8 Aplikasi Cek Akta Kelahiran Terbaru 2024

Dengan adanya Aplikasi Cek Akta Kelahiran kini dapat memudahkan masyarakat tentunya segala urusan tentang catatan sipil akan jauh lebih mudah seperti cek akta kelahiran hanya dengan pengecekan di aplikasi.  Dengan cara Cek Akta Kelahiran online dengan aplikasi akan praktis yang bisa dilakukan langsung oleh masyarakat.

Teknologi yang semakin maju jelas dapat memberikan kemudahan pada masyarakat apalagi tentang dokumen data diri yang kian mudah untuk di akses. Akta kelahiran merupakan sejenis dokumen identitas yang bersifat autentik yang wajib dimiliki warna negara indonesia. Dengan dokumen ini akan dijadikan bukti sah mengenai status maupun peristiwa kelahiran dari seseorang.

Untuk itu, dengan teknologi dan komunikasi beberapa aplikasi dukcapil daerah yang disediakan pemerintahan untuk Cek Akta Kelahiran yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan mempermudah masyarakat dalam mengurus segala administrasi tanpa harus datang ke kantor disdukcapil. Berikut ini beberapa Aplikasi Cek Akta Kelahiran yang bisa kamu coba gunakan.

Baca juga 7 Rekomendasi Aplikasi Cek KTP Online Terbaik 2024

Apa Itu Akta Kelahiran ?

Aplikasi Cek Akta Kelahiran
Akta Kelahiran

Mengutip dari laman resmi https://sippn.menpan.go.id pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat. Akta Kelahiran adalah suatu dokumen identitas autentik yang wajib dimiliki setiap warga negara Indonesia.

Dokumen ini sebagai bukti sah terkait status dan peristiwa kelahiran seseorang dan termasuk hak setiap anak Indonesia. Akta kelahiran dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil)

Cara Membuat Akta Kelahiran Online

Dalam cara mengurus akta kelahiran online bisa kamu lakukan dengan mudah dengan beberapa cara daftar akta kelahiran online yang sudah tertuang dalam Permendagri Nomor 9 Tahun 2016, sebagai berikut

  • Buka terlebih dahulu situs layanan online milik dukcapil di wilayah kamu untuk meminta hak akses ke aplikasi pencatatan kelahiran.
  • Setelah itu, isi formulir dan unggah berkas persyaratan yang telah ditentukan.
  • Saat kamu menerima tanda bukti permohonan dan
  • Tunggu proses verifikasi dan validasi oleh petugas.
  • Setelah terverifikasi pejabat pencatatan sipil akan menandatangani dan menerbitkan akta kelahiran.
  • Berikutnya, Kamu akan mendapatkan pemberitahuan lewat email dan kamu bisa mencetak akta kelahiran yang sudah dibuat.
Baca Juga :  7 Rekomendasi Aplikasi Cek KTP Online Terbaik 2024

Syarat untuk membuat akta kelahiran online

  1. Surat keterangan lahir dari Puskesmas atau Rumah Sakit.
  2. Surat akta nikah atau surat nikah orangtua (legalisir).
  3. Fotocopy KK (Kartu Keluarga) yang terdaftar sebagai anggota keluarga.
  4. KTP (Kartu Tanda Penduduk) orang tua atau wali.
  5. Pembuatan akta kelahiran tidak dipungut biaya.
  6. Dokumen tambahan untuk orang asing ditambah:
  7. Fotocopy SKTT (Surat Keterangan Tempat Tinggal) orangtua bagi pemegang ITAS (Izin Tinggal Terbatas).
  8. Fotocopy paspor (dilegalisir).
  9. Surat pernyataan tanggung jawab kebenaran kelahiran (diperlukan bagi yang tidak memiliki surat keterangan dari Klinik, Puskesmas atau Rumah Sakit).
  10. Surat pernyataan kebenaran suami istri (untuk pasangan suami istri yang belum memiliki akta nikah atau surat nikah orangtua).

Baca juga 6 Aplikasi Penguat Sinyal Indosat Terbaik 2024

Aplikasi Cek Akta Kelahiran

Dalam melakukan pengecekan akta kelahiran di Aplikasi Cek Akta Kelahiran, tentunya kamu sudah memiliki akta kelahiran untuk melakukan pengecekan data di aplikasi tersebut.
Dengan aplikasi cek akta kelahiran ini kamu akan dengan mudah melakukan pengecekan akta kelahiran, Tentunya kamu unduh aplikasi terlebih dahulu dan pastikan kamu memiliki data internet. Berikut ini aplikasi cek akta kelahiran yang bisa kamu gunakan.

1. Aplikasi Si Apel Malang

Si Apel Malang
Aplikasi Si Apel Malang

Si Apel Malang merupakan aplikasi yang menyediakan informasi alternatif untuk cara cek akta kelahiran online dengan aplikasi Malang. Dengan  Cek Akta Kelahiran ini kamu bisa mengecek akta kelahiranmu secara mudah dan praktis. Kamu hanya cukup melengkapi data diri seperti NIK dan silahkan lihat akta kelahiranmu.

  • Kunjungi situs web resmi Si Apel Malang melalui link tautan https://siapel.malangkota.go.id/
  • cari menu layanan akta lahir atau pendaftaran kelahiran.
  • Lalu klik pada bagian Layanan atau Pelayanan Publik.
  • Pilih opsi Cek Akta Kelahiran.
  • Lalu Isi formulir dengan informasi yang diminta, seperti nama lengkap bayi dan informasi tambahan lainnya yang diperlukan.
  • Klik tombol Cari untuk proses pencarian. Jika proses pencarian selesai, maka hasil pencarian akan ditampilkan.
  • Untuk Informasi yang dapat ditemukan dari situs Si Apel Malang seperti nomor registrasi akta kelahiran, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, dan informasi lainnya yang tercatat di akta lahir
Baca Juga :  11 Cara Hutang Token Listrik di Aplikasi DANA, OVO, Gopay Dll

2. Aplikasi Dukcapil Online

Dukcapil Online
Dukcapil Online

 

Aplikasi Cek Akta Kelahiran selanjutnya yaitu Dukcapil Online yaitu aplikasi yang bisa mempermudah buat kamu untuk cek akta kelahiran online. Aplikasi ini akan memberikanmu pengarahan serta informasi yang cukup jelas guna menemukan akta kelahiranmu.

3. Aplikasi Veri DS

aplikasi VERI ds
aplikasi VERI ds

Aplikasi VeriDS merupakan aplikasi cek akta kelahiran yang dapat memverifikasi keaslian dokumen dengan menggunakan QRCODE. Aplikasi VeriDS diliris oleh Disdukcapil kabupaten jember. Dengan adanya aplikasi cek akta kelahiran ini masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi untuk digunakan dalam memudahkan pengecekan akta kelahiran atau dokomen penting lainnya untuk memverifikasi keasliannya.

4. Aplikasi e-Open

Aplikasi e-Open
Aplikasi e-Open

Aplikasi cek akta kelahiran dengan Aplikasi e-Open. Aplikasi e-Open di kembangkan dinas kependudukan catatan sipil kota bekasi yang dapat memudahkan masyarakat kota bekasi dalam melakukan permohonan kependudukan. Aplikasi ini bisa digunakan dengan mendownload di playstore dengan syarat memiliki NIK kota bekasi secara online.

5. Aplikasi Alpukat Betawi

Aplikasi Alpukat Betawi
Aplikasi Alpukat Betawi

Alpukat Betawi adalah aplikasi yang bisa di akses oleh warga DKI Jakarta yang bisa mengurus keperluan pelayanan administrasi kependudukan. Aplikasi alpukat dapat membantu dalam mengajukan permohonan layanan, hingga dapat melakukan penjadwalan pelayanan,  Selain itu dalam aplikasi ini tersedia pengecekan akta kelahiran, permohonan pindah dan pencetakan kartu keluarga dan pelayanan administrasi kependudukan lainnya yang bisa kamu gunakan.

6. Aplikasi E-Dukcapil Karawang

Aplikasi E-Dukcapil Karawang
Aplikasi E-Dukcapil Karawang

E-Dukcapil Karawang adalah aplikasi yang dapat memudahkan dalam mengurus administrasi kependudukan masyarakat karawang, melalui aplikasi E-Dukcapil Karawang masyarakat dapat mengurus berkas seperti akta kelahiran, e-KTP, kartu keluarga sampai akta kematian yang dimana bisa dilakukan dengan mudah.

7. Aplikasi Layanan Moci Legi

Aplikasi Layanan Moci Legi
Aplikasi Layanan Moci Legi

Aplikasi Layanan Moci Legit aplikasi cek akta kelahiran yang dapat memudahkan layanan dokumen kependudukan online kota sukabumi. Dengan aplikasi ini masyarakat dapat di mudahkan dan mempercepat dalam proses penerbitan dokumen kependudukan.

8. Aplikasi  Sobat Dukcapil

Aplikasi  Sobat Dukcapil
Aplikasi  Sobat Dukcapil

Aplikasi Sobat Dukcapil adalah aplikasi cek akta kelahiran pemerintahan kota tangerang yang sama seperti aplikasi cek akta kelahiran sebelumnya. Aplikasi sobat dukcapil dapat melindungi privasi data dan informasi pribadi kamu sehingga dalam pengecekan data akan aman. Dengan aplikasi ini kamu dapat mudah dalam mengurus dokumen kependudukan dan pencatatan sipil secara online tanpa harus datang ke kantor.

Baca Juga :  6 Aplikasi Hutang Pulsa Online, Pinjam Pulsa Bayar Bulan Depan

Baca juga 8 Cara Mengetahui Siapa Yang Melihat Profil Whatsapp Kita Tanpa Aplikasi

Cara Mengecek Akta Kelahiran Online

Selain kamu dapat melakukan pengecekan cek akta kelahiran di aplikasi cek akta kelahiran, berikut ini kamu juga bisa melakukan cara mengecek Akta kelahiran sudah terdaftar atau belum secara online yang perlu kamu tahu berikut caranya.

Melalui Website Dukcapil

Cara cek akta kelahiran online melalui website dukcapil dapat dengan mudah dilakukan, tentunya kamu sudah terhubung dengan akses internet.

  1. Kunjungi situs resmi Dukcapil domisilimu.
  2. Pada bagian halaman utama situs Dukcapil tersebut, bisa ketuk opsi Akta Kelahiran.
  3. Silahkan isi NIK pada kolom yang tersedia.
  4. Jika sudah, nantinya halaman Dukcapil tersebut akan menampilkan data akta kelahiranmu.
  5. Silahkan ambil informasi apa saja yang sekiranya dibutuhkan melalui akta kelahiran tersebut.

Melalui Email

Selain dari aplikasi dan website kamu juga bisa cek akta kelahiran online via email. Sebagai berikut

  1. Buka aplikasi Email kamu.
  2. Selanjutnya, silahkan Login menggunakan akun Google yang kamu miliki.
  3. Lalu silahkan pilih menu tulis Email.
  4. Kirimkan email ke alamat [email protected] menggunakan subject Cek Akta Kelahiran.
  5. Pada bagian isi email, silahkan input maksud serta tujuan kamu untuk mengirim email.
  6. Tuliskan bahwa kamu mau mengecek akta kelahiran. dan masukkan Nama serta NIK kamu.
  7. Berikutnya,klik opsi Kirim.
  8. Jika sudah mengirimkan email, biasanya akan mendapatkan balasan dalam jangka waktu 1 x 24 jam. Untuk itu dapat menunggu hingga mendapatkan balasan.

Penutup

Aplikasi Cek Akta Kelahiran
Aplikasi Cek Akta Kelahiran

Jadi buat kamu yang ingin melakukan pengecekan akta kelahiran dengan mudah menggunakan aplikasi cek akta kelahiran kamu bisa mencoba aplikasi yang diatas. Untuk tips yang mungkin bisa kamu dapatkan untuk melakukan pengecekan akta kelahiran dengan aplikasi kamu bisa mengetahui keaslian aplikasi yang berasal dari sumber resmi yang dikembangkan oleh intansi atau pemerintah daerah kamu dan mengecek fitur keamanan data pribadi. Sekian ulasan yang dapat kami berikan semoga bermanfaat.

 

 

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay