10+ Camilan Tinggi Protein Bantu Mengenyangkan Lebih Lama

Mengkonsumsi camilan tinggi protein merupakan pilihan tepat untuk kamu yang sedang menjalani gaya hidup sehat. Rasa lapar dan kebosanan bisa dihilangkan dengan nyemil enak.

Ada banyak makanan ringan yang bisa kita jadikan pelarian, namun paling familiar camilan yang mengandung gula tinggi. Tanpa disadari kebiasaan nyemil ini bisa membawa masalah kesehatan, jadi kamu harus pastikan camilan tinggi protein dikonsumsi sejak sekarang.

Lalu apa saja sih camilan yang mengandung protein? Sebenarnya ada banyak dan mudah ditemukan. Bersama Beadaily mari temukan rekomendasi nya!

Apa itu Protein ?

Sebelum beralih membahas camilan tinggi protein, sobat perlu mengetahui apa itu protein dalam tubuh dan mengapa sangat dibutuhkan. Protein adalah kelompok biomolekul berukuran besar yang terbentuk dari rantai panjang asam amino.

Ada dua jenis protein yaitu protein nabati dan hewani. Protein nabati dapat kita temukan dalam kacang-kacangan, sayuran dan biji-bijian sedangkan protein hewani bersumber dari sumber hewani seperti susu, telur dan daging.

Fungsi Protein pada Tubuh

Protein memiliki peran penting dalam tubuh manusia untuk menjaga kesehatan, berikut diantaranya:

  • Sebagai sumber energi. Tubuh akan memecah protein dan menjadikannya sebagai sumber energi ketika tidak mendapat asupan karbohidrat dan lemak
  • Menyusun sel tubuh dan memperbaiki jaringan yang rusak
  • Membentuk hemoglobin dan plasma darah untuk didistribusikan ke semua jaringan tubuh
  • Menyimpan nutrisi dalam tubuh
  • Membentuk antibodi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Membantu mengenyangkan lebih lama
  • Membentuk hormon dan enzim
  • Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Daftar Camilan Tinggi Protein

Camilan tinggi protein bisa kita temukan dengan mudah, beberapa diantaranya dapat dinikmati tanpa diolah jadi protein yang dikandung tetap utuh bantu penuhi nutrisi harian kamu. Inilah sederet camilan tinggi protein yang bisa mengenyangkan lebih lama.

1. Granola

Granola
Granola

Di posisi pertama ada granola, camilan tinggi protein yang seringkali dikonsumsi saat sarapan. Granola sendiri terdiri dari beberapa jenis gandum utuh, beras, biji-bijian dan madu.

Baca Juga :  20+ Oleh-Oleh Khas Medan Kekinian yang Wajib Dibeli untuk Orang Rumah!

Tidak hanya kaya protein, dalam secangkir granola terdapat serat, kalsium, zat besi. Terdapat pula karbohidrat dan gula yang turut memberikan rasa. Granola biasanya dikonsumsi sebelum melakukan olahraga berat seperti gym karena mampu memberikan energi dengan cepat.

Hindari konsumsi granola kemasan karena mengandung gula yang lebih tinggi. Kamu bisa mengolah sendiri untuk memastikan setiap bahan-bahan yang digunakan dan nutrisinya.

2. Kacang Almond

kacang almond
kacang almond

Kacang almond salah satu camilan tinggi protein praktis. Protein didalamnya membantu menurunkan berat badan. Mengapa? meskipun protein sangat tinggi namun setara dengan seratnya, jadi membuat kenyang lebih lama.

Konsumsi kacang almond memberikan kamu manfaat kesehatan lain yaitu mengontrol kadar kolesterol, menurunkan risiko penyakit kanker, mencegah sembelit, menguatkan tulang dan sendi.

3. Apel

Camilan tiggi protein dan praktis berikutnya adalah apel. Bukan hanya mengandung protein, buah apel juga mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, dan zinc.

Selain vitamin dan protein, buah apel juga mengandung air, kabohidrat, serat sebagai antiosidan. Nutrisi ini berperan meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Edamame

Camilan Tinggi Protein - Edamame
Edamame

Selanjutnya ada edamame, kacang-kacangan yang tinggi protein, mineral dan vitamin. Diketahui dalam 155 gram edamame terdapat 18 gram protein yang bantu penuhi kebutuhan harian kamu. Untuk mengolah kacang edamame tidak sulit, umumnya hanya dengan merebus dan menambahkan bumbu sesuai selera.

5. Telur Rebus

Satu lagi camilan tinggi protein yang paling mudah diolah adalah telur rebus. Protein didalam telur bermanfaat sebagai sumber energi, dikonsumsi sejumlah orang yang sedang menurunkan berat badan. Satu butir telur berukuran besar diperkirakan mengandung 6-7 gram protein.

Baca Juga :  20+ Oleh-Oleh Khas Solo Kekinian, Wajib Coba!

Telur juga bisa mengenyangkan lebih lama, meskipun pada dasarnya dikonsumsi sebagai sarapan bukan camilan. Untuk kamu yang sedang mengontrol berat badan dapat mengonsumsi telur rebus.

6. Tempe Panggang

Tempe Panggang
Tempe Panggang

Tempe juga mengandung protein dalam jumlah yang tinggi dan bisanya diolah menjadi lauk. Akan tetapi pengolahan ini cenderung merusak kandungan nutrisi didalamnya sehingga muncul alternatif lain memanggang tempe.

Ketahui juga Merk Susu yang Mengandung Vitamin B12

7. Roti Selai Kacang dan keju

Roti selain kacang dan keju adalah pilihan camilan sehat yang mengandung protein tinggi. Dua bahan ini biasanya dikonsumsi saat sarapan namun menjadi alternatif buat kamu yang ingin nyemil sehat tanpa tersiksa.

Ke dalam roti dapat kamu tambahkan keju manis sebagai sumber protein tinggi. Jadi, konsumsi keduanya membantu mengenyangkan lebih cepat namun menekan rasa lapar sehingga jumlah karbohidrat yang masuk ke tubuh lebih terkontrol.

8. Puding Chia Seed

Puding Chia Seed
Puding Chia Seed

Salah satu olahan camilan tinggi protein adalah puding chia seed. Kamu bisa mencoba membuat puding chia seed dengan mencampurkan agar-agar, biji chia, susu dan menambah buah segar yang lainya. Selain tinggi protein, camilan yang mengandung biji chia sangat baik untuk pencernaan kita sebab mengandung banyak serat.

Minuman Tinggi Protein

Untuk melengkapi camilan tinggi protein diatas tentu kamu membutuhkan minuman dengan nutrisi yang menyerupai. Apakah ada minuman yang mengandung protein tinggi? Jawabannya adalah ada.

Sama seperti camilan, minuman ini bisa dikonsumsi dengan mengolah atau tanpa pengolahan sekalipun. Inilah beberapa daftar minuman tinggi protein yang bantu penuhi nutrisi harian tubuh.

  • Susu

Susu
Susu

Minuman tinggi protein yang pertama adalah susu. Susu mengandung dua jenis protein utama, whey dan kasein. Protein whey dapat dicerna dengan cepat sedangkan protein kasein lebih lambat. Protein di dalam susu penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot.

Baca Juga :  10 Ide Usaha Ternak Yang Menguntungkan dan Mudah Dikelola

Selain protein, susu juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti kalsium, vitamin D, dan vitamin B12. Kamu bisa konsumsi susu almond, susu sapi, susu kedelai yang kandungan proteinnya lebih tinggi.

  • Smoothies

Di urutan selanjutnya ada soothies sebagai salah satu minuman tinggi protein. Smoothies bisa dibuat dari campuran buah segar, sayur-sayuran, kacang almond dan madu. Perpaduan ini menjadi alasan smoothies tinggi protein, sebagai sumber energi dan membantu mengenyangkan lebih lama.

  • Yogurt

Yogurt
Yogurt

Yogurt adalah minuman tinggi protein dengan rasa yang nikmat. Dalam masa diet, konsumsi yogurt lebih disukai karena proteinnya menekan rasa lapar dan mengurangi nafsu makan. Ada banyak jenis yougurt yang dapat kamu konsumsi namun pilihlah yang rendah lemak.

  • Kefir

Rekomendasi minuman tinggi protein yang terakhir adalah kefir. Minuman ini terbentuk dari proses fermentasi sehingga menyediakan protein lengkap. Didalamnya juga ada mineral dan vitamin B untuk menunjang kesehatan tulang serta gigi.

Kabar baiknya, untuk kamu yang memiliki masalah pencernaan dapat mengonsumsi kefir karena bakteri baik didalamnya turut melancarkan pencernaan. Jadi, bukan hanya memperoleh protein lengkap kamu juga bisa memperoleh manfaat ganda dengan konsumsi camilan dan minuman tinggi protein.

Penutup

Camilan Tinggi Protein
Camilan Tinggi Protein

Camilan tinggi protein penting karena membantu memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh. Khususnya kamu yang sedang melakukan diet, perlu mengonsumsi makanan tinggi protein rendah lemak untuk menekan rasa lapar. Semoga rekomendasi camilan diatas membantu sobat memulai perjalanan hidup yang sehat, terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya