Cari Tahu 10 Alasan Kenapa Foto di IG Tidak Tersimpan di Galeri dan Cara Mengatasinya Terbaru 2024

Cari Tahu 10 Alasan Kenapa Foto di IG Tidak Tersimpan di Galeri dan Cara Mengatasinya Terbaru 2024 – Hampir sebagian besar pengguna Instagram (IG), umumnya sering kali menanyakan mengenai alasan kenapa foto di IG tidak tersimpan di galeri. Apabila Anda sendiri juga sedang mengalami hal demikian, maka tidak perlu khawatir lantaran di ulasan kali ini akan kita bahas mengenai faktor penyebab dan cara mengatasi foto di IG yang tidak tersimpan di galeri. Dengan demikian, maka Anda akan dapat menyimpan foto di galeri ketika mengunggahnya di salah satu platform media sosial populer tersebut.

Alasan Kenapa Foto di IG Tidak Tersimpan di Galeri dan Cara Mengatasinya

Alasan Kenapa Foto di IG Tidak Tersimpan di Galeri dan Cara Mengatasinya
Alasan Kenapa Foto di IG Tidak Tersimpan di Galeri dan Cara Mengatasinya

Seperti yang kita ketahui, bahwa Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang begitu populer di kalangan masyarakat dunia. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka pengguna dapat dengan mudah untuk berbagi foto dan video sesuai keinginan dan kebutuhan. Akan tetapi yang menjadi permasalahan disini adalah, terkadang ada dari pengguna yang mengalami masalah foto IG tidak dapat tersimpan di galeri penyimpanan perangkat ponsel.

Terjadinya permasalahan tersebut, tentunya akan membuat banyak pengguna Instagram langsung bertanya-tanya mengenai alasan kenapa foto di IG tidak tersimpan di galeri dan tips mengatasinya. Namun sebelum membahas mengenai faktor penyebab foto di IG tidak tersimpan di galeri perangkat ponsel dan solusi mengatasinya, ada baiknya bagi Anda untuk tahu informasi seputar kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Instagram terlebih dahulu. Terkait kelebihan dan kekurangan aplikasi Instagram sendiri, bisa Anda simak baik-baik di tabel penjelasan yang ada di bawah ini.

Kelebihan Aplikasi Instagram Kekurangan Aplikasi Instagram
Penggunaan aplikasi Instagram gratis untuk semua pengguna, baik perangkat ponsel Android maupun iOS. Adanya masalah privasi dan keamanan bagi pengguna Instagram.
Memiliki banyak pengguna dari berbagai kalangan masyarakat. Adanya potensi tindakan cyberbullying.
Aplikasi Instagram sangat mudah dioperasikan oleh pengguna. Dapat menyebabkan pengguna kecanduan menggunakan aplikasi Instagram.
Menawarkan berbagai fitur yang lengkap dan menarik untuk pengguna Instagram.
Memiliki koneksi yang banyak dengan beberapa media sosial lain.
Aplikasi Instagram memungkinkan pengguna untuk melakukan kegiatan promosi bisnis.
Memudahkan bagi pengguna untuk saling berbagi foto dan video yang unik dan menarik.
Menawarkan filter foto dan video yang beragam, sehingga hasil foto dan video lebih bagus dan menarik.
Terdapat banyak pilihan back sound lagu / musik, yang mana bisa dipilih pengguna sesuai keinginan.
Baca Juga :  Wajib Tahu! Ini 7 Cara Mengetahui WA Diblokir Tanpa Chat Terlebih Dahulu

Lebih lanjut jika membahas mengenai alasan kenapa foto di IG tidak tersimpan di galeri, umumnya disebabkan oleh beberapa faktor yang sering kali tidak disadari oleh para pengguna Instagram. Agar Anda lebih paham mengenai apa saja faktor-faktor yang menyebabkan foto di IG tidak tersimpan di galeri dan tips mengatasinya, maka bisa menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Alasan Kenapa Foto di IG Tidak Tersimpan di Galeri

Alasan Kenapa Foto di IG Tidak Tersimpan di Galeri
Alasan Kenapa Foto di IG Tidak Tersimpan di Galeri

Perlu Anda ketahui, bahwa salah satu faktor paling umum kenapa foto di IG tidak tersimpan di galeri, yakni bisa saja disebabkan karena fitur otomatis simpan belum diaktifkan oleh pengguna Instagram. Jika Anda sudah mengaktifkan fitur otomatis simpan namun juga tidak ada perubahan sama sekali, maka bisa jadi hal ini disebabkan oleh beberapa faktor penyebab. Beberapa faktor yang menyebabkan masalah foto di Instagram tidak dapat tersimpan di galeri penyimpanan, di antaranya yakni sebagai berikut.

  • Sistem Pengaturan Aplikasi Instagram yang Tidak Tepat

Salah satu alasan kenapa foto di IG tidak tersimpan di galeri penyimpanan yang perlu Anda ketahui, yakni biasanya disebabkan karena masalah sistem pengaturan aplikasi Instagram yang tidak tepat. Dimana dalam hal ini, pengguna melakukan sistem pengaturan aplikasi Instagram dengan menghentikan penyimpanan foto ke galeri penyimpanan perangkat.

Sehingga, hal inilah yang mengakibatkan pengguna tidak dapat menyimpan foto IG ke galeri penyimpanan. Oleh karena itulah, penting bagi Anda untuk memeriksa bagian sistem pengaturan aplikasi Instagram dan aktifkan pengaturan yang ada di dalamnya.

  • Cache Aplikasi Instagram Berlebihan

Tidak hanya disebabkan karena masalah sistem pengaturan yang tidak tepat, ada juga alasan lain kenapa foto di IG tidak tersimpan di galeri yang perlu Anda ketahui. Yang mana, permasalahan yang terjadi ini biasanya disebabkan karena adanya cache aplikasi Instagram yang berlebihan di dalamnya.

Ketika aplikasi Instagram memiliki cache yang berlebihan, maka akan dapat memengaruhi fungsi penyimpanan foto ke galeri penyimpanan. Sehingga dalam hal ini, Anda perlu melakukan penghapusan cache aplikasi Instagram dalam membantu memperbaiki masalah tersebut.

  • Penyimpanan Perangkat Penuh

Alasan lain kenapa foto di IG tidak tersimpan di galeri yang sering kali tidak disadari oleh pengguna Instagram, yakni karena permasalahan penyimpanan perangkat ponsel yang penuh. Apabila kondisi ini terjadi, maka sudah dipastikan aplikasi Instagram tidak akan dapat menyimpan foto ke galeri penyimpanan perangkat ponsel Anda.

Bahkan tidak hanya dapat mengganggu penyimpanan foto IG ke galeri penyimpanan, masalah penyimpanan perangkat yang penuh juga akan menyebabkan permasalahan lain. Dimana, kinerja perangkat ponsel akan berjalan lebih lambat dan memengaruhi berjalannya aplikasi Instagram yang digunakan pengguna.

  • Perangkat Ponsel dalam Mode Daya Rendah

Jika Anda bertanya mengenai kenapa foto di IG tidak tersimpan di galeri, maka bisa jadi permasalahan ini disebabkan oleh perangkat ponsel yang berada dalam mode daya rendah. Atau dengan kata lain, ponsel yang Anda gunakan untuk mengoperasikan aplikasi Instagram sedang dalam mode kehabisan daya baterai.

Baca Juga :  9 Cara Melacak Akun IG Dengan URL Terbaru 2024

Permasalahan perangkat ponsel dalam mode daya rendah ini, umumnya tidak hanya dapat memengaruhi masalah penyimpanan foto IG yang tidak tersimpan ke galeri saja. Akan tetapi, masalah ini juga akan dapat mengganggu aplikasi Instagram untuk dapat berjalan dengan optimal.

  • Masalah Sinyal / Koneksi Jaringan yang Tidak Stabil

Adapun alasan kenapa foto di IG tidak tersimpan di galeri yang juga perlu Anda ketahui berikutnya, yakni karena masalah sinyal atau koneksi jaringan yang tidak stabil. Dimana jika Anda menggunakan koneksi jaringan internet yang buruk, maka dipastikan permasalahan penyimpanan foto di IG tidak tersimpan di galeri penyimpanan akan rentan Anda alami.

Terlebih seperti kita ketahui, bahwa penggunaan koneksi jaringan internet stabil sangat diperlukan untuk memudahkan mengakses aplikasi Instagram dengan lancar. Maka dari itulah, penting bagi Anda untuk memperhatikan bagaimana koneksi jaringan internet yang digunakan saat mengakses aplikasi Instagram di perangkat ponsel Anda.

Baca Juga: 3 Cara Melihat Video Instagram yang Tidak Tersimpan di Galeri

Cara Mengatasi Foto di IG Tidak Tersimpan di Galeri

Cara Mengatasi Foto di IG Tidak Tersimpan di Galeri
Cara Mengatasi Foto di IG Tidak Tersimpan di Galeri

Jika tadi kita sudah membahas mengenai beberapa alasan kenapa foto di IG tidak tersimpan di galeri, maka selanjutnya Anda akan mengetahui seputar tips mengatasi permasalahan tersebut. Untuk mengatasi masalah foto di IG yang tidak tersimpan di galeri penyimpanan, bisa Anda lakukan dengan menerapkan langkah-langkah mudah berikut ini.

  • Cek Sistem Pengaturan Aplikasi Instagram

Tips mengatasi masalah foto di IG yang perlu Anda lakukan pertama kali, yakni dengan mengecek sistem pengaturan aplikasi Instagram. Dimana dalam hal ini, Anda perlu memastikan agar aplikasi Instagram diberi izin untuk menyimpan foto ke galeri perangkat. Adapun untuk langkah-langkah mengecek sistem pengaturan aplikasi Instagram, yakni sebagai berikut.

  1. Pertama, silahkan Anda buka aplikasi Instagram di perangkat ponsel dan masuk ke menu “Pengaturan” dengan klik menu “Profil” di bagian kanan bawah.
  2. Selanjutnya, Anda klik ikon garis tiga di ujung kanan atas dan pilih “Setting and Privacy”.
  3. Scroll layar ke bawah hingga menemukan bagian menu “Your app and media” dan klik opsi ”Archiving and Downloading”.
  4. Kemudian scroll ke bawah lagi sampai menemukan menu “Saving to camera roll”, Anda gesek tombol ke arah kanan di bagian “Save Original Photos”.
  5. Pengaturan aplikasi Instagram selesai dilakukan, sehingga foto di IG sudah bisa disimpan di galeri perangkat penyimpanan dengan baik.
  • Hapus Cache Aplikasi Instagram

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa alasan kenapa foto di IG tidak tersimpan di galeri disebabkan karena penumpukan cache aplikasi Instagram. Oleh karena itulah, untuk mengatasi permasalahan tersebut Anda bisa menghapus cache aplikasi Instagram dengan menerapkan langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama, silahkan Anda buka pengaturan pada perangkat ponsel yang Anda miliki.
  2. Setelah itu, Anda tinggal cari saja menu “Application”.
  3. Kemudian, Anda cari aplikasi Instagram dan buka.
  4. Selanjutnya, Anda pilih bagian “Storage & cache” dan pilih saja opsi Clear the cache”.
  5. Proses penghapusan cache aplikasi Instagram berhasil dilakukan.
  • Lakukan Penginstalan Ulang Instagram

Cara mengatasi permasalahan foto di IG yang tidak dapat tersimpan di galeri penyimpanan perangkat, juga bisa Anda lakukan dengan menginstal ulang aplikasi Instagram tersebut di perangkat ponsel yang Anda miliki. Dalam melakukan proses penginstalan aplikasi Instagram ini, Anda bisa mencopot pemasangan Instagram di perangkat ponsel Anda terlebih dahulu. Dan setelah aplikasi Instagram berhasil dicopot, maka Anda bisa mengunduh dan menginstal ulang aplikasi Instagram di layanan Google Play Store maupun App Store sesuai jenis perangkat yang Anda miliki.

  • Cek Ruang Penyimpanan di Perangkat Ponsel

Jika Anda mendapati permasalahan foto di IG tidak dapat tersimpan di galeri penyimpanan karena penyimpanan perangkat penuh, maka cara mengatasi permasalahan ini yakni dengan mengecek ruang penyimpanan di perangkat ponsel Anda. Disini, Anda dapat menghapus file / berkas yang tidak penting ataupun mencopot beberapa aplikasi yang sudah lama tidak digunakan di perangkat ponsel tersebut. Dengan demikian, maka ruang penyimpanan perangkat ponsel Anda akan lebih lega dan bisa menyimpan foto di IG ke galeri penyimpanan.

  • Restart Perangkat Ponsel

Adapun cara mengatasi masalah foto di IG yang tidak dapat tersimpan di galeri penyimpanan yang terakhir, yakni bisa Anda lakukan dengan melakukan proses restart / memulai ulang perangkat ponsel. Apabila proses restart ponsel sudah selesai dilakukan, maka Anda bisa langsung mencoba membuka aplikasi Instagram dan melakukan proses pengeditan foto. Setelah itu, Anda tinggal membuka saja apakah foto yang sudah diedit di IG tersebut sudah tersimpan dengan baik di galeri penyimpanan atau justru sebaliknya.

Baca Juga :  Tidak Perlu Menunggu Berapa Lama Lazada Paylater Dibekukan, Simak Cara Mengatasinya
Kenapa Foto di IG Tidak Tersimpan di Galeri
Kenapa Foto di IG Tidak Tersimpan di Galeri

Jadi, itulah tadi penjelasan penting yang bisa Anda ketahui dan pahami mengenai beberapa alasan kenapa foto di IG tidak tersimpan di galeri dan solusi mengatasinya dengan mudah. Apabila Anda mendapati permasalahan ini, maka bisa menerapkan solusi mengatasi permasalahan tersebut sesuai dengan faktor penyebabnya.

Artikel Menarik Lainnya

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay