Kenapa Inpods 12 Tidak Mau Connect? Ketahui 7 Penyebab dan Solusinya!

Tak jarang orang mempertanyakan kenapa Inpods 12 tidak mau connect. Kondisi ini bisa menjadi salah satu hal yang menyebalkan terutama bagi para mereka bagian dari para pecinta musik. Tapi sekarang anda tidak perlu lagi khawatir, karena disini kami akan menunjukkan beberapa alasan kenapa Inpods 12 tidak mau connect lengkap dengan solusinya!

Apa itu Inpods 12?

Inpods 12
Kenapa Inpods 12 tidak mau connect

Inpods 12 adalah sebuah headset bluetooth yang fungsi utamanya digunakan untuk mendengarkan musik dari berbagai perangkat seperti HP, tablet, laptop dan berbagai perangkat lainnya yang kompatibel.

Earbuds nirkabel ini pada umumnya memiliki desain yang menyerupai seperti Apple Airpods. Inilah salah satu pemicu mengapa produk ini sangat laris di pasaran, karena desainnya yang cantik, elegan dan mewah telah berhasil menarik perhatian banyak orang.

Cara Menyambungkan Inpods 12 ke HP

Sebelum membahas lebih lanjut tentang kenapa Inpods 12 tidak mau connect, kami akan menampilkan terlebih dahulu bagaimana cara menyambungkan Inpods 12 ke HP.

Berikut langkah-langkahnya dari cara menyambungkan Inpods 12 ke HP yang boleh anda ikuti:

  1. Pertama, nyalakanlah terlebih dahulu bluetooth HP anda
  2. Lalu keluarkan headset bluetooth Inpods dari tempatnya
  3. Inpods akan otomatis menyala setelah dikeluarkan
  4. Pada tampilan bluetooth di perangkat anda, carilah Inpods 12 dengan nama i12
  5. Ketuk Sambungkan dan tunggu prosesnya dalam beberapa saat
  6. Setelah berhasil tersambung biasanya akan terdengar suara yang mengatakan “Connected” dengan lampu yang berkedip-kedip
  7. Selesai, Inpods bluetooth sudah bisa digunakan untuk mendengarkan musik favorit kamu.
Baca Juga :  Simak 7 Link Penambah Viewers TikTok Gratis Tanpa Password

Kenapa Inpods 12 Tidak Mau Connect?

Mengetahui terlebih dahulu alasan penyebab Inpods 12 tidak mau connect tentu akan memudahkan anda untuk mengambil langkah penanganan atau cara mengatasi yang tepat.

Oleh karena itu dibawah ini kami akan menjelaskan beberapa alasan kenapa Inpods 12 tidak mau connect.

  • Baterai Inpods rusak atau habis

Penggunaan Inpods 12 tergantung pada baterai. Ketika headset bluetooth anda tidak mau connect, cobalah periksa baterainya apakah masih ada. Earphone belum terpairing

  • Earphone masih terhubung dengan perangkat lain

Penyebab kenapa Inpods 12 tidak mau connect berikutnya adalah earphone yang masih dalam kondisi terhubung dengan perangkat atau HP lain. Disini anda perlu memutuskan sambungan dari perangkat sebelumnya terlebih dahulu baru kemudian ke perangkat yang baru.

  • Inpods 12 belum diaktifkan

Pairing Inpods 12
Pairing Inpods 12

Saat akan menyambungkan Inpods 12 ke HP, pastikan kedua earphone telah diaktifkan. Headset bluetooth yang sudah aktif biasanya ditandai dengan lampu yang menyala dan berkedip-kedip.

  • Inpods dan perangkat yang disambungkan tidak kompatibel

Beberapa earphone terkadang ada yang tidak kompatibel/ tidak cocok dengan semua perangkat. Itulah mengapa penting untuk melakukan uji test terlebih dahulu sebelum membeli Inpods 12.

  • Jarak earphone dengan perangkat berjauhan

Apabila Inpods 12 anda tidak bisa tersambung ke HP, cobalah perhatikan jarak earphone ke perangkat. Pada umumnya jarak earphone ke perangkat agar bisa tersambung adalah sejauh 10 meter.

  • Earphone rusak

Bagian terakhir dari alasan kenapa Inpods 12 tidak mau connect yaitu karena kondisi earphone yang memang sudah rusak. Kerusakan yang terjadi dapat muncul di pengaruhi oleh beberapa hal seperti penggunaan dan perawatan yang kurang baik, terkena air, terbentur, atau bisa juga karena faktor umur.

  • Kerusakan pada perangkat

Inpods 12 tidak dapat tersambung ke perangkat juga dapat disebabkan karena adanya masalah pada perangkat atau HP yang digunakan. Jadi tidak selalu permasalahan seperti itu bersumber dari headset bluetoothnya ya gaes.

Cara Mengatasi Inpods 12 Tidak Mau Connect

Setelah mengetahui beberapa alasan kenapa Inpods 12 tidak mau connect, selanjutnya kami akan menunjukkan sejumlah solusi atau cara mengatasinya  dengan mudah. Berikut silahkan disimak!

  • Periksa baterai earphone

Langkah pertama, coba anda cek bagian baterai earphone. Segera lakukan pengisian daya jika kira-kira baterainya sudah habis. Setelah baterai terisi penuh barulah coba sambungkan kembali ke perangkat.

  • Pairingkan earphone ke HP dengan benar

Pastikan anda sudah mempairing kedua belah headset dengan benar. Cara pairing headset bluetooth kanan kiri sangat mudah, anda bisa mengikuti beberapa langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pertama, pastikanlah terlebih dahulu baterai kedua belah bagian headset dalam keadaan terisi penuh
  2. Keluarkan headset bluetooth dari kotak atau sarangnya
  3. Tekan tombol pada headset selama 3-5 detik hingga lampu LED indikator headset bluetooth menyala
  4. Apabila sudah pairing biasanya akan terdengar kata “Connected” dengan lampu yang juga berkedip-kedip.
  5. Setelah itu, silahkan beralih ke pengaturan bluetooth di HP anda. Cari dan tekanlah pada nama headset bluetooth anda
  6. Tunggu dalam beberapa saat hingga keduanya terhubung
  7. Selesai. Headset bluetooth siap digunakan.
  • Lupakan sambungan earphone ke HP lalu sambungkan kembali

Selanjutnya, anda juga bisa mengatasi permasalahan terkait Inpods 12 tidak mau connect yaitu dengan melupakan sambungan earphone ke HP anda terlebih dahulu. Setelah itu, barulah coba sambungkan kembali.

  • Periksa kompatibilitas

Lakukan pemeriksaan terhadap kompatibilitas earphone anda. Biasanya anda bisa melihat perangkat yang mendukung ke earphone di bagian kotak atau petunjuk pemakaian earphone tersebut.

  • Perhatikan jarak perangkat dengan inpods

Kenapa Inpods 12 tidak mau connect
Kenapa Inpods 12 tidak mau connect

Pastikan jarak earphone ke HP anda berdekatan atau tidak melebihi jarak penyambungan yang telah ditentukan pada petunjuk pemakaian headset.

  • Periksa apakah Inpods sedang tersambung ke perangkat lain

Selanjutnya, pastikan juga Inpods 12 anda tidak sedang tersambung dengan perangkat lain. Putuskan terlebih dahulu penyambungan dari perangkat lainnya, sebelum mencoba menyambungkan kembali dengan perangkat anda.

  • Restart HP

Jika kendala yang terjadi disebabkan karena adanya masalah pada perangkat/ Hp yang digunakan, maka cobalah me-restart HP anda terlebih dahulu, baru lakukan penyandingan kembali.

  • Reset Inpods 12

Jika semua usaha diatas tidak membuahkan hasil, maka cara mengatasi Inpods 12 tidak mau connect yang terakhir kami sarankan yaitu dengan menghubungi dukungan pelanggan atau tempat pengecer tempat anda membeli Inpods bluetooth. Mereka akan memberikan panduan atau solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan anda.

Baca Juga :  10 Proxy Telegram Tercepat Saat Ini Yang Wajib Kamu Coba

Kadang-kadang masalah yang terkait Inpods bluetooth tidak mau connect ke HP dapat diatasi dengan mudah yaitu dengan mereset Inpods.

Adapun cara mereset Inpods 12 dapat anda lakukan lewat langkah dibawah ini:

  1. Langkah yang pertama, hapuslah penyandingan bluetooth HP anda ke headset terlebih dahulu
  2. Kemudian matikan bluetooth HP anda
  3. Lalu masukkan juga kedua earphone ke dalam power banknya
  4. Tekanlah tombol ON pada kotak penyimpanan earphone tersebut
  5. Biarkan hingga 10 hingga 15 detik
  6. Setelah itu keluarkan kembali kedua belah earphone dari kotak
  7. Hidupkan juga kembali bluetooth HP anda
  8. Langkah terakhir, cobalah lakukan penyambungan kembali

Tips Merawat Inpods 12 Biar Tahan Lama

Tips merawat Inpods 12 Biar Tahan Lama
Tips merawat Inpods 12 Biar Tahan Lama

Selain menjelaskan tentang kenapa Inpods 12 tidak mau connect beserta solusinya, berikut ini kami juga akan membagikan tips bagaimana cara merawat Inpods 12 biar dapat awet digunakan

Inilah sejumlah cara perawatan Inpods 12 yang benar:

Tips merawat inpods bluetooth 12 Keterangan singkat
Hindari Paparan Air Meski beberapa headset mungkin tahan air, sebaiknya hindari paparan air atau kelembaban yang berlebihan untuk menjaga komponen elektroniknya
Jaga dari Suhu Ekstrem Suhu yang terlalu panas atau dingin bisa merusak baterai dan komponen lainnya. Jangan meninggalkan headset di dalam mobil yang panas atau di lingkungan yang sangat dingin.
Bersihkan dengan Lembut Gunakan kain mikrofiber kering dan lembut untuk membersihkan bagian luar headset. Jangan gunakan pembersih yang keras atau berbahan kimia yang kuat.
Jaga Baterai  Jangan biarkan baterai benar-benar habis sebelum mengisi daya dan jangan overcharge. Kedua kondisi ini bisa memperpendek umur baterai.
Simpan dengan Aman Jika tidak digunakan, simpan headset dalam tas atau kotak pelindung untuk mencegah kerusakan fisik dan menjauhkan debu.
Baca Juga :  9 Solusi Ada Indikasi Aktivitas Akun Yang Tidak Sesuai Di Lazada

Penutup

Kenapa Inpods 12 Tidak Mau Connect
Kenapa Inpods 12 Tidak Mau Connect ?

Mengetahui penyebab kenapa Inpods 12 tidak mau connect akan memungkinkan anda untuk dapat menemukan solusi yang tepat ketika mengalami kendala yang sama. Cukup sekian yang dapat kami bagikan dalam artikel ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay