6 Perbedaan Cushion Dan Foundation yang Wajib Diketahui

Mengetahui dengan baik perbedaan cushion dan foundation membantu kamu mendapatkan hasil make up yang diinginkan, pasalnya kedua produk ini dapat mengcover wajah namun memiliki tekstur dan formula yang berbeda.

Karena formula berbeda, penggunaannya pun memberikan hasil akhir yang berbeda pula. Ini menjadi pertimbangkan utama saat menggunakan produk make up cushion ataupun foundation, lebih baik memilih berdasarkan tingkat coverage yang dibutuhkan menyesuaikan aktivitas atau kegiatan yang ingin diikuti.

Perbedaan Cushion dan Foundation

Perbedaan Cushion dan Foundation
Perbedaan Cushion dan Foundation

Cushion dan foundation adalah produk kecantikan untuk menyamarkan ketidaksempurnaan kulit wajah. Keduanya mampu menciptakan hasil yang lebih rata dan sudah dikenal kaum perempuan pada umumnya.

Bagi seorang pemula, mengetahui perbedaan cushion dan foundation sangat perlu supaya memilih produk sesuai kebutuhan. Karena keduanya memiliki fungsi yang sama, namun anda wajib menggali lebih dalam untuk mengetahui secara spesifik perbedaannya. Ini juga membantu kamu mengurangi risiko akibat membelanjakan produk yang tidak dibutuhkan.

1. Kemasan

Perbedaan cushion da foundation yang pertama dapat dilihat melalui kemasan nya. Biasanya cushion memiliki kemasan yang praktis jadi mudah dibawa bepergian. Didalamnya juga ada aplikator berupa spons dan cermin kecil memudahkan pemakai touch up.

Sedangkan foundation bisanya dikemas lebih besar dan berat. Produk ini didesain lebih mewah, mungkin karena dianggap memiliki banyak manfaat. Selain itu, penggunaan foundation memerlukan kuas atau beauty blender agar lebih merata di wajah. Karena hal itu, banyak yang berasumsi foundation lebih baik dipakai di rumah saja!

2. Tekstur

Tekstur
Tekstur

Perbedaan cushion dan foundation akan terlihat melalui teksturnya. Cushion sendiri memiliki tekstur lebih creamy dan kental agar lebih mudah diratakan pada wajah. Sedangkan foundation lebih cair, membutuhkan bantuan kuas atau beauty blender untuk diaplikasikan di wajah.

Jadi, bukan hanya kemasan yang mudah dibawa kamu bisa mempertimbangkan kepraktisan penggunaan dari kedua produk ini. Untuk kamu yang gamau ribet, cushion menawarkan kecepatan pemakaian dan alat yang lengkap. Sedangkan foundation memiliki cara pakai yang lebih rumit, mewajibkan kamu membawa kuas tambahan untuk penggunaannya.

Baca Juga :  8 Distributor Oli Motor Semua Merk Terkenal Di Indonesia

3. Formula

Perbedaan cushion dan foundation selanjutnya pada formula yang memengaruhi tekstur nya. Meskipun sekilas terlihat sama, dua produk ini memiliki kandungan yang berbeda yang mungkin bisa kamu pertimbangkan. Cushion umumnya mengandung skincare, kamu bisa melihat melalui kemasan produk. Sedangkan foundation mengandung cream atau alas bedak dengan tingkat covergae yang tinggi.

4. Tingkat Coverage

Pengguna dapat mengetahui perbedaan cushion dan foundation setelah dipakai, karena keduanya memiliki tingkat coverage yang berbeda. Inilah perbedaan mencolok kedua produk yang paling sering dicari calon pengguna, karena mereka bisa memilih sesuai keperluan pakai saat ini.

Cushion memberikan hasil yang lebih tipis yang berarti tidak meng cover wajah lebih baik dari foundation. Penggunaannya digunakan untuk menyamarkan bekas jerawat dan flek, namun tidak terlihat dempul.

Sedangkan foundation yang memiliki coverage tinggi dapat menyamarkan jerawat dan flek wajah lebih baik. Namun mereka yang tidak mengetahui teknik penggunaan akan terlihat dempul. Untuk pemula sebaiknya anda menggunakan cushion yang formula nya lebih ringan.

5. Cara Pemakaian yang Berbeda

Cara Pemakaian yang Berbeda
Cara Pemakaian yang Berbeda

Perbedaan cushion dan foundation berikutnya pada cara pemakaian. Karena cushion umumnya dilengkapi spons dan cermin, pengguna hanya perlu menekan untuk mengambil produk lalu diaplikasikan ke wajah.

Sedangkan foundation dapat di blend menggunakan spons basah, brush atau jari tangan. Biasanya produk ini tidak memberikan aplikator saat membeli, pengguna harus mempersiapkannya terlebih dahulu.

6. Hasil Akhir

Foundation menawarkan pilihan shade supaya pengguna lebih mudah memilih berdasarkan warna kulit. Hal berbeda pada cushion yang pilihan warnanya cukup terbatas. Karena hal tersebut, penggunaan cushion dan foundation memberikan hasil akhir yang berbeda-beda.

Memakai foundation cenderung memberikan hasil akhir matte dan velvet. Matte merupakan kondisi dimana wajah lebih cerah karena formula didalam produk mampu menahan minyak yang dihasilkan kulit. Sedangkan velvet mengarah pada tampilan wajah yang lebih halus dan lembut.

Baca Juga :  Apakah Terabox Aman? Simak 8+ Kelebihan Dan Kekurangan Terabox

Cushion dirancang memberikan hasil akhir dewy, yaitu kulit wajah tampak lebih glowing dan tidak dempul. Itulah mengapa produk ini sangat direkomendasikan untuk sehari-hari dan aktivitas ringan.

Cushion atau Foundation, Manakah yang Lebih Bagus?

Setelah mengetahui perbedaan cushion dan foundation, mungkin kamu akan kebingungan memilih salah satu sehingga mencari informasi manakah yang lebih bagus diantaranya? Baik cushion dan foundation sama-sama memiliki kelebihan dan tidak bisa dibandingkan.

Seperti yang sudah Beadaily paparkan menjawab perbedaan cushion dan foundation diatas, keduanya dirancang untuk kebutuhan make up wanita dengan fungsi spesifik yang berbeda.

Maksudnya, jika ingin tampil lebih natural kamu bisa memilih cushion yang sesuai shade kulitmu. Begitupun penggunaan foundation yang memiliki tingkat coverage tinggi, lebih cocok digunakan untuk pesta dan acara formal. Tujuan dibahasnya perbedaan cushion dan foundation diatas supaya pembaca dapat memilih produk yang dibutuhkan saat ini.

Rekomendasi Cushion dan Foundation Terbaik

Setelah menemukan perbedaan cushion dan foundation, Beadaily akan memberikan rekomendasi produk terbaik saat ini. Khususnya untuk kamu yang baru pertama kali ingin mencoba cushion atau foundation dapat memilih berdasarkan ulasan dibawah.

1. Powerstay Demi – Matte Cover Cushion

Powerstay Demi - Matte Cover Cushion
Powerstay Demi – Matte Cover Cushion

Powerstay Demi – Matte Cover Cushion salah satu cushion terbaik yang tidak asing dikalangan perempuan. Produk ini diperkaya oil control dan noncomedogenic mengandung SPF 50 PA++++. Cushion dari make over ini memberikan coverage medium to full, dilengkapi puff sebagai aplikator nya.

Menariknya, cushion ini memiliki 20 shade warna sesuai kulit wanita Indonesia pada umumnya. Lalu bagaimana dengan harga cushion? Powerstay demi ini dijual mulai harga Rp 225.000.

2. Hooman Breatheble UV Cushion Cover SPF 35 PA++++

Selanjutnya datang dari brand SOMETHINC, yaitu Hooman Breatheble UV cushion cover SPF 35 PA++++. Cushion ini memiliki bentuk kemasan yang lucu dan praktis, dilengkapi aplikator dan kaca untuk mempermudah kita mengambil produk dan menggunakannya.

Menjadi salah satu cushion yang menggunakan teknologi Breathable, sehingga wajah tidak mudah teroksidasi dan diklaim anti-bakteri. Mampu memberikan coverage medium to full untuk menyamarkan garis halus dan flek hitam. Berdasarkan klaim pengguna, cushion ini mampu memberikan hasil akhir glow dan natural.

Baca Juga :  15 Urutan Limit Pinjaman Akulaku Mulai 300 Ribu Hingga 10 Juta

3. 2nd Skin Luminous Cushion

2nd SKin Luminous Cushion
2nd SKin Luminous Cushion

Luxcrime kini menghadirkan cushion dengan kemasan cantik, cocok untuk sehari-hari. Formula cushion ini dapat mengkover wajah di tingkat medium dengan menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam. Cushion ini mengandung sunscreen SPF 25, formulanya mudah diratakan dan cocok buat pemilik kulit kering.

4. Make It Glow Dewy Cushion

Make It Glo Dewy Cushion salah satu produk brand lokal PIXY yang mengandung botanical extracts untuk melembapkan dan mencerahkan wajah. Termasuk cushion yang memiliki tingkat coverage tinggi dan didukung SPF 23PA++. Produk ini memiliki sponge khusus membantu pengguna mengambil dan mengaplikasikan cushion di wajah.

5. Revlon Colorstay Makeup Combination/Oily Skin

Untuk jajaran foundation terbaik saat ini ada dari Revlon Colorstay Makeup Combination/Oily Skin. Foundation ini dapat mengontrol penyerapan minyak wajah dengan klaim oil-free foundation. Foundation ini juga diperkaya vitamin E dan SPF 15 dengan PA++, cukup ideal untuk kategori foundation.

6. Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Foundation

Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Foundation
Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Foundation

Selanjutnya ada Maybelline fit me matte + poreless foundation sebagai pilihan untuk kulit yang berminyak. Produk terbaik Maybelline ini membantu penyerapan minyak dan memberikan hasil akhir yang glow. Formulanya mampu mengcover flek dan kerusakan kulit dengan baik, sehingga cocok digunakan sehari-hari dan acara formal.

Tidak sedikit pengguna maybelline fit me matte + poleress founfation memberikan klaim produk ini dapat bertahan 16 jam melalui penggunaan yang benar, jadi tidak heran harganya lebih “pricy”. Untuk produk foundation ini dijual mulai harga Rp165.000.

7. Make Over Powerstay Weighless Liquid Foundation

Lalu yang terakhir ada Make Over Powerstay Weighless Liquid Foundation. Foundation yang nyaman untuk kulit berminyak dan diperkirakan bertahan selama 12 jam. Make over juga memperkaya produknya dengan sunscreen SPF 30 PA+++, memproteksi kulit dari sinar UVA dan UVB. Ketahui juga 12 Macam-Macam Serum Hanasui Dan Manfaatnya

Penutup

Perbedaan Cushion Dan Foundation
Perbedaan Cushion Dan Foundation

Itu dia beberapa perbedaan cushion dan foundation untuk dapat kamu pahami sebelum membeli dan menggunakannya. Perbedaan cushion dan foundation paling mencolok pada kemasan, tekstur, tingkat coverage dan hasil akhir penggunaannya. Maka dari itu, perhatikan poin penting diatas sebelum memilih antara cushion atau foundation.

Artikel Menarik Lainnya