7 Cara Menghilangkan Cat Rambut di Tangan yang Sulit Dihilangkan

Cara menghilangkan cat rambut di tangan

Cara menghilangkan cat rambut di tangan tidak sulit dilakukan apabila segera dibersihkan begitu tanganmu terkena cat rambut. 

Namun, jika kamu menundanya hingga cat rambut di tangan mengering maka butuh usaha ekstra untuk menghilangkannya. Di bawah ini adalah usaha-usaha ekstra yang kamu perlukan untuk membersihkan tangan dari cat rambut. 

Cara Cepat Menghilangkan Cat Rambut di Tangan

Terdapat 7 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan cat rambut secara cepat. Kamu bisa memilih salah satu maupun melakukan semuanya. 

1. Cuci Tangan Menggunakan Sabun Batang

Sabun batang lebih ampuh dalam membersihkan noda dibandingkan sabun cair karena pada sabun batang terkandung lebih banyak minyak. 

Selain itu, ketika kamu menggunakan sabun batang maka terjadi proses menggosok yang lebih banyak agar sabun menghasilkan busa. Sementara ketika menggunakan sabun cair, proses menggosok terjadi lebih sedikit. 

Proses menggosok tangan tersebut lebih cepat menghilangkan noda akibat cat rambut. Gosok tanganmu selama lebih dari 1 menit. Bilas, lalu ulangi lagi selama 1 menit. 

Jika cat rambut tidak segera hilang maka ulangi lagi setelah 5 jam. Tidak perlu terlalu sering mencuci tangan. 

2. Gunakan Soda Kue

Pada tips perawatan tubuh, soda kue banyak dianjurkan untuk memutihkan gigi. Artinya, soda kue mampu mengangkat noda dengan cukup baik sehingga dapat kamu gunakan untuk membersihkan cat rambut dari tangan. 

Cara menggunakannya adalah dengan menambahkannya pada telapak tangan ketika kamu mencuci tangan baik menggunakan sabun batang maupun sabun cair. 

Baca Juga :  7 Resep Lulur Pemutih Kulit Alami untuk Badan

Teksturnya yang sedikit kasar dapat bekerja sebagai scrub yang akan mengangkat sel kulit mati yang sudah bercampur dengan cat rambut. 

3. Bersihkan Menggunakan Pembersih Cat Kuku

Jika kedua cara di atas tidak juga berhasil maka kamu bisa menggunakan pembersih cat kuku. 

Tuang pembersih cat kuku pada kapas, lalu usapkan secara halus dan merata ke bagian tangan yang terkena cat rambut. Usap secara terus-menerus selama 5 menit hingga cat rambut pudar lalu bilas tangan menggunakan air bersih. 

4. Bersihkan Tangan Menggunakan Milk Cleanser

Milk cleanser merupakan pembersih wajah yang sering digunakan untuk membersihkan make up sehingga kamu dapat mencobanya untuk membersihkan cat rambut di tangan. 

Cara menggunakan milk cleanser untuk membersihkan tangan dari cat rambut sangat mudah, sama seperti membersihkan wajah.  Cukup oleskan milk cleanser pada bagian tangan yang terkena cat. Lalu bersihkan tangan tersebut menggunakan kapas. 

Lakukan sebanyak 2 kali. Jika masih belum bersih, ulangi di hari berikutnya. Tidak perlu membersihkannya berulang kali di hari yang sama. 

5. Gunakan Minyak Zaitun

Jika tidak ada milk cleanser maka kamu bisa menggantinya dengan minyak zaitun. Usapkan minyak zaitun pada seluruh kulit tangan yang terkena cat rambut. Gosok-gosok tanganmu hingga cat rambut tersebut luntur. 

Bersihkan tangan menggunakan kapas maupun tisu. Lalu cuci tangan menggunakan sabun, lalu bilas dengan air bersih. 

Sementara itu, jika kamu juga tidak memiliki minyak zaitun maka kamu dapat menggantinya dengan petroleum jelly. 

Kamu dapat melakukan langkah ini sehari 2 hingga 3 hari karena minyak zaitun maupun petroleum jelly tidak akan membuat tangan kering. Tanganmu justru menjadi lembap. 

Baca Juga :  12 Cara Merawat Rambut Catok Agar Tetap Lurus Seharian

6. Gunakan Makeup Remover

Make up remover merupakan cairan yang dirancang khusus untuk membersihkan make up wajah yang bersifat waterproof yang bahkan sulit dihilangkan menggunakan milk cleanser. 

Jika make up remover mampu menghilangkan make up yang sulit dibersihkan maka ia ampuh untuk membersihkan cat rambut di tangan. 

Cara menggunakan make up remover untuk menghilangkan cat rambut adalah tuangkan secukupnya pada kapas. Lalu gosok tanganmu menggunakan kapas tersebut secara perlahan sambil ditekan agar cat rambut benar-benar terangkat. 

Lakukan langkah ini sehari dua kali. Kamu bisa melakukannya kapanpun, tidak ada waktu khusus yang diwajibkan. 

7. Bersihkan Menggunakan Detergen Bubuk

Detergen bubuk sudah pasti sangat ampuh membersihkan noda membandel pada pakaian maka kamu juga dapat menggunakannya untuk membersihkan tangan dari cat rambut. 

Namun, detergen bubuk memiliki kandungan yang keras, maka pilihlah detergen yang diklaim tidak akan menimbulkan alergi pada kulit tangan. 

Cara menggunakan detergen untuk membersihkan cat rambut adalah:

  • Tuangkan satu sendok makan detergen ke telapak tangan
  • Beri air. Lalu usap telapak tangan hingga detergen sedikit berbusa
  • Lalu gosokkan telapak tanganmu pada bagian tangan yang terkena detergen
  • Bilas menggunakan air dingin hingga benar-benar bersih
  • Setelah cuci tangan menggunakan detergen, jangan lupa untuk menggunakan body lotion agar tangan tidak kering

Apabila cat rambut masih tersisa maka ulangi lagi di hari berikutnya. Jangan mengulanginya di hari yang sama karena tanganmu bisa sangat kering bahkan kulit bisa terkelupas. 

Artikel Lainnya : 6 Cara Mendapatkan Sampel Kosmetik Gratis yang Bisa Kamu Coba

Cara menghilangkan cat rambut di tangan tersebut tidak ada yang instan. Oleh karena itu kamu harus bersabar. Lakukan secara rutin selama 2-4 hari berturu-turut hingga tangan benar-benar bersih dari noda cat rambut. 

Baca Juga :  8 Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Awet, Rambut Tetap Lembut Hingga 6 Bulan

Artikel Menarik Lainnya