bisa digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Apakah Bisa Nomor HP DANA Diganti-Ganti?

Jawabannya adalah tidak bisa, karena hanya bisa dilakukan 1 kali dalam rentang waktu 3 bulan atau 90 hari. Seperti yang kalian ketahui cara mengembalikan akun DANA yang nomornya sudah tidak aktif  memang mudah dan membutuhkan waktu yang hanya sebentar yaitu 1-3 hari, namun tetap saja tidak bisa sering-sering diganti.

Apakah Aplikasi DANA Aman Digunakan?

Apakah Aplikasi DANA Aman Digunakan?
Apakah Aplikasi DANA Aman Digunakan?

DANA merupakan salah satu aplikasi yang memiliki teknologi keamanan kelas dunia yang memiliki sertifikat keamanan dan jaminan PCI-DSS (The Payment Card Industry Data Security Standard). Aplikasi ini memiliki fitur istimewa berupa Dana Protection yang akan menjaga keamanan semua transaksi kalian karena diawasi selama 24 jam penuh.

Selain itu ada fitur keamanan menggunakan kode OTP dan PIN sehingga akan menambah keamanan pada proses transaksi dari para hacker atau orang licik. Jangan lupa, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur kode QR untuk mempermudah dan mempercepat proses transaksi. Bahkan aplikasi DANA berani memberikan jaminan keamanan 100%.

Demikian artikel ini kami sajikan. Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua yang sedang mengalami kesulitan dalam mengembalikan atau mengganti nomor telepon DANA. Apabila ingin mendapatkan informasi yang lebih lanjut mengenai fitur pada aplikasi DANA, kalian bisa langsung menghubungi tim Customer Service.

Cara Mengembalikan Akun DANA Yang Nomornya Sudah Tidak Aktif
Cara Mengembalikan Akun DANA Yang Nomornya Sudah Tidak Aktif

Cara mengembalikan akun DANA yang nomornya sudah tidak aktif  penting untuk diketahui dan dilakukan jika benar-benar hilang, karena jika tidak segera dikembalikan atau diganti maka kemungkinan terburuk nya adalah bisa saja uang yang ada di akun DANA kalian habis terkuras. Atau bisa saja data pribadi yang ada di akun DANA tersebut bisa disalahgunakan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab.

Artikel Menarik Lainnya