6 Cara Cek Barcode Nike Asli yang Bisa Anda Praktikkan Sendiri di Rumah

Salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam mengetahui apakah produk sepatu Nike yang dibeli asli atau tidak, yakni dengan menerapkan tata cara cek barcode Nike asli. Terlebih lagi, apabila Anda sendiri termasuk salah satu orang yang gemar mengoleksi sepatu sport original dari brand kenamaan Nike satu ini. Pada kesempatan kali ini, akan kita bahas secara lengkap mengenai beberapa tips mengecek barcode sepatu Nike asli yang bisa Anda praktik kan sendiri di rumah.

Bagaimana Cara Cek Barcode Nike Asli Paling Gampang?

Bagaimana Cara Cek Barcode Nike Asli Paling Gampang?
Bagaimana Cara Cek Barcode Nike Asli Paling Gampang?

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda tentunya sudah sangat familiar dengan brand sepatu kenamaan Nike yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat Indonesia, bukan? Ya, Nike sendiri dikatakan sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri olahraga, pakaian atletik sampai dengan alat-alat olahraga. Dikarenakan terbuat dengan kualitas unggulan, maka tidak heran jika harga beli produk Nike satu ini terbilang cukup mahal.

Mengingat tingginya permintaan pasar akan produk Nike, menjadikan oknum-oknum tidak bertanggung jawab akhirnya mencari keuntungan dengan memproduksi produk Nike tiruan / KW / palsu. Oleh karena itulah, disini penting bagi Anda untuk tahu bagaimana cara cek barcode Nike asli agar terhindar dari penipuan tersebut. Namun sebelum kita membahas mengenai cara pengecekan barcode produk sepatu Nike, sebaiknya Anda kenali dulu beberapa perbedaan antara sepatu Nike asli dan Nike KW / palsu di tabel penjelasan berikut.

Sepatu Nike Asli Sepatu Nike KW / Palsu
Toko sepatu Nike asli, biasanya akan menampilkan logo Nike di profil penjual serta akan menjual produk sepatu merek Nike saja. Toko sepatu Nike palsu, biasanya akan menjual produk sepatu asal-asalan, bahkan bercampur dengan jenis sepatu lain.
Harga sepatu Nike asli, biasanya cenderung lebih mahal dengan kualitas produk unggulan. Harga sepatu Nike palsu, biasanya akan jauh lebih murah dengan kualitas barang yang gampang rusak.
Sepatu Nike asli, biasanya dijual dalam bentuk paket box sepatu yang kuat dan kokoh, dilengkapi dengan logo dan atribut lainnya seperti barcode. Kebanyakan sepatu Nike palsu, dijual dengan bebas tanpa adanya box sepatu.
Sepatu Nike asli, biasanya memiliki ukuran yang sama dengan logo dan jahitan yang bagus. Sepatu Nike palsu, biasanya memiliki logo yang asimetris di beberapa bagian, dan memiliki jahitan yang jelek.
Sepatu Nike asli, biasanya memiliki nomor SKU pada label deskripsi yang sesuai dengan nomor SKU pada produk sepatu. Sepatu Nike palsu, biasanya memiliki nomor SKU pada label deskripsi yang berbeda dengan nomor SKU pada produk sepatu.
Penggunaan sol sepatu Nike asli, biasanya lebih halus, lembut dan nyaman saat digunakan. Penggunaan soal sepatu pada Nike palsu, biasanya bertekstur keras dan memiliki bercak-bercak kecil di karet sol nya.
Tali sepatu Nike asli, biasanya terbuat dari bahan yang sangat lembut, namun tetap memiliki kekuatan. Tali sepatu Nike palsu, biasanya memiliki kualitas yang tidak sebaik dengan produk sepatu Nike asli.
Warna sepatu Nike asli, umumnya akan terlihat lebih gelap dengan kerapatan warna yang rendah, dikarenakan terbuat dari bahan suede. Warna sepatu Nike palsu, umumnya akan menggunakan warna cerah dan menarik, dikarenakan terbuat dari bahan kulit yang menjadikan warnanya lebih bersinar.
Baca Juga :  77+ Daftar Nomor WA Bank Keliling Mingguan Terdekat

Selain beberapa aspek penting di atas, Anda juga bisa membedakan produk sepatu Nike asli dan palsu dengan cara cek barcode Nike asli melalui perangkat ponsel yang dimiliki. Adapun untuk tata cara mengecek barcode produk sepatu Nike asli tersebut, bisa Anda lakukan dengan beberapa cara sebagai berikut.

1. Cara Cek Barcode Nike Asli Melalui Google

Cara Cek Barcode Nike Asli Melalui Google
Cara Cek Barcode Nike Asli Melalui Google

Apabila Anda ingin menerapkan cara cek barcode Nike asli tanpa aplikasi pihak ketiga, maka bisa mengecek dengan menggunakan Google yang sudah terpasang di perangkat ponsel Anda. Adapun mengenai langkah-langkah mengecek barcode Nike original di Google, bisa Anda lakukan dengan mudah seperti berikut.

  • Langkah pertama, silahkan Anda cek “Kode Produk” yang sudah tercantum di label produk sepatu tersebut.
  • Setelah itu, Anda buka aplikasi Google atau browser yang ada di perangkat ponsel Anda.
  • Kemudian, Anda ketik kan saja kode tersebut di mesin pencarian Google atau browser Anda.
  • Nantinya, Google akan menampilkan hasil pencarian berupa gambar sepatu Nike original.
  • Jika sudah, maka Anda tinggal cek saja apakah produk yang tertera di Google tersebut sama dengan produk Nike yang Anda beli. Apabila informasi tersebut sama, maka dipastikan produk sepatu Nike Anda tersebut merupakan produk original.

Baca Juga: 5 Distributor Sepatu Bekas Import Karungan Tangan Pertama

2. Cara Cek Barcode Nike Asli Lewat Situs Website Online

Cara Cek Barcode Nike Asli Lewat Situs Website Online
Cara Cek Barcode Nike Asli Lewat Situs Website Online

Tidak hanya melalui Google, Anda juga dapat mengecek barcode sepatu Nike asli tanpa aplikasi pihak ketiga melalui situs website online. Dalam hal ini, umumnya terdapat beberapa alamat situs website yang bisa Anda gunakan dalam pengecekan produk Nike asli tersebut seperti upcindex.com, barcodespider.com, goat.com, grailed.com dan barcodelookup.com. Untuk mengecek produk sepatu Nike asli di situs website online sendiri cukup mudah dilakukan, dimana Anda hanya perlu mengikuti instruksi yang ada di bawah ini.

  • Tips pertama yang perlu Anda lakukan dalam mengecek barcode sepatu Nike asli, yakni silahkan kunjungi salah satu situs website online yang sudah disebutkan di atas tadi.
  • Apabila situs website online Anda sudah tertampil di perangkat ponsel, maka silahkan masukkan saja “Kode Produk” Nike tersebut di kolom yang sudah disediakan.
  • Jika sudah, maka Anda nantinya akan melihat informasi detail yang sesuai dengan kode produk yang sudah Anda masukkan tadi, termasuk keaslian produk sepatu Nike tersebut.
Baca Juga :  9 Cara Melihat Status WA Yang Sudah Lewat 24 Jam

3. Cara Cek Barcode Nike Asli dengan Kode UPC

Cara Cek Barcode Nike Asli dengan Kode UPC
Cara Cek Barcode Nike Asli dengan Kode UPC

Cara cek barcode Nike asli berikutnya, bisa Anda lakukan dengan menggunakan kode UPC (Universal Product Code) Nike, yang biasanya tercetak di label / kemasan produk. Kode UPC satu ini, merupakan sistem pengidentifikasi semua produk Nike asli yang digunakan secara luas di seluruh dunia. Dalam menggunakan kode UPC untuk mengecek barcode Nike asli, bisa Anda lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Pertama, silahkan Anda cek label / kemasan produk Nike yang Anda beli. Kode UPC ini, biasanya tercetak di bagian belakang kemasan produk / label yang terpasang di produk.
  • Setelah itu, Anda catat kode UPC yang terdiri dari serangkaian angka dan garis vertikal.
  • Kemudian, kunjungi situs resmi Nike dan cari opsi “Verifikasi Keaslian”.
  • Jika sudah, Anda masukkan saja kode UPC Nike tersebut ke kotak yang tersedia.
  • Nantinya, Anda tinggal klik tombol “Verifikasi” untuk memulai proses verifikasi keaslian.
  • Anda tunggu sampai proses verifikasi keaslian produk Nike dilakukan.
  • Terakhir, Anda akan menerima hasil yang menunjukkan apakah produk Nike Anda asli atau tidak.

4. Cara Cek Barcode Nike Asli Melalui Aplikasi QR & Barcode Scanner

Cara Cek Barcode Nike Asli Melalui Aplikasi QR & Barcode Scanner
Cara Cek Barcode Nike Asli Melalui Aplikasi QR & Barcode Scanner

Apabila Anda ingin mengecek barcode Nike asli dengan aplikasi pihak ketiga, maka bisa menggunakan aplikasi QR & Barcode Scanner. Dimana, aplikasi ini bisa memindai dan membaca semua barcode termasuk produk, URL, ISBN, Wi-Fi dan lain sebagainya. Penggunaan aplikasi QR & Barcode Scanner dalam mengecek keaslian produk sepatu Nike, bisa Anda lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Unduh dan install aplikasi QR & Barcode Scanner di layanan Google Play Store.
  • Buka aplikasi tersebut, dan arahkan kamera HP Anda ke barcode produk Nike yang ingin Anda cek keaslian produknya. Dalam memindai barcode produk Nike, pastikan Anda berada di tempat yang terang agar barcode bisa terbaca dengan jelas dan pemindaian lebih akurat.
  • Setelah itu, Anda tinggal menunggu beberapa saat sampai aplikasi tersebut memeriksa keaslian produk sesuai dengan barcode yang dipindai.
  • Terakhir, Anda akan memperoleh hasil verifikasi keaslian produk Nike dari aplikasi QR & Barcode Scanner tersebut, yang menyatakan apakah produk Nike Anda benar-benar asli atau justru sebaliknya.
Baca Juga :  7+ Cara Mengatasi V99 Lazada Agar Berhasil Klaim Voucher Belanja

5. Cara Cek Barcode Nike Asli dengan Aplikasi Barcode Scanner Pro

Cara Cek Barcode Nike Asli dengan Aplikasi Barcode Scanner Pro
Cara Cek Barcode Nike Asli dengan Aplikasi Barcode Scanner Pro

Aplikasi lain yang juga sering digunakan dalam menerapkan cara cek barcode Nike asli, yakni ada Barcode Scanner Pro dengan fitur dan konfigurasi yang cukup lengkap. Hingga sejauh ini, aplikasi ini telah di unduh lebih dari 10 juta kali pengguna dengan rating 4.6 dari 184 reviewers. Tata cara mengecek keaslian produk Nike dengan aplikasi ini, bisa Anda lakukan dengan mengikuti tahapan seperti berikut.

  • Silahkan Anda download & install aplikasi Barcode Scanner Pro melalui layanan Google Play Store maupun App Store.
  • Jika aplikasi sudah terpasang di perangkat Anda, maka tinggal buka saja aplikasi tersebut untuk memulai proses pengecekan barcode Nike asli.
  • Kemudian, Anda tinggal arahkan kamera perangkat ke barcode Nike asli yang ingin Anda cek keasliannya.
  • Nantinya, aplikasi Barcode Scanner Pro akan langsung mendeteksi barcode secara otomatis, dan mencoba mengenali informasi mengenai barcode
  • Setelah proses pemindaian selesai dilakukan, maka aplikasi akan langsung menampilkan informasi produk Nike asli seperti nama produk lengkap dengan harganya.

6. Cara Cek Barcode Nike Asli Melalui Aplikasi QR Bot

Cara Cek Barcode Nike Asli Melalui Aplikasi QR Bot
Cara Cek Barcode Nike Asli Melalui Aplikasi QR Bot

Cara lain yang bisa Anda lakukan dalam mengecek keaslian produk Nike, yakni dengan memanfaatkan aplikasi QR Bot dengan ukuran instalasi yang terbilang cukup ringan. Kendati demikian, mengenai cara kerja dan fitur yang ditawarkan tidak kalah dengan aplikasi pemindaian barcode Nike asli lainnya. Apabila Anda tertarik mencoba menggunakan aplikasi ini untuk mengecek barcode produk Nike asli, maka bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Tips yang perlu dilakukan pertama kali, yakni Anda unduh dan install terlebih dahulu aplikasi QR Bot di layanan Google Play Store ataupun App Store.
  • Jika sudah, silahkan Anda buka aplikasi QR Bot dan klik opsi “Pindai”.
  • Setelah itu, arahkan scan ke bagian barcode Nike original yang ingin Anda cek keaslian produknya.
  • Nantinya, Anda hanya tinggal menunggu selama beberapa saat sampai informasi produk muncul di layar aplikasi tersebut.
  • Anda bisa mengecek keaslian produk Nike di aplikasi QR Bot tersebut, sesuai dengan informasi produk yang terlihat di layar perangkat ponsel Anda.
Cara Cek Barcode Nike Asli
Cara Cek Barcode Nike Asli

Itulah tadi pembahasan menarik bagi Anda seputar beberapa cara cek barcode Nike asli, yang mudah dan bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. Dengan menerapkan pengecekan barcode Nike asli satu ini, maka risiko penipuan produk Nike dapat Anda minimalisir dengan baik.

Artikel Menarik Lainnya