8 Penyebab Kenapa Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar Lengkap Cara Mengatasinya!

Menghadapi situasi dimana video di galeri tidak bisa diputar dapat menjadi pengalaman yang menjengkelkan, terutama saat sedang membutuhkan akses yang urgent ke video tersebut.

Ada berbagai faktor umum yang menyebabkan masalah ini. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa alasan kenapa video di galeri tidak bisa diputar dan cara mengatasinya.

Kenapa Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar

Mengetahui terlebih dahulu penyebab suatu permasalahan terjadi dapat memudahkan anda untuk menemukan cara mengatasi atau langkah penanganan yang tepat.

Nah, berikut ini kami akan menjelaskan beberapa penyebab kenapa video di galeri tidak bisa diputar. Pastikan anda mengikuti sampai akhir agar mendapatkan pemahaman yang sempurna!

  • Format Video Tidak Didukung

Kenapa Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar
Kenapa Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar

Penyebab pertama yang sering terjadi adalah karena format file tidak didukung. Perlu diketahui bahwa beberapa perangkat ada yang hanya mendukung format video tertentu. Hal ini biasanya ditandai dengan tanda seru/ peringatan pada sampul video.

  • File Video Rusak

Video di galeri tidak bisa diputar juga dapat disebabkan karena file video sudah rusak. Kerusakan video ini dapat terjadi karena berbagai faktor, misalnya seperti file video belum terunduh sempurna dalam perangkat, mematikan perangkat secara tiba-tiba saat sedang memutar video, dan faktor lainnya.

  • File Video telah Dihapus dari Penyimpanan Default

Manakala video yang hendak diputar diterima dari orang lain secara online, misalnya lewat WhatsApp, jika file video telah dihapus dari penyimpanan WhatsApp, maka video tersebut tidak akan dapat terputar lagi di galeri.

  • Kapasitas Penyimpanan Penuh

Perlu diketahui bahwa kapasitas penyimpanan perangkat yang penuh dapat mempengaruhi kemampuan perangkat untuk memutar video. Oleh karena itu, pastikan ruang penyimpanan ponsel anda masih menyisakan ruang agar video dapat diputar dengan lancar.

  • Masalah Perangkat Lunak

Kenapa Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar
Kenapa Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar

Perangkat lunak yang sudah lama tidak diperbarui (kadaluarsa) sering kali akan memicu bug pada perangkat yang dapat berpengaruh terhadap kinerja perangkat secara keseluruhan, termasuk dalam pemutaran video di galeri.

  • Penumpukan Cache

Penyebab berikutnya video di galeri tidak bisa diputar adalah karena masalah cache menumpuk dalam perangkat. Sebenarnya cache dalam perangkat memiliki peran penting untuk kelancaran waktu memuat dalam pengoperasian perangkat.

Baca Juga :  5+Cara Mendapatkan Kuota Gratis Smartfren Terbaru 2024

Namun akan berbeda jika cache telah menumpuk, maka akan mempengaruhi kinerja ponsel secara keseluruhan menjadi tidak optimal.

  • Masalah Perizinan pada Aplikasi Galeri

Video di galeri tidak bisa diputar  juga dapat terjadi karena masalah perizinan pada aplikasi Galeri. Mungkin saja ada pengaturan yang secara tidak sengaja memblokir pemutaran video atau membatasi akses ke file tertentu.

  • Aplikasi Pihak Ketiga

Terakhir penyebab video di galeri tidak bisa diputar adalah karena masalah dari aplikasi pihak ketiga. Barangkali kamu baru-baru ini melakukan pengunduhan aplikasi yang tidak aman/ ilegal, maka ini bisa menjadi pemicu kenapa video di galeri kamu tidak bisa diputar.

Hal ini dikarenakan, aplikasi yang tidak resmi umumnya mengandung virus atau malware yang dapat membahayakan berbagai file yang tersimpan dalam perangkat.

Cara Mengatasi Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar

Cara mengatasi Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar
Cara mengatasi Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar

Anda telah mengetahui beberapa penyebab dari video di galeri tidak bisa diputar. Selanjutnya kami akan memberikan panduan terkait bagaimana cara mengatasi masalah video di galeri tidak bisa diputar.

Ada beberapa cara mengatasi video di galeri tidak bisa diputar di perangkat baik Android maupun iOS, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Restart Perangkat

Solusi paling simpel yang pertama yaitu dengan melakukan restart perangkat. Terkadang beberapa masalah yang terjadi dalam perangkat dapat teratasi dengan mudah hanya dengan memulai ulang perangkat.

  • Konversi Format Video

Coba periksa apakah perangkat anda mendukung format video yang ingin diputar. Jika ternyata format video tidak didukung, maka anda bisa mengkonversinya terlebih dahulu ke format yang kompatibel atau sesuai dengan format yang didukung oleh perangkat anda.

Baca Juga :  7 Cara Menjadi Reseller Shopee Tanpa Modal Untuk Pemula

Dalam langkah ini, anda bisa menggunakan berbagai aplikasi khusus untuk video converter, yang bisa anda temui di layanan penyedia aplikasi seperti Google Store maupun App Store.

  • Periksa Kapasitas Penyimpanan Perangkat

Cara mengatasi video di galeri tidak bisa diputar yang berikutnya adalah memeriksa kapasitas penyimpanan perangkat. Pastikan ruang penyimpanan ponsel anda masih menyisakan ruang minimal 20%, agar kinerja perangkat tidak terlalu berat.

Hapuslah file-file yang tidak penting atau tidak dibutuhkan lagi. Atau anda bisa juga memindahkan file-file anda ke penyimpanan eksternal online atau cloud storage seperti Google Drive, One Drive, Terabox, Google Foto, atau penyimpanan online lainnya.

  • Hapus Cache

Cara mengatasi Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar
Cara mengatasi Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa selain karena kapasitas penyimpanan yang penuh, penumpukan cache juga dapat mempengaruhi kinerja ponsel menjadi sering mengalami bug, sehingga beberapa aplikasi didalamnya, termasuk salah satunya ‘Galeri’ tidak dapat berfungsi dengan optimal.

Oleh karena itu, hapuslah cache yang mungkin telah menumpuk dalam aplikasi Galeri anda. Biar lebih bagus, hapus juga cache pada aplikasi-aplikasi lainnya yang terpasang dalam perangkat, sehingga kinerja ponsel dapat menjadi lebih ringan.

  • Periksa Apakah Video Masih Ada di Penyimpanan Perangkat

Selanjutnya, cara mengatasi video di galeri tidak bisa diputar yaitu dengan memeriksa video tersebut apakah masih ada atau tidak dalam penyimpanan perangkat. Misalnya jika video tersebut aslinya diterima melalui WhatsApp, maka anda bisa membuka ‘File Manager” > Buka penyimpanan internal > Pilih WhatsApp > Pilih opsi Media > Klik WhatsApp Video > Lalu periksalah apakah masih ada videonya disana.

  • Perbarui Perangkat Lunak dalam Perangkat

Pembaruan perangkat lunak atau software kerap akan memperbaiki bug atau masalah kompatibitas yang dapat mempengaruhi kemampuan perangkat untuk memutar video dengan baik. Oleh karena itu, pastikan anda menggunakan perangkat lunak versi yang terbaru, agar ponsel dapat beroperasi dengan optimal.

  • Hapus Aplikasi Tidak Aman atau ilegal

Jika anda baru saja memasang aplikasi berbahaya atau ilegal, maka segeralah hapus aplikasi tersebut karena bisa saja dalam aplikasi itu disematkan virus atau malware yang menyerang sistem kinerja perangkat. Pastikan anda menginstal aplikasi dari sumber resmi (Play atau App Store).

  • Setel Pabrik Perangkat

Cara mengatasi Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar
Cara mengatasi Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar

Jika semua langkah diatas tidak berhasil dan anda tidak dapat mengetahui apa penyebab pasti permasalahan yang terjadi pada perangkat anda, maka langkah terakhir yang dapat kami sarankan adalah mengembalikan perangkat ke setelan pabrik/ Factory Reset.

Baca Juga :  9 Cara Mengembalikan Akun TikTok Dengan Nama Pengguna

Langkah ini umumnya dapat mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada perangkat. Namum sebelum melakukan factory reset, pastikan anda telah mencadangkan file dan data ponsel anda terlebih dahulu ke penyimpanan lain, baik online maupun offline.

Akhir Kata

 Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar
Video Di Galeri Tidak Bisa Diputar

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, anda dapat mengidentifikasi dan memperbaiki permasalahan yang terjadi. Dengan demikian, anda bisa menikmati kembali momen-momen berharga yang telah anda abadikan dalam perangkat anda.

Demikian yang dapat kami bagikan terkait penyebab dan cara mengatasi video di galeri tidak bisa diputar. Semoga penjelasan kami dapat dipahami dengan mudah dan bermanfaat untuk digunakan!

Artikel Menarik Lainnya