6 Cara Mengatasi Token Listrik Bunyi Terus Padahal Pulsa Masih Banyak

Ada berbagai macam kendala dalam penggunaan listrik prabayar yang perlu pelanggan kenali seperti saat token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak. Secara tidak langsung, kondisi ini menunjukkan bahwa listrik bermasalah dan harus ditangani segera.

Bukan jarang listrik prabayar membawa masalah bagi penggunanya, seperti saat tulisan periksa dan gambar telapak tangan muncul. Namun bukan itu saja, token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak seringkali terjadi dan mengkhawatirkan pengguna. Bagaimana tidak, bunyi pada listrik prabayar sebagai pertanda bahwa pulsa sudah menipis dan akan segera habis.

Lalu bagaimana jika token listrik berbunyi meskipun pulsa masih banyak? dapatkan hal ini diatasi? Mari simak dan pahami di halaman ini!

Apa Itu Token Listrik?

Apa Itu Token Listrik?
Apa Itu Token Listrik?

Listrik adalah kebutuhan rumah tangga sebagai sumber penerangan dan penggerak barang-barang elektronik. Kebutuhan listrik di Indonesia dapat dipenuhi dengan dua cara, yakni mengisi ulang untuk pelanggan prabayar sedangkan untuk pengguna pascabayar mereka dapat menggunakan listrik dalam jangka tertentu dengan sistem pembayaran di akhir setelah digunakan.

Listrik prabayar yang dikenal juga dengan listrik pintar memberikan kemudahan bagi penggunanya, mereka dapat mengontrol penggunaan listrik untuk menghemat biaya yang dikeluarkan. Namun apa itu token listrik dalam penggunaan listrik prabayar, sudahkan anda mengetahuinya?

Sederhananya token listrik merupakan 20 digit nomor unik yang dimasukkan kedalam meteran untuk menambah daya listrik. 20 digit nomor tersebut didapatkan setelah membeli listrik di gerai yang menyediakan listrik.

Cara Memasukkan Token Listrik ke Meteran

Sebelum membahas penyebab token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak, kamu perlu memahami cara memasukkan token listrik ke meteran. Meskipun hal ini sangat mudah, nyatanya masih banyak yang belum tau tyata cara memasukkan token untuk menambah daya listrik khususnya anda pemula yang beralih dari litsrik pascabayar menjadi prabayar.

  1. Pastikan kamu sudah mencatat nomor meter atau ID pelanggan
  2. Lakukan pembelian token listrik sesuai kebutuhan. Nominal pembelian listrik yang tersedia adalah Rp20.000, Rp50.000, Rp100.000, Rp250.000, Rp500.000, dan Rp1.000.000. Anda dapat membeli listrik di gerai resmi seperti PLN mobile, minimarket maupun M-banking.
  3. Kamu akan menerima 20 digit token listrik jika pembelian berhasil
  4. Lanjutkan dengan memasukkan nomor token listrik ke dalam meteran
  5. Apabila sudah sesuai, tekan enter ataupun tombol hijau pada meteran
  6. Jika tidak ada kesalahan dalam memasukkan token listrik, kWh akan bertambah berdasarkan nominal yang kamu beli

Penyebab Token Listrik Bunyi Terus Padahal Pulsa Masih Banyak

Kehadiran listrik prabayar memang memberikan kemudahan bagi masyarakat. Sistem token yang dikenal praktis ini memungkinkan kita mendapatkan listrik sesuai kebutuhan, mengontrol penggunaan sekaligus biaya yang dikeluarkan.

Baca Juga :  Cara Pinjam Pulsa Telkomsel 5 Ribu: Mudah dan Praktis!
Penyebab Token Listrik Bunyi Terus Padahal Pulsa Masih Banyak
Penyebab Token Listrik Bunyi Terus Padahal Pulsa Masih Banyak

Meski mencatat banyak kemudahan, nyatanya listrik prabayar ini memiliki kelemahan. Berdasarkan klaim pengguna, token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak yang paling sering terjadi. Ini tentu membuat kamu khawatir mengingat listrik sangat sensitif. Pada dasarnya penyebab token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak beragam. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui akar permasalahan untuk menuntaskan kendala dalam penggunaan listrik kamu.

  • Mesin kWh Meter Bermasalah

Mesin kWh yang bermasalah salah satu penyebab token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak. kWh meter digunakan untuk mengukur pemakaian listrik dalam kurun waktu tertentu. Saat kWh meter bermasalah maka memicu bunyi seperti saat meteran akan kehabisan daya.

Untuk memastikan apakah kWh meter bermasalah atau tidak sebenarnya mudah, biasanya akan muncul gambar telapak tangan atau tulisan blocked. Pada beberapa mesin kWh meter yang bermasalah muncul tulisan “Periksa”.

  • Salah Memasukkan Kode

Untuk menambah pulsa listrik, pengguna perlu melakukan pembelian untuk menerima 20 digit token yang akan dimasukkan ke meteran. Meski terdengar sederhana, ternyata banyak yang memasukkan angka yang salah atau tidak memperhatikan urutannya.

Adakah batas gagal mengisi token listrik yang ditetapkan? Ya, pengguna harus berhati-hati dalam memasukkan20 digit nomor untuk menghindari kesalahan berulang-ulang. Sistem hanya menolerir jika salah menginput kode token sebanyak 2 kali, jadi untuk percobaan ketiga dan masih gagal meteran listrik kamu terblokir otomatis.

  • Melebihi Batas Pengisian

Pelanggan yang menggunakan listrik pintar memang harus pandai mengatur pemakaian listrik untuk berhemat dan mengantisipasi overlimit. Jadi, PLN membatasi pembelian listrik bulanan dengan adanya limit kWh. Hal ini dilakukan untuk mencegah penimbunan listrik.

Adapun batas pembelian token listrik sesuai dengan golongan daya yang dimiliki pelanggan. Misalnya, untuk golongan pelanggan 450 VA, limit yang ditentukan adalah 324 kWh sehingga mereka hanya boleh mengisi token maksimal Rp134.460 per bulan. Hal ini juga berlaku untuk golongan 900 VA, 1300 VA, dan seterusnya.

  • Server PLN Sedang Gangguan

Kenapa token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak? Mungkin server PLN masalahnya! Gangguan server PLN memang bukan hal baru lagi saat ini, banyak pelanggan yang mengeluh karena error PLN ini akan membatasi aktivitas mereka untuk sementara. Dikhawatirkan saat server PLN sedang gangguan akan menyebabkan meteran error sehingga mengelurkan bunyi seperti halnya saat pulsa token menipis/habis.

Bacaan menarik untuk kamu 7 Solusi Saat Gopay Paylater Tidak Bisa Digunakan

Solusi Saat Token Listrik Bunyi Terus Padahal Pulsa Masih Banyak

Karena listrik sudah menjadi kebutuhan, wajar saat token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak kamu menjadi khawatir. Namun untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya kamu tenang dan memastikan akar permasalahan pada listrik tempat tinggalmu. Pada dasarnya situasi ini muncul karena telah terjadi error pada meteran yang dipicu beberapa hal yang sudah kita bahas, sehingga kamu dapat menggunakan solusi berikut:

Baca Juga :  Wajib Tahu! Ini 3 Cara Mengaktifkan Notifikasi Screenshot Instagram

1. Reset Ulang Meteran Listrik

Pesan error bisa diatasi dengan mereset ulang meteran listrik, solusi ini dapat kamu lakukan saat token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak. Mereset meteran listrik satu-satunya opsi memperbaiki pesan error secara manual tanpa mengeluarkan biaya. Berikut panduan-pandungan lengkap dalam mereset meteran listrik:

  • Matikan semua perangkat elektronik agar tidak ada aliran listrik
  • Setelah itu cabut semua kabel untuk keamanan saat mereset meteran
  • Geser sakelar ke off lalu tunggu selama 15 menit
  • Masukkan angka 00 lalu tekan enter untuk mereset
  • Selesai.

2. Memanggil Petugas PLN

Memanggil Petugas PLN
Memanggil Petugas PLN

Apabila pesan error tidak teratasi dengan mereset meteran listrik, masih ada cara lain memulihkan token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak dengan memanggil petugas PLN. Biasanya call center akan mengkordinir petugas untuk memeriksa meteran listrik secara langsung atau by phone.

Cara ini tentu lebih efektif, karena pada dasarnya petugas akan lebih mudah mengidentifikasi kerusakan dan cara memperbaikinya. Bagaimana cara menghubungi petugas PLN di area anda? Kamu bisa menggunakan salah satu dari cara berikut.

  • Melalui Call Center

Pelanggan PLN dapat mengadukan keluhan listrik melalui panggilan call center. Berdasarkan klaim pengguna, ini cara paling efektif untuk membuat pengajuan sekaligus memanggil petugas PLN terdekat. Namun sebelumnya pastikan kamu sudah mencatat ID pelanggan, nama pemilik, dan kelurahan tempat tinggal dan menjelaskan secara spesifik titik lokasi yang memudahkan petugas menjangkaunya.

Bagaimana cara menghubungi call center PLN? Nomor tujuan call center PLN yang bisa kamu masukkan adalah 123 namun diawali kode area tempat tinggalmu. Misalnya pelanggan yang bertempat tinggal di medan dapat memasukkan (061) 123 atau (021) 123 untuk area Jakarta.

  • Melalui Email

Solusi token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak atau meteran error dengan menghubungi PLN melalui email. Walaupun respon melalui email lebih lambat, namun kamu masih bisa menggunakan cara ini untuk tetap terhubung tanpa pulsa. Silahkan menghubungi email PLN [email protected]. Jangan lupa masukkan ID pelanggan, nama yang terdaftar lalu jelaskan kendala terkait pesan error di meteran listrik kamu.

  • Melalui Whatsapp

Untuk memudahkan pelanggan memenuhi kebutuhan dan bantuan terkait listrik tempat tinggal mereka, kini PLN sudah memperluas kontak pengaduan melalui whatsapp. Ini salah satu cara menghubungi PLN tanpa pulsa, cukup jangkau whatsapp PLN di nomor 08122123123. Sebaiknya lengkapi dahulu formulir pengaduan PLN pada umumnya yang meliputi nomor meteran (ID pelanggan), nama pemilik meteran, kode area dan kendala listrik berupa pesan error. Kamu bisa juga melampirkan gambar jika tersedia.

  • Aplikasi PLN Mobile

Aplikasi PLN Mobile
Aplikasi PLN Mobile

Masih membahas solusi token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak yang diyakini muncul karena pesan error, opsi ini mengarahkan kamu mengakses aplikasi PLN Mobile. Ini adalah layanan PLN dalam mode aplikasi untuk memudahkan masyarakat membeli listrik, mengubah daya, migrasi maupun membuat pengaduan. Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi PLN Mobile.

  1. Unduh aplikasi PLN Mobile
  2. Daftar menggunakan nomor handphone lalu masukkan kode OTP
  3. Pergi ke menu profil > layanan saya > lalu masukkan IDPel sesuai meteran listrik yang bermasalah
  4. Jika sudah terdaftar, klik “pengaduan” di menu beranda
  5. Setelah itu pilih topik pengaduan kWh meter saya menunjukkan “PERIKSA”
  6. Lakukan pengecekan dahulu berdasarkan instruksi yang diberikan, sesuaikan antara MCM pada kWh dan MCB dalam bangunan.
  7. Jika keduanya dalam keadaan ON, klik pada menu ajukan pengaduan
  8. Piih ID pelanggan yang meterannya bermasalah, masukkan titik lokasi lalu konfirmasi
  9. Jelaskan secara singkat kendala token listrik anda di menu deskripsi, lalu unggah foto kondisi saat ini untuk memudahkan petugas PLN memeriksa kerusakan listrik
  10. Pada tahap berikutnya, silahkan tekan angka 08 lalu klik enter pada kWh meter, nanti akan muncul angka sebagai jawaban
  11. Masukkan jawaban pada form pengaduan meter prabayar atau klik tidak ada angka yang keluar jika tidak mendapatkan jawaban pada meteran
  12. Unggah gambar lalu lanjutkan mengirim pengaduan. Setelah semua proses selesai, kamu akan mendapatkan nomor pengaduan untuk melacak jawaban dari PLN Mobile.
Baca Juga :  Cara Menambah Followers TikTok dalam 1 Menit

Dengan mengikuti panduan diatas, pengaduanmu akan diproses segera. Bagaimana cara melihat balasan di aplikasi PLN Mobile? Silahkan masuk ke menu pengaduan > lacak pengaduan saya> masukkan nomor pengaduan > kirim.

  • Mendatangi Kantor PLN Terdekat

Cara mengatasi token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak yang terakhir yaitu mendatangi kantor PLN terdekat. Silahkan cari layanan PLN terdekat dari lokasi kamu, lalu datangi untuk mengatasi pesan error yang muncul. Nanti petugas akan memberikan panduan untuk menyelesaikan error pada meteran listrik atau meninjau secara langsung.

Cara Memasukkan Kode Clear Tamper Meter

Cara Memasukkan Kode Clear Tamper Meter
Cara Memasukkan Kode Clear Tamper Meter

Di beberapa kasus memasukkan kode clear tamper meter adalah solusi saat token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak. Kode diperoleh dari petugas PLN yang sudah dihubungi melalui call center, whatsapp, aplikasi PLN Mobile, email hingga mendatangi kantor PLN terdekat.

Kode clear tamper merupakan 20 digit angka untuk mengaktifkan kembali meteran yang error pada listrik prabayar. Biasanya petugas akan meninjau lokasi secara langsung untuk mengetahui kerusakan secara spesifik. Meski begitu, kamu bisa juga memasukkan kode clear tampel secara mandiri setelah berdiskusi dengan petugas. Berikut panduan memasukkan kode clear tamper pada meteran listrik anda.

  1. Pastikan meteran listrik dalam keadaan menyala
  2. Sebelum diinput, periksa kembali 20 digit kode clear tamper dan pastikan tulisan “periksa” terdapat di meteran.
  3. Masukkan satu persatu kode clear tamper
  4. Setelah itu klik enter atau tanda panah yang ada di meteran
  5. Secara otomatis tulisan periksa dan bunyi di meteran listrik akan hilang.

Akhir Kata

Token Listrik Bunyi Terus Padahal Pulsa Masih Banyak
Token Listrik Bunyi Terus Padahal Pulsa Masih Banyak

Situasi error yang menyebabkan token listrik bunyi terus padahal pulsa masih banyak dapat diatasi oleh petugas PLN. Pelanggan perlu membuat pengaduan agar error pada token listrik lebih cepat teratasi melalui call center, whatsapp, aplikasi PLN Mobile, email dan mendatangi kantor PLN terdekat. Semoga informasi diatas bermanfaat, nantikan Beadaily di topik selanjutnya ya!

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay