5 Cara Mengembalikan IG Yang Di Hack Tanpa Email Dan Nomor Handphone: Mudah, Praktis, dan Dijamin Berhasil!

Akun IG anda di hack? Jangan khawatir! Dalam artikel ini kami akan menunjukkan beberapa cara mengembalikan IG yang di hack melalui langkah-langkah yang sederhana.

Akun Instagram yang diretas dapat menjadi pengalaman yang mengejutkan, mengkhawatirkan dan mengganggu bagi siapa pun yang mengalaminya. Namun dengan langkah-langkah yang tepat dan respon cepat, anda dapat memulihkan kembali akun Ig anda dan mengamankan nya dari akses yang tidak sah.

Sekilas mengenai Akun IG yang Di Hack

Akun Instagram Di Hack
Akun Instagram Di Hack

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengembalikan IG yang di hack tanpa email dan nomor handphone, kami akan membahas sekilas terlebih dahulu mengenai akun IG yang di hack.

Akun IG di hack merupakan suatu keadaan dimana seseorang yang tidak sah telah mendapatkan akses ke akun instagram seseorang tanpa izin. Ketika akun IG di hack, orang yang mengendalikan akun tersebut dapat mengubah informasi profil, posting konten yang tidak diinginkan, mengirim pesan kepada pengikut, dan bahkan mengakses informasi pribadi pengguna yang tersimpan sebelumnya dalam akun.

Kenapa Akun IG Bisa Di Hack?

Ada beberapa penyebab atau alasan kenapa akun Instagram seseorang bisa di hack, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Penggunaan Sandi yang Lemah

Pemicu yang paling sering terjadi menyebabkan akun IG di hack adalah karena penggunaan sandi yang lemah. Penggunaan sandi yang mudah ditebak dapat membuat akun lebih rentan terhadap serangan kata sandi oleh orang-orang yang ahli dalam bidangnya/ hacker.

2. Kebiasaan Login dari Berbagai perangkat (kelalaian Logout)

Kebiasaan login dari berbagai perangkat sebenarnya tidak secara langsung menjadi penyebab akun Instagram di hack.

Namun apabila anda lupa mengeluarkan akun IG anda yang anda login kan lewat perangkat lain, maka itu dapat meningkatkan risiko keamanan akun, yang mana akun IG anda dapat dengan lebih mudah diretas atau di ambil alih orang lain/ pengguna selanjutnya perangkat yang anda gunakan login akun Ig.

Baca Juga :  Cara Membuat Status WA Panjang Tanpa Terpotong Tanpa Aplikasi dengan Cepat

3. Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga yang Tidak Aman

Penggunaan aplikasi pihak ketiga yang tidak aman (aplikasi ilegal) yang meminta informasi login akun IG juga dapat menyebabkan akun IG diretas. Oleh karena itu, berhati-hatilah ketika ingin mendownload sebuah aplikasi!

4. Phishing

Teknik Phishing melibatkan upaya untuk memperoleh informasi login dengan cara menipu pengguna untuk memalsukan detail akun mereka ke situs palsu yang meniru platform resmi. Phishing ini umumnya terjadi ketika pengguna mengakses situs-situs tidak resmi atau berbahaya, atau bisa juga karena sembarangan mengklik link.

5. Serangan Brute Force

Serangan brute force yaitu suatu upaya yang mana si penyerang mencoba semua kombinasi kata sandi yang mungkin sampai menemukan yang cocok dengan akun. Hal seperti ini biasanya terjadi karena penggunaan kata sandi yang sama pada berbagai akun milik pribadi.

6. Penggunaan Wi-Fi Publik

Alasan terakhir kenapa akun IG bisa di hack adalah bisa juga karena penggunaan WiFi publik. Perlu diketahui bahwa penggunaan WiFi publik memiliki risiko informasi login berbagai akun termasuk akun sosial media pengguna disadap oleh penyerang.

Ciri-Ciri Akun IG di Hack

Ada beberapa ciri-ciri yang bisa mengindikasikan bahwa akun Instagram anda mungkin telah di hack atau diakses oleh pihak lain yang tidak sah, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tidak dapat login ke akun IG ∼ Ketika akun IG telah di hack, maka pemilik akun asli akan mengalami kesulitan untuk login ke akun meskipun menggunakan informasi login yang benar. Ini terjadi karena perubahan sandi, email atau informasi akun lainnya oleh penyerang.
  2. Perubahan informasi profil ∼ Terdapat perubahan informasi profil tanpa sepengetahuan anda  seperti pada nama pengguna, foto profil, bio, atau informasi profil lainnya.
  3. Terdapat aktivitas aneh ∼ Postingan atau cerita, bisa berupa gambar, teks atau tautan yang tidak anda posting muncul di akun Instagram anda.
  4. Follow akun pengguna lain tanpa sepengetahuan pemilik akun asli ∼ Secara tiba-tiba akun anda mengikuti akun pengguna lain yang bahkan mungkin tidak anda kenali sama sekali.
  5. Pengiriman pesan ∼ Pesan-pesan yang tidak anda kirim muncul di kotak masuk anda, atau teman-teman anda menerima pesan dari akun Ig anda, namun bukan anda yang mengirimkan.
Baca Juga :  7 Cara Menghemat Token Listrik Non Subsidi Paling Efektif

Cara Mengembalikan IG yang Di Hack

Cara Mengembalikan IG yang Di Hack
Cara Mengembalikan IG yang Di Hack

Cara mengembalikan IG yang di hack sebenarnya cukup mudah, jika si hacker atau orang yang meretas akun Ig anda belum mengganti email maupun nomor ponsel yang tertaut dalam akun Ig yang diretas.

Berikut langkah-langkah dalam cara mengembalikan Ig yang di hack:

  1. Login Instagram seperti biasa.
  2. Pilih opsi ‘Lupa Password/ Forgotten Password’.
  3. Lalu masukkan lah username akun Ig anda, nomor ponsel dan email yang tertaut dalam akun.
  4. Tunggu dalam beberapa saat, kamu akan mendapatkan tautan ‘Reset Password’ dari Instagram yang dikirim melalui SMS ke nomor ponsel kamu atau pun lewat email.
  5. Klik tautan yang dikirimkan, kemudian ubahlah kata sandi akun Instagram anda.
  6. Selesai! Sekarang silahkan login Instagram kembali menggunakan password yang baru saja kamu ganti.

Cara Mengembalikan IG yang Di Hack Tanpa Email dan Nomor Hanphone

Seperti yang telah anda lihat sendiri pada langkah-langkah dari cara mengembalikan IG yang di hack diatas, kunci keberhasilan nya adalah anda harus memiliki akses ke nomor ponsel maupun email anda yang tertaut dalam akun Instagram yang diretas.

Lantas bagaimanakah jika ternyata anda tidak lagi memiliki akses ke nomor ponsel dan email anda yang terdaftar dalam akun Ig? Jangan khawatir, berikut ada 2 cara mengembalikan IG yang di hack tanpa email dan nomor handphone:

  • Melalui Instagram Help Center

Cara mengembalikan IG yang di hack tanpa email dan nomor handphone yang pertama dapat dilakukan melalui pusat bantuan Instagram atau Instagram Help Center. Berikut ini kami sajikan langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi situs https://help.instagram.com/
  2. Pilih menu ‘Privasi, Keamanan dan Pelaporan
    Cara Mengembalikan IG yang Di Hack Tanpa Email dan Nomor Hanphone
  3. Selanjutnya, pilih menu ‘Login dan Kata Sandi
  4. Lalu pilih opsi ‘Akun Instagram yang Diretas
    Cara Mengembalikan IG yang Di Hack Tanpa Email dan Nomor Hanphone
    Cara Mengembalikan IG yang Di Hack
  5. Klik tanda panah yang berada di samping tulisan ‘Jika Anda Menduga Akun Instagram Anda telah Diretas
  6. Akan tampil penjelasan terkait akun IG diretas. Klik lah link warna biru yang diberi tulisan ‘Kunjungi Halaman ini
  7. Selanjutnya anda akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan atau dimintai informasi akun IG. Pastikan anda menjawab dengan benar agar dapat membuktikan bahwa anda adalah pemilik akun yang asli.
    Cara Mengembalikan IG yang Di Hack Tanpa Email dan Nomor Hanphone
  8. Ikuti intruksi selanjutnya hingga akun Instagram anda berhasil dipulihkan kembali.
  • Aktifkan Kembali Nomor Ponsel

Jika kedua cara mengembalikan IG yang di hack diatas tidak dapat berhasil memulihkan akun Ig anda, maka anda bisa mencoba alternatif terakhir yaitu dengan mengaktifkan kembali nomor ponsel anda sesuai dengan jenis kartu provider yang anda gunakan.

Baca Juga :  8+ Cara Mendapatkan Kuota Gratis Tri Tanpa Pulsa Terbaru 2024

Misalnya, jika nomor yang terdaftar dalam akun Instagram anda adalah nomor Telkomsel, dan nomor tersebut telah mati, maka aktifkan lah dengan mengunjungi GraPARI atau melalui langkah pengaktifan kembali nomor Telkomsel secara online.

Dengan mengaktifkan kembali nomor ponsel yang terdaftar dalam akun Ig, anda bisa dengan mudah melakukan langkah pemulihan akun, karena seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya dalam langkah pemulihan akun diperlukan nomor ponsel maupun email pengguna.

Tips Menghindari Akun Instagram di Hack

Setelah membagikan sejumlah cara mengembalikan IG yang di hack, selanjutnya kami juga akan memberikan panduan tentang bagaimana tips menghindari akun Instagram di hack. Setidaknya ada 6 tips yang dapat anda lakukan untuk melindungi akun dari tangan hacker, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan kata sandi yang kuat atau sulit ditebak, dari kombinasi huruf besar, angka, huruf kecil, dan simbol unik.
  2. Waspadai phishing. Berhati-hatilah terhadap pesan atau email mencurigakan yang meminta informasi login atau mengarahkan anda ke situs web ilegal/ palsu yang menyerupai Instagram.
  3. Pertimbangkan untuk menggunakan WiFi publik. Sebaiknya hindarilah login akun Instagram jika anda menggunakan koneksi internet melalui WiFi pubik
  4. Aktifkan verifikasi dua langkah, yaitu keamanan tambahan selain kata sandi yang akan diminta setiap kali login akun.
  5. Jaga kerahasiaan informasi pribadi akun. Hindari membagikan informasi pribadi yang sensitif di berbagai layanan sosial media kepada siapapun termasuk saudara atau orang terdekat anda.
  6. Gunakan fitur keamanan Instagram seperti fitur untuk membatasi siapa yang dapat mengirim pesan langsung, membatasi komentar, atau menyembunyikan cerita dari orang-orang tertentu.

Akhir Kata

Cara Mengembalikan IG Yang Di Hack
Cara Mengembalikan IG Yang Di Hack

Akun Instagram yang di retas dapat membawa banyak dampak buruk bagi pemilik akun. Oleh karena itu, perlu tindakan yang cepat dan kesadaran akan potensi ancaman.

Jika setelah mengikuti beberapa cara mengembalikan IG di hack seperti yang telah kami jelaskan diatas tidak berhasil memulihkan akun Ig kamu, maka kami menyarankan agar sebaiknya kamu menghapus saja akun Instagram kamu secara permanen, lalu membuat akun IG yang baru dengan keamanan yang kuat.

Artikel Menarik Lainnya