15 Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Cepat Habis

Dengan mengetahui cara memperbaiki baterai Hp yang cepat habis akan membuat Hp kamu aman dari berbagai penyebab yang kerap terjadi dengan berbagai pengalaman pengguna Hp yang memiliki Hp yang cepat habis dan mudah panas. Tak sedikit yang memiliki beberapa kendala pada Hp yang banyak digunakan para penggunaan yang berlebihan ataupun penggunaan Hp yang tidak banyak di pakai.

Namun mengapa Hp cepat habis?, Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan baterai Hp cepat habis dan panas. Kamu dapat membaca artikel ini sampai selesai beadaily akan memberikan penjelasan tentang penyebab dan cara memperbaiki baterai Hp yang cepat habis yang bisa kamu ketahui. Simak selengkapnya cara memperbaiki baterai Hp yang cepat habis yang mudah untuk di coba.

Baca juga Hp Ram 8gb Baterai 6000 Mah Dibawah 2 Jut

Faktor Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Cepat Habis
Faktor Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

Hp kini merupakan hal yang kerap menjadi kebutuhan yang cukup dominan digunakan dengan berbagai kebutuhan setiap penggunanya. Dengan teknologi yang terhubung yang mendukung manfaat yang dibutuhkan. Namun beberapa Hp memiliki beberapa kelemahan yang kerap membuat rasa tidak nyaman, yaitu baterai Hp yang cepat habis.

Berikut ini beberapa cara memperbaiki baterai Hp yang cepat habis untuk kamu yang kerap merasakan Hp sering cepat habis dan panas. Nah saat kamu Sering mengalami masalah dengan baterai Hp yang cepat habis berikut ini beberapa penyebab yang bisa menjadi masalah yang membuat baterai Hp cepat habis dan cepat panas.

  • Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang :Jika kamu menggunakan aplikasi yang terus-menerus berjalan di latar belakang dapat menguras daya baterai dengan cepat dan meningkatkan suhu Hp. Seperti penggunaan aplikasi media sosial, aplikasi pengoptimalisasi, atau aplikasi lain yang secara terus-menerus mengirim dan menerima data.
  • Koneksi Nirkabel yang Aktif: Saat kamu mengaktifkan koneksi nirkabel seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS yang tidak digunakan secara aktif dapat meningkatkan konsumsi daya baterai dan menyebabkan ponsel menjadi panas.
  • Kecerahan Layar yang Tinggi : Untuk kecerahan layar yang tinggi membutuhkan lebih banyak daya baterai. Jika layar Hp kamu selalu dalam keadaan cerah, ini dapat menyebabkan baterai cepat habis dan meningkatkan suhu ponsel.
  • Penggunaan Berat atau Bermain Game: Penggunaan berat seperti bermain game grafis tinggi atau menonton video dalam waktu lama, dapat meningkatkan beban kerja pada CPU dan GPU ponsel, yang kemudian akan menguras daya baterai dan menyebabkan ponsel menjadi panas.
  • Pengaturan Sinkronisasi yang Berlebihan : Adanya sinkronisasi yang berlebihan dengan akun cloud, email, atau aplikasi lainnya dapat menyebabkan ponsel terus-menerus berkomunikasi dengan server, yang menghabiskan daya baterai dan meningkatkan suhu ponsel.
  • Umur Baterai yang Sudah Lama :Baterai yang sudah menua atau rusak cenderung mengalami degradasi kinerja, yang dapat menyebabkan penurunan daya tahan baterai dan peningkatan suhu saat digunakan.
  • Mengaktifkan Hostpot Yang Lama : Dengan beberapa penyebab lainnya yang membuat baterai mudah habis yaitu karna mengaktifkan hostpot yang lama sehingga membuat baterai boros dan mudah habis. Dengan mengaktifkan hostpot dengan jangka yang lama membuat suhu ponsel dapat melonjak tinggi dan Hp mudah panas.
Baca Juga :  Batas Jam Top Up Shopeepay di Indomaret dan Panduan Lengkapnya

Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Cepat Habis

Ada beberapa cara memperbaiki baterai Hp yang cepat habis yang bisa kamu coba untuk memperbaiki masalah baterai HP yang cepat habis:

1. Atur Kecerahan Layar

Atur Kecerahan Layar
Atur Kecerahan Layar

Untuk cara memperbaiki baterai Hp yang cepat habis kamu bisa mengatur kecerahan layar. Kecerahan layar yang terlalu tinggi dapat menguras baterai dengan cepat. Atur kecerahan layar sesuai dengan kebutuhan kamu, atau gunakan fitur otomatis untuk menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan cahaya sekitar.

2. Periksa Penggunaan Aplikasi

Periksa Penggunaan Aplikasi
Periksa Penggunaan Aplikasi

Pastikan tidak ada aplikasi yang menggunakan terlalu banyak daya baterai secara berlebihan. Periksa pengaturan baterai di HP kamu untuk melihat aplikasi mana yang menggunakan daya baterai terbanyak dan adanya aplikasi yang sedang berjalan yang tidak digunakan.

3. Gunakan Mode Hemat Daya

Gunakan Mode Hemat Daya
Gunakan Mode Hemat Daya

Banyak HP memiliki mode hemat daya yang dapat mengurangi konsumsi daya baterai  untuk itu cara memperbaiki baterai Hp yang cepat habis dengan menggunakan mode hemat pada Hp dapat memperbaiki baterai Hp supaya tidak cepat habis. Serta dengan membatasi fungsi-fungsi tertentu. Aktifkan mode hemat daya saat baterai mulai menipis untuk memperpanjang masa pakai baterai.

4. Matikan Sinkronisasi Otomatis

Matikan Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis dengan akun email, media sosial, dan layanan cloud dapat mengkonsumsi daya baterai secara signifikan. Matikan sinkronisasi otomatis atau atur agar sinkronisasi hanya terjadi pada interval yang lebih panjang.

5. Pertimbangkan untuk Mengganti Baterai

Jika baterai HP kamu sudah cukup tua atau terjadi penurunan kinerja yang signifikan, pertimbangkan untuk menggantinya dengan baterai yang baru. Baterai yang sudah tua atau rusak cenderung memiliki masa pakai yang lebih pendek.

6. Perhatikan Penggunaan Aplikasi yang Berat

Beberapa aplikasi, seperti game dan aplikasi streaming video, dapat mengkonsumsi daya baterai dengan cepat. Gunakan aplikasi-aplikasi ini dengan bijak dan pertimbangkan untuk menggunakan mereka saat HP kamu terhubung ke daya atau memiliki baterai cadangan.

Baca Juga :  5+Cara Mendapatkan Kuota Gratis Smartfren Terbaru 2024

7. Hindari Overcharging

Hindari Overcharging

Jangan biarkan HP kamu terus-menerus terhubung ke charger setelah baterai terisi penuh. Ini dapat mempengaruhi umur baterai dalam jangka panjang. Lebih baik lepaskan charger setelah baterai sudah terisi penuh.

8. Hindari wallpaper bergerak

Supaya baterai HP lebih awet tidak cepat habis, disarankan untuk menggunakan wallpaper statis dan berwarna gelap untuk mengurangi produksi cahaya yang berpotensi membuat baterai HP mudah cepat habis dan jadi lebih mudah panas.

9. Mengecek Temperatur

Mengecek Temperatur

Kamu bisa letakkan HP dengan baik dan benar. kamu dapat menghindari tempat-tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin, karena suhu ekstrem dapat mempengaruhi daya tahan baterai.

10. Kurangi Menggunakan Aplikasi

Untuk cara memperbaiki baterai Hp yang cepat habis yang bisa memperbaiki baterai Hp kamu tidak cepat habis yaitu kamu bisa mengurangi aplikasi yang kurang penting atau pun aplikasi yang cukup jarang digunakan.

11.  Nonaktifkan Fitur yang Tidak Digunakan

Cara memperbaiki baterai Hp yang cepat habis selanjutnya yaitu kamu bisa non aktifkan fitur yang tidak digunakan. Menonaktifkan fitur seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan GPS saat tidak digunakan. Fitur-fitur ini dapat mengkonsumsi daya baterai secara signifikan jika tetap aktif terus-menerus. Karena beberapa aplikasi membutuhkan informasi terkait GPS yang membuat baterai Hp cepat habis.

12. Penggunaan WiFi dan Data

Untuk cara memperbaiki baterai Hp yang cepat habis selanjutnya bisa dengan mematikan penggunaan Wifi data seluler saat tidak digunakan. Dengan adanya Koneksi data yang aktif terus menerus dapat menguras daya baterai sehingga membuat baterai Hp akan cepat habis.

13. Menonaktifkan Fitur GPS

Selain dari mematikan peggunaan Wifi dan Data Pastikan kamu matikan GPS jika tidak diperlukan lagi atau gunakan hanya pada saat diperlukan saja. Dalam penggunaan GPS. Beberapa aplikasi membutuhkan informasi terkait GPS yang diperbarui setiap waktu, sehingga dapat membuat baterai HP cepat habis.

14. Mengaktifkan Mode Gelap

Mengaktifkan Mode Gelap

Dapat diketahui bahwa sebagian besar ponsel saat ini telah menggunakan layar OLED dan menyediakan mode tampilan seperti tema gelap dan terang, Dengan latar warna putih atau hitam atau dengan mode gelap, panel-panel pada ponsel tidak akan menyala saat layar menampilkan gambar hitam pekat, Jadi akan dapat menghemat daya dan penggunaan baterai Hp tidak cepat habis.

15. Mengindari Penggunaan Powerbank

Cara terbaik untuk membuat baterai tetap awet dan sehat adalah tidak dengan mengisi daya Hp kamu sebelum benar-benar habis ataupun mati.Dan cabutlah sampai pengisian baterai sudah mencapai 100 % terisi. Dan saat ponsel kamu sedang melakukan pengisian baterai jangan digunakan. Perangkat Powerbank bisa menyimpan baterai dan mengeluarkannya saat dibutuhkan. Namun akan dapat merusak baterai jika Hp kamu terlalui sering digunakan.

Baca Juga :  4 Cara Mendapatkan Kulkas Es Krim Walls Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Cepat Habis dengan Menggunakan Aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu memperbaiki masalah baterai HP yang cepat habis dengan mengelola penggunaan daya dan untuk meningkatkan masa pakai baterai.Berikut beberapa aplikasi yang dapat kamu pertimbangkan untuk cara memperbaiki baterai Hp yang cepat habis:

AccuBattery

AccuBattery

Aplikasi ini dapat memberikan informasi tentang kesehatan baterai dan statistik penggunaan daya. Ini juga memberikan notifikasi saat baterai sudah terisi penuh untuk mencegah overcharging, yang dapat membantu memperpanjang umur baterai.

Greenify

Greenify

Greenify membantu mengidentifikasi aplikasi mana yang menggunakan daya baterai terbanyak dan memberikan opsi untuk menghentikan aplikasi tersebut secara otomatis saat tidak digunakan. Hal ini dapat membantu menghemat daya baterai secara signifikan.

Battery Doctor

Battery Doctor

Aplikasi ini memiliki fitur untuk mengoptimalkan penggunaan daya dengan menghentikan aplikasi latar belakang yang tidak perlu dan memberikan saran tentang pengaturan baterai yang lebih hemat.

DU Battery Saver

DU Battery Saver

DU Battery Saver menawarkan berbagai mode hemat daya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Ini juga memiliki fungsi pengoptimalan baterai otomatis dan memungkinkan kamu untuk memantau penggunaan daya secara real-time.

GSam Battery Monitor

GSam Battery Monitor

Aplikasi ini memberikan informasi yang sangat rinci tentang penggunaan daya baterai oleh aplikasi dan proses sistem. Kamu dapat menggunakan informasi ini untuk mengidentifikasi aplikasi mana yang perlu dikurangi penggunaannya untuk menghemat baterai.

 

Penutup

Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Cepat Habis
Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Cepat Habis

Dengan menerapkan cara memperbaiki baterai Hp yang cepat habis diatas, Kamu dapat meningkatkan masa pakai baterai HP kamu secara signifikan dan memastikan perangkat tetap efisien dalam penggunaan daya. Selalu ingat untuk memantau penggunaan baterai secara berkala dan mengadaptasi pengaturan sesuai kebutuhan agar dapat menghindari masalah baterai yang cepat habis di masa depan. Jadi itulah beberapa cara memperbaiki baterai Hp yang cepat habis yang bisa kamu ketahui yang bisa memperbaiki baterai Hp supaya tidak cepat habis. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Menarik Lainnya