7 Solusi Saat Gopay Paylater Tidak Bisa Digunakan

Saat gopay paylater tidak bisa digunakan akan banyak transaksi yang terhambat sehingga mempengaruhi kestabilan aplikasi itu sendiri. Hal ini karena pengalaman dan kepuasan pelanggan yang menurun sehingga berpotensi beralih ke aplikasi lain yang menyediakan fitur serupa.

Meski begitu, tidak sedikit pengguna bersabar menunggu sembari mencari informasi terkait kendala tersebut. Hal ini juga berlaku saat fitur paylater dari gojek tidak bisa dijangkau, banyak yang mencari tau penyebab dan solusinya.

Namun sebelum lebih dalam membahas penyebab dan solusi gopay paylater tidak bisa digunakan, baiknya kamu mengenal dan memahami apa itu gopaylater, kelebihan dan cara aktivasi fitur tersebut.

Sekilas Tentang Gopay Paylater

Sekilas Tentang Gopay Paylater
Sekilas Tentang Gopay Paylater

Gopay merupakan dompet digital untuk semua layanan Gojek, biasanya digunakan untuk menerima atau mengirim saldo. Sedangkan Gopay PayLater atau GoPayLater merupakan layanan beli sekarang bayar kemudian dari Gojek. Layanan ini baik digunakan di aplikasi Gojek dan Tokopedia dengan sistem pelunasan hingga 12 kali cicil.

Mereka yang sudah aktivasi gopaylater akan menerima limit untuk bertransaksi. Besaran limit yang diperoleh setiap orang tentu berbeda-beda, namun tidak bisa ditingkatkan selain rutin bertrasaksi dan membayar dengan gopay paylater.

Paylater gojek bisa digunakan untuk apa saja? limit transaksi bisa digunakan untuk membayar layanan GoRide, GoCar, GoFood, GoSend, Go Blue Bird, beli pulsa, membayar tagihan air, listrik dan juga membeli tiket bioskop dan wisata (Go Tix). Limit tersebut dapat anda gunakan membeli produk di Tokopedia jika sudah dihubungkan.

Kelebihan Gopaylater

Sebagai salah satu aplikasi paylater yang berkembang di Indonesia, fitur gopay hadir dengan beberapa kelebihan sebagai nilai jual. Inilah mengapa ketika gopay paylater tidak bisa digunakan akan menimbulkan kekhawatiran dan menghambat transaksi bagi penggunanya.

Kelebihan Deskripsi
Proses registrasi mudah Gopayater dapat diaktifkan melalui aplikasi Gojek. Proses registrasi pun sangat mudah, kamu hanya perlu menautkan beberapa data untuk mendapatkan limit tansaksi yang besar
Dapat digunakan kapan saja Limit transaksi bisa digunakan membayar biaya perjalanan dengan layanan Gojek. Ini memungkinkan siapa saja dapat mengakses fitur paylater dimana saja dan kapan saja.
Keamanan terjamin Kamu mungkin menautkan informasi pribadi saat menggunakan gopay paylater, namun tidak perlu khawatir karena kemanan data dan akses pengguna sudah dijamin.
Menggandeng marketplace tokopedia Bukan hanya membayar tagihan, pulsa dan biaya transportasi, kamu bisa menggunakan gopay paylater ketika berbelanja di Tokopedia. Dengan gopay paylater semua urusan akan lebih mudah!

Cara Aktivasi Gopaylater

Cara Aktivasi Gopaylater
Cara Aktivasi Gopaylater

Sebelum berlanjut membahas penyebab gopay paylater tidak bisa digunakan, perlu kamu lakukan cara mengaktifkan fitur paylater di aplikasi Gojek. Cara mengaktifkan layanan ini sebenarnya sangat mudah, namun memerlukan panduan khusus jika anda pemula.

  • Pastikan anda sudah menginstal aplikasi Gojek di perangkat masing-masing
  • Daftarkan akun gojek dengan memasukkan nama dan nomor handphone
  • Klik menu pembayaran atau pergi ke menu lainya di beranda
  • Gulir kebawah untuk menemukan menu GoPay Later, klik dan pilih aktifkan sekarang
  • Pada halaman selanjutnya klik pada “saya setuju dengan syarat & ketentuan
  • Anda akan dibawa pada menu aktivasi gopay yang terdiri atas tiga langkah, yakni aktivasi dengan foto e-KTP, foto selfie dan mengisi data diri
  • Mulailah unggah foto e-KTP, selfie dan melengkapi data diri dengan benar
  • Lakukan tanda tangan digital sampai pengajuanmu diterima dan layanan gopay paylater siap digunakan.
Baca Juga :  5 Cara Mengembalikan Akun Shopee Yang Hilang Mudah Dilakukan

Bacaan menarik untuk kamu 8 Aplikasi Pinjam Pulsa Bayar Nanti Terbaik 

Penyebab Gopay Paylater Tidak Bisa Digunakan

Penyebab Gopay Paylater Tidak Bisa Digunakan
Penyebab Gopay Paylater Tidak Bisa Digunakan

Sebagai salah satu layanan paylater terkemuka, tidak sedikit yang menggunakan fitur ini untuk menopang biaya transportasi dan kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, saat gopay paylater tidak bisa digunakan tentu menjadi keluhan dan masalah serius bagi penggunanya.

Penyebab gopay paylater tidak bisa digunakan beragam dan tidak bisa dipastikan untuk setiap orang, namun pada umumnya ada 7 hal yang mendasari gopay paylater tidak bisa diakses di ponsel pengguna setelah aktivasi atau saat pendaftaran sudah disetujui.

  • Proses Aktivasi Belum Selesai

Agar tidak ada kendala menggunakan gopaylater, sebaiknya anda cermat dan mengikuti langkah demi langkah saat aktivasi. Penyebab gopay paylater tidak bisa digunakan yang pertama karena proses pendaftaran belum selesai sehingga pihak kredit belum menerima data melalui pengajuanmu.

Seperti cara diatas, kamu wajib mengupload foto e-KTP, selfie serta mengisi data diri sebenar-benarnya. Pastikan kamu mengikuti tahapan-tahapan sampai pada proses penandatangan digital pada form yang disediakan sebagai bukti pertanggungjawaban akan data tersebut.

  • Ketidaksesuaian Data Saat Aktivasi

Apakah data yang ditautkan di Gojek dan Tokopedia harus sesuai? Ternyata banyak belum mengetahui kedua layanan ini beroperasi pada satu perusahaan induk bernama PT. Goto Gojek Tokopedia Tbk. Perusahaan belanja online dan aplikasi transportasi online ini memiliki hubungan dalam hal layanan kepada konsumen.

Menggunakan dua aplikasi dalam naungan satu perusahaan induk memerlukan data yang sama. Jika tidak, maka gopay paylater tidak bisa digunakan sama sekali. Kesesuaian data yang dimaksud NIK, Nomor handphone, email di aplikasi Gojek dan Tokopedia. Alih-alih memalsukan identitas, pastikan kamu memasukkan data dengan sebenar-benarnya.

  • Skor Kredit Menurun

Skor Kredit Menurun
Skor Kredit Menurun

Skor kredit sangat perlu dijaga ketika menggunakan aplikasi pinjaman online dan paylater. Kredit skor mengacu pada kemampuan dan ketertiban nasabah membayar cicilan sesuai jangka waktu yang ditetapkan. Nah, jika sebelumnya anda menggunakan layanan paylater atau pinjaman online lain, maka kredit skor akan terbentuk dari klaim perusahaan/lembaga tersebut.

Catatan kredit baik dan buruk akan mempermudah penyedia kredit menyeleksi nasabah berdasarkan kemampuan membayar pinjaman. Hal ini selalu dipertimbangkan pihak sebelum menerima data pengajuan paylater ataupun pinjaman tunai.

  • Tidak Terhubung dengan Tokopedia

Belum menghubungkan aplikasi Gojek dengan tokopedia menyebabkan gopaylater tidak bisa digunakan. Seperti yang kami paparkan, data di kedua aplikasi ini sebaiknya sama dan terhubung mengingat keduanya beroperasi di bawah perusahaan induk yang sama. Meski belum dipastikan, alangkah lebih baik kamu menghubungkan gopaylater di aplikasi Tokopedia untuk memudahkan transaksi.

  • Limit Transaksi Tidak Mencukupi

Penyebab gopay paylater tidak bisa digunakan selanjutnya ketidaksesuiakan antara limit dengan nominal transaksi. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang terus-menerus menggunakan limit transaksi dalam periode tertentu. Sampai saat ini limit gopay paylater tidak bisa ditingkatkan kecuali anda melunasi tagihan lebih awal.

  • Koneksi Internet Tidak Stabil

Koneksi internet tidak stabil seringkali menjadi masalah saat menggunakan aplikasi berbasis online, seperti saat menggunakan limit gopay paylater. Kegagalan memuat fitur seringkali disalahartikan pengguna tanpa memeriksa kelengkapan perangkat termasuk kekuatan internet yang mereka gunakan.

  • Gangguan Server

Gangguan server gojek sendiri dapat menyebabkan gopay paylater tidak bisa digunakan. Selalu cek apakah gojek sedang maintenance untuk memperbaiki fitur dan meningkatkan layanan. Ini hal yang perlu anda periksa selain kelayakan akun (tidak ada tunggakan) jika ada transaksi sebelumnya.

Solusi Ketika Gopay Paylater Tidak Bisa Digunakan

Jika sudah mengetahui enam kemungkinan yang mengakibatkan gopay paylater tidak bisa digunakan, selanjutnya lakukan langkah tepat mengatasi kendala tersebut. Namun sebelum menggunakan salah satu solusi, sebaiknya periksa masalah akses gopay paylater yang sudah ditampilkan sehingga anda hanya perlu fokus pada satu solusi saja.

Baca Juga :  17+ Cara Menangkap Sinyal WiFi Jarak Jauh Dengan HP, Sangat Mudah

Untuk mengatasi gopay paylater tidak bisa digunakan sebenarnya sangatlah mudah, ini beberapa langkah yang bisa kamu gunakan:

1. Selesaikan Pendaftaran

Selesaikan Pendaftaran
Selesaikan Pendaftaran

Opsi pertama untuk mengatasu gopay paylater tidak bisa digunakan adalah memeriksa berkas pendaftaran dan menyelesaikanya. Bagaimana cara cek gopaylater yang sudah didaftarkan? Lakukan dengan tahap-tahap berikut:

  • Buka aplikasi gojek anda
  • Klik lainya untuk masuk ke menu GoPay Later
  • Jika sebelumnya anda belum menyelesaikan pendaftaran akan muncul halaman untuk melanjutkan aktivasi
  • Setelah memilih menu untuk meneruskan aktivasi masukkan data-data yang diminta sampai anda dituntun memasukkan tanda tangan gitilal
  • Tunggu dan pastikan pendaftaranmu sudah disetujui atau sebaliknya.

2. Cek Data yang Ditautkan

Cek Data yang Ditautkan
Cek Data yang Ditautkan

Penyedia kredit akan memeriksa data masuk sebelum menerima dan memberikan limit transaksi. Jika terdapat ketidaksesuaian data, pengajuan anda akan dipetimbangkan dan berpotensi tidak disetujui. Berikut panduan untuk memeriksa data melalui aplikasi gojek:

  • Pastikan kamu sudah membuka aplikasi gojek
  • Setelah itu pergi ke menu chat untuk memeriksa inbox konfirmasi aktivasi gopaylater
  • Atau anda bisa menggunakan opsi lain, klik lainya di beranda lalu pilih gopay later
  • Jika terdeteksi data pengguna tidak sesuai aktivasi akan ditolak, kamu akan diarahkan kembali melengkapi data
  • Mulailah menginput data yang sesuai, pastikan data pada foto KTP terbaca dengan baik
  • Kirimkan pendaftaran lalu tunggu konfirmasi dari gojek.

3. Memperbaiki Skor Kredit

Sudah mencoba kedua opsi diatas namun gopay paylater masih belum bisa digunakan? Sebaiknya periksa skor kredit jika sebelumnya menggunakan layanan pinjaman online ataupun aplikasi paylater yang lain. Jika kamu bermasalah karena skor kredit turun, sebaiknya tingkatkan dahulu sebelum kembali mengaktifkan gopaylater.

Pada kondisi seperti ini, satu-satunya cara meningkatkan skor kredit yaitu membayar tagihan pada platfrom lain yang mungkin sudah melewati tanggal jatuh tempo. Apabila tidak ada kredit yang bermasalah, silahkan hapus dan instal ulang aplikasi gojek lalu aktivasi seperti cara diatas.

Baca Juga :  6 Cara Scan Foto ke PDF di HP Android Dengan Mudah

4. Sambungkan dengan Tokopedia

Sambungkan dengan Tokopedia
Sambungkan dengan Tokopedia

Solusi gopay paylater tidak bisa digunakan selanjutnya yaitu menyambungkan akun Gojek dan Tokopedia anda. Perlu anda ketahui, data pada kedua aplikasi ini sebaiknya sama untuk menghindari kendala selama transaksi terlebih jika ingin menggunakan limit gopaylater. Berikut cara menghubungkan gopaylater di aplikasi Tokopedia.

  • Buka aplikasi Tokopedia
  • Masuk ke halaman pembayaran lalu klik lihat semua
  • Akan ditampilkan beberapa opsi pembayaran di tokopedia, termasuk dengan gopaylater
  • Pada GoPayLater klik sambungkan > selanjutnya > masukkan kode OTP > konfirmasi
  • Selesai, kini kamu bisa membayar transaksi Tokopedia menggunakan GoPayLater

5. Periksa Limit Transaksi

Gopay paylater tidak bisa digunakan karena limit transaksi tidak cukup dapat diatasi dengan membeli produk sesusai nominal tersisa. Sangat disayangkan karena limit GoPayLater tidak bisa ditingkatkan selain membayar cicilan. Karena itu hanya ada satu alternatif transaksi yakni menyesuaikan limit dan pembelian.

6. Gunakan Internet yang Stabil

Solusi ketika gopay paylater tidak bisa digunakan karena masalah internet ialah mengganti koneksi. Kamu bisa menggunakan internet yang lebih baik seperti Wifi atau mengakses layanan gojek pada titik tertentu. Kamu dapat juga memulihkan jaringan dengan cara mengaktifkan mode pesawat sesaat dan menonaktifkanya kemudian.

7. Tunggu Sampai Sistem Pulih

Menunggu sampai sistem kembali normal adalah cara mengatasi gopay paylater tidak bisa digunakan saat maintenance berlangsung. Biasanya pemeliharaan sistem gojek ataupun Tokopedia sebagai mitranya tidak lama, mengingat aplikasi ini selalu dibutuhkan banyak orang dalam hal transportasi dan berbelanja.

Silahkan cek secara berkala dengan mencoba fitur didalamnya, atau langsung akses halaman bantuan di aplikasi Gojek dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Gojek
  • Klik profil yang ada di pojok kanan atas
  • Gulir kebawah dan cari menu bantuan & laporan saya dan pilih GoPay Later
  • Pada kolom yang tersedia masukkan “gopay paylater tidak bisa digunakan
  • Akan ditampilkan hasil yang relevan sesuai keluhan, klik salah satu opsi yang mendekati situasi kamu saat ini
  • Pada menu pusat bantuan klik kirim laporan, jelaskan secara singkat kendala gopaylater anda
  • Akhiri dengan mengirim laporan

Setelah mengirim laporan, silahkan tunggu sampai pihak terkait meninjau kendala akses gopay paylater kamu. Kamu bisa memeriksa jawabanya di menu chat > bantuan.

Akhir Kata

Gopay Paylater Tidak Bisa Digunakan
Gopay Paylater Tidak Bisa Digunakan

Saat gopay paylater tidak bisa digunakan ada beberapa hal yang perlu kamu pastikan untuk mengetahui kendala fitur tersebut, diantaranya adalah memeriksa proses aktivasi, data yang dimasukkan, skor kredit, gopay paylater yang belum terhubung dengan Tokopedia, limit transaksi hingga koneksi dan gangguan pada server Gojek sendiri.

Solusi diatas dapat digunakan sesuai kendala yang kamu alami, karena itu lebih baik mengetahui penyebab kendala akses secara spesifik agar sobat fokus pada satu solusi saja. Semoga informasi yang Beadaily bagikan bermanfaat, terima kasih.

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay