7 Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu

Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu memang lah sangat penting diketahui bagi setiap nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk untuk menghindari risiko penipuan dan masalah keuangan lainnya.

Struk BRI adalah bukti transaksi atau bukti pembayaran yang dikeluarkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) kepada nasabahnya setelah melakukan transaksi perbankan seperti penyetoran, penarikan, transfer, atau transaksi lainnya.

Struk ini mencatat detail transaksi seperti tanggal, waktu, jenis transaksi, nomor rekening, jumlah uang yang terlibat, saldo terbaru, dan informasi penting lainnya terkait dengan transaksi tersebut. Struk BRI penting sebagai bukti sah dan juga sebagai referensi untuk memantau riwayat transaksi perbankan nasabah.

Namun sayangnya tidak semua orang jujur ​​yang selalu mencoba menipu dengan membuat bukti transfer BRI yang palsu. Bukti transfer BRI palsu adalah dokumen atau informasi yang dimanipulasi atau dibuat dengan tujuan untuk menipu pihak lain, misalnya untuk memalsukan bukti pembayaran atau transfer dana dari rekening BRI.

Tujuannya adalah agar sipenjual atau sipenerima dana mengira bahwa pembayaran telah sukses dilakukan, padahal nyatanya tidak. Bukti transfer BRI palsu ini biasanya sangat mirip dengan yang asli, sehingga sangat sulit untuk dibedakan.

Lantas, bagaimana cara membedakan struk BRI asli dan palsu? Bagaimana ciri-ciri bukti transfer BRI yang palsu? Bagaimana ciri-ciri bukti transfer BRI yang asli? Bagaimana cara agar terhindar dari penipu yang menggunakan bukti transfer BRI palsu? Yuk, langsung saja simak panduan dan ulasan selengkapnya di bawah ini.

Kenapa Penting Memastikan Keaslian Struk BRI?

Memastikan keaslian struk BRI penting karena hal ini melibatkan keamanan dan keabsahan transaksi keuangan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa keaslian struk BRI perlu dipastikan:

  1. Mencegah Penipuan: Struk palsu dapat digunakan untuk melakukan penipuan keuangan yang merugikan nasabah.
  2. Memastikan Akurasi Informasi: Struk Bri asli memberikan kepastian bahwa informasi transaksi yang diberikan oleh bank kepada nasabah adalah benar dan akurat.
  3. Pentingnya Bukti Transaksi: Struk Bri merupakan bukti sah dalam transaksi keuangan, yang dapat dibutuhkan untuk keperluan audit atau klaim asuransi.
Baca Juga :  4 Cara Mendapatkan Kulkas Es Krim Walls Dengan Mudah

Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu

Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu
Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu

Saat sedang menarik uang dari ATM BRI, ATM tersebut secara otomatis mengeluarkan slip atau kertas kecil yang menunjukkan bukti transaksi. Lihat bagaimana susunan informasi yang tertera. Karena itu adalah bukti transaksi asli.

Jadi, jika kamu menerima foto bukti transfer atau struk BRI dengan susunan yang berbeda jauh, maka bisa dipastikan bahwa struk tersebut adalah palsu. Nah, format atau susunan apa-apa saja yang perlu diperhatikan? Simak penjelasan cara membedakan struk BRI asli dan palsu berikut ini:

Perhatikan Tinta Tulisan Yang Tipis Pada Struk

Cara membedakan struk BRI asli dan palsu yang pertama adalah dengan memperhatikan tinta tulisan yang tipis pada struk BRI tersebut. Karena terkadang tulisannya tipis dan kadang juga tebal.

Jika tulis tintanya tipis itu menandakan bahwa bukti transfer struk BRI dicetak dengan mesin sendiri. Namun, jika tulisan tintanya tebal dan jelas, maka itu tanda bahwa struk BRI yang asli.

Perhatikan Kode Pada Struk BRI

Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu
Perhatikan Kode Pada Struk BRI

Cara membedakan struk BRI asli dan palsu yang kedua adalah dengan memperhatikan kode pada struk BRI tersebut seperti tingkat pencahayaan yang sama dan sudut ambil gambar yang relatif sama.

Kemudian, pada contoh gambar diatas, nomor kartu berawalan 2 itu tidak pernah dimiliki BRI dan nomo rekening pengirim tidak pernah ada di database BRI alias fiktif.

Posisi Tulisan

Cara membedakan struk BRI asli dan palsu yang ketiga adalah dengan memperhatikan posisi tulisannya. Format bukti struk transaksi BRI selalu sama dan sangat rapi. Sedangkan bukti transfer palsu, tulisannya bisa saja terlalu ke kanan atau terlalu ke kiri.

Ukuran Kertas

Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu
Ukuran Kertas Pada Struk BRI

Selain memperhatikan kode pada struk BRI dan posisi tulisan pada struknya, cara membedakan struk BRI asli dan palsu juga bisa diperiksa melalui ukuran kertas pada struk BRI tersebut.

Bank BRI selalu memastikan bahwa format informasi pada struk berada pada tempat yang sudah tepat agar semua data bisa terbaca dengan jelas. Struk palsu selalu memiliki ruang kosong di tiap sudutnya, perhatikanlah apakah kekosongan itu wajar atau tidak.

Nomor Rekening BRI Pada Struk

Cara membedakan struk BRI asli dan palsu berikutnya adalah dengan memeriksa nomor rekening BRI pada struk tersebut. ATM biasanya berisi informasi jumlah uang yang dikirim dan nomor rekening uang yang dikirim. Namun nomor rekening tidak tercetak lengkap, salah satu angka di belakangnya tidak tercetak dan hanya muncul “xxxxx”, sedangkan pada struk palsu, nomor rekening bisa saja seluruhnya oleh si penipu.

Baca Juga :  Cara Top Up OVO di Indomaret dan Biayanya

Jarak Spasi Pada Tulisan di Stuk BRI

Cara membedakan struk BRI asli dan palsu lainnya yang juga perlu diperhatikan adalah jarak spasi pada tulisan di struk BRI tersebut. Biasanya jarak spasi pada struk BRI asli terlihat lebih jauh dan tidak sama pada bukti transfer BRI palsu.

Terkhusus pada tulisan yang kemungkinan sudah diedit sepeti nomor rekening, nama penerima atau nama tujuan dan juga tanggal. Kamu harus menyamakan spasi pada bagian tersebut dengan nama lokasi ATM dan nomor urut nya.

Terdapat Background Putih

Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu
Terdapat Background Putih

Cara membedakan struk BRI asli dan palsu selanjutnya yang juga perlu diperhatikan adalah Background-nya. Struk BRI palsu biasanya memiliki background putih pada tulisan yang sudah di edit. Background putih tersebut biasa terdapat pada bagian nama pengirim, nomor rekening dan nominal uang.

Background putih tersebut bukan merupakan kesalahan dari struk tapi karena sudah di edit, sehingga penerima tidak akan sadar mengenai editan yang sengaja dibuat tersebut.

Bagaimana cara membedakan struk transfer asli dan palsu?

Untuk membedakan struk transfer asli dan palsu sangat mudah. Perhatikan saja tata letak pada tulisan yang tidak rapi dan warna tulisan tipis dan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Untuk struk ATM bukti struk palsu biasanya menampilkan nomor rekening secara lengkap.

Bagaimana Cara Cek bukti transfer BRI?

Setelah mengetahui cara membedakan struk BRI asli dan palsu, kamu juga perlu mengecek bukti transfer BRI. Untuk melakukan pengecekan bukti transfer dari Bank BRI, ada beberapa langkah yang perlu untuk diikuti. Berikut diantaranya:

Cek di Aplikasi Mobile Banking BRI

Untuk melakukan pengecekan bukti transfer BRI, kamu dapat memanfaatkan aplikasi mobile banking yang bernama BRImo. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi BRI Mobile atau BRImo di smartphone kamu.
  • Login menggunakan username dan password kamu.
  • Pilih menu yang berkaitan dengan riwayat transaksi atau mutasi rekening.
  • Cari transaksi transfer yang ingin kamu cek.
  • Biasanya, kamu dapat melihat detail transaksi termasuk informasi penerima, jumlah yang ditransfer, dan tanggal transaksi.
  • Selesai.
Baca Juga :  Cara Melihat Total Belanja Di Shopee Selama 1 Tahun

Cek di Internet Banking BRI

Selain menggunakan aplikasi mobile banking, kamu dapat memanfaatkan layanan internet banking BRI. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi website resmi BRI untuk internet banking (https://ib.bri.co.id/).
  • Login dengan menggunakan user ID dan password internet banking kamu.
  • Pilih menu yang sesuai untuk melihat riwayat transaksi atau mutasi rekening.
  • Cari transaksi transfer yang ingin kamu cek dan klik untuk melihat detailnya.
  • Selesai.

Cek di ATM BRI

  • Kunjungi mesin ATM BRI terdekat.
  • Masukkan kartu ATM BRI dan PIN kamu.
  • Pilih menu “Informasi Saldo” atau “Mutasi Rekening”.
  • Cari transaksi transfer yang ingin kamu cek pada daftar mutasi rekening.
  • Selesai.

Cek di Kantor Cabang BRI

  • Jika kamu tidak dapat mengakses melalui mobile banking, internet banking, atau ATM, kamu dapat mengunjungi kantor cabang BRI terdekat.
  • Mintalah bantuan kepada petugas bank untuk melakukan pengecekan bukti transfer.
  • Pastikan kamu membawa identitas diri yang sah untuk proses verifikasi.

Tanda bukti transfer apa namanya?

Dilansir dari beberapa sumber terpercaya, tanda bukti transfer disebut sebagai struk yang sangat penting dalam suatu transaksi. Bukti transfer atau struk bisa berupa kertas jika dilakukan di mesin ATM atau tangkapan layar (screenshot) bila melalui mobile banking.

Bagaimana cara mengetahui uang masuk ke rekening BRI?

Cara mengetahui uang masuk ke rekening BRI bisa dilakukan dengan mengecek mutasi rekening BRI via BRImo. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi BRImo di ponsel.
  • Klik Login dan masukkan username dan password.
  • Pilih menu mutasi pada halaman utama sebelah kiri bawah.
  • Pilih salah satu rekening dan rentang waktu mutasi rekening seperti hari ini, 7 hari terakhir bulan atau pilih tanggal sendiri.
  • Klik terapkan.
  • Setelah itu, nantinya layar akan menampilkan rincian transaksi di rekening BRI yang kamu pilih.
  • Selesai.

Kesimpulan

Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu
Cara Membedakan Struk BRI Asli Dan Palsu

Nah, itulah tadi panduan cara membedakan struk BRI asli dan palsu yang dapat diikuti dengan mudah. Membedakan struk BRI asli dan palsu memerlukan perhatian terhadap detail dan pengetahuan tentang fitur keamanan yang digunakan oleh Bank Rakyat Indonesia.

Dengan langkah-langkah diatas, kita dapat melindungi diri kita sendiri dari potensi penipuan dan menjaga keamanan transaksi perbankan kita. Selalu periksa dengan teliti setiap struk yang kamu terima dan pastikan untuk berhati-hati dalam bertransaksi.

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng. Ikuti saya di Instagram: @juandasidabutar09

Artikel Menarik Lainnya