7 Aplikasi Belanja Online Termurah dan Terbaik di Indonesia

Berbagai Aplikasi belanja online termurah telah hadir untuk mempermudah masyarakat dalam membeli produk yang dibutuhkan. Belanja online menarik banyak perhatian masyarakat karena cenderung menghadirkan promo-promo menarik untuk konsumen nya.

Dengan kualitas barang yang sama seperti di pasaran, masyarakat bisa mendapat harga yang lebih murah jika menggunakan promo tersebut. Bahkan tak hanya itu, kemudahan berbelanja melalui aplikasi ini juga membuat orang lebih nyaman dari pada harus berkeliling ke toko-toko nya secara langsung.

Ada banyak aplikasi belanja online yang hadir saat ini, namun tidak semua menyediakan harga termurah dan juga bisa dipercaya keamanan transaksi nya. Untuk itu, berikut kami sajikan rekomendasi aplikasi belanja online termurah dan terpercaya.

Deretan Aplikasi Belanja Online Termurah

Beberapa deretan aplikasi belanja online termurah yang bisa kalian gunakan untuk berbelanja online produk kebutuhan sehari-hari, diantaranya :

Shopee

Aplikasi Belanja Online Termurah
Aplikasi Belanja Online Termurah

Siapa sih yang belum kenal Shopee? Sepertinya hampir tidak ada karena shopee merupakan aplikasi belanja online termurah yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Tidak hanya di Indonesia, aplikasi ini juga cukup populer diberbagai negara bagian Asia Tenggara. Aplikasi Shopee didirikan oleh Forrest Li dan diperkenalkan pertama kali sebagai toko online di Singapura pada tahun 2015.

Shopee dilengkapi dengan berbagai fitur dan promo menarik, seperti live shopping, game, flash sale, gratis ongkir, belanja di tanggal kembar, hingga fitur pembayaran seperti ShoppePay, SPaylater dan cash on delivery (COD). Selain itu, Shopee banyak disukai karena kerap menghadirkan berbagai promo, voucher menarik, diskon gratis ongkos kirim, serta kemudahan dalam melakukan pemesanan saat ingin berbelanja.

Setiap barang yang kamu butuhkan, bisa ditemukan dengan berbagai macam penawaran harga. Mulai dari produk fashion pria dan wanita, perlengkapan bayi, peralatan rumah tangga, Aksesoris, kosmetik, perawatan wajah dan tubuh, serta berbagai macam produk menarik lainnya. Jika ingin berbelanja pada aplikasi belanja online termurah ini, kalian bisa download aplikasinya terlebih dahulu dari playstore maupun Appstore.

Tokopedia

Aplikasi Belanja Online Termurah
Aplikasi Belanja Online Termurah

Aplikasi belanja online termurah yang cukup populer di Indonesia berikutnya ialah Tokopedia. Tokopedia didirikan oleh William Tanuwijaya pada 17 Agustus tahun 2009. Saat ini, Tokopedia termasuk platform e-commerce terbesar asal Indonesia yang dapat menyaingi platform belanja online populer seperti Shopee.

Tak ingin kalah dengan pesaing nya, Tokopedia juga menawarkan berbagai fitur menarik seperti fitur pembayaran COD, Tokopedia Paylater dan fitur kredit lain yang disediakan oleh mitra, flash sale, game yang bisa dimainkan oleh pengguna, dan masih banyak lain. Bahkan, melalui Tokopedia, penggunanya bisa menabung emas mulai harga Rp5000 an saja. Oleh sebab itu, tidak heran jika toko berwarna hijau ini telah di unduh oleh lebih dari 100 juta orang pengguna di Google Play Store.

Baca Juga :  20 Aplikasi Canggih yang Orang Jarang Tahu

Tokopedia juga banyak membangun kerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar untuk mendukung pengembangan nya. Hal itu juga yang meningkatkan kepercayaan penggunanya untuk berlangganan pada aplikasi ini.

Lazada

Aplikasi Belanja Online Termurah
Aplikasi Belanja Online Termurah

Lazada merupakan aplikasi belanja online termurah yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant di Jerman pada tahun 2012. Pada tahun 2016 Lazada diambil alih oleh Alibaba yang merupakan perusahaan belanja online terbesar asal China. Oleh sebab itu, Lazada kini telah berkembang di beberapa negara-negara Asia seperti Indonesia, Filipina, Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.

Tak berbeda dengan aplikasi belanja online termurah lainnya, Lazada juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang dapat mempermudah customer melakukan pemesanan. Ada banyak produk yang bisa kalian beli dari aplikasi ini mulai dari pakaian, peralatan rumah tangga, bahan masakan, elektronik, aksesoris, dan berbagai produk lainnya yang mungkin sedang dicari.

BliBli

Aplikasi Belanja Online Termurah
Aplikasi Belanja Online Termurah

BliBli merupakan platform belanja online yang didirikan oleh Kusumo Martono dan Martin Hartono pada tahun 2010. BliBli resmi beroperasi pada tahun 2015 dinaungi oleh PT Global Digital Niaga (DGN) yang merupakan bagian dari perusahaan rokok terbesar, Djarum Group. Menariknya lagi, PT. Global Digital Niaga Tbk telah resmi melantai di Bursa Efek Indonesia dengan kode saham BELI pada tahun 2022 silam.

BliBli juga termasuk aplikasi belanja online berbentuk hybrid C2C dan B2C, dimana platform ini menyediakan produk serta memfasilitasi para pedagang agar mampu menjual produknya ke konsumen di seluruh Indonesia. BliBli banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena selain memberikan harga produk yang murah, platform ini juga menyediakan voucher gratis ongkir pada konsumen nya.

Dalam meningkatkan perkembangannya, Blibli membangun kerjasama dengan orang-orang profesional  untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Kini, Blibli menjadi salah satu e-commerce terbesar di Indonesia.

Bukalapak

Aplikasi Belanja Online Termurah
Aplikasi Belanja Online Termurah

Bukalapak merupakan aplikasi belanja online termurah yang didirikan oleh Achmad Zaky dan Muhammad Fajrin Rasyid pada 10 Januari 2010. Pada platform ini kalian bisa belanja berbagai kebutuhan menggunakan promo-promo menarik yang tersedia.

Pada platform ini kalian bisa mendapatkan jenis barang dengan kualitas terpercaya mulai dari barang bermerek hingga barang-barang bekas pakai (Second). Berbeda dengan aplikasi belanja online termurah lainnya, untuk mendapatkan harga terbaik Bukalapak memberikan kesempatan melakukan penawaran harga antara pembeli dengan penjual. Jika kamu ahlinya dalam bernegosiasi, maka harga terbaik akan kamu dapatkan.

Awalnya, Bukalapak merupakan platform yang berpusat pada pengembangan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), namun kini Bukalapak mulai mengalihkan fokus nya pada penguatan dan pengembangan bisnis “Mitra” yaitu bisnis warung. Selain itu, platform ini juga mengembangkan bisnis dalam cakupan yang lebih besar dengan mendirikan perusahaan quick commerce Allofresh bersama Transmart dan mengakuisisi aplikasi jual beli item game itemku.

Baca Juga :   Rekomendasi 9 Aplikasi Buat Banner di HP Paling Mudah Terbaru 2024

Akulaku

Aplikasi Belanja Online Termurah
Aplikasi Belanja Online Termurah

Akulaku merupakan aplikasi belanja online termurah yang didirikan oleh William Li pada tahun 2014. Sebagian besar kaum Hawa di Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini karena termasuk aplikasi belanja online yang banyak digunakan untuk membeli berbagai kebutuhan pribadi maupun keluarga.

Selain itu, ada banyak produk yang bisa didapatkan melalui aplikasi ini dengan penawaran harga yang menarik. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan potongan harga besar-besaran hingga setegah dari harga asli.

Akulaku juga memiliki fitur yang mudah di akses untuk berbelanja. Baik pengguna baru ataupun pengguna lama tidak akan kesulitan menjalankan aplikasi ini. Menariknya lagi, bagi kamu yang ingin membeli produk dengan harga tinggi seperti elektronik namun tidak memiliki saldo yang cukup bisa membuat pesanan dengan sistem cicilan.

OLX

Aplikasi Belanja Online Termurah
Aplikasi Belanja Online Termurah

OLX merupakan Aplikasi belanja online termurah yang menawarkan banyak produk baru maupun bekas pakai yang berkualitas. OLX sendiri berasal dari singkatan dari “Online Exchange” yang mencerminkan tujuannya sebagai platform pertukaran online.

Pada aplikasi OLX kalian bisa menemukan berbagai perabotan rumah tangga, elektronik, dan kebutuhan lainnya dengan harga terjangkau. Tidak hanya membeli, bagi kalian yang ingin menjual barang yang sudah tidak digunakan namun masih layak pakai juga bisa mengandalkan aplikasi ini.

Tips Belanja Online Yang Aman

Belanja Online menjadi aktivitas yang menyenangkan jika dilakukan menggunakan aplikasi belanja online termurah dan terpercaya. Hal itu disebabkan karena kita bisa mendapatkan penawaran produk dengan harga yang lebih murah. Selain itu, kita juga akan lebih mudah menemukan barang yang dibutuhkan hanya dengan menuliskan nama produk pada kolom pencarian.

Terlepas dari kemudahan itu, ada bahaya yang harus di waspadai saat berbelanja online, seperti mendapatkan barang palsu atau tiruan. Apalagi jika produk yang kita beli adalah produk bermerek dengan harga yang tinggi, tentu akan sangat merugikan jika hanya mendapat barang tiruan nya saja.

Untuk menghindari hal seperti itu, mari simak beberapa tips aman belanja online yang bisa kalian terapkan :

Gunakan Aplikasi Belanja Online Terpercaya

Banyaknya masyarakat yang menyukai belanja online menyebabkan hadirnya berbagai situs atau aplikasi belanja online yang bisa di akses saat ini. Namun dari keseluruhan situs ataupun aplikasi tersebut tentunya tidak semua yang bisa dipercaya dan dapat diandalkan. Untuk itu, pilihlah platform belanja online yang dapat dipercaya dan terjamin keamanannya.

Periksa Reputasi Toko

Selain platform nya, Memilih toko dengan reputasi yang baik juga perlu diperhatikan. Meskipun aplikasi belanja online yang kalian kunjungi memiliki reputasi yang baik, tidak menentukan semua pelaku usaha didalamnya menjual barang-barang yang terjamin kualitasnya. Jadi, sebelum melakukan pemesanan, periksa reputasi toko melalui rating dan juga ulasan pembeli sebelumnya terhadap produk yang dijual.

Baca Juga :  9 Aplikasi Menghapus Coretan Di Foto Terbaik 2024

Selain itu, jangan lewatkan menonton video review produk untuk memastikan apakah produk yang mereka jual sesuai dengan gambar produk yang dipasarkan.

Dapatkan Harga Terbaik

Tips aman berikutnya yang wajib diperhatikan perbandingan harga disetiap toko. Pada aplikasi belanja online ada banyak toko yang menjual produk sejenis dengan harga berbeda-beda. Pastikan untuk memilih harga terendah yang ditawarkan oleh toko-toko terbaik di aplikasi tersebut.

Perhatikan Deskripsi Produk

Membaca deskripsi produk adalah tips yang tidak boleh dilewatkan agar hasil belanja online tidak mengecewakan. Perhatikan spesifikasi produk seperti warna, bahan dan ukuran apakah sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, pertimbangkan kembali apakah peran produk tersebut memenuhi kebutuhan.

Pada beberapa aplikasi belanja online juga menyediakan keterangan ketersediaan produk, silahkan spesifikasi produk yang kalian cari. Apalagi untuk produk kosmetik, sepatu, maupun pakaian, jika salah ukuran ataupun warna, akan menimbulkan penyesalan nantinya.

Pilih Jasa Pengiriman Yang Tepat

Tips berikutnya yaitu gunakan lah jasa pengiriman yang murah. Biasanya setiap toko online telah bekerja sama dengan beberapa jasa pengiriman dan untuk tarif yang dibebankan juga berbeda-beda. Semakin cepat pengiriman tentunya semakin mahal ongkir yang harus dibayarkan. Jika produk yang akan dipesan tidak terlalu terburu-buru, sebaiknya menggunakan jasa pengiriman yang membebankan ongkir rendah saja.

Pilih Metode Pembayaran Yang Tepat

Dapat memilih metode pembayaran merupakan salah satu kemudahan yang diberikan oleh aplikasi belanja online termurah kepada penggunanya. Kamu bisa memilih metode pembayaran yang paling mudah untuk kalian akses seperti Dompet digital, Mobile banking, ataupun melalui minimarket seperti alfamart dan Indomaret. Setelah melakukan pembayaran, simpan bukti pembayaran tersebut agar bisa digunakan apabila diperlukan.

Beberapa Keuntungan dan kerugian yang bisa dirasakan saat berbelanja online :

Aspek Keuntungan Kerugian
Aksesibilitas 24/7 aksesibilitas Ketergantungan pada koneksi internet
Promosi dan Diskon Penawaran eksklusif dan notifikasi promosi Biaya pengiriman dan potensi biaya tambahan
Proses Pembayaran Mudah Pembayaran online dan pengaturan pembayaran Masalah keamanan data dan risiko penyalahgunaan informasi
Pemantauan Pesanan Pelacakan pesanan dan riwayat pembelian Keterbatasan sensor visual dan pengalaman fisik yang terbatas
Ulasan dan Penilaian Informasi ulasan dan penilaian pengguna Keterbatasan ukuran dan potensi ketidakcocokan
Kenyamanan Tanpa antri di kasir atau mencari parkir Proses pengembalian yang rumit dan biaya pengembalian

Penutup

Aplikasi Belanja Online Termurah dan Terpercaya
Aplikasi Belanja Online Termurah dan Terpercaya

Itulah deretan aplikasi belanja online termurah yang bisa kalian gunakan untuk berbelanja hanya melalui smartphone saja. Deretan aplikasi diatas sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, maupun beberapa negara sehingga bisa dipastikan aman untuk digunakan.

Semoga pembahasan artikel bermanfaat, dan sampai jumpa di perbahasan berikutnya.

Artikel Menarik Lainnya