Simak Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha Freego 2024 Disini !!

Harus tahu dulu nih Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha Freego sebelum membeli sepeda motor Yamaha Frego. Motor matic pada saat ini memang banyak varian nya. Mulai dari cc mesin, pabrikan, ukuran dan desain sepeda motor itu sendiri.  Salah satu yang menarik untuk dipilih adalah Freego dari pabrikan Yamaha.

Yamaha merupakan salah satu produsen otomotif yang aktif merilis sepeda motor bertransmisi otomatis. Motor Yamaha dengan transmisi otomatis atau matik kerap ditemukan di jalan raya. Banyak varian motor matic dari pabrikan yamaha di kelas 125 cc seperti Mio, X-ride, Fino, Lexi dan FreeGo.

Bagi kamu yang ingin mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha Freego akan dijelasakan pada artikel ini. Simak terus ya guys..

Sekilas Tentang Yamaha FreeGo

Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha Freego
Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha Freego

Yamaha FreeGo adalah sebuah sepeda motor matic yang diproduksi oleh Yamaha sejak tahun 2018. Skuter ini pertama kali diluncurkan di acara Indonesia Motorcycle Show pada tanggal 31 Oktober 2018 di Jakarta Convention Center.

Matik bermesin 125 cc ini hadir untuk menjebatani kelas entry level, dengan kelas Maxi-scooter Yamaha. Pabrikan Yamaha mengklaim FreeGo memiliki value for money yang baik, dengan fitur yang lengkap.

Berikut Spesifikasi dari Yamaha FreeGo :

MESIN
Komponen Spesifikasi
Tipe Mesin Air Cooled 4-Stroke,SOHC
Susunan Silinder Single Cylinder
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi  9,5 : 1
Volume Silinder 125 cc
Daya Maksimum 7,0 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum  9,5 Nm/ 5500 rpm
Sistem Starter Electric Starter
Sistem Pelumasan Wet Sump
Kapasitas Oli Mesin Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L
Sistem Bahan Bakar  Fuel Injection
Tipe Kopling Dry, Centrifugal Automatic
Tipe Transmisi V-belt Automatic
RANGKA
Komponen Spesifikasi
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Telescopic Fork
Suspensi Belakang Unit Swing
Ban Depan 100/90 – 12M/C 59J – Tubeless
Ban Belakang 110/90-12M/C 64L – Tubeless
Rem Depan Disc Brake
Rem Belakang  Drum Brake
DIMENSI
Komponen Spesifikasi
P x L x T 1905 x 690 x 1115 mm
Jarak Sumbu Roda 1275 mm
Tinggi Tempat Duduk 780 mm
Berat Isi 101 Kg (FreeGo 125), 102 Kg (FreeGo 125 Connected)
Kapasitas Tangki Bensin 4,2 L
Jarak Terendah ke Tanah 135 mm
KELISTRIKAN
Komponen Spesifikasi
Tipe Busi NGK/ CR6HSA
Sistem Pengapian TCI
Battery YTZ4V, GTZ4V, NTZ4V (FreeGo 125), YTZ6V (FreeGo 125 Connected)
Baca Juga :  11+ Perbedaan Produk Scarlett Whitening Asli dan Palsu, yang Harus Kamu Ketahui

Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha Freego

Kelebihan Yamaha Freego

Sebagai motor keluaran terbaru, Yamaha FreeGo juga turut mengikuti perkembangan teknologi terkini. Inilah beberapa fitur unggulan yang diusung oleh Yamaha FreeGo.

  1. Pengisian BBM di bagian depan

Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha Freego
sumber : motorplus-online.com

Nah ini dia salah satu keunggulan Yamaha FreeGo yang istimewa, yakni posisi Tanki BBM dibagian depan sehingga membuat pengguna tidak harus repot buka tutup jok motor ketika mengisi BBM seperti pada motor lainnya. Konsep desain seperti ini pastinya sangat menarik dan praktis bagi banyak orang.

Mungkin bagi sebagian orang cukup malas untuk turun saat mengisi BBM, apalagi ketika sedang membawa tas ransel yang besar dan berat. Dengan adanya desain tangki yang dimiliki yamaha FreeGo, pengguna tidak perlu ribet turun dan membuka jok motor saat isi bensin. Kapasitas Tanki BBM pada yamaha FreeGo yaitu 4.2L

  1. Bagasi luas sebesar 25 L

Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha Freego
Bagasi FreeGo

Karena posisi tanki dipindah dibagian depan, maka bagasi Yamaha Freego dapat didesain cukup luas sebesar 25 L  yang mampu memuat barang seperti jas hujan, sarung tangan bahkan dapat menampung helm fullface. Bagasinya pun terbilang akomodatif buat membawa barang belanjaan, kalau masih belum muat bisa dikaitkan di gantungan barang dek depan.

  1. Ruang pijakan kaki yang lebih luas

Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha Freego
Dek Depan FreeGo

Keunggulan lainnya dari Yamaha Freego yaitu ruang pijakan kaki yang luas. Area dek depan bisa buat menaruh barang dan dapat dipakai buat membawa galon air minum meskipun posisinya masih agak menjorok keluar sehingga perlu ditahan pakai kaki.

  1. Lampu utama telah menggunakan LED

Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha Freego
Lampu LED FreeGo

LED alias Lighting Emiting Diode, secara spesifikasi lebih canggih dibanding bohlam halogen biasa. Lampu depan Yamaha FreeGo menggunakan system pencahayaan LED yang pastinya lebih terang dan awet.

Baca Juga :  10 Kelebihan Dan Kekurangan Susu Vidoran Xmart 1

Dari tampilan lebih kekinian dengan pancaran sinar putih kebiruan, serta butuh daya jauh lebih kecil. Berkendara pada malam hari tidak perlu ragu karena FreeGo menggunakan LED Headlight yang lebih terang untuk berkendara. Pada kondisi darurat pengendara dapat memberikan tanda dengan menyalakan lampu hazard yang ada pada FreeGo.

  1. Memiliki Socket Charger HP

Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha Freego
Socket Charger FreeGo

Pada motor keluaran terbaru biasanya sudah memiliki socket pengisian daya ponsel, tak luput juga dengan Yamaha FreeGo. Fitur ini sudah dimiliki pada sepeda motor ini. Fungsi dari soket charger ini agar pengendara bisa mengisi daya baterai smartphone selama berkendara.

Nah, bagi kamu yang lupa mencharger HP saat malam, kamu tidak perlu khawatir lagi karena jika kamu memiliki Sepeda motor Yamaha FreeGo, kamu dapat mencharger HP kamu saat perjalan menuju sekolah atau tempat kerja.

  1. Smart Key System (SKS)

Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha Freego
Smart Key FreeGo

Beragam fitur berkelas disematkan pada FreeGo. Seperti salah satunya Smart Key System (SKS) yang merupakan sistem kunci tanpa anak kunci (Keyless). Fitur ini menjadikan berkendara semakin praktis dan aman karena Immobilizer dan Answer Back System.

  1. Full Digital Speedometer

Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha Freego
Spedometer digital Yamaha FreeGo

Tampilan speedometer FreeGo semakin keren dan modern dengan Full Digital Speedometer yang lebih stylish, modern, dan informatif. Sepeedometer ini dilengkapi dengan ‘Multi Information Display’ (MID) yang berisi informasi seputar sepeda motor.

  1. Antilock Brake System (ABS)

Selain itu, FreeGo juga dilengkapi sistem pengereman canggih Antilock Brake System (ABS). ABS membuat daya pengereman FreeGo menjadi maksimal sehingga mengurangi risiko ban slip saat pengereman.

  1. Stop & Start System (SSS)

Dilengkapi Stop & Start System (SSS), FreeGo semakin irit karena mesin akan otomatis mati saat berhenti lebih dari 5 detik sehingga menghemat konsumsi bahan bakar yang tidak perlu dan akan otomatis hidup saat tuas gas diputar. Jadi pengendara bisa lebih hemat dalam pengeluaran bahan bakar.

  1. Penggunaan Blue Core Engine 125cc

Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha Freego terakhir yaitu Yamaha FreeGo 125 dilengkapi dengan mesin Blue Core 125 cc sehingga performa bertenaga, efisien dan juga handal.

Baca Juga : 7 Bank Yang Bisa Membantu Melunasi Hutang

Kekurangan Yamaha Freego

Walau memiliki banyak kelebihan, bukan berarti Freego tanpa kekurangan. Inilah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Yamaha FreeGo.

  1. Kapasitas Tangki Bensin

Meskipun memiliki bodi yang terlihat bongsor, namun kapasitas tangki bensin Yamaha FreeGo tidak terlalu besar, hanya berkapasitas 4.2L. Ini dikarenakan posisi tangki terletak di bagian bawah pijakan kaki sehingga tidak dapat didesain lebih besar.

Baca Juga :  Inilah Merk Keramik Terbaik Di Indonesia 2024

Jika disandingkan dengan kompetitornya yaitu Vario 125cc memiliki kapasitas tangki 5.5L. Meskipun begitu pengisian bahan bakar Freego lebih praktis tanpa harus buka tutup jok motor, dan bagasi motor yang lebih luas yang dapat memuat banyak barang.

  1.  Performa Mesin

Jika dibandingkan dengan pesaing terdekatnya, yaitu sepeda motor matic  Honda Vario 125, sepeda motor matic Yamaha Freego ini memiliki tenaga maksimum hanya 7 kW pada 8000 rpm dan torsi maksimum 9,5 Nm pada 5500 rpm.

  1. Desain Motor

Ini hanya menurut pandangan penulis pribadi, menurut saya desain dari motor Yamaha FreeGo kurang menarik, meskipun dibekali dengan fitur unggul yang melimpah, namun dari segi desain seperti terlalu kaku dan biasa saja jika dibandingkan dengan kompetitor nya yaitu Honda Vario 125.

Namun penilaian desain pada motor ini pastinya berbeda pada setiap orang, mungkin ada yang menganggap desain motor ini bagus dan menarik dan ada yang menganggap tidak bagus dan terlalu simpel.

Baca Juga : Rekomendasi 10 Merk Gembok Motor Anti Maling Paling Aman

Akhir Kata

Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha Freego
Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha Freego

Motor matic pada saat ini memang banyak varian nya. Mulai dari cc mesin, pabrikan, ukuran dan desain sepeda motor itu sendiri.  Salah satu yang menarik untuk dipilih adalah Freego dari pabrikan Yamaha. Sebelum membeli sepeda motor Yamaha Freego, ada baiknya mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha Freego.

Demikianlah artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha Freego. Sampai jumpa lagi pada artikel lainnya.

Artikel Menarik Lainnya