Kenali 6 Perbedaan Kartu Prabayar Dan Pascabayar Serta Keuntungannya

Di Indonesia ada dua jenis kartu seluler yang biasa digunakan yaitu kartu prabayar dan pascabayar. Lihat perbedaan kartu prabayar dan pascabayar untuk mengetahui lebih spesifik layanan, metode pembayaran, penawaran promo dan pendaftarannya.

Kedua kartu ini memiliki perbedaan yang signifikan dan sangat perlu anda ketahui sebelum memilih salah satunya. Nah, buat anda yang masih bingung apa saja perbedaan kartu prabayar dan pascabayar, Beadaily akan jabarkan disini!

Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar

Selain layanan dari sebuah provider, masyarakat juga perlu mempertimbangkan penggunaan kartu prabayar atau pascabayar. Dengan memahami perbedaan keduanya, anda bisa memilih kartu yang paling sesuai dengan kebutuhan, gaya hidup dan kondisi keuangan.

Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar
Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar

Ada yang tertarik menggunakan kartu prabayar karena prosesnya lebih mudah namun tidak sedikit pula yang jatuh hati pada layanan pascabayar yang lebih responsif. Lantas manakah yang lebih baik? Sobat bisa memutuskan sendiri setelah memahami perbedaan kartu prabayar dan pascabayar berikut ini.

1. Metode Pembayaran

Perbedaan kartu prabayar dan pascabayar yang paling utama pada metode pembayarannya. Pemilik kartu prabayar diharuskan membayar di awal sebelum menggunakan produk maupun layanan dari operator tersebut. Jadi pengguna bisa mengatur sendiri pemakaian pulsa dan internet, mereka bisa mengisi data saat membutuhkannya.

Sedangkan kartu pascabayar menggunakan sistem pelunasan di akhir dalam periode tertentu. Biasanya pembayaran kartu pascabayar dilakukan setiap bulannya dengan rincian pembayaran yang tertera di web penyedia layanan ataupun provider yang digunakan. Dengan kata lain, kartu pascabayar memungkinkan anda membayar setelah menggunakan produk dan layanan.

2. Cara Pendaftaran

Cara Pendaftaran
Cara Pendaftaran

Selain pembayaran, perbedaan kartu prabayar dan pascabayar juga saat regsitrasi kartu. Kartu prabayar lebih banyak diminati karena proses pendaftarannya yang mudah, pengguna kartu cukup manfaatkan NIK dan nomor KK sesuai format yang ditentukan provider lalu kirim ke 4444 untuk proses registrasi.

Sedangkan untuk kartu pascabayar membutuhkan persyaratan lebih spesifik, anda perlu menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kartu Keluarga (KK), dan foto KTP. Untuk proses registrasi kartu bisa dilakukan di gerai provider terdekat atau secara online.

Baca Juga :  40 + Wallpaper Keren Full Layar Terbaru 2024

3. Penawaran dan Bonus

Ada juga perbedaan kartu prabayar dan pascabayar dari segi penawaran dan bonus-bonus. Pemilik kartu prabayar lebih sering ditawari bonus dan promo dengan minimum isi ulang nominal tertentu. Dengan kartu ini mereka bisa mendapat tambahan kuota, bonus telepon dan SMS.

Untuk kartu pascabayar lebih sering ditawarkan paket yang lebih lengkap sehingga bonus kuota, telepon dan SMS jarang ditemukan. Provider biasanya memberikan fasilitas tambahan seperti kuota data yang lebih ekslusif.

4. Pilihan Nomor Telepon

Sebagian besar orang tertarik menggunakan nomor cantik atau yang kombinasinya unik. Jika anda juga demikian, kartu pascabayar adalah pilihan terbaik. Salah satu perbedaan kartu prabayar dan pascabayar yaitu pilihan nomor telepon saat registrasi kartu.

Pengguna kartu pascabayar bisa memilih sendiri nomor telepon sesuai keinginan, dan hal sebaliknya untuk pengguna prabayar dimana kalian tidak bisa memilih nomor sesuai keinginan.

5. Kontrol Pengeluaran Secara Langsung

Kontrol Pengeluaran Secara Langsung
Kontrol Pengeluaran Secara Langsung

Perbedaan kartu prabayar dan pascabayar yang selanjutnya pada kontrol penggunaan. Dalam hal ini kartu prabayar lebih unggul karena pengguna bisa memantau pengeluaran berdasarkan saldo. Jadi, anda bisa memutuskan berhenti atau menggunakan layanan sesuai saldo tersedia. Jika saldo habis, layanan juga berhenti sampai pengguna mengisi ulang.

Sementara kartu pascabayar tidak bisa mengontrol pemakaian secara langsung. Pengguna kartu ini bisa terus menggunakan layanan hingga batas waktu tagihan muncul, jadi ada resiko tagihan membengkak jika tidak mengelola pemakaian dengan bijak. Dengan kata lain, pengguna bisa mengetahui pemakaian setelah tagihan muncul.

6. Detail Pemakaian

Jika berbicara detail penggunaan terdapat perbedaan kartu prabayar dan pascabayar. Kartu pascabayar biasanya menampilkan detail pemakaian bulanan dalam bentuk tagihan, rinciannya pun lebih lengkap untuk semua pemakaian layanan selama periode tersebut. Adapun detail pemakaian yang biasanya ditampilkan seperti penggunaan data, layanan tambahan, rincian panggilan, rincian SMS/MMS, pajak dan biaya administrasi.

Sayangnya pengguna kartu prabayar tidak menerima detail pemakaian layanan dalam satu bulan penuh. Jika ingin mengelola pengeluaran telekomunikasi dalam satu bulan penuh anda hanya bisa mencatat transaksi pembelian manual.

Baca Juga :  11 Rekomendasi Film Series Indonesia Di Telegram

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Prabayar dan Pascabayar

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Prabayar dan Pascabayar
Kelebihan dan Kekurangan Kartu Prabayar dan Pascabayar

Selain perbedaan kartu prabayar dan pascabayar, anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan pada kedua kartu. Berikut kelebihan dan kekurangan kartu prabayar dan pascabayar untuk dipertimbangkan lebih lanjut.

1. Kelebihan Kartu Prabayar

Berikut yang menjadi kelebihan kartu prabayar:

  • Tidak ada kontrak. Pengguna kartu prabayar tidak perlu terikat kontrak panjang, jika sewaktu-waktu ingin berhenti menggunakan kartu atau beralih provider, mereka bisa unreg kartu tanpa biaya tambahan.
  • Tanpa biaya bulanan. Kartu prabayar mewajibkan anda membayar sebelum menggunakan layanan, jadi tidak ada beban bulanan yang perlu dibayar
  • Kontrol penggunaan secara langsung. Dengan kartu prabayar pengguna bisa mengontrol ketat pengeluaran telekomunikasi, jadi lebih minim resiko tagihan membengkak

2. Kekurangan Kartu Prabayar

Kartu prabayar juga memiliki kekurangan pemakaian, berikut diantaranya:

  • Isi ulang untuk mendapatkan layanan. Meskipun bisa mengontrol pemakaian, pengguna harus melakukan top up/isi ulang untuk bisa mengakses layanan. Untuk sebagian orang ini cukup membebani terlebih saat dana terbatas.
  • Keterbatasan layanan tambahan. Pemilik kartu prabayar lebih sulit mengakses layanan tambahan, seperti pilihan data tertentu yang memang dikhususkan untuk kartu pascabayar
  • Prioritas layanan. Dalam beberapa kasus, pengguna kartu prabayar tidak mendapat prioritas jaringan dan layanan terutama saat jaringan sibuk

3. Kelebihan Kartu Pascabayar

Inilah kelebihan kartu prabayar yang perlu anda ketahui:

  • Akses ke layanan tambahan. Kartu pascabayar biasanya menawarkan paket yang lebih lengkap dengan fasilitas tambahan seperti kuota data yang lebih besar, akses khusus ke konten eksklusif dan layanan unggul lainnya.
  • Klaim sebagai pelanggan prioritas. Seringkali pemilik kartu pascabayar mendapat prioritas lebih tinggi termasuk untuk akses jaringan dan layanan pelanggan
  • Tidak perlu isi ulang. Tidak perlu memeriksa data berkala, anda bebas menggunakan layanan sebelum tagihan muncul untuk periode tersebut
Baca Juga :  Wajib Tahu! Ini 5 Perbedaan Swasta Dan Wiraswasta Dalam Dunia Kerja

4. Kekurangan Kartu Pascabayar

Tercatat ada lima kelemahan kartu pascabayar, berikut:

  • Memerlukan dokumen lebih lengkap. Proses registrasi lebih sulit dibandingkan kartu prabayar, anda perlu menyiapkan dokumen-dokumen tambahan seperti foto KTP dan harus mengurus data pembayaran tiap bulan.
  • Dikenakan biaya bulanan. Beberapa operator menerapkan prinsip pengguna tetap harus bayar meskipun tidak memakai pulsanya. Anda akan dikirimkan tagihan setiap bulan.
  • Resiko tagihan membengkak karena tidak bisa mengontrol pemakaian pulsa dan data secara langsung
  • Beresiko jika ponsel hilang, nomor pascabayar bisa digunakan orang lain namun tagihan menjadi tanggungjawab anda sebagai orang yang terdaftar
  • Pemutusan kontrak. Biasanya registrasi kartu melibatkan kontrak jangka panjang, dalam beberapa kasus dikenakan penalti jika pengguna memutuskan kontrak sebelum waktunya.

Bacaan menarik tentang kartu pasabayar Telkomsel: Solusi Kartu Halo Diblokir Karena Telat Bayar Tagihan

Kartu Prabayar dan Pascabayar, Manakah yang Lebih Baik?

Setelah membahas perbedaan kartu prabayar dan pascabayar, maka tidak sedikit pula yang mencari manakah yang paling efektif apakah kartu prabayar atau kartu pascabayar? Sebetulnya kedua jenis kartu ini tidak bisa dibandingkan. Keduanya sama-sama baik, sehingga anda bisa memilih berdasarkan kebutuhan pribadi dan kondisi keuangan.

Kartu prabayar lebih cocok untuk anda yang tidak ingin terikat kontrak dan memiliki kontrol penggunaan secara langsung. Proses resgistrasi sangat mudah dan tanpa biaya bulanan. Mereka yang memiliki alokasi biaya komunikasi bulanan lebih cocok menggunakan kartu ini.

Sementara kartu pascabayar sangat cocok bagi anda yang menginginkan kemudahan pembayaranan bulanan tanpa isi ulang, jadi tidak ada kasus habis paket yang menghambat komunikasi. Dengan kartu ini anda juga mendapat layanan paket yang lebih lengkap dan stabil. Pada periode pembayaran pun pelanggan akan diberikan detail penggunaan bulanan.

Penutup

Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar
Perbedaan Kartu Prabayar dan Pascabayar

Mengenal dengan baik perbedaan kartu prabayar dan pascabayar membantu anda dalam menentukan pilihan. Kedua kartu seluler ini sama-sama baik, memiliki kelebihan dan kekurangan dari sisi pengguna. Maka dari itu, pilihlah kartu yang paling anda butuhkan dengan mempertimbangkan biaya, proses registrasi dan kontrol pemakaiannya.

Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya