12 Cara Merawat Rambut Catok Agar Tetap Lurus Seharian

Cara Merawat Rambut Catok Agar Tetap Lurus

Meluruskan rambut menggunakan catokan, tidak seawet meluruskan rambut hasil rebonding maupun smoothing. Pada beberapa kasus, hanya bertahan sehari. Cara merawat rambut catok agar tetap lurus berikut akan membuat rambut yang sudah dicatok lurus hingga berhari-hari.

Tips Membuat Rambut yang Dicatok Tetap Lurus

1. Gunakan Catokan Berkualitas

Kualitas catokan sangat penting. Beberapa catokan berharga murah biasanya panasnya tidak merata. Tentu ini akan mempengaruhi hasil catokan.

Ini sama kompor induksi. Ketika panas kompor induksi tidak merata maka hasil masakan tidak akan sempurna. Begitu pula dengan catokan yang panasnya tidak merata. 

Oleh karena itu pilihlah catokan berkualitas. Jika brand-brand barang-barang elektronik ternama menerbitkan catokan maka pilihlah catokan dari brand-brand tersebut. 

2. Pilih Material Catokan

Selain kualitas catokan, material pembuatan catokan juga akan mempengaruhi kinerjanya dalam meluruskan rambut. 

Jika rambutmu sehat dan normal maka kamu bisa menggunakan catokan dari bahan apapun. Sementara jika rambutmu keriting dan sulit diatur maka pilihlah catokan berbahan metal. 

Bahan yang dimaksud adalah bahan plat atau bagian dalam catokan yang akan menyentuh rambutmu. Sementara bagian badannya tidak akan mempengaruhi kualitas catokan, kamu dapat memilih catokan dengan body berbahan apapun. 

3. Luruskan Rambut Sedikit Demi Sedikit

Ketika meluruskan rambut menggunakan catokan, ambil lah helai rambut sedikit demi sedikit secara tipis.  Jangang langsung mencatok dalam jumlah banyak. 

Baca Juga :  7 Cara Menghilangkan Cat Rambut di Tangan yang Sulit Dihilangkan

Mencatok rambut dalam jumlah banyak, artinya rambut yang dicatok sangat tebal. Proses pelurusan rambut menjadi sangat lama sehingga membuat kinerja catokan tidak maksimal.

Ini mirip seperti setrika pakaian. Ketika pakaian yang disetrika sangat tebal maka butuh waktu lama hingga pakaian tersebut halus. 

Ambil rambut selebar 3 ruas jari tangan apabila rambutmu tipis, jika rambutmu tebal ambil 2 ruas jari. Jika sudah lurus, ambil rambut lain yang belum dicatok. 

4. Berikan Tekanan Pada Rambut

Saat mencatok rambut, jangan hanya menjepit rambut dengan catokan lalu menggerakkan catokan tersebut. Berilah penekanan pada rambut ketika kamu menggerakkan catokan. Tidak perlu takut, langkah ini tidak akan membuat rambutmu rusak. 

Menekan menekan rambut ketika mencatoknya justru akan membuat rambut lebih mudah diluruskan. Terutama jika jenis rambutmu keriting. 

Tekan dari ujung rambut atas, diamkan sesaat–jangan terlalu lama karena dapat merusak rambutmu–lalu geser catokan ke bawah dengan penekanan lalu tahan sesaat, geser lagi. Begitu seterusnya hingga seluruh rambutmu lurus. 

5. Hati-Hati, Catokan Rambut Bisa Membuat Rambut Keriting

Catokan rambut tidak hanya berfungsi untuk meluruskan rambut. Catokan juga bisa digunakan untuk mengeritingkan rambut. Jadi, jangan sampai kamu salah menggerakkan catokan karena rambutmu justru akan keriting. 

6. Gunakan Serum Rambut

Mempertahankan rambut lurus hasil pencatokan bukan hanya tergantung pada kualitas catokan dan teknik mencatok. Kondisi rambutmu juga akan mempengaruhinya. 

Setelah selesai mencatok rambut, gunakan serum rambut terutama yang berfungsi untuk meluruskan rambut. Serum, sebaiknya digunakan pada bagian akar rambut. Sehingga langsung teteskan pada kulit kepalamu. Lalu ratakan serum tersebut dengan cara menyisir rambut. 

Baca Juga :  3 Cara Pengujian Kosmetik Beserta Biaya Uji Laboratorium

7. Gunakan Sisir Berbahan Nilon

Nilon yang bergesek dengan rambut akan menghasilkan listrik statis secara alami. Hal ini akan membuat rambutmu lebih mudah disisir. Tidak perlu khawatir, listrik tersebut dayanya sangat kecil. Kamu tidak akan tersetrum. 

8. Kamu Mungkin Tertarik dengan Sisir Pelurus Rambut

Selain menggunakan sisir rambut berbahan nilon, kamu bisa menggunakan sisir pelurus rambut. Sejatinya, sisir ini mirip dengan catokan rambut. Namun, alih-alih berbentuk capitan, ia berbentuk selayaknya sisir. 

Ketika menggunakan sisir ini, kamu tidak perlu mendiamkannya seperti saat mencatok rambut. Sisir saja rambutmu seperti biasanya. 

9. Semprotkan Hair Spray

Hair spray merupakan salah satu haircare yang digunakan untuk mempertahankan suatu gaya rambut agar tidak berantakan. Seringnya digunakan pada model rambut yang akan digelung. 

Kamu juga bisa menggunakannya pada rambut yang telah dicatok. Menyemprotkan hair spray akan membuat rambut lurusmu awet hingga 2 hari (selama kamu tidak keramas). Akan tetapi, rambutmu akan terlihat kaku. 

10. Ganti Sarung Bantal yang Mengkilap

Tahukah kamu? Ternyata jenis sarung bantal dapat mempengaruhi kondisi rambutmu. Ketika kamu bangun tidur pasti rambutmu akan berantakan. 

Sarung bantal dari bahan yang mengkilap seperti sutra akan meminimalisir rambut kusut saat bangun tidur sehingga rambut lurusmu dapat bertahan lebih lama. Jadi, segera ganti sarung bantal dengan sarung yang mengkilap.

11. Keringat Membuat Rambut Lurus Tidak Awet

Keringat membuat rambut lurus terutama hasil catokan cepat rusak. Maka setelah mencatok rambut, usahakan menghindari kegiatan yang dapat menyebabkan kepala berkeringat. 

Bila kamu rutin melakukan kegiatan yang menyebabkan mudah berkeringat seperti gym, olahraga outdoor, dan kegiatan lainnya maka tunda sesaat demi mempertahankan rambut lurusmu. 

Baca Juga :  8 Cara Merawat Rambut Smoothing Agar Awet, Rambut Tetap Lembut Hingga 6 Bulan

12. Keramas Saat Hasil Catokan Mulai Hilang

Keramas sudah pasti dapat membuat rambut yang lurus hasil dari catokan kembali ke bentuk semula. Oleh karenanya, hindari keramas setelah mencatok rambut.Keramas lah setelah hasil catokan terlihat mulai kembali ke bentuk semula. 

Artikel Lainnya : Simak! 11 Efek Samping Memakai Cream Collagen Asli dan Palsu Bagi Kesehatan

Cara merawat rambut catok agar tetap lurus di atas dapat mempertahankan kelurusan rambut 2 hingga 3 hari. Jika kamu berharap rambut lurus hingga berbulan-bulan maka sebaiknya lakukan smoothing maupun rebonding.

Artikel Menarik Lainnya