10 Penyebab HP Panas Serta Cara Mengatasinya

Penyebab HP panas serta cara mengatasinya lebih banyak dicari pengguna telepon genggam belakangan ini karena merasa perfoma alat komunikasi nya menurun dan mengganggu aktivitas. Tidak bisa dipungkiri, HP terlalu mudah panas salah satu masalah yang paling umum terjadi baik untuk pengguna android dan iOS

Penyebabnya juga bervariasi, sesuai perawatan dan kondisi ponsel saat ini. Apabila kamu kesulitan mengidentifikasi faktor penyebab HP panas serta cara mengatasinya, Beadaily akan membantu melalui halaman ini. Langsung simak saja, yuk!

Penyebab HP Panas Serta Cara Mengatasinya

HP panas seringkali menjadi keluhan bagi pemilik telepon genggam dimana dalam kondisi ini kinerjanya semakin lambat dan beresiko merusak perangkat. Selain itu, panas berlebihan mengakibatkan masalah baterai dan mengurangi umur pakai HP.

Penyebab HP Panas Serta Cara Mengatasinya
Penyebab HP Panas Serta Cara Mengatasinya

Tahukah kamu penyebab HP panas serta cara mengatasinya? Sebetulnya kondisi ini bisa disebabkan faktor internal dan external yang berarti masalah dari ponsel dan fitur-fitur didalamnya ataupun dari sisi pengguna. Jika kamu berada di situasi yang sama, mari ketahui beberapa penyebab HP panas serta cara mengatasinya.

1. Baterai Bermasalah

Baterai bermasalah menjadi salah satu alasan kenapa ponsel lebih mudah panas. Saat kinerja baterai menurun cenderung bocor yang membuat HP mudah panas. Untuk mengetahui kerusakan baterai yang membuat HP menjadi panas dapat kita analisis melalui letaknya, jika dibagian belakang HP sangat panas bisa dipastikan baterai bermasalah.

Setelah mengidentifikasi kerusakan baterai ponsel, upaya yang bisa kamu lakukan adalah mengganti ke baterai baru. Namun pada HP yang menggunakan baterai tanam hal ini lebih sulit dilakukan, kamu membutuhkan peralatan dan keahlian khusus.

Baca Juga :  7 Solusi Saat Gopay Paylater Tidak Bisa Digunakan

2. Bug pada Sistem Operasi

Masih membahas penyebab HP panas serta cara mengatasinya, alasan lain membuat suhu ponsel meningkat adalah bug pada sistem operasi. Saat kondisi ini prosesor atau komponen lainya bekerja lebih keras dari biasanya yang akhirnya menghasilkan panas berlebih.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ponsel yang panas akibat bug sistem operasi? Pastikan ponsel menjalankan versi operasi terbaru dengan mengupdate. Biasanya setelah perangkat lunak diperbaharui secara perlahan bug-bug akan diperbaiki termasuk komponen yang menyebabkan HP panas.

3. Berada di Suhu Panas

Berada di Suhu Panas
Berada di Suhu Panas

Berada di suhu lingkungan yang tinggi dapat menyebabkan ponsel menjadi panas. Ketika HP berada di bawah sinar matahari atau lingkungan yang panas akan mempengaruhi suhunya secara langsung, dalam kondisi ini kinerja HP menjadi kurang optimal atau menyebabkan kerusakan perangkat.

Hindari sinar matahari dan gunakan pelindung layar agar suhu tinggi tidak mempengaruhi ponsel secara langsung. Kamu juga bisa menjaga suhunya dengan cara menghindari sumber panas lain seperti peralatan elektronik dan dashboard mobil.

4. Digunakan dalam Waktu Lama

Apa saja penyebab HP panas serta cara mengatasinya? Selain tiga opsi diatas, HP cenderung cepat panas jika digunakan dalam waktu yang cukup lama. Selain itu, kenaikan suhu karena ponsel sedang menjalankan tugas yang berat seperti bermain game atau streaming video untuk waktu yang lama.

Pastikan ponsel tidak terlalu terbebani dengan aktivitas yang berat lebih lama. Jika memungkinkan, tutup aplikasi atau permainan yang membebani operasi dan baterai ponsel.

5. Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Kecerahan Layar Terlalu Tinggi
Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Membahas lanjut penyebab HP panas serta cara mengatasinya, selain penggunaan HP berkepanjangan ternyata kecerahan layar turut membuat HP cepat panas. Ketika layar HP dinyalakan dengan kecerahan tinggi maka semakin banyak energi yang diperlukan untuk menampilkan gambar sesuai kecerahan tersebut, secara langsung hal ini dapat meningkatkan konsumsi daya dan memicu kenaikan suhu.

Beberapa ponsel menggunakan pengaturan kecerahan otomatis, dimana kecerahan HP ditingkatkan otomatis ketika perangkat terdeteksi berada di tempat yang gelap. Hal ini untuk meningkatkan keterbacaan layar, namun tanpa disadari membuat konsumsi baterai naik dan HP cepat panas.

Baca Juga :  8 Penyebab Kenapa Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar Lengkap Cara Mengatasinya!

Untuk mengatasi hal ini sebetulnya sangatlah sederhana, atur kecerahan layar agar tidak terlalu tinggi atau hindari tempat-tempat yang gelap.

6. Menggunakan Charger Palsu

Salah satu penyebab HP menjadi mudah panas karena penggunaan adaptor palsu. Charger yang tidak original menghasilkan arus tidak stabil atau terlalu tinggi, penggunaan berkepanjangan merusak baterai atau membuat HP panas.Untuk menghindari kerusakan baterai dan kenaikan suhu, selalu pastikan HP memperoleh daya dari charger original.

7. Aplikasi Berat

Aplikasi Berat
Aplikasi Berat

Masih membahas penyebab HP panas serta cara mengatasinya, selain enam opsi diatas ternyata penggunaan aplikasi berat juga dapat memicu naiknya suhu ponsel. Umumnya aplikasi ini mengonsumsi energi lebih banyak dan tentu saja membuat daya terkuras habis.

Jika kamu menggunakan aplikasi streaming, game, media sosial secara tidak langsung memaksa sistem bekerja lebih keras. Untuk menjaga kesehatan baterai dan suhu ponsel, tutup atau nonaktifkan aplikasi saat tidak digunakan. Tetapkan jeda atau batas waktu penggunaan nya selama satu hari.

8. Ventilasi Tertutup

Naiknya suhu HP bisa jadi karena tidak memiliki ventilasi yang cukup di sekeliling nya. Jika ponsel tidak memiliki akses udara yang cukup dapat kesulitan membuang panas yang dihasilkan komponen internal seperti baterai. Hal ini menyebabkan panas terperangkap didalam dan membuat suhu panas.

Pastikan tidak menutup ventilasi ponsel seperti lubang-lubang kecil casing untuk memastikan udara mengalir baik dan mendinginkan perangkat.

9. Menggunakan Wallpaper Animasi

Menggunakan Wallpaper Animasi
Menggunakan Wallpaper Animasi

Penyebab HP panas serta cara mengatasinya yang selanjutnya untuk kamu yang menggunakan wallpaper animasi. Gambar yang bergerak atau wallpaper video mengonsumsi baterai lebih banyak karena memaksa HP terus bekerja. Untuk mengurangi penggunaan baterai berlebihan, kamu bisa beralih menggunakan wallpaper gambar yang hemat energi.

10. Sulit Menangkap Sinyal

Saat HP kesulitan menangkap sinyal dapat meningkatkan suhunya. Bahkan saat tidak digunakan HP juga bisa semakin panas karena terus bekerja. Silahkan berpindah tempat jika kesulitan menangkap sinyal atau hubungkan ke Wi-Fi jika memungkinkan.

Baca Juga :  Cara Setting Alarm Token Listrik Semua Merk Dengan Mudah

Bagaimana Cara Agar HP Awet dan Tidak Mudah Panas?

Berbagai penyebab HP panas dan cara mengatasinya sudah kamu ketahui. Melalui penjabaran tersebut, tentu kamu juga memahami HP panas memperpendek umur pakainya. Suhu panas menyebabkan kerusakan komponen internal, terutama pada baterai. Selain itu, panas jangka lama membuat kerusakan komponen pada perangkat.

Berikut beberapa tips untuk merawat HP agar awet dan tidak mudah panas:

  • Matikan Fitur yang Tidak Digunakan

Mematikan fitur yang tidak digunakan dapat mengurangi panas pada HP untuk mencegah penggunaan daya yang tidak perlu. Ada berbagai fitur pada ponsel genggam yang kita butuhkan saat-saat tertentu saja seperti bluetooth, GPS dan Wi-Fi. Jika kamu tidak menggunakannya lagi, matikan secara langsung untuk menghindari panas dan pemborosan baterai.

  • Batasi Aplikasi yang Memakan Banyak Daya

Selain fitur, ada berbagai aplikasi yang cenderung konsumsi daya tinggi seperti aplikasi streaming video, games, dan sosial media. Batasi penggunaan aplikasi yang memakan banyak daya dengan cara menonaktifkan saat tidak dipakai. Lihat juga Hp Dengan Snapdragon 8 Gen 2 Termurah

  • Hindari Overcharging

Selain menggunakan charger palsu, suhu panas HP disebabkan overcharging. Apabila HP tetap terhubung ke charger setelah baterai mencapai 100% bisa menyebabkan panas karena listrik memberikan arus secara terus menerus. Pastikan mencabut HP saat baterai sudah maksimal

  • Jaga Sirkulasi Udara di Sekitar HP

Untuk memastikan suhu tetap stabil, pastikan ventilasi disekitar HP tidak terhalang agar udara dapat mengalir dengan baik. Udara yang mengalir dengan baik bisa membantu mendinginkan perangkat.

Penutup

Penyebab HP Panas Serta Cara Mengatasinya
Penyebab HP Panas Serta Cara Mengatasinya

Itu dia sejumlah penyebab HP panas serta cara mengatasinya yang bisa kamu lakukan. Jika merasa HP mulai panas, sebaiknya henti kan pemakaian agar tidak memicu hal-hal yang serius seperti kerusakan komponen dan ledakan.

Kami harap penjelasan tentang penyebab HP panas serta cara mengatasinya bermanfaat dan menjadi pencarian terakhir kamu, terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya