Wajib Tahu! Ini Resiko Telat Bayar Shopee PayLater 1 Bulan

Pengguna produk PayLater Shopee perlu mengetahui sejumlah resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan. Sebelum menggunakan layanan beli sekarang bayar kemudian, memang sebaiknya kita tidak terfokus pada manfaatnya saja. Ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhitungkan termasuk bunga, biaya tambahan dan resiko jika telat membayar.

Sama halnya dengan PayLater dari Shopee yang memang memiliki sejumlah syarat dan ketentuan. Ketika tidak melunasi tagihan di tanggal jatuh tempo, bersiaplah dengan segala resiko telat bayar Shopee palyater 1 bulan yang akan Beadaily uraikan di sini!

Kapan Shopee PayLater Jatuh Tempo?

Kapan Shopee PayLater Jatuh Tempo?
Kapan Shopee PayLater Jatuh Tempo?

Membahas lanjut resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan, mari ketahui kapan tagihan PayLater kamu jatuh tempo untuk merencanakan pembayaran sebelum tanggal tersebut. Bagi kamu yang akan membuka fitur Shopee PayLater di waktu dekat, ketahuilah layanan ini memiliki tanggal jatuh tempo yang berbeda-beda.

Ketika pertama kali mengaktifkan layanan ini, kamu bisa memilih tanggal jatuh tempo Shopee PayLater dengan empat pilihan berikut:

  • Tanggal 25: Wajib dibayar paling lambat tanggal 5 setiap bulannya
  • Tanggal 1: Wajib dibayar paling lambat tanggal 11 setiap bulannya
  • Tanggal 15: Wajib dibayar paling lambat tanggal 25 setiap bulannya
  • Tanggal 21: Wajib dibayar paling lambat tanggal 1 setiap bulannya

Resiko Telat Bayar Shopee PayLater 1 Bulan

Shopee PayLater memberikan kemudahan pembayaran bagi penggunanya. Dengan SpayLater kamu bisa membelanjakan produk apa saja di Shopee selama limit tersedia. Namun tidak bisa dipungkiri beberapa dari pengguna lalai atau sengaja mengabaikan tanggung jawab akan cicilan tersebut.

Jika tidak tepat waktu, ada sejumlah resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan dari penyedia itu sendiri. Resiko-resiko tersebut berupa denda, pembatasan akses Shopee dan layanan pinjaman atau PayLater dalam naungan OJK.

Berdasarkan informasi resmi di halaman Shopee, berikut yang menjadi resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan yang perlu dipahami pengguna.

1. Membayar Denda Keterlambatan

Membayar Denda Keterlambatan
Membayar Denda Keterlambatan

Resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan yang pertama yaitu denda keterlambatan 5% per bulan. Hal ini sesuai dengan ketentuan Shopee dimana mereka akan mengirim tagihan 10 hari sebelum jatuh tempo. Kamu bisa memperoleh notifikasi Shopee dan melalui whatsapp sebagai bentuk peringatan untuk segera membayar.

Baca Juga :  30+ Link Penambah Followers TikTok Gratis Tanpa Aplikasi

Namun jika tidak taat, bersiaplah menanggung resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan berupa denda 5% dari total tagihan tersebut. Total denda akan meningkat setiap bulannya jika tagihan tidak dilunasi segera.

Simulasi Denda Shopee PayLater:

Untuk mempermudah kamu memahami perhitungan denda Shopee PayLater, berikut Beadaily sajikan simulasinya:

Kamu memiliki total tagihan SpayLater sebesar Rp200.0000 pada bulan April dengan tanggal jatuh tempo 1 Mei 2024. Namun tagihan tersebut sudah melewati tanggal jatuh tempo (1 Mei) dan kamu akan membayarnya pada 12 Mei 2024, berikut perhitungan denda yang harus dibayar:

  • Tagihan yang perlu dibayar Rp200.000
  • Denda Shopee PayLater: 5% dari seluruh tagihan = 5% x Rp200.000 =Rp10.000
  • Total yang harus dibayar: Rp200.000 + Rp10.000 = Rp210.000

2. Akses Shopee PayLater Dibatasi Sementara

Resiko Telat Bayar Shopee Paylater 1 Bulan - Akses Shopee PayLater Dibatasi Sementara
Akses Shopee PayLater Dibatasi Sementara

Salah satu resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan berupa pembatasan akses PayLater sementara. Jadi kamu tidak bisa menggunakan metode pembayaran ini sampai cicilan jatuh tempo dibayar. Kamu bisa melihat apakah fitur ini sudah dibatasi melalui aplikasi Shopee di menu “Shopee PayLater”.

Begitupun saat checkout, metode pembayaran ini tidak muncul meskipun limit masih ada. Jika menunggak pembayaran 1 bulan, maka Shopee Paylater tidak bisa digunakan selama jangka waktu tersebut dan kamu harus membayar denda yang cukup besar. Bagaimana, resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan berat bukan? Jika begitu, kamu harus mengetahui 3 tanggungan lainnya!

3. Fitur dan Voucher Shopee Dibatasi

Beberapa fitur dan voucher Shopee tidak bisa digunakan salah satu resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan. Jadi tidak hanya berdampak pada layanan “SpayLater” saja, kamu juga akan kesulitan mengakses fitur dan menggunakan voucher saat checkout barang. Ini membuat kamu kesulitan mendapat pengurangan ongkir, kode promo dan cashback-cashback dari Shopee sebelum tagihan beres.

4. Kesulitan Mengajukan Pinjaman Lain

Kesulitan Mengajukan Pinjaman Lain
Kesulitan Mengajukan Pinjaman Lain

Resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan yang paling dikhawatirkan mempengaruhi kredit pengguna di SLIK OJK. Karena Shopee PayLater lembaga resmi yang diawasi Otoritas Jasa Keuangan maka semua perilaku kreditmu juga tercatat disana.

Hal tersebut menyulitkan kamu mengajukan pinjaman di bank atau lembaga yang diawasi OJK. Karena sudah menerima laporan kredit, penyedia menilai kamu tidak mampu membayar dan tidak memberikan pinjaman maupun PayLater.

5. Penagihan Intens

Menerima penagihan intens adalah resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan yang paling sering terjadi. Bahkan penggunanya mengklaim penagihannya sangat tegas saat jatuh tempo. Kamu akan menerima pesan via whatsapp dan penagihan intens melalui panggilan seluler.

Baca Juga :  5 Manfaat Serum Hanasui Pink: Wajib Tahu Sebelum Menggunakan!

Jika terus menunda-nunda pembayaran, debt collector mungkin bisa saja mendatangi tempat tinggal untuk penagihan langsung. Meskipun lima resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan terjadi kamu wajib membayar keseluruhan tagihan. Jika tidak, bersiaplah menghadapi kemungkinan-kemungkinan lebih serius seperti masalah hukum.

Biaya-Biaya yang Perlu Dibayar Pengguna Shopee PayLater

Sobat, jika sudah mengetahui berbagai resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan maka pahami pula biaya-biaya yang dikenakan layanan ini kepada penggunanya. Seperti yang kita ketahui, Shopee PayLater menjadi alat pembayaran yang digendrugi banyak orang dengan segala kemudahan yang ditawarkan.

Tentu sebagai satu layanan resmi, PayLater ini menguntungkan kedua belah pihak yakni Shopee dan pengguna. Dengan Shopee PayLater kita bisa membeli produk yang diinginkan selama limit tersedia. Sedangkan layanan yang dimiliki PT commerce Finance ini menguntungkan dari persentase bunga.

Ternyata bukan itu saja, disebutkan melalui laman resmi Shopee pengguna juga wajib membayar biaya lain yang diakumulasikan ke cicilannya. Lantas apa saja sih biaya-biaya yang harus dibayar pengguna selain bunga? Ternyata kamu juga wajib membayar biaya penanganan 1% dari total pembelian.

Jika telat membayar berarti kamu perlu melunasi 3 biaya sekaligus yaitu bunga cicilan mulai 2.95%, biaya penanganan 1%, dan denda keterlambatan 5%.

Bacaan menarik terkait shopee: Cara Mendapatkan Voucher Gratis Ongkir Shopee Setiap Hari

Periode Cicilan Shopee PayLater

Bukan hanya resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan, jika ingin menggunakan layanan ini kamu perlu mengetahui periode cicil yang tersedia. Nantinya periode cicil belanja dapat dipilih di laman checkout berdasarkan ketentuan Shopee.

Periode Cicilan Biaya Penanganan Suku Bunga Biaya Keterlambatan
Bayar di bulan berikutnya 1 x Per transaksi Minimal 2.95% dari total pembayara 5% per bulan dari seluruh total tagihan yang telah jatuh tempo (termasuk tagihan sebelumnya)
Cicilan 3X
Cicilan 6x
Cicilan 12 x
Cicilan 18x (Khusus pengguna terpilih)
Cicilan 24x (Khusus pengguna terpilih)

Ketentuan Pembelian Menggunakan Shopee Paylater:

Mereka yang sudah aktivasi Shopee PayLater akan memperoleh limit mulai dari Rp750.0000. Limit bisa dimaksimalkan untuk belanja dan akan dikembalikan saat pelunasan. Jadi Shopee akan memotong limit setelah konfirmasi pembayaran belanja menggunakan SpayLater. Berikut ketentuan penggunaan limitnya:

  • Jika harga barang di bawah Rp50.000, metode beli sekarang bayar nanti (dalam 30 hari kedepan) yang muncul, artinya pembelian tidak dengan cicilan.
  • Apabila limit umum Rp0 pilihan beli sekarang dan bayar nanti tidak terlihat
  • Jika limit umum Rp0 dan limit cicilan dibawah Rp50.000, metode pembayaran SpayLater tidak bisa digunakan.
Baca Juga :  Bagaimana Caranya Menghilangkan Bau Pete di Mulut? Ini 11 Langkah yang Perlu Dicoba!

Tips Aman Menggunakan Shopee PayLater

Setelah membahas resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan tentu kamu memahami ada banyak hal-hal merugikan jika tidak membayar setelah tanggal jatuh tempo. Perilaku ini membuat anda terjerumus dalam hutang besar terutama jika tidak membayar jangka panjang. Selain denda pembayaran yang tinggi, ada penagihan intens debt collector melalui telepon dan di lapangan.

Tips Aman Menggunakan Shopee Paylater
Tips Aman Menggunakan Shopee Paylater

Oleh karena itu ada beberapa tips aman menggunakan Shopee PayLater yang mungkin bermanfaat bagi kamu yang sedang dalam perencanaan financial lebih baik:

  • Gunakan Hanya Untuk Kebutuhan

Untuk menghindari denda keterlambatan yang tinggi, gunakan Shopee PayLater untuk membeli produk yang memang dibutuhkan atau ketika anggaran bulanan menipis. Dalam hal ini kamu harus menahan hasrat belanja, perlahan meninggalkan perilaku pemborosan yang cenderung membeli barang berlebihan dan tidak diperlukan.

  • Buat Rencana Belanja di Shopee

Membelanjakan barang diluar kebutuhan sudah menjadi kegemaran beberapa orang belakangan ini. Sebelum itu, buat rencana belanja di Shopee dan pastikan anggaran sudah sesuai. Untuk produk diluar kebutuhan kamu bisa membayar dengan metode lain seperti transfer bank, Shopeepay, dan COD.

  • Pahami Kemampuan Membayar

Sangat penting memahami kemampuan membayar sebelum menggunakan Shopee PayLater. Metode ini mengharuskan kita membayar nanti atau dengan cicilan panjang dimana untuk satu pembelian produk terselesaikan dalam 3, 6 dan 12 bulan. Pada bulan pertama mungkin tidak terlalu banyak biaya yang dikeluarkan, namun jika terus-menerus berbelanja tanpa memperhitungkan kemampuan bayar besar kemungkinan jadi beban finansial.

Kemampuan membayar yang dimaksud meliputi pemasukan dan pengeluaran satu bulan penuh. Kamu perlu pertimbangkan pemasukan, biaya hidup dan cicilan-cicilan yang perlu dibayar termasuk Shopee PayLater.

  • Gunakan Alternatif Lain

Jika ada kebutuhan yang mengharuskan anda membeli melalui Shopee, coba cari alternatif lain seperti meminjam dari teman atau saudara. Cara ini lebih efektif, karena kamu tidak perlu membayar bunga dan biaya penanganan. Sedangkan untuk pembayarannya dilakukan atas kesepakatan bersama dan kemungkinan toleransi telat bayar ada lalu tidak perlu membayar denda.

Penutup

Resiko Telat Bayar Shopee PayLater 1 Bulan
Resiko Telat Bayar Shopee PayLater 1 Bulan

Dengan memahami kelima resiko telat bayar Shopee PayLater 1 bulan semua penggunanya dapat lebih bijak dalam berbelanja. Karena bukan hanya denda dan pembatasan akses Shopee, ini juga mempengaruhi kelancaran verifikasi jika suatu saat kamu mencoba layanan pinjaman seperti bank dan lembaga lain yang diawasi OJK.

Baiknya pahami kemampuan membayar sebelum membeli, hindari membuka aplikasi Shopee saat tidak membutuhkan apapun agar dorongan belanja tidak timbul yang bisa menimbulkan masalah finansial. Semoga penjelasan dari Beadaily bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya