9 Cara Mengubah Akun Bisnis Menjadi Akun Pribadi Di Instagram

Cara mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi di Instagram 2024 dapat Anda lakukan melalui beberapa langkah saja. Tentu penting untuk diterapkan terutama saat ingin mendapatkan privasi lebih tinggi. Pasalnya, pengguna dapat membatasi diri dari akun tidak dikenal.

Cara Mengubah Akun Bisnis Menjadi Akun Pribadi di Instagram 2024

Cara Mengubah Akun Bisnis Menjadi Akun Pribadi di Instagram 2024
Cara Mengubah Akun Bisnis Menjadi Akun Pribadi di Instagram 2024

Meski Anda mengubah akun bisnis menjadi pribadi, pengguna tetap bisa mengunggah foto maupun video mereka. Hanya saja tidak akan ada lagi fitur untuk melihat statistik konten yang sudah dibagikan. Adapun cara mengubahnya seperti di bawah ini:

1. Buka Aplikasi IG

Untuk cara mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi di Instagram 2024 pertama, maka Anda bisa membuka aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi ini sendiri sangat penting agar memudahkan proses pengubahan akun yang diinginkan.

Terlebih aplikasi Instagram tersebut juga sudah kompatibel dengan berbagai jenis perangkat. Baik itu perangkat yang menggunakan sistem operasi iOS maupun Android. Pengguna juga bisa dengan mudah mengunduhnya baik melalui Google Play Store maupun App Store.

2. Login ke Akun Anda

Cara mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi di Instagram 2024 selanjutnya adalah dengan login ke akun IG masing-masing. Tentu bisa memanfaatkan akun yang ingin diubah jenisnya. Simak panduan selengkapnya di bawah ini:

  • Masuk ke halaman Login
  • Ketik username
  • Ketik juga kata sandi IG
  • Setelah itu, tekan meni Login

3.  Masuk ke Menu Profil

Jika Anda sudah berhasil login ke akun Instagram, maka tentu saja pengguna akan langsung masuk ke halaman beranda aplikasi. Dengan begitu, sudah bisa menerapkan cara mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi di Instagram 2024. Berikut langkah selengkapnya:

  • Setelah login, Anda akan masuk ke halaman beranda IG
  • Langsung tekan menu Profil
  • Menu ini ada di pojok kiri bawah layar

4. Masuk ke Menu Setting

Untuk cara mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi di Instagram 2024 berikutnya, maka Anda perlu masuk ke menu Setting atau Pengaturan terlebih dahulu. Dengan begitu, jenis akun yang diinginkan dapat diubah. Berikut caranya:

  • Setelah memilih menu Profil, klik ikon garis tiga horizontal
  • Letaknya ada di pojok kanan atas layar
  • Selanjutnya, ketuk opsi Pengaturan
Baca Juga :  30+ Link Penambah Followers TikTok Gratis Tanpa Aplikasi

5. Mulai Ubah Jenis Akun

Cara mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi di Instagram 2024 selanjutnya yakni dengan mulai mengubah jenis akun itu sendiri. Sayangnya, masih ada banyak orang yang belum memahami langkah ini. Oleh karena itu, cek panduan nya berikut:

  • Gulir layar ke bawah
  • Pilih menu Akun
  • Tekan opsi Ubah Jenis Akun
  • Setelah itu, klik menu Beralih ke Akun Pribadi
  • Ikuti instruksi lainnya

6. Proses Ubah Akun Berhasil

Setelah menerapkan beberapa cara mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi di Instagram 2024 di atas, maka tentu saja Anda sudah berhasil melakukannya. Dengan begitu, akun IG tersebut sudah beralih ke jenis akun pribadi sesuai dengan keinginan.

Tentu saja bisa langsung menggunakan akun pribadi tersebut sesuai dengan kebutuhan. Terlebih, jenis akun ini juga memiliki banyak kelebihan saat digunakan. Tidak heran jika ada banyak orang yang mencari cara mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi di Instagram 2024.

Baca Artikel Lainnya: 2 Cara Buat Link IG Pacar di Bio Pribadi, Wajib Tahu!

Alasan Mengubah Akun Bisnis Menjadi Akun Pribadi di Instagram

Alasan Mengubah Akun Bisnis Menjadi Akun Pribadi di Instagram
Alasan Mengubah Akun Bisnis Menjadi Akun Pribadi di Instagram

Setelah memahami beberapa langkah di atas, ternyata ada banyak alasan mengapa orang ingin mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi di IG. Tentu saja, hal ini juga perlu Anda ketahui agar bisa semakin yakin saat ingin menerapkannya. Berikut beberapa alasan selengkapnya:

Nama Aplikasi Alasan Mengubah Akun Bisnis ke Akun Pribadi
Instagram Ingin mendapatkan privasi yang lebih tinggi
Ingin membatasi akses dengan orang-orang tertentu
Ingin mendapatkan tampilan IG yang lebih sederhana
Lebih nyaman dengan tampilan IG pribadi
Ingin lebih fokus ke konten
Tidak terlalu membutuhkan fitur-fitur bisnis
Ingin menghapus akun bisnis

Berbagai poin di atas tentu bisa menjadi alasan mengapa banyak orang ingin menerapkan cara mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi di Instagram 2024. Akan tetapi, jika sudah berhasil mengubahnya, maka tentu terdapat beberapa fitur yang tidak bisa pengguna akses lagi.

Seperti pengguna tidak bisa mengakses wawasan dan statistik unggahan mereka, tidak tersedia lagi tombol hubungi untuk melakukan pembelian, serta tentu tidak dapat lagi meningkatkan strategi pemasaran serta analisis bisnis lebih dalam di Instagram.

Perbedaan Akun Bisnis dan Akun Pribadi Instagram

Perbedaan Akun Bisnis dan Akun Pribadi Instagram
Perbedaan Akun Bisnis dan Akun Pribadi Instagram

Terdapat beberapa perbedaan yang penting untuk Anda ketahui sebelum menerapkan cara mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi di Instagram 2024 seperti di atas. Oleh karena itu, langsung saja cek poin-poin perbedaannya di bawah ini:

1. Profil Akun

Perbedaan pertama yang perlu Anda ketahui adalah pada profil masing-masing akun. Untuk akun pribadi sendiri hanya bisa menampilkan beberapa informasi saja. Seperti nama, website, email, dan lain sebagainya secara sederhana.

Baca Juga :  Kenapa Inpods 12 Tidak Mau Connect? Ketahui 7 Penyebab dan Solusinya!

Berbeda ketika menggunakan akun bisnis di Instagram. Pengguna dapat menampilkan kategori bisnis yang mereka jalankan seperti bidang fashion, software company, retail, food and beverage, dan sebagainya. Akun ini juga bisa digunakan untuk menambahkan alamat bisnis.

2. Menu Kontak

Perbedaan lainnya yang penting untuk diketahui adalah pada menu kontak. Jika menggunakan akun pribadi, maka pengguna hanya bisa mendapatkan pesan lewat fitur DM saja. Berbeda dengan akun bisnis yang memang ditujukan untuk kebutuhan bisnis.

Dengan begitu, orang lain bisa mengakses kontak secara lebih detail dan lengkap. Seperti melalui email, nomor telepon, hingga alamat yang sudah tersematkan di bagian profil akun bisnis itu sendiri. Tentu saja hal ini akan membuat tampilannya berbeda dari akun pribadi.

3. Pengaturan Privacy

Anda juga akan mendapatkan perbedaan lainnya yaitu pada Pengaturan Privacy. Untuk akun pribadi sendiri pengguna bisa mengatur akunnya agar lebih privat. Dengan begitu, pengguna Instagram yang dapat melihat story dan feed adalah mereka yang sudah menjadi followers.

Atau mereka yang sudah Anda follow bali. Sedangkan akun bisnis hanya akan menjadi akun publik sehingga tidak bisa diatur menjadi akun yang privat. Hal ini karena tujuan utamanya memang untuk memasarkan bisnis kepada para pelanggan secara luas.

4. Fitur Ad Tools

Pahami bahwa fitur Ad Tools ini dapat memungkinkan para penggunanya untuk mempromosikan konten di Instagram. Baik itu melalui story atau post feed sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Adapun tujuannya adalah untuk mendapatkan lebih banyak jangkauan pengunjung.

Tentu saja fitur tersebut tidak akan tersedia jika Anda sudah mengubah akun bisnis ke akun pribadi. Hal ini berarti, pengguna tidak bisa melakukan analisa postingan yang sudah dipromosikan karena fitur ini memang tidak tersedia di akun pribadi. Oleh sebab itu, Anda jangan mencarinya lagi.

5. Fitur Insight

Jika Anda memakai akun pribadi, maka tentu sudah tidak akan mendapatkan lagi fitur ini. Fitur tersebut dapat dijadikan sebagai media promosi agar lebih efektif. Ada banyak pilihan menu yang nantinya bisa pengguna manfaatkan sesuai kebutuhan.

Setiap menu nantinya memang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan usaha di Instagram. Tidak heran jika hanya cocok bagi mereka yang memiliki bisnis. Jika tidak memilikinya, maka Anda bisa beralih ke akun pribadi saja karena lebih relevan.

 6. Fitur Instagram Shopping

Terakhir, masih ada perbedaan lainnya yang penting untuk Anda pahami yakni fitur Instagram Shopping. Fitur tersebut hanya ada pada akun bisnis IG yang nantinya memungkinkan pengguna untuk membuat katalog produk bisnis mereka. Tentu tidak tersedia di akun pribadi.

Dengan begitu, setiap pelanggan bisa langsung membeli produk lewat postingan baik itu melalui feed, catalog, hingga stories di profil Instagram bisnis. Saat sudah mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi maka fitur ini tidak bisa diakses lagi.

Baca Juga :  Sudah Bayar BPJS Tapi Masih Ada Tagihan? Berikut 8 Solusinya!

Keunggulan Saat Mengubah Akun Bisnis ke Akun Pribadi di Instagram

Keunggulan Saat Mengubah Akun Bisnis ke Akun Pribadi di Instagram
Keunggulan Saat Mengubah Akun Bisnis ke Akun Pribadi di Instagram

Jika Anda sudah mencoba beberapa cara mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi di Instagram 2024 di atas, maka tentu perlu memahami juga apa saja keunggulan melakukannya. Supaya lebih jelas, langsung cek pada beberapa poin berikut:

1. Mudah Mengontrol Privasi

Sebagian dari Anda mungkin lebih merasa cocok menggunakan akun pribadi daripada akun bisnis. Terlebih, jenis akun ini juga memiliki banyak keunggulan saat digunakan. Salah satunya yakni dapat lebih mudah dalam mengontrol privasi para penggunanya.

Hal ini karena ketika menggunakan akun bisnis, pengguna tidak bisa melakukan privat akun. Berbeda ketika sudah memakai akun pribadi sehingga tersedia fitur khusus untuk privat akunnya. Dengan begitu, hanya yang sudah menjadi pengikut dan diikuti bali yang dapat melihat postingan.

2. Tampilan yang Sederhana

Ketika menggunakan akun pribadi, maka Anda dapat menggunakan Instagram dengan tampilan yang jauh lebih sederhana. Tentu jika menyukainya bisa langsung menerapkan cara mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi di Instagram 2024 seperti di atas.

Dengan begitu, ada beberapa menu yang memang tidak ditampilkan kembali di akun pribadi. Hal inilah yang menjadikan profil akun tersebut terlihat lebih sederhana. Jika menyukainya, maka tidak perlu ragu apabila ingin memilih jenis akun Instagram pribadi untuk digunakan.

3. Fungsi yang Sederhana

Tidak hanya akan mendapatkan tampilan yang sederhana, pengguna akun pribadi juga memiliki fungsi yang jauh lebih simple. Tidak heran jika ada banyak orang ingin mengubah akun mereka menjadi pribadi. Tujuannya agar mendapatkan fungsi fitur yang sederhana dan mudah dipahami.

Terlebih apabila Anda sudah tidak ingin berjualan di akun Instagram lagi. Pastinya sangat penting untuk segera beralih ke akun pribadi. Hal ini agar fungsi fitur yang tersedia jauh lebih sederhana sehingga dapat memakainya dengan nyaman sesuai kebutuhan penggunanya.

4. Fokus dengan Pengikut

Ketika Anda menggunakan akun pribadi, maka sudah tidak perlu fokus dengan pengguna lain yang memang bukan menjadi pengikut. Hal ini karena tujuan penggunaan akun tersebut adalah tidak untuk dikenal oleh banyak orang. Tentu akun pribadi jauh lebih privat dan aman.

Pengguna hanya akan fokus membagikan foto maupun video postingan mereka kepada pengikutnya saja. Berbeda dengan akun bisnis yang dituntut untuk menyebarkan postingan ke sebanyak-banyaknya pengguna di Instagram.

Cara Mengubah Akun Bisnis Menjadi Akun Pribadi di Instagram
Cara Mengubah Akun Bisnis Menjadi Akun Pribadi di Instagram

Berbagai cara mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi di Instagram 2024 di atas pastinya bisa langsung diterapkan dengan mudah. Sangat cocok apabila Anda ingin menjadikan akun lebih privasi. Tampilan dan fungsi penggunaannya juga jauh lebih sederhana dari akun bisnis.

Artikel Menarik Lainnya