Cara Melihat Total Belanja Di Shopee Selama 1 Tahun

Cara melihat total belanja di shopee bisa kamu jadikan alternatif untuk mengetahui total pengeluaran belanja selama 1 tahun belakangan. Ini mungkin bermanfaat bagi pengguna shopee yang ingin memahami pola pengeluaran dan merencanakan anggaran sebaik-baiknya.

Hal ini juga didukung platform shopee, sobat bisa mengetahui pengeluaran di beberapa bulan atau satu tahun penuh lengkap dengan rincian nya. Jadi jika ingin mengelola pendapatan lebih bijak kamu bisa pahami dulu cara melihat total belanja di shopee selama 1 tahun.

Cara Melihat Total Belanja di Shopee

Shopee adalah platform belanja online yang paling populer dengan segala penawaran nya. Aplikasi ini memberikan diskon, cashback hingga koin untuk pembelian-pembelian tertentu sehingga menempati posisi pertama aplikasi belanja yang paling banyak digunakan.

Dengan keberadaan nya, tidak sedikit juga pengguna shopee yang merasakan efek buruk seperti dorongan untuk berbelanja secara terus-menerus. Terlebih kamu yang membeli tanpa mempertimbangkan anggaran, sangat perlu menganalisis kebutuhan dan keinginan.

Sejalan dengan hal ini, tidak sedikit yang mencari cara melihat total belanja di shopee selama 1 tahun. Jika kamu membutuhkan hal yang sama, simak langsung beberapa cara melihat total belanja di shopee berikut ini.

1. Melalui Shopee Member

Cara Melihat Total Belanja di Shopee - Melalui Member Shopee
Melalui Member Shopee

Cara melihat total belanja di shopee selama 1 tahun belakangan bisa dilakukan di menu Shopee member. Shopee memiliki program berjenjang yang memberikan keuntungan untuk semua penggunanya, dimana semakin banyak transaksi semakin banyak keuntungan yang diperoleh.

Terdapat empat level tingkatan shopee yang dibedakan berdasarkan jumlah pesanan, mulai dari classic, silver, gold, dan level platinum. Nah berikut cara melihat total belanja di shopee melalui menu member.

  • Silahkan buka aplikasi shopee di perangkat mu
  • Kemudian pergi ke menu “saya” dipojok kanan bawah beranda
  • Kamu bisa klik member dibawah nama atau mencari opsi “shopee member” sejajar dengan shopee games, voucher dan favorit saya
  • Setelah memilih menu shopee member akan ditampilkan level akun saat ini
  • Lalu tab untuk melihat detail transaksi pada level akun kamu saat ini
  • Untuk mengetahui total belanja di shopee ambil selisih pesanan sesuai member akun saat ini dan member selanjutnya
Baca Juga :  Cara Mengatasi Gagal A02 Shopee

Untuk lebih mudah memahami, berikut penjelasan dari perhitungan selisih member berdasarkan gambar diatas.

Diketahui akun kamu berada di level member gold dan sedang ditingkatkan ke platinum. Kamu wajib menyiapkan 45 atau sekitar Rp7.723.460 transaksi lagi. Melalui data tersebut kamu telah membelanjakan Rp2.276.540 dalam setahun terakhir yang merupakan selisih belanja pada level platinum Rp10.000.000.

Jika ingin melihat lebih terperinci pesanan di bulan berlangsung silahkan gulir kebawah sampai menemukan menu “catatan belanja”. Transaksi kamu tercatat mulai dari pesanan selesai, kategori produk, diskon, gratis ongkir dan koin shopee yang didapatkan dari pesanan tersebut. Menu catatan belanja juga menampilkan jumlah pesanan di bulan-bulan sebelumnya namun tidak terperinci.

2. Menghitung Secara Manual

Menghitung Secara Manual
Menghitung Secara Manual

Cara melihat total belanja di shopee yang kedua melalui history pembelian. Perlu kamu ketahui shopee akan mencatat semua transaksi selesai, dibatalkan, hingga produk yang dikembalikan. Sayangnya, fitur ini hanya mencatat tanpa menghitung total keseluruhan maka kamu dapat menghitung secara manual.

Berikut cara melihat total belanja di shopee dengan menghitung manual.

  • Buka aplikasi shopee di ponsel kamu
  • Lalu pilih menu “saya” di pojok kanan bawah
  • Setelah masuk ke profil akun klik  “riwayat pesanan saya”
  • Lalu filter dan cari pesanan berlabel “selesai”
  • Mulailah menghitung total pesanan sesuai batas waktu yang kamu butuhkan dengan bantuan alat hitung

Bagaimana Cara Melihat Riwayat Belanja di Shopee?

Bagaimana Cara Melihat Riwayat Belanja di Shopee?
Bagaimana Cara Melihat Riwayat Belanja di Shopee?

Selain mencari cara melihat total belanja di shopee, mungkin kamu juga tertarik dengan informasi riwayat belanja dengan mudah. Pada dasarnya pesanan selesai bisa kamu temukan pada riwayat akun, namun shopee memberikan terobosan lebih sederhana supaya kamu bisa membaca dan menganalisis riwayat belanja 1 tahun terakhir.

  1. Silahkan login akun shopee yang akan dilihat riwayat belanjaan nya
  2. Klik menu “saya” untuk pergi ke akun shopee kamu
  3. Gulir kebawah sampai kamu menemukan opsi “shopee member”
  4. Setelah memilih akan ditampilkan level akun saat ini, klik “rincian” di sudut kanan bawah level untuk membuka progres member
  5. Akan ditampilkan riwayat transaksi belanja terakhir di aplikasi shopee

Cara diatas untuk riwayat pembelian barang-barang dan makanan melalui fitur shopee food. Nah, jika kamu juga intens membeli pulsa, kuota dan tiket maka dibawah ini adalah cara melihat riwayatnya.

  • Buka aplikasi shopee lalu masuk ke halaman “saya”
  • Kemudian masuk ke menu pulsa, tagihan & tiket
  • Filter pencarian dan temukan opsi “selesai”
  • Semua riwayat transaksi shopee akan ditampilkan
Baca Juga :  15 Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Cepat Habis

Manfaat Mengetahui Total Belanja di Shopee

Manfaat Mengetahui Total Belanja di Shopee
Manfaat Mengetahui Total Belanja di Shopee

Memahami cara melihat total belanja di Shopee memberikan banyak manfaat bagi kamu intens belanja online. Begitupun melihat riwayat pembelian, kalian lebih mudah mengendalikan dan melakukan perencanaan keuangan. Sejumlah manfaat mengetahui total belanja di Shopee sebagai berikut.

  • Mengendalikan Pengeluaran

Mengetahui total pengeluaran belanja online satu tahun membantu anda menganalisis pengeluaran dan mengorganisir berdasarkan kebutuhan dan keinginan. Mereka yang akan menabung bisa saja melakukan cara ini, mengetahui total belanja bisa saja membantu mengendalikan pengeluarannya.

  • Perencaan Anggaran Belanja

Cara melihat total belanja di Shopee juga membantu anda dalam merencanakan anggaran belanja bulanan dan tahunan. Dengan kata lain menetapkan batasan belanja dan mencoba disiplin untuk tidak melebihi angka tersebut. Hal ini membantu anda waspada terhadap pengeluaran impulshit atau membelanjakan produk yang tidak direncanakan.

  • Mencari Promo dan Diskon

Dengan total dan riwayat belanja, konsumen bisa menganalisis pola dalam berbelanja. Untuk pembelian selanjutnya mereka bisa memanfaatkan voucher dan cashback shopee yang bisa diklaim seperti program gratis ongkir dengan minimal pembelian, voucher cashback, dan voucher diskon.

  • Evaluasi Kebiasaan Konsumsi

Tahukah kamu masyarakat Indonesia cenderung memiliki sifat konsumtif dan berbelanja tanpa batas. Budaya ini mendorong seseorang berbelanja untuk memiliki barang-barang terbaru. Terlebih adanya opsi paylater yang tengah berkembang di tanah air, jadi semakin mudah mereka merealisasikan keinginan dengan kredit.

Dengan data belanja online yang terperinci menumbuhkan wawasan tentang kebiasaan konsumtif anda. Jika merasa pegeluaran tidak terkendali dan justru menimbulkan hutang, data ini membantu melakukan penyesuaian dan mencoba gaya hidup lebih baik.

Tips Berbelanja di Shopee dengan Bijak

Cara melihat total belanja di shopee umumnya dicari mereka yang gemar berbelanja online. Bagaimana tidak, selain hemat waktu platform ini rutin memberi penawaran voucher dan diskon-diskon menggiurkan. Dengan shopee kamu bisa berbelanja lebih hemat melalui ponsel saja.

Tips Berbelanja di Shopee dengan Bijak
Tips Berbelanja di Shopee dengan Bijak

Meskipun sangat mudah, kamu bisa mengambil keputusan lebih bijak supaya tidak terjerumus hutang. Seperti kita ketahui, shopee menawarkan paylater untuk kemudahan belanja sekarang bayar nanti. Fitur ini terkadang membuat pengguna tidak bisa menahan dorongan belanja dan menyebabkan penumpukan pembayaran bulanan.

Supaya tidak merugikan ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan saat berbelanja di shopee, berikut adalah diantaranya:

  • Buatlah Anggaran Belanja

Tetapkan batasan berbelanja dalam periode tertentu. Anggaran ini melibatkan penghasilan dan kebutuhan selama satu bulan penuh. Jika nominal belanja telah mencapai anggaran tersebut kamu harus benar-benar menahan keinginan belanja.

Baca Juga :  4 Cara Beralih ke Akun Pribadi Instagram

Bacaan menarik untuk kamu Cara Mengatasi Daftar Shopee Paylater Gagal Terus

  • Buat Daftar Belanja dan Utamakan Kebutuhan

Untuk menghindari dorongan berbelanja terus menerus kamu bisa membuat daftarnya. Fokus kan belanja pada barang-barang yang dibutuhkan bukan sekadar keinginan belaka. Kamu juga bisa menghindari lingkungan dan situasi yang meningkatkan keinginan belanja, seperti mengakses shopee saat tidak membutuhkan apapun.

  • Bandingkan Harga dan Metode Pembayaran

Sangat perlu membandingkan harga dan mendapat produk harga paling murah. Shopee memiliki banyak toko yang dimana bisa menjual produk serupa dengan harga yang berbeda-beda. Perbedaan harga bisa juga menentukan kualitasnya maka pilihlah produk sesuai budget dan tetap berkulitas.

Shopee menawarkan banyak sekali metode pembayaran yang dapat digunakan, seperti transfer bank, shopeepay, spaylater, COD dan e-wallet. Untuk pembelian barang shopee lebih baik memakai metode pembayaran dengan shopeepay, mengapa? menggunakan bank dan COD dikenakan biaya penanganan mulai seribu rupiah. Tentu tanpa biaya penanganan membuat kamu lebih hemat.

  • Manfaatkan Voucher

Manfaatkan Voucher
Manfaatkan Voucher

Shopee pada awalnya dielukan karena menawarkan banyak manfaat kepada penggunaanya, termasuk voucher belanja, cashback dan diskon-diskon. Hingga saat ini platform belanja online shopee aktif memberikan diskon ongkir terutama saat perayaan hari besar dan tanggal kembar.

Pada event ini kamu bisa belanja gratis ongkir tanpa minimal order, cashback berupa poin yang bisa ditukarkan dan diskon 10% untuk pembelian barang tertentu. Dengan klaim voucher dari shopee, tentu kamu bisa berlanja lebih hemat.

  • Pertimbangkan Belanja dalam Jumlah Besar

Jika menganalisis anggaran tinggi melalui cara melihat total belanja di Shopee diatas, pertimbangkan membeli dalam jumlah besar untuk produk-produk yang sering kamu beli. Beberapa toko biasanya memberikan diskon untuk pembelian jumlah banyak dan bisa membantu kamu lebih hemat.

Penutup

Cara Melihat Total Belanja di Shopee
Cara Melihat Total Belanja di Shopee

Dua cara melihat total belanja di Shopee dapat kamu lakukan untuk menganalisis pengeluaran belanja online 1 tahun belakangan. Kamu bisa pergi ke menu Shopee member untuk melihat secara rinci jumlah uang dan waktu pesanan. Kira-kira berapa banyak uang yang kamu gunakan berbelanja? Jika angkanya terlalu tinggi mulailah mengontrol dengan beberapa tips diatas sobat.

Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya