3 Cara Mengecilkan Volume Video Call Whatsapp Dengan mudah!

Mengetahui tentang cara mengecilkan volume video call WhatsApp dapat menjadi langkah untuk meningkatkan kenyamanan anda dalam berkomunikasi lewat WhatsApp.

dalam artikel ini, kami akan membantu anda untuk mengecilkan volume video call WhatsApp dengan mudah dan efektif, sehingga dapat menikmati percakapan tanpa gangguan suara yang terlalu keras. Nah oleh karena itu, pastikan kamu mengikuti penjelasan kami sampai habis ya sobat Beadaily!

Sekilas Mengenai Video Call WhatsApp

Video Call WhatsApp
Video Call WhatsApp

Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai cara mengecilkan volume video call WhatsApp, kami akan membahas terlebih dahulu sekilas tentang fitur video call WhatsApp.

Video call WhatsApp adalah salah satu fitur WhatsApp yang memungkinkan pengguna WhatsApp untuk dapat melakukan panggilan video secara langsung dengan kontak mereka.

Fitur ini dapat digunakan untuk video call secara personal maupun grup. Bahkan lebih menakjubkan lagi, aplikasi WhatsApp ini mengizinkan panggilan video dalam grup hingga 32 peserta. Jadi anda sangat mendukung sekali digunakan jika anda ingin mengobrol lewat video call dengan keluarga maupun teman-teman anda.

Apakah Volume Video Call WhatsApp Bisa Dikecilkan?

Salah satu permasalahan yang sering dialami pengguna ketika menggunakan fitur video call WhatsApp adalah volumenya yang secara otomatis besar. Lantas, apakah volume video call WhatsApp dapat dikecilkan? Tentu saja bisa sahabat Beadaily!

Baca Juga :  Cara Menambah Followers TikTok dalam 1 Menit

Ada berbagai cara yang dapat anda lakukan untuk mengecilkan volume video call WhatsApp. Jadi anda tidak perlu khawatir volume video call WhatsApp anda mengganggu terhadap orang-orang sekitar, terutama saat anda dan teman anda sedang membicarakan seseorang yang sebenarnya sedang berada di dekat anda, namun tidak diketahui oleh lawan bicara anda.

Cara Mengecilkan Volume Video Call WhatsApp

Terdapat beberapa cara mengecilkan volume video call WhatsApp yang dapat anda lakukan dengan mudah dan praktis, diantaranya kami jelaskan sebagai berikut.

  • Lewat Tombol Volume Down

Cara Mengecilkan Volume Video Call WhatsApp
Cara Mengecilkan Volume Video Call WhatsApp

Cara mengecilkan volume video call WhatsApp yang pertama dan paling simpel adalah menggunakan tombol volume down/ bawah. Berikut langkah-langkahnya kami tampilkan:

  1. Ketika panggilan video call WhatsApp telah terhubung dengan volume suara yang terlalu kuat, maka
  2. Tekanlah tombol Volume bawah untuk mengecilkan volume suara.
  3. Tekan hingga mencapai volume suara yang anda inginkan.
  4. Namun perlu diingat, bahwa volume video call WhatsApp tidak dapat di setel hingga habis.
  5. Oleh karena itu, jika anda ingin menghilangkan semua volume video call WhatsApp, maka langsung saja tekan tombol ‘Mute’ yang berada di sebelah kiri tombol mematikan Video Call.
  • Cara Mengecilkan Volume Video Call WhatsApp Jika Tombol Volume Bawah Rusak

Cara Mengecilkan Volume Video Call WhatsApp
Cara Mengecilkan Volume Video Call WhatsApp

Cara sebelumnya akan berhasil jika tombol fisik perangkat masih dapat berfungsi dengan baik. Lantas, bagaimanakah cara mengecilkan volume video call WhatsApp jika ternyata tombol volume down HP anda telah rusak?

Jangan khawatir, masalah tersebut dapat teratasi dengan mudah jika tombol volume atas (Up) ponsel anda masih bagus.

Berikut kami tunjukkan langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol volume atas.
  2. Lalu klik ikon titik 3 horizontal yang berada di bagian paling bawah.
  3. Geser slider volume media ke tingkat yang diinginkan.
  • Cara Mengecilkan Volume Video Call WhatsApp Lewat Pengaturan (Jika Kedua Tombol Volume Tidak Berfungsi)

Cara Mengecilkan Volume Video Call WhatsApp
Cara Mengecilkan Volume Video Call WhatsApp

Apabila kedua tombol volume HP anda telah rusak, maka anda bisa mencoba cara mengecilkan volume video call WhatsApp yang selanjutnya yakni melalui menu setelan perangkat.

Baca Juga :  3 Cara Mengembalikan Akun IG yang Dihapus Permanen

Berikut langkah-langkahnya kami tunjukkan:

  1. Saat panggilan video call WhatsApp telah terhubung dengan volume yang tinggi, tariklah layar dari atas ke bawah untuk menemukan tombol Setelan.
  2. Klik tombol/ ikon ‘Setelan’ yang biasanya terletak di sudut kanan atas.
  3. Pilih opsi pengaturan ‘Suara & Getaran’
  4. Atur volume media dengan menggeser slider ke tingkat yang diinginkan.

Kenapa Volume Video Call WhatsApp Tidak Bisa diKecilkan

Sudah mengikuti beberapa cara mengecilkan volume video call WhatsApp diatas namun satu pun tidak ada yang berhasil? Saat kondisi seperti ini, anda tentu akan bertanya ‘kenapa volume video call WhatsApp tidak bisa dikecilkan’

Nah, ada beberapa penyebab volume video call WhatsApp tidak bisa dikecilkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Masalah pada Aplikasi WhatsApp

Penyebab yang pertama adalah karena adanya masalah pada aplikasi WhatsApp anda. Situasi ini dapat terjadi oleh berbagai faktor, termasuk: karena aplikasi WhatsApp telah kadaluwarsa, penumpukan cache pada aplikasi WhatsApp, atau  bisa juga karena penyimpanan WhatsApp yang penuh.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah seperti ini, ada beberapa upaya yang dapat anda lakukan, yaitu:

  1. Keluarkan WhatsApp dari daftar aplikasi sedang berjalan, lalu buka kembali.
  2. Periksa apakah WhatsApp anda sudah kadaluwarsa. Jika iya, perbarui aplikasi ke versi terbaru.
  3. Hapus Cache yang mungkin telah menumpuk di aplikasi WhatsApp anda.
  4. Periksa penyimpanan WhatsApp apakah sudah penuh. Jika iya, hapuslah file yang sudah tidak dibutuhkan lagi, atau pindahkan ke tempat penyimpanan lain.
  • Masalah Perangkat

Selanjutnya, volume video call WhatsApp tidak dapat dikecilkan dapat juga disebabkan karena terjadi suatu masalah pada perangkat/ ponsel anda, misalnya seperti: bug system, software usang, penyimpanan perangkat penuh, pemasangan aplikasi ilegal/ berbahaya yang menyerang komponen dalam perangkat.

Baca Juga :  4 Cara Membuka Hp Xiaomi Yang Lupa Kata Sandi Dengan Panggilan Darurat

Masalah seperti ini dapat diatasi melalui beberapa langkah, diantaranya adalah:

  1. Restart atau mulai ulang perangkat anda. Caranya yaitu dengan menekan beberapa saat tombol power, lalu pilih opsi ‘mulai ulang’
  2. Perbarui sistem operasi ke versi yang terbaru.
  3. Kelola penyimpanan perangkat dengan baik.
  4. Hapus jika ada terpasang aplikasi berisiko/ ilegal.
  5. Jika keempat upaya tersebut tidak ada yang berhasil, langkah terakhir adalah melakukan factory sistem/ mengembalikan perangkat ke setelan pabrik.
  • Kesalahan dalam mengatur volume

Volume video call WhatsApp tidak dapat dikecilkan dapat juga disebabkan karena kesalahan dalam mengatur volume. Biasanya ada 3 pilihan pengaturan volume diantaranya adalah volume dering, alarm dan volume media.

Pastikan anda mengatur atau menggeser slider pada bagian volume media, bukan volume dering atau notifikasi.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi volume video call WhatsApp. Jika setelah melakukan beberapa upaya diatas, permasalahan terkait volume video call WhatsApp belum juga dapat teratasi, maka anda bisa menggunakan alternatif terbaik yaitu dengan menggunakan ‘Headset’ Dengan begitu maka orang lain tidak akan mendengarkan lagi pembicaraan anda bersama lawan bicara di video call.

Akhir Kata

Cara Mengecilkan Volume Video Call Whatsapp
Cara Mengecilkan Volume Video Call Whatsapp

Dengan mengikuti langkah-langkah dalam cara mengecilkan volume video call WhatsApp diatas, anda dapat mengatur volume suara video call dengan mudah, sehingga pengalaman komunikasi anda menjadi lebih nyaman.

Semoga ulasan kami dalam artikel ini dapat bermanfaat dan membantu anda untuk menikmati panggilan video call WhatsApp dengan volume yang optimal!

Artikel Menarik Lainnya