2 Cara Mengetahui Kosmetik Mengandung Merkuri Tanpa ke Laboratorium

Cara mengetahui kosmetik mengandung merkuri

Cara mengetahui kosmetik mengandung merkuri wajib diketahui oleh siapapun, baik perempuan maupun laki-laki. Pasalnya, kini banyak laki-laki yang mulai sadar untuk merawat diri menggunakan berbagai kosmetik

Di samping itu, make up artist dan cosplayer juga terdiri dari laki-laki sehingga semua orang wajib mengetahui cara mengecek kosmetik apakah mengandung merkuri atau tidak. 

Pentingnya Mencari Tahu Kandungan Merkuri Pada Kosmetik

Mengetahui kandungan merkuri pada kosmetik sangat penting karena merkuri dapat menyebabkan hal-hal berikut:

1. Kulit Pucat dan Flek

Merkuri banyak digunakan pada kosmetik yang diklaim dapat memutihkan kulit. Faktanya, kandungan merkuri bukan membuat kulit menjadi putih, melainkan menjadi pucat. 

Saat kamu berhenti menggunakan kosmetik tersebut maka kulitmu akan terlihat seperti terbakar. 

2. Kulit Mengalami Iritasi

Merkuri adalah zat kimia yang keras, tidak semestinya digunakan pada tubuh sehingga ia akan menyebabkan kulit iritasi mulai dari kemerahan hingga bengkak.

3. Kanker Kulit

Iritasi pada kulit dapat menjadi awal mulai terjadinya kanker kulit karena ciri-cirinya hampir mirip. Kulit yang awalnya cantik justru menjadi rusak. 

4. Kerusakkan Saraf dan Ginjal

Pada tahap yang lebih parah, merkuri dapat merusak sistem saraf. Jika sistem saraf rusak maka akan terjadi hal-hal berikut:

  • Saraf motorik rusak maka akan mengalami pada sistem gerak tubuhmu seperti tubuh tidak seimbang, tangan kesulitan digerakkan, mata tidak bisa berkedip, punggung terasa kaku, dan sebagainya
  • Saraf sensorik rusak maka respon terhadap sesuatu menjadi lambat seperti saat terkena air panas, seharusnya kamu spontan menghindar, jika saraf rusak maka spontanitas tersebut akan hilang
  • Saraf otonom rusak, kontrol tubuh yang terjadi dengan sendirinya akan rusak seperti 
Baca Juga :  7 Daftar Kosmetik Aman untuk Ibu Hamil Terbuat dari Bahan Alami

Selain kerusakan saraf, merkuri juga menyebabkan kerusakan pada ginjal. Ketika kamu mengalami kerusakan ginjal baik gagal ginjal maupun yang lainnya maka bagian bawah perutmu akan terasa sangat sakit hingga kamu tidak mampu berdiri. 

Ternyata, bahaya merkuri begitu mengerikan. Oleh karena itu kamu harus mencari tahu apakah kosmetik yang kamu beli mengandung merkuri atau tidak. 

Cara Cek Kosmetik Mengandung Merkuri

Cara paling mudah untuk mencari tahu kandungan merkuri di dalam kosmetik adalah dengan melihat bahan-bahan pembuatan yang tertulis pada kemasan. Namun, produsen kosmetik yang nakal tentu tidak akan menyertakan tulisan “merkuri”, mereka biasanya akan menggunakan sinonim dari merkuri, di antaranya adalah:

  • Mercurous chloride
  • Calomel
  • Mercuric
  • Mercurio
  • Hg
  • Quicksilver 

Kandungan-kandungan tersebut paling sering digunakan pada produk-produk pencerah: pencerah wajah, badan, ketiak hingga bibir. 

Namun, jika pada kemasan kosmetik tidak terdapat bahan-bahan tersebut bukan berarti kosmetik tersebut aman karena saat ini semakin marak produsen-produsen kosmetik nakal. Kamu tetap perlu mengeceknya dengan cara lain. 

Langkah Uji Coba Merkuri Pada Kosmetik

Ada dua cara yang dapat digunakan untuk cek kandungan merkuri di dalam kosmetik. Cara pertama adalah menggunakan cotton bud dan aluminium foil. Langkah kedua adalah menggunakan hidrogen cair. 

Cara 1 :

Kamu memerlukan 1 lembar aluminium foil ukuran bebas, tidak perlu besar, cotton bud, dan sarung tangan dari karet. 

  1. Gunakan sarung tangan untuk mengantisipasi apabila kosmetik mengandung merkuri 
  2. Bentangkan lembar aluminium foil di atas benda padat seperti meja maupun lantai. Aluminium foil tidak perlu diberi alas apapun. 
  3. Lalu, buka kemasan kosmetik dengan hati-hati. Pastikan tanganmu tidak menyentuh kosmetik tersebut.
  4. Ambil kosmetik dalam jumlah yang cukup banyak menggunakan cotton bud
  5. Lalu usapkan cotton bud dan kosmetik pada aluminium foil.  Usap-usap kosmetik pada aluminium foil dengan cara memutar dan menekan bagian kapas cotton bud selama kurang lebih 20-30 detik
  6. Cek bagian kapas cotton bud tersebut. Apabila kapas berubah warna menjadi hitam maka artinya kosmetik tersebut mengandung merkuri. Jika tidak berubah warna maka kosmetik aman dari merkuri 
Baca Juga :  6 Cara Mendapatkan Sampel Kosmetik Gratis yang Bisa Kamu Coba

Cara 2 :

Cara kedua adalah menggunakan hidrogen cair. Cara ini dapat digunakan untuk menguji kosmetik cair seperti serum dan sabun mandi serta gel seperti pelembap. 

Apabila kosmetik tersebut berwarna bening maka sebaiknya tambahkan pewarna terlebih dahulu pada kosmetik tersebut. Langkah selanjutnya adalah:

  1. Masukkan hidrogen cair ke suatu wadah
  2. Tambahkan kosmetik cair yang sudah diberi pewarna ke dalam hidrogen tersebut
  3. Tunggu beberapa waktu hingga kosmetik di dalam hidrogen menggumpal
  4. Ambil dengan pinset. Apabila kosmetik berubah menjadi keras artinya kosmetik tersebut mengandung merkuri. 

Cara Membuang Kosmetik Mengandung Merkuri

Merkuri tidak bisa dibuang sembarangan. Jika dibuang ke tempat sampah maka akan berbahaya bagi petugas kebersihan. Sementara jika ditanam di tanah, di buang ke saluran air maupun sungai maka dapat mencemari air.

Cara terbaik untuk membuang merkuri adalah dengan menghubungi pengelola limbah terdekat di kediamanmu. 

Artikel Lainnya : 11 Efek Samping Memakai Cream Collagen Asli dan Palsu Bagi Kesehatan

Itulah 2 cara mengetahui kosmetik mengandung merkuri yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Untuk hasil yang lebih valid sebaiknya bawa kosmetik tersebut ke laboratorium. Minta pihak laboratorium untuk mengetesnya. 

Artikel Menarik Lainnya