Kenapa Tidak Bisa Top Up DANA Di Indomaret? Ketahui 8 Penyebab Lengkap Solusinya!

Kenapa tidak bisa top up DANA di Indomaret sering kali menjadi pertanyaan yang banyak diperbincangkan, mengingat top up DANA di Indomaret merupakan salah satu opsi yang cukup banyak diminati untuk mengisi saldo aplikasi pembayaran digital dengan mudah.

Namun terkadang ada kalanya tidak bisa melakukan top up DANA di Indomaret. Apa sajakah yang menyebakan hal demikian bisa terjadi? Temukan jawabannya dalam penjelasan selengkapnya dibawah ini!

Cara Top Up DANA di Indomaret

Sebelum lanjut membahas tentang kenapa tidak bisa top up DANA di Indomaret, terlebih dahulu kami akan menjelaskan bagaimana cara top DANA di Indomaret.

Untuk sobat yang ingin melakukan top up DANA di Indomaret, bisa mengikuti beberapa langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Siapkan uang tunai yang akan anda top up ke DANA
  2. Buka aplikasi DANA di ponsel anda
  3. Ketuk menu “isi saldo”
  4. Akan muncul pertanyaan “Mau isi saldo DANA kamu dengan cara apa?”
  5. Silahkan pilih Indomaret
  6. Masukkan jumlah saldo DANA yang ingin di top up
  7. Tekan lanjut, kode pembayaran akan ditampilkan
  8. Kunjungi Indomaret terdekat
  9. Sampaikan tujuan anda yang ingin top up DANA dan tunjukkan kode pembayaran yang kamu terima di aplikasi DANA ke kasir Indomaret
  10. Tunggu dalam beberapa saat, kasir akan memproses permintaan anda
  11. Isi saldo berhasil! Cek saldo DANA anda untuk memastikan saldo telah masuk.

Kenapa Tidak Bisa Top Up DANA di Indomaret

Kenapa Tidak Bisa Top Up DANA di Indomaret
Kenapa Tidak Bisa Top Up DANA di Indomaret

Setelah mengetahui bagaimana cara top up saldo DANA di Indomaret, selanjutnya kami akan menjelaskan tentang inti pembahasan dalam artikel ini yakni “kenapa tidak bisa top up DANA di Indomaret”

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab kenapa tidak bisa top up DANA di Indomaret, diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Gambar Peta Indonesia Simple Beserta Namanya

1. Kesalahan Input Data

Penyebab yang pertama bisa disebabkan oleh kesalahan dalam menginput data. Data yang dimaksud disini adalah seperti kode transaksi pembayaran yang kamu terima di aplikasi DANA.

Pastikan kamu memberikan dengan benar kode transaksi ke kasir Indomaret. Ada pun kode transaksi ini biasanya terdiri dari 13 digit angka.

2. Gangguan Sistem DANA atau Indomaret

Terkadang DANA maupun Indomaret bisa saja mengalami gangguan yang disebabkan oleh adanya suatu masalah pada pusat data atau karena sedang dalam pemeliharaan sistem. Selama gangguan terjadi, biasanya transaksi akan dihentikan sementara waktu hingga sumber gangguan selesai diatasi.

3. Limit Transaksi

Sama seperti layanan e-wallet lainnya, DANA juga menerapkan limit transaksi per bulan. Transaksi top up DANA akan gagal apabila akun telah mencapai batas limit saldo per bulannya.

4. Status Akun DANA

Akun DANA dibekukan
Sumber: disway.id/ Kenapa Tidak Bisa Top Up DANA di Indomaret

Ketika anda mengalami kendala terkait kegagalan top up DANA, cobalah periksa status akun DANA anda. Beberapa masalah terkait akun seperti pemblokiran atau penangguhan, verifikasi identitas akun DANA yang belum lengkap, pembekuan akun sementara, dan yang lainnya dapat menyebabkan kegagalan dalam melakukan top up.

5. Batasan Waktu Transaksi

Penyebab kenapa tidak bisa top up DANA di Indomaret yang berikutnya bisa juga disebabkan oleh batasan waktu transaksi. Pasalnya gerai Indomaret memberlakukan batas waktu untuk top up DANA, yang biasanya akan tutup pada pukul 22.00 Wib.

6. Kode Bayar Kadalurwarsa

Perlu diketahui bahwa kode pembayaran yang anda terima di aplikasi DANA memiliki batas masa berlaku selama 24 jam. Pastikan anda mengunjungi gerai Indomaret sebelum melewati batas waktu yang telah di tentukan.

Namun jangan khawatir, apabila kode pembayaran sudah terlanjur kadaluwarsa, silahkan lakukan kembali langkah dalam cara top DANA di Indomaret untuk mendapatkan kode pembayaran yang baru.

7. Koneksi Internet

Top up DANA via Indomaret bergantung pada koneksi internet yang stabil. Oleh karena itu, pastikan, baik koneksi internet di ponsel anda maupun di monitor kasir bagus/ kuat.

8. Aplikasi Dana Kadaluwarsa

Bagian terakhir dari penyebab kenapa tidak bisa top up DANA di Indomaret adalah karena aplikasi DANA yang telah kadaluwarsa.

Apabila aplikasi DANA anda telah kadaluwarsa maka bisa berpengaruh terhadap kinerja aplikasi dan menyebabkan berbagai gangguan termasuk gangguan dalam top up saldo.

Baca Juga :  Brimo Gagal Memuat Saldo, Cek Penyebab dan Cara Mudah Mengatasinya Disini !!

Solusi Tidak Bisa Top Up DANA di Indomaret

Usai mengetahui beberapa penyebab kenapa tidak bisa top up DANA di Indomaret, selanjutnya kami akan memberikan sejumlah solusi atau cara mengatasi kendala terkait tidak bisa top up DANA di Indomaret.

Berikut ini kami tunjukkan sejumlah solusinya, silahkan di perhatikan!

  • Pastikan kode pembayaran sudah benar

Kode pembayaran top up saldo DANA
Kode pembayaran top up saldo DANA

Cara mengatasi yang pertama adalah memastikan kode pembayaran sudah benar. Untuk menghindari kesalahan menginput kode pembayaran, sebaiknya anda langsung tunjukkan saja kode pembayaran yang anda terima di aplikasi DANA ke kasir Indomaret.

Selain itu, biasanya kasir akan membacakan inisial nama akun DANA setelah menginput kode pembayaran. Pastikan inisial yang dibacakan sesuai dengan nama akun DANA yang saldonya ingin anda top up.

  • Bertransaksilah di Jam Operasional

Saat akan melakukan top up saldo DANA, perlu untuk memperhatikan jam operasional bertransaksi. Pastikan saat mengisi ulang saldo DANA, tidak melewati batas waktu atau jam operasional yang telah ditentukan.

  • Periksa Status Akun DANA anda

Agar top up saldo DANA tidak gagal, perlu untuk memeriksa status akun DANA anda. Pastikan akun DANA anda tidak bermasalah seperti pemblokiran, pembekuan, atau pun data verifikasi yang kurang lengkap.

  • Upgrade akun DANA untuk naikkan limit bulanan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya pada bagian penyebab kenapa tidak bisa top up DANA di Indomaret, salah satunya adalah karena sudah mencapai limit transaksi. Oleh karena itu, cara mengatasinya yaitu dengan melakukan upgrade akun DANA. Dengan begitu, limit transaksi anda akan dinaikkan.

Infomasi mengenai limit DANA bulanan sesuai dengan jenis akun dapat anda perhatikan di bawah ini:

Jenis Akun Dana Limit Bulanan
Akun Dana Basic (non-Premium)  Limit transaksi: Rp2.000.000
Maksimal uang masuk: Rp20.000.000
Akun Premium  Limit transaksi: Rp20.000.000
Maksimal uang masuk: Rp40.000.000
Akun Bisnis Bronze Merchant, limit tranfer dan uang masuk: Rp25.000.000
Silver Merchant, limit tranfer dan uang masuk: Rp50.000.000
Gold Merchant, limit tranfer dan uang masuk: Rp200.000.000

Cara upgrade akun DANA dari akun basic ke premium, dapat anda lakukan melalui langkah-langkah dibawah ini:

  1. Masuk ke aplikasi DANA
  2. Pada beranda aplikasi, silahkan tab menu “Verifikasi akun saya”
  3. Ambil foto KTP anda
  4. Lakukan verifikasi wajah
  5. Masukkan kemudian nomor KTP kamu
  6. Tunggu proses verifikasi dalam beberapa saat
  7. Selesai! Akun DANA anda kini sudah berhasil di upgrade menjadi akun Premium
Baca Juga :  8 Penyebab dan Cara Mengatasi OVO Gangguan Transfer Hari Ini

Berikut kami tampilkan juga cara upgrade akun DANA dari premium ke akun bisnis, yaitu:

  1. Buka aplikasi Dana anda
  2. Pastikan sebelumnya anda telah upgrade ke Dana Premium
  3. Pada halaman beranda aplikasi, silahkan tab menu saya
  4. Lalu klik menu “Bisnis” di bagian atas laman, tepat disebelah kanan
  5. Tap daftar sekarang
  6. Lalu isi form pendaftaran
  7. Pastikan data sudah benar sebelum menekan tombol “lanjutkan”
  8. Tunggu hingga maks 2 hari untuk proses pendaftaran
  9. Anda akan menerima notifikasi ketika akun Dana bisnismu sudah berhasil di daftarkan dan siap untuk digunakan
  • Perbarui aplikasi DANA

Update aplikasi DANA
Update aplikasi DANA

Memperbarui aplikasi DANA dapat memperbaiki berbagai macam masalah atau pun bug system yang terjadi. Silahkan update aplikasi DANA anda lewat Google Play Store sebelum melakukan kembali top up saldo DANA.

  • Cek server DANA

Barangkali kegagalan dalam top up DANA disebabkan karena server DANA yang sedang dalam gangguan, maka silahkan anda cek server DANA melalui akun media sosial maupun website resmi DANA.

  • Pastikan koneksi internet stabil

Perhatikan koneksi internet, baik di ponsel anda maupun di perangkat kasir Indomaret. Pastikan jaringan anda stabil sebelum melakukan top up DANA kembali.

  • Hubungi layanan pelanggan DANA

Jika top up DANA diperlukan dalam situasi mendesak maka anda bisa menghubungi layanan pelanggan atau Customer Service DANA. Silahkan sampaikan kendala anda kepada mereka.

CS DANA akan membantu dan memberikan anda solusi terbaik. Anda bisa menghubungi CS DANA di call center 1500 445 atau bisa juga lewat email: [email protected].

Kesimpulan

Kenapa Tidak Bisa Top Up DANA Di Indomaret
Kenapa Tidak Bisa Top Up DANA Di Indomaret?

Dalam mengatasi kendala terkait kegagalan top up DANA di Indomaret, penting untuk memahami terlebih dahulu alasan dibalik kenapa tidak bisa top up DANA di Indomaret.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kenapa tidak bisa top up DANA di Indomaret yang mungkin bisa membantu kamu. Dengan memahami faktor-faktor yang mungkin menyebabkan kesulitan top up, pengguna dapat mengoptimalkan pengalaman bertransaksi lewat aplikasi DANA.

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay