8 Kelebihan dan Kekurangan BRI Junio

Bagi anda yang sedang mencari tabungan khusus anak, BRI Junio mungkin bisa jadi pilihan. Namun sebaiknya ketahui kelebihan dan kekurangan BRI Junio sebelum beranjak membuka rekening. Hal ini perlu untuk mengetahui plus minus nya tabungan anak dari BRI lalu membuat perbandingan pada produk perbankan yang lain.

Bukan hanya untuk orang dewasa, BRI membuka tabungan untuk segmen anak-anak dengan fasilitas yang menarik. BRI mengupayakan kepraktisan pada tabungan Junio dimana anak-anak dan wali akan lebih mudah memantau dan mengelola tabungan tersebut.

Hanya saja produk ini memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut Beadaily sajikan kelebihan dan kekurangan BRI Junio!

Tentang BRI Junio

Untuk membahas kelebihan dan kekurangan BRI Junio, tentu saja anda perlu mengetahui lebih detail terkait produk tabungan ini. BRI Junio adalah produk yang ditawarkan Bank Rakyat Indonesia khusus untuk anak-anak dan remaja sebelum usia 18 tahun.

Produk ini memiliki beragam fasilitas mulai dari akses kartu debit, fasilitas E-banking, dan fasilitas transaksi otomatis. Produk perbankan ini cocok bagi anak-anak yang ingin mengelola dana lebih baik dan merencanakan tabungan sebelum usia 18 tahun.

BRI Junio sedikit berbeda dari produk tabungan lain, nasabah pemilik rekening akan diberikan kartu ATM dengan berbagai pilihan desain unik. Desain inilah yang akan menarik perhatian anak-anak dan mendorong keinginan menabung jangka panjang.

Kelebihan dan Kekurangan BRI Junio

Kelebihan dan Kekurangan BRI Junio
Kelebihan dan Kekurangan BRI Junio

Setiap bank pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam memberikan produk layanan kepada nasabah. Sama halnya dengan BRI, bank ini sudah cukup lama melayani masyarakat dengan berbagai jenis tabungan seperti BRI Simpedes dan BritAma.

Lalu dihadirkan BRI Junio, produk tabungan yang dikhususkan untuk anak-anak dan remaja. Keberadaannya pun mulai diperhitungkan dan bisa kita lihat melalui peminat tabungan ini. Mungkin anda salah satu orang tua yang berencana membuka tabungan untuk anak-anak lantas mencari tau kelebihan dan kekurangan BRI Junio.

Baca Juga :  10 Rekomendasi Merk Kopi Rendah Kalori Terbaik yang Cocok saat Diet

Kelebihan dan kekurangan BRI Junio membantu para wali memilih produk yang paling menguntungkan dan sesuai kebutuhan anak. Ini juga perlu untuk memnghindari produk yang mungkin penggunaan jangka panjangnya bisa merugikan. Oleh karena itu, mari temukan langsung kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan BRI Junio

Membahs kelebihan dan kekurangan BRI Junio, yang pertama kita bahas adalah kelebihan dari produk BRI Junio, berikut diantaranya:

1. Biaya Administrasi Rendah

BRI Junio memberikan keringanan untuk biaya administrasi. Saat membuka BRI Junio anda tidak perlu membayar biaya administrasi bulanan khusus pengguna usia dibawah 12 tahun. Sedangkan remaja usia 12-17 tahun BRI hanya memotong Rp5.000/bulan sebagai biaya administrasi.

2. Akses Lebih Mudah

Sebagai salah satu produk yang diperuntukkan bagi anak-anak dan remaja, BRI memberikan kemudahan akses melalui aplikasi mobile. Ini kelebihan BRI Junio yang wajib anda pertimbangkan karen nasabah bisa memantau rekening kapan saja dan dimana saja melalui layanan tersebut.

3. Program Reward dan Diskon

BRI seringkali menawarkan reward dan diskon kepada penggunanya saat event atau ketika nasabah melakukan transaksi perbankan sesuai syarat dan ketentuan berlaku. Tentu hal ini cukp menguntungkan dimana anda berkesempatan mendapat potongan dan reward hadiah dari merchant BRI.

4. Asuransi Kecelakaan

Salah satu keuntungan BRI Junio yaitu asuransi kecelakaan untuk mengcover nasabah dengan nilai pertanggungan sebesar 250% dari saldo akhir. Hanya saja untuk klaim asuransi harus sesuai ketentuan BRI, setidaknya nasabah memiliki saldo minimum Rp500.000. Nilai maksimum dari asuransi kecelakaan diri yang bisa diklaim Rp150.000.000.

Kekurangan BRI Junio

Membahas lanjut kelebihan dan kekurangan BRI Junio, inilah kelemahan tabungan anak BRI Junio yang perlu dipertimbangkan:

1. Target Usia Terbatas

BRI Junio diperuntukkan bagi anak-anak dan remaja sampai usia 17 tahun. Jadi anda tidak bisa membuka tabungan diluar batas usia yang disebutkan meskipun tertarik dengan fasilitas BRI Junio. Namun hal ini bukan masalah serius karena BRI mempunyai tabungan lain dengan benefit menggiurkan untuk orang dewasa seperti BritAma dan Simpedes.

Baca Juga :  10+Rekomendasi Helm Untuk Wanita Berhijab Yang Aman Dan Terbaru

3. Terbatasnya Layanan Perbankan

Produk ini tidak relevan untuk anda yang ingin mendapat pinjaman atau berinvestasi. BRI Junio hadir sebagai tabungan jangka panjang bagi anak-anak, jadi bukan alternatif bagi mereka yang membutuhkan pinjaman cepat atau memanfaatkan rekening untuk investasi.

3. Layanan Tidak Merata

Mengulik lebih lanjut kelebihan dan kekurangan BRI Junio, para wali juga perlu memahami layanan BRI ini tidak merata. Meskipun BRI memberikan klaim 9.500 unik kerja namun BRI Junio tidak tersedia di semua daerah, khususnya pedesaan dan lokasi terpencil.

Secara langsung hal ini berdampak bagi anak muda yang ingin membuka rekening BRI Junio, mereka perlu mengunjungi unit yang memang menyediakan layanan tersebut. Hal ini bisa anda pertimbangkan lebih lanjut atau mencari informasi valid di unit terdekat terkait rekening tabungan anak yang akan dibuka.

4. Wali Wajib Memiliki Tabungan BRI

Salah satu kelemahan BRI Junio pada syarat penggunaan rekening usia di bawah 12 tahun. BRI mewajibkan wali/orang tua membuka tabungan BRI (BritAma atau Simpedes) sebagai bentuk pertanggungjawaban. Sedangkan wali anak usia 12-17 tahun tidak perlu membuka rekening BRI untuk mengaktifkan tabungan Junio.

Bacaan menarik untuk anda Cara Buka Rekening Online Langsung Aktif Dan Tidak Ribet 2024

Syarat dan Cara Buka BRI Junio

Syarat dan Cara Buka BRI Junio
Syarat dan Cara Buka BRI Junio

Setelah membahas kelebihan dan kekurangan BRI Junio, saatnya mengetahui syarat dan cara buka rekening bagi anda yang berminat menggunakan BRI Junio sebagai wadah menabung dan mempermudah transaksi anak. Inilah syarat yang harus anda penuhi sebelum membuka rekening dan caranya:

1. Syarat Buka BRI Junio Nasabah Usia 0-12 Tahun

  • Belum memiliki identitas
  • Orang tua/wali wajib memiliki rekening tabungan BRI BritAma atau Simpedes. Apabila belum memiliki rekening, dapat melakukan pembukaan rekening terlebih dahulu
  • Mengisi form aplikasi pembukaan rekening
  • Kartu Keluarga atau akte kelahiran
  • Setoran awal Rp100.000
  • Dilakukan automatic fund transfer (AFT) yakni transfer dana otomatis dari rekening wali/orang tua.
Baca Juga :  Samsung M51 Harga dan Spesifikasi

2. Syarat Buka BRI Junio Nasabah Usia 12-17 Tahun

  • Melengkapi aplikasi pembukaan rekening
  • Sudah memiliki identitas kartu pelajar (membawa kartu asli)
  • Fotocopy KTP orang tua
  • Surat pernyataan orang tua yang menyatakan setuju dan mengetahui permohonan pembukaan rekening dan melakukan transaksi di BRI
  • Setoran awal senilai Rp150.000

Apabila semua syarat telah terpenuhi, wali dan calon pemilik rekening BRI Junio bisa mendatangi unit BRI terdekat. Anda bisa membuka rekening setelah dibantu customer service, jangan lupa bawalah rekening Simpedes atau BritAma milik orang tua untuk proses transfer dana otomatis sebagai setoran awal.

Beberapa Informasi Tentang BRI Junio

Beberapa Informasi Tentang BRI Junio
Beberapa Informasi Tentang BRI Junio

Di ujung pembahasan kelebihan dan kekurangan BRI Junio, berikut rangkuman ketentuan biaya dan limit tabungan BRI Junio yang perlu anda ketahui:

  • Setoran awal BRI Junio usia 0-12 tahun Rp100.000
  • Setoran awal BRI Junio usia 12-17 tahun Rp150.000
  • Minimal setoran selanjutnya Rp10.000
  • Saldo minimal yang ditahan Rp50.000
  • Biaya administrasi bulanan BRI Junio usia 0-12 tahun Rp0 (gratis)
  • Biaya administrasi bulanan BRI Junio usia 12-17 tahun Rp5.000/bulan
  • Biaya kartu ATM Rp500
  • Tambahan biaya administrasi saldo dibawah jumlah minimum Rp10.000
  • Limit tarik tunai di ATM Rp5.000.000
  • Limit transaksi antar cabang Rp300.000.000/hari
  • Limit tarik tunai Rp5.000.000 per hari
  • Limit transaksi di merchant PIN Rp10.000.000
  • Limit transfer sesama BRI via ATM Rp20.000.000
  • Limit transfer sesama BRI via Mobile Banking Rp1.000.000
  • Limit transfer sesama BRI via Internet Banking Rp20.000.000
  • Limit transfer antarbank via Mobile Banking Rp1.000.000
  • Limit transfer antarbank via ATM Rp10.000.000
  • Limit transfer antarbank via Internet Banking Rp10.000.000

Akhir Kata

Kelebihan dan Kekurangan BRI Junio
Kelebihan dan Kekurangan BRI Junio

Dengan memahami kelebihan dan kekurangan BRI Junio kini sobat bisa mempertimbangkan pembukaan tabungan khusus anak dari BRI atau mencari produk bank lain yang lebih kompleks menurut persepsi anda.

Jika ingin buka rekening untuk keperluan menabung dan mempermudah transaksi anak, BRI Junio bisa anda gunakan. Namun rekening ini tidak mendukung pinjaman atau investasi apapun. Jadi, membuka rekening ini tidak disarankan bagi nasabah/wali yang sewaktu-waktu ingin investasi dan mengajukan pinjaman untuk masa depan anak.

Artikel Menarik Lainnya