Cara Menambahkan Musik di Postingan IG Yang Sudah Diupload 2024

Cara menambahkan musik di postingan IG yang sudah diupload dicari belakangan ini dengan hadirnya musik-musik trendy Instagram. Dengan pemilihan musik yang sesuai, mereka bisa membuat postingannya lebih berwarna sesuai preferensi musik yang diinginkan.

Lantas bisakah hal tersebut dilakukan oleh penggun Instagram? Beadaily akan memberikan ulasan terkait ada atau tidaknya cara menambahkan musik di postingan IG yang sudah diupload. Jika membutuhkan jawaban akurat, pastikan mengikuti pembahasan ini sampai tuntas!

Apa Itu Musik Instagram?

Apa Itu Musik Instagram?
Apa Itu Musik Instagram?

Instagram adalah platform sosial media yang populer di dikalangan dunia. Aplikasi ini menjadi destinasi wajib semua orang karena menawarkan fitur-fitur unggul seperti musik. Jadi, musik di Instagram memungkinkan kita menambahkan lagu ke postingan setelah memilih satu dari ribuan koleksi lagu.

Bukan hanya postingan, kamu bisa menambahkan lagu di instastory dan reels. Fitur ini memberikan keuntungan bagi pengguna, kamu bisa membuat konten berdasarkan lagu yang relevan. Ditambah lagi musik membantu pengguna mengekspresikan diri dengan cara kreatif serta meningkatkan engangement yang berpengaruh besar bagi konten kreator.

Jika biasanya menambah lagu di postingan yang sudah diunggah, belakangan ini banyak pengguna yang menelusuri cara menambahkan musik di postingan IG yang sudah diupload. Hal ini didasarkan keinginan membuat konten lebih menarik dan dilihat banyak orang. Lantas bisakah kita menambah musik tersebut? Mari simak langsung penjelasan dibawah.

Apakah Ada Cara Menambahkan Musik di Postingan IG yang Sudah Diupload?

Apakah Ada Cara Menambahkan Musik di Postingan IG yang Sudah Diupload?
Apakah Ada Cara Menambahkan Musik di Postingan IG yang Sudah Diupload?

Sebelum membahas cara menambahkan musik di Postingan IG yang sudah diupload, maka perlu diketahui apakah opsi tersebut bisa dilakukan atau tidak. Sayangnya Instagram belum memiliki solusi menambahkan musik saat konten telah diupload.

Baca Juga :  6 Resiko Usaha Konter Pulsa yang Wajib Diketahui Pemula

Oleh karena itu, pengguna perlu memastikan foto/video sudah ditambahkan musik sebelum dibagikan. Instagram membebaskan kamu menambah musik di Instastory, postingan dan reels, hanya saja tidak bisa ditambahkan jika konten sudah diupload.

Sejauh  ini fitur edit postingan di Instagram bisa dilakukan untuk mengubah caption, menandai pengguna lain, dan menambah lokasi. Jadi tidak ada cara menambahkan musik di postingan IG yang sudah diupload.

Cara Menambahkan Musik di Postingan Instagram

Seperti yang sudah dijelaskan diatas sampai saat ini belum ada cara menambahkan musik di postingan IG yang sudah diupload. Sebelum membagikan foto dan video tertentu, lebih baik gunakan langsung musik Instagram karena fitur ini memberikan visibilitas tinggi pada kontenmu.

Berikut dijelaskan satu-persatu cara menambahkan musik di Instastory, postingan dan reels kamu:

1. Menambahkan Musik di Instastory

Pengguna Instagram yang tertarik membagikan keseharian melalui instastory, kalian bisa juga menyertakan musik menarik, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Instagram di ponsel kamu
  • Lalu ketuk (+) di pojok kiri atas beranda untuk menambahkan cerita baru
  • Tentukan foto atau video yang akan diposting
  • Setelah foto/video masuk masuk ke menu edit, klik ikon musik dan tentukan lagu yang akan digunakan
  • Klik ikon centang untuk menyimpan perubahan
  • Klik “Cerita Anda” untuk membagikan foto/ video dengan musik.

2. Menambahkan Musik di Postingan

Karena belum ada cara menambahkan musik di postingan IG yang sudah diupload, silahkan tambahkan musik saat kamu akan mengunggahnya. Dibawah ini adalah panduan lengkapnya:

  • Masuk ke aplikasi Instagram
  • Klik ikon (+) yang sejajar dengan ikon pencarian, reels dan akun
  • Pilih foto atau video yang akan kamu unggah
  • Klik selanjutnya
  • Klik logo musik di bagian kanan atas, pilihlah lagu yang akan kamu masukkan
  • Klik ikon centang untuk menyimpan pembaharuan musik
  • Pilih selanjutnya
  • Masukkan caption, tambahkan lokasi, atau tandai seseorang sesuai postingan tersebut
  • Terakhir tab “Bagikan” dengan begitu postingan dengan musik berhasil dibuat.
Baca Juga :  100+ Link Telegram Drama Korea Sub Indo Terbaru 2024

3. Menambahkan Musik di Reels

Sedangkan untuk menambahkan musik di reels Instagram bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Setelah masuk ke aplikasi Instagram klik “reels” yang sejajar dengan menu profil
  • Lalu tab ikon kamera di pojok kanan atas
  • Tentukan video yang akan kamu upload di reels Instagram
  • Setelah itu masukkan lagu dengan menekan ikon musik
  • Klik ikon centang untuk menyimpan musik
  • Tab berikutnya
  • Tetapkan caption, tandai orang lain, dan lokasi
  • Klik selanjutnya > bagikan.

Keuntungan Menambah Musik di Instagram

Keuntungan Menambah Musik di Instagram
Keuntungan Menambah Musik di Instagram

Meskipun platform ini belum memperkenalkan cara menambahkan musik di postingan IG yang sudah diupload, namun kehadiran fitur musik memberikan manfaat. Belakangan ini video pendek dengan musik lebih diminati banyak orang, kamu bisa menikmati musik untuk reels, instastosy, dan postingan. Berikut adalah keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan musik tersebut:

1. Lebih Mudah Mengekspresikan Diri

Dengan menambahkan musik pengguna bisa lebih mudah mengekspresikan diri mereka. Instagram memiliki ribuan musik yang dapat dipasangkan sesuai suasana dan konten tersebut, pengguna lain juga bisa memahami maksud konten tanpa caption yang detail.

2. Mengikuti Tren

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, video singkat dengan musik menjadi tren belakangan ini terlebih sejak hadirnya aplikasi sosial media TikTok. Dengan adanya fitur musik Instagram kamu bisa berpartisipasi pada konten viral meningkuti jejak pengguna yang lain.

3. Melengkapi Konten

Menambahkan musik membantu pengguna menghasilkan konten yang lebih profesional. Bahkan musik sudah seperti kewajiban warga IG saat menambahkan instastory, reels dan postingan. Dengan musik, konten lebih menarik meskipun kamu hanya menggunakan video sederhana.

4. Meningkatkan Jangkauan

Menggunakan musik populer dapat meningkatkan visibilitas konten. Biasanya para kreator aktif mengikuti tren video dan musik Instagram, tujuannya supaya lebih dikenal dan mendobrak popularitas nya. Karena konten sedang viral maka banyak pengguna yang berlomba-lomba mencari berdasarkan tagar dan musik, tentu video mu memiliki peluang yang tinggi dilihat orang lain.

Baca Juga :  Apakah Terabox Aman? Simak 8+ Kelebihan Dan Kekurangan Terabox

Bacaan menarik untuk kamu Cara Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri

Kenapa Tidak Bisa Menambahkan Musik di Postingan IG?

Kenapa Tidak Bisa Menambahkan Musik di Postingan IG?
Kenapa Tidak Bisa Menambahkan Musik di Postingan IG?

Dengan dipahaminya tidak ada cara menambahkan musik di postingan IG yang sudah diupload maka pengguna harus menambah lagu saat foto/video di menu edit. Lantas tidak sedikit pula yang mengeluh kenapa tidak bisa menambah musik tertentu di postingan Instagram?

Berikut penyebab umum tidak bisa menambah musik di postingan Instagram:

  • Koneksi Internet Lambat

Saat koneksi internet tidak stabil atau lambat bisa menyebabkan fitur-fitur  tidak bisa dimuat termasuk musik Instagram. Pastikan ponsel anda menggunakan koneksi yang lancar untuk bisa mencari, memuat dan menambahkannya ke instastory, postingan dan reels.

  • Lokasi Geografis

Musik Instagram tidak tersedia di semua negara. Mungkin kreator sudah mengatur dan membatasi penggunaan musik di beberapa wilayah. Untuk mengeceknya kamu bisa mencoba musik lokal, jika bisa ditambahkan berarti ada pembatasan regional untuk musik tersebut.

  • Versi Aplikasi

Salah satu penyebab tidak bisa menambahkan musik Instagram karena aplikasi yang digunakan versi lama. Jika aplikasi belum diperbaharui ke versi terbaru, beberapa fitur sulit dijangkau termasuk penambahan musik.

  • Kebijakan Hak Cipta

Kebijakan hak cipta juga membuat kamu tidak bisa mengakses musik di postingan tertentu. Misalnya mengakses musik untuk akun bisnis, mungkin kreator telah membatasi penggunaan musik  di akun pemasaran. Selain itu, Instagram juga memiliki kebijakan ketat untuk memastikan musik digunakan memiliki lisensi yang tepat.

Penutup

Cara Menambahkan Musik di Postingan IG yang Sudah Diupload
Cara Menambahkan Musik di Postingan IG yang Sudah Diupload

Sampai saat ini belum ada cara menambahkan musik di postingan IG yang sudah diupload sehingga pengguna harus membubuhi musik ke video atau foto sebelum diunggah. Kamu bisa memilih hapus dan posting ulang konten untuk menambahkan musik dan menjangkau lebih banyak penonton, terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya