8+ Cara Menghidupkan Laptop yang Tiba-Tiba Mati Dengan Mudah dan Praktis!

Cara menghidupkan laptop yang tiba-tiba mati dapat menjadi pengetahuan umum yang perlu diketahui oleh para pengguna laptop, karena kondisi laptop yang tiba-tiba mati tanpa sebab yang jelas merupakan salah satu yang permasalahan laptop yang seringkali terjadi.

Dengan mengetahui pemahaman terkait cara menghidupkan laptop yang tiba-tiba mati, anda bisa dengan segera mengambil tindakan atau solusi penanganan yang tepat!

Berikut dalam artikel ini, kami akan membagikan sejumlah penyebab laptop yang tiba-tiba mati lengkap dengan cara mengatasinya. Yuk, silahkan disimak dengan baik!

Penyebab Laptop Tiba-tiba Mati

Sebelum lanjut membahas lebih dalam mengenai cara menghidupkan laptop yang tiba-tiba mati, kami akan menjelaskan terlebih dahulu apa-apa saja kemungkinan penyebab yang membuat laptop mati secara mendadak.

Hal ini penting untuk anda ketahui, agar dapat memberikan penangana  yang tepat dan tidak asal mencoba memperbaiki laptop yang justru dapat memicu masalah baru yang lebih fatal.

Cara Menghidupkan Laptop yang Tiba-tiba Mati

Nah, langsung saja kami tampilkan berikut ini beberapa penyebab laptop tiba-tiba mati:

  • Overheating (Panas berlebih)

Sumber: www.edutizen.com/ Cara Menghidupkan Laptop yang Tiba-tiba Mati

Penyebab pertama paling umum sering terjadi adalah karena overheating (panas berlebih). Kondisi ini biasanya terjadi pada pemakaian laptop dalam jangka waktu yang lama secara terus menerus tanpa nonstop atau memberi waktu jeda sejenak untuk laptop beristirahat, terutama saat laptop digunakan untuk aktivitas yang berat seperti salah satu contohnya yaitu bermain game.

Oleh karena itu, jika anda merasa perangkat anda sudah panas, maka sebaiknya anda menghentikan dulu sejenak aktivitas anda supaya laptop bisa refresh kembali.

  • Kabel korsleting

Tak sedikit orang yang mengalami masalah laptop mati secara tiba-tiba saat menyambungkan laptop ke pengisian daya karena adanya kerusakan pada adaptor daya maupun kabel charger atau bisa juga dari masalah pada stopkontak yang menyebabkan korslet hingga membuat laptop menjadi padam mendadak. Situasi ini biasanya dibarengi dengan adanya percikan api saat memasukkan kepala charger ke lobang stopkontak.

  • Masalah baterai

Sumber: www.palucomputer.com/ Cara Menghidupkan Laptop yang Tiba-tiba Mati

Laptop yang secara tiba-tiba mati dapat juga disebabkan oleh adanya masalah pada baterai. Jika baterai laptop bermasalah atau tidak dapat lagi berfungsi dengan baik, maka tentu saja akan berpengaruh pada performa laptop yang bisa padam secara mendadak.

Akan tetapi kondisi ini tidak selalu disebabkan oleh adanya kerusakan pada baterai, bisa juga karena daya baterai laptop anda memang yang sudah habis. Maka dari itu, saat menggunakan laptop pastikan kamu memperhatikan daya baterai dan segera melakukan isi ulang apabila sudah akan lowbat.

  • Overload (Beban berlebih)

Penyebab laptop tiba-tiba mati yang selanjutnya adalah karena overload (beban berlebih) seperti menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Memaksakan kinerja laptop juga bisa menjadi salah satu pemicu yang membuat beban pada laptop menjadi berat.

Baca Juga :  5 Cara Melihat Kembali View Once Di Whatsapp, Mudah dan Tanpa Aplikasi Tambahan!

Misalnya, ketika kondisi laptop anda sebelumnya sudah agak lemot. Namun saat menggunakannya, anda paksakan membuka beberapa aplikasi/ multitasking yang banyak dan terus memaksakan agar dapat berjalan cepat. Hal demikian bisa memperburuk kondisi laptop bahkan hingga mati tiba-tiba.

  • Kerusakan pada kipas atau sistem pendinginan

Sumber: www.harapanrakyat.com/ Cara Menghidupkan Laptop yang Tiba-tiba Mati

Kondisi kipas atau sistem pendingin laptop yang rusak bisa juga menjadi salah satu pemicu laptop padam mendadak. Kipas yang rusak atau sistem pendinginan yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan panas berlebih hingga akhirnya menyebabkan laptop secara tiba-tiba.

  • Masalah pada sistem operasi

Adanya masalah pada sistem operasi laptop juga dapat menyebabkan laptop mati secara tiba-tiba. Oleh karena itu, perlu bagi setiap pengguna laptop untuk selalu rutin dalam mengupdate sistem operasi ke yang terbaru apabila sudah ada muncul permintaan atau notifikasi yang meminta agar dilakukan pembaharuan.

  • Masalah pada perangkat lunak

Sumber: zapplerepair.com/ Cara Menghidupkan Laptop yang Tiba-tiba Mati

Berikutnya yang menjadi penyebab laptop mati secara tiba-tiba adalah adanya masalah pada perangkat lunak seperti serangan virus dan malware maupun kondisi driver yang sudah usang, karena driver yang sudah usang jika tidak segera di update maka dapat menyebabkan crash pada komputer maupun laptop.

  • Komponen hardware rusak

Penyebab laptop mati tiba-tiba yang terakhir adalah adanya kerusakan pada komponen hardware seperti motherboard, RAM, hard drive atau komponen lainnya yang berpengaruh terhadap kemampuan laptop untuk hidup dan beroperasi secara optimal.

Cara Menghidupkan Laptop yang Tiba-tiba Mati

Cara Menghidupkan Laptop yang Tiba-tiba Mati
Cara Menghidupkan Laptop yang Tiba-tiba Mati

Nah, anda telah mengetahui beberapa kemungkinan penyebab laptop mati secara tiba-tiba. Selanjutnya, disini kami akan menunjukkan cara menghidupkan laptop yang tiba-tiba mati.

Jika anda sedang mengalami kendala laptop yang mati secara tiba-tiba dan anda ingin mencoba untuk menghidupkannya kembali, cobalah lakukan dengan mengikuti beberapa langkah-langkah berikut ini:

Cara Menghidupkan Laptop yang Tiba-tiba Mati untuk Jenis Laptop Baterai Bongkar Pasang

Langkah-langkah dalam cara menghidupkan laptop yang tiba-tiba mati untuk jenis laptop baterai bongkar pasang (removable) dapat anda perhatikan berikut ini:

  1. Pertama, silahkan periksalah terlebih dahulu apakah baterai laptop anda masih ada atau mungkin sudah habis.
  2. Cobalah lepaskan charger dan baterai laptop anda (jika sistem baterai laptop masih menggunakan yang removable atau bisa dilepas). Diamkan beberapa waktu (kurang lebih 30 menit).
  3. Pasang kembali baterai dan sambungkan charger laptop ke sumber daya.
  4. Cobalah hidupkan kembali laptop anda.
  5. Perhatikan apakah indikator laptop menyala.
  6. Dan yang terakhir adalah melihat respon layar, apakah menunjukkan tanda-tanda hidup.
  • Periksa sumber daya

Mari kita mulai cara menghidupkan laptop yang tiba-tiba mati dari memeriksa baterai dan sumber daya laptop. Cobalah pastikan apakah baterai laptop anda masih ada, dengan  menghubungkan adaptor laptop ke sumber daya listrik.

  • Lepas charger dan baterai

Jika ternyata masalahnya yang membuat laptop tiba-tiba mati bukan karena baterai yang habis, maka langkah selanjutnya cobalah untuk melepas baterai (jika  laptop anda menggunakan baterai yang dapat dilepas). Setelah itu, lepaskan juga kabel charger dari laptop. Lalu biarkan hingga 2 sampai 3 menit.

  • Pasang kembali baterai dan charger laptop

Setelah 3 menit, pasanglah kembali baterai laptop dan hubungkan juga kembali charger ke laptop.

  • Hidupkan laptop

Selanjutnya tekanlah tombol power. Jika tidak bisa hidup, cobalah untuk tekan dan tahan tombol power selama beberapa detik hingga laptop menyala.

  • Perhatikan indikator lampu

Perhatikan apakah ada lampu indikator yang menyala saat laptop dinyalakan. Jika ada, ini menunjukkan bahwa laptop mendapatkan daya listrik.

  • Cek respon layar

Perhatikan apakah layar laptop menunjukkan tanda-tanda hidup seperti munculnya logo atau pencahayaan. Jika tidak, maka sebaiknya anda tidak lagi melanjutkan usaha anda untuk mencoba memperbaiki sendiri karena apabila sudah demikian, kemungkinan besar masalahnya sudah cukup parah hingga harus ditangani oleh teknisi atau orang yang lebih berpengalaman. Hindari melakukan percobaan asal-asalan secara berulang-ulang, karena justru bisa memperparah kondisi laptop.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Siapa Yang Melihat Reels Kita di Instagram 2024

Cara Menghidupkan Laptop yang Tiba-tiba Mati untuk Jenis Laptop Baterai Tanam

Terkhusus untuk kamu yang menggunakan laptop dengan sistem baterai tanam, jika laptop anda padam tiba-tiba, anda bisa mengikuti langkah-langkah cara menghidupkan laptop yang tiba-tiba mati berikut ini:

  • Periksa Baterai Laptop

Pastikan bahwa penyebab laptop tiba-tiba mati bukanlah karena baterai telah habis. Oleh karena itu, cobalah periksa kondisi baterai laptop dengan menghubungkan charger laptop ke sumber daya listrik.

  • Biarkan Mengisi Daya

Setelah mengecas laptop, biarkanlah selama beberapa saat, sekitar 10-15 menit baterai terisi sebelum mencoba menyalakan laptop.

  • Tekan Tombol Power

Setelah mengisi daya yang cukup, tekanlah tombol power untuk menghidupkan laptop seperti biasa. Jika dengan menekan satu kali tombol, laptop belum menyala, maka cobalah tekan dan tahan tombol power selama 5-10 detik sampai laptop bisa menyala.

  • Reset Paksa Perangkat

Jika laptop masih tidak mau menyala, cobalah lakukan reset paksa perangkat. Caranya yakni dengan menekan tombol khusus reset (jika ada) atau tekan tombol power selama beberapa saat hingga laptop mati, lalu tekan lagi untuk menghidupkannya kembali.

  • Periksa Komponen Fisik

Cara menghidupkan laptop yang tiba-tiba mati untuk jenis laptop baterai tanam yang berikutnya adalah memeriksa komponen fisik laptop.

Pastikan tidak ada kerusakan fisik seperti pada adaptor daya, kabel yang putus, atau pun adaptor charger ke laptop.

  • Gunakan Adaptor atau kabel Charger Lain

Langkah terakhir, cobalah gunakan adaptor atau kabel charger laptop lain yang sejenis, untuk mengetahui apakah kendalanya terdapat pada komponen pengecasan anda yang rusak. Namun jika tetap juga tidak bisa, maka kemungkinan besar laptop andalah yang bermasalah.

Apakah Saya akan Kehilangan Data jika Laptop Mati Tiba-tiba?

Dalam situasi laptop anda yang mati secara mendadak, banyak hal pastinya yang anda takutkan termasuk salah satunya yaitu “takut akan kehilangan data

Untuk data yang sudah anda simpan dalam perangkat anda tidak perlu untuk di khawatirkan, karena data tersebut sudah ter-save di dalam hard disk atau SSD. Namun berbeda dengan data yang belum disimpan, besar kemungkinan akan hilang!

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk selalu langsung menyimpan file yang sedang anda kerjakan secara berkala untuk menghindari kehilangan data saat laptop mati secara tiba-tiba.

Apakah Menghidupkan Laptop yang Mati Tiba-tiba Bisa Menyebabkan Kerusakan Lebih Lanjut?

Jika anda tidak gegabah dan memberikan penanganan yang benar, maka menghidupkan laptop anda yang mati secara tiba-tiba akan aman-aman saja dan tidak menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Namun jika ada masalah teknis yang lebih serius dan anda mencoba untuk menghidupkannya berulang kali tanpa mengetahui penyebabnya, hati-hati tindakan anda justru bisa memperburuk masalahnya dan memicu kerusakan lebih lanjut yang lebih fatal.

Baca Juga :  Cara Beli Koin TikTok Pakai Pulsa Telkomsel dan Cek Sisa Saldonya dengan Mudah

Oleh karena itu, penting untuk anda memahami terlebih dahulu apa akar masalah yang membuat laptop anda padam tiba-tiba, agar bisa melakukan tindakan atau penanganan yang tepat! Jika dalam beberapa kali percobaan solusi yang anda lakukan tidak berhasil dan laptop terus saja mati, sebaiknya anda meminta bantuan dari teknisi komputer yang berpengalaman.

Cara menghindari Laptop Mati Tiba-tiba

Untuk menghindari laptop mati tiba-tiba, anda dapat memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini:

  1. Lakukan perawatan laptop secara berkala, sayangi barang anda!
  2. Pastikan anda memperhatikan perawatan baterai laptop anda. Hilangkan kebiasaan charger laptop sampai seharian atau dalam waktu berjam-jam melebihi batas waktu charger laptop yang disarankan. Tak sedikit orang yang memiliki kebiasaan yang membiarkan laptop tetap ter-charger walaupun sebenarnya baterainya sudah penuh. Tindakan ini dapat menurunkan performa baterai laptop secara  berkala, hingga akhirnya rusak total yang membuat laptop anda mati tiba-tiba.
  3. Hindari pemakaian laptop secara berlebihan yang bisa menyebabkan overheating. Terutama saat digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berat seperti game. Berilah jeda atau waktu istirahat pada laptop anda, terlebih jika fisik laptop sudah terasa panas.
  4. Pastikan sistem operasi dan driver selalu diperbarui. Silahkan lakukan update setiap kali sistem operasi laptop anda meminta pembaharuan.
  5. Jangan sembarangan meminjamkan laptop ke orang lain. Seperti pengalaman penulis sendiri yang mengalami kerusakan laptop karena asal meminjamkan laptop. Ingat ya, tidak ada orang yang lebih peduli dalam merawat barang termasuk laptop kecuali pemiliknya sendiri!

Tips Melakukan Perawatan Pada Laptop

Tips Deskripsi Singkat
Rutin Membersihkan Laptop Gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan layar dan bodi laptop. Gunakan udara kaleng (compressed air) untuk membersihkan debu di keyboard dan port.
Update Software Pastikan semua perangkat lunak, termasuk sistem operasi dan antivirus, selalu diperbarui dengan versi terbaru.
Hindari Suhu Ekstrem Jangan biarkan laptop terpapar panas atau dingin yang ekstrem, karena bisa merusak komponen internal.
Lindungi Dari Virus dan Malware Gunakan program antivirus yang dapat diandalkan dan berhati-hatilah saat mengunduh file atau software dari internet.
Atur Penyimpanan dengan Baik Jangan membiarkan hard drive Anda penuh, selalu ada ruang kosong minimal 15% dari total kapasitas untuk kinerja optimal.

Simpulan

Cara Menghidupkan Laptop yang Tiba-Tiba Mati
Cara Menghidupkan Laptop yang Tiba-Tiba Mati

Dalam menghadapi situasi laptop tiba-tiba mati, pemahaman tentang langkah-langkah yang benar dalam menghidupkannya akan sangat membantu dalam mengatasi kekhawatiran anda dan untuk menghindari risiko kerusakan laptop lebih lanjut. Itulah beberapa cara menghidupkan laptop yang tiba-tiba mati yang dapat kamu ikuti dalam menangani masalah laptop kamu yang padam secara mendadak.

Dengan mengikuti cara yang akan kami tampilkan dalam artikel ini, anda dapat memulihkan kembali laptop anda dengan mudah dan kembali ke aktivitas komputasi anda tanpa harus mengalami kehilangan data.

Sekali lagi kami tegaskan, sebelum melakukan tindakan penanganan akan laptop kamu yang tiba-tiba mati, pahamilah terlebih dahulu apa penyebabnya! Semoga laptop anda berhasil pulih kembali ya sobat Beadaily ?

Dengan mengikuti cara yang akan kami tampilkan disini, anda dapat mencoba memulihkan kembali laptop anda dengan mudah dan kembali ke aktivitas komputasi anda tanpa harus mengalami kehilangan data atau perangkat yang rusak. Yuk, simak selengkapnya mengenai cara menghidupkan laptop yang tiba-tiba mati berikut ini.

Artikel Menarik Lainnya