Jenius Gangguan Hari Ini 2024, Penyebab dan Solusinya!

Jenius gangguan hari ini berimbas kepada setiap penggunannya, mereka lebih sulit menyelesaikan transaksi digital dan mengakses keseluruhan fitur di dalam aplikasi. Maka tidak sedikit yang mencari tau penyebab jenius gangguan untuk mendapat solusi yang tepat.

Sobat Beadaily yang dalam keadaan yang sama tidak perlu khawatir, halaman ini akan menjabarkan berbagai penyebab jenius gangguan hari ini dan cara mengatasinya. Terdapat beragam faktor dan mungkin salah satunya sedang anda alami dalam kegagalan akses Jenius.

Tentang Jenius

Tentang Jenius
Tentang Jenius

Jenius adalah layanan perbankan dari bank BTPN yang memudahkan pengguna mengatur keuangan lebih aman melalui smartphone. Aplikasi ini dapat dioperasikan melalui ponsel pintar Android maupun Iphone.

Nasabah bisa membuat tabungan, melakukan transfer, deposit uang, membayar tagihan kapan saja dan dimana saja. Tentu hal ini didukung fitur Jenius yang kompleks sebagai layanan perbankan pertama yang pendaftaran dan pembukaan rekeningnya dilakukan melalui smartphone.

Berikut sederet fitur unggul aplikasi Jenius:

  1. Digital banking untuk mengakses dan mengelola rekening secara online via aplikasi.
  2. Jenius pay adalah fitur untuk melakukan pembayaran dengan QR code untuk berbagai merchant yang saling bekerjasama
  3. Split bill fitur untuk berbagi pembayaran dengan teman atau keluarga
  4. Flexi cash adalah fitur yang memungkinkan pengguna melakukan pinjaman di aplikasi sesuai kebutuhan dana dan tenornya
  5. e-Statement fitur yang digunakan untuk mengakses laporan transaksi dan rekening via Jenius dan mengunduhnya
  6. Dream saver yaitu fitur simpan uang otomatis dengan periode dan target yang sudah ditentukan sebelumnya.
  7. Card center adalah fitur untuk mengatur penggunaan kartu debit Jenius. Pengguna bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur pembayaran online, penarikan tunai dan penarikan tunai
  8. Pay me untuk meminta pembayaran dari orang lain dengan mengirim permintaan melalui aplikasi Jenius
  9. Send it memudahkan anda mentransfer dana ke rekening orang lain
Baca Juga :  3 Cara Mengembalikan Akun IG yang Dihapus Permanen

Masalah Saat Jenius Gangguan Hari Ini

Karena banyaknya kemudahan yang ditawarkan maka semakin banyak juga yang menggunakan aplikasi ini. Terlalu banyak yang mengakses bisa menyebabkan masalah di aplikasi Jenius atau hal-hal yang lebih spesifik seperti kendala yang disebabkan penggunanya sendiri.

Berikut berbagai kendala umum saat jenius gangguan:

  1. Tidak bisa login. Kendala umum jenius gangguan hari ini tidak bisa login ke dalam aplikasi. Meskipun sudah menggunakan password yang benar tetap muncul keterangan gagal login
  2. Tidak bisa melakukan transaksi. Beberapa kendala pengguna yang muncul tidak bisa melakukan transaksi baik itu melakukan transfer, meminta pembayaran, atau memanfaatkan layanan pinjaman yang tersedia.
  3. Pembatasan akses menu tambahan. Kegagalan lain yang terjadi tidak bisa mengakses menu riwayat, fitur split bill, atau fitur tabungan. Biasanya pengguna akan diarahkan ke menu utama saat membuka menu-menu tersebut.

Penyebab Jenius Gangguan Hari Ini

Penyebab Jenius Gangguan Hari Ini
Penyebab Jenius Gangguan Hari Ini

Untuk membahas cara mengatasi Jenius gangguan hari ini anda perlu mengetahui faktor penyebabnya. Seperti yang sudah dijelaskan, beragam penyebab gangguan pada jenius yang dapat menghambat transaksi pengguna. Mulai dari maintenance, overload hingga masalah pada aplikasi berikut penyebab umum jenius gangguan hari ini.

1. Maintenance

Jenius gangguan hari ini disebabkan maintenance atau pemeliharaan sistem. Ketika maintenance dilakukan pada server yang mendukung aplikasi, pengguna akan gagal mengakses karena pemeliharaan membutuhkan waktu.

Aplikasi-aplikasi yang digunakan banyak orang seperti Jenius butuh pemeliharaan berkala. Hal ini dilakukan untuk memperbaharui dan mempercepat kinerja aplikasi. Nah, jika saat ini anda terkendala membuka jenius, mungkin maintenance sedang berlangsung.

2. Overload

Tercatat aplikasi jenius sudah dipakai lebih dari 10 juta orang dan beresiko overload. Jadi, Overload akan terjadi saat pengguna mencoba mengakses aplikasi melebihi kapasitas yang tersedia. Server yang mengalami overload tidak memiliki kemampuan yang baik memproses permintaan pengguna bahkan muncul pesan timeout saat mencoba masuk.

3. Masalah pada Aplikasi

Jenius gangguan hari ini bisa juga disebabkan masalah dari aplikasi itu sendiri. Aplikasi Jenius yang sudah selesai melakukan pemeliharaan menyediakan ruang untuk diperbaharui ke versi terbaru.

Baca Juga :  3 Cara Mengecilkan Volume Video Call Whatsapp Dengan mudah!

Jika tidak update aplikasi dalam waktu yang cukup lama bisa berimbas gagal login. Beberapa orang menyadari hal tersebut namun enggan mengupdate aplikasi jenius, mungkin karena beban penyimpanan dan semacamnya.

4. Cache Menumpuk

Cache adalah penyimpanan sementara yang memuat riwayat aktivitas anda. Dengan cache pengguna lebih mudah memuat tugas yang sama pada sebuah aplikasi. Akan tetapi cache yang tidak dihapus secara teratur bisa membuat masalah saat login aplikasi.

Penumpukan cache memperlambat kinerja aplikasi karena perangkat harus mengelola lebih banyak data yang tersimpan. Ini mengakibatkan waktu respon menjadi lambat atau gagal membuat fitur dan menu tertentu.

5. Masalah pada Akun

Penyebab jenius gangguan hari ini yang selanjutnya karena masalah akun sehingga Jenius dibekukan sementara. Pengguna yang salah memasukkan password berulang-ulang, login di perangkat yang berbeda dan terdeteksi melakukan tindakan mencurigakan menjadi sasaran pemblokiran sementara.

Tindakan yang mencurigakan seperti keluar masuk aplikasi berulang-ulang dan melakukan transaksi tidak wajar. Jika mendeteksi hal tersebut sistem bisa mengambil keputusan memblokir akun untuk menghindari penyalahgunaan saldo dan data pribadi pengguna.

6. Koneksi Internet Bermasalah

Jenius gangguan hari ini bisa juga dipicu koneksi yang bermasalah. Untuk membuka dan menggunakan semua fitur Jenius pengguna perlu menggunakan internet yang stabil. Jika tidak, waktu respon menjadi lebih lambat dan beresiko gagal login.

Solusi Jenius Gangguan Hari ini

Solusi Jenius Gangguan Hari ini
Solusi Jenius Gangguan Hari ini

Mengetahui penyebab jenius gangguan hari ini membantu anda mengambil keputusan yang tepat untuk mengatasinya. Dalam hal ini ada beberapa langkah tepat yang bisa dilakukan pengguna jenius, simak satu per satu yuk!

1. Tunggu Proses Maintenance Selesai

Tidak ada cara khusus mengatasi gagal login Jenius karena pemeliharaan sistem. Pengguna hanya bisa menunggu sampai semua prosedur selesai dan Jenius versi terbaik siap digunakan. Pada umumnya proses Maintenance tidak butuh waktu lebih dari 1×24 jam. Anda bisa memantau apakah pemeliharaan telah selesai dengan mencoba login aplikasi.

2. Dapatkan Aplikasi Versi Terbaru

Jika anda tidak mengidentifikasi adanya proses pemeliharaan sistem, cara lain yang bisa dilakukan mengatasi jenius gangguan hari ini memperbaharui aplikasi di play store dan app store. Baca juga Cara Mengatasi Tidak Bisa Login Jenius Karena Session Expired

3. Akses Saat Jam Sibuk

Untuk mengatasi overload server kamu bisa refresh aplikasi atau pun login ulang. Jika cara ini belum berhasil, silahkan akses Jenius saat jam-jam sibuk. Pada waktu tersebut biasanya tidak banyak yang login ke dalam aplikasi jadi bisa anda manfaatkan untuk menyelesaikan keperluan transaksi.

Baca Juga :  6 Cara Mengatasi Dana Sistem Sedang Sibuk

4. Atur Koneksi

Cara mengatasi Jenius gangguan hari ini untuk masalah koneksi yaitu mengatur koneksi dan titik akses. Gagal login dan memuat fitur Jenius bisa karena anda mengakses pada lokasi yang kurang memadai atau koneksi internet memang bermasalah. Jika memang demikian, ganti kartu internet atau gunakan wifi jika memungkinkan.

5. Hapus Cache Aplikasi

Upaya yang bisa anda lakukan untuk login dan menggunakan fitur Jenius dengan lancar yaitu menghapus cache aplikasi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke menu pengaturan di ponsel
  • Cari opsi aplikasi dan temukan aplikasi Jenius
  • Lalu klik penyimpanan & cache
  • Terakhir klik hapus cache
  • Selesai, silahkan login dan akses fitur-fitur Jenius kembali

6. Hubungi Tim Layanan Pelanggan Jenius

Jika kelima opsi diatas tidak membantu mengatasi gangguan aplikasi Jenius, langkah terakhir yang bisa anda lakukan menghubungi tim layanan pelanggan. Berikut kontak layanan pelanggan Jenius yang dapat anda hubungi:

  • Call center: 1500365
  • Email: [email protected]
  • Membuat laporan melalui situs Jenius https://www.bptn.com/id/hubungi-kami
  • Mendatangi kantor BPTN Jenius terdekat

Call center BPTN Jenius tersedia 24 jam, jadi nasabah yang memiliki kendala bisa mengakses bantuan cutomer service kapan saja dan dimana saja. Layanan ini belum bebas pulsa, akan dikenakan biaya panggilan sesuai ketentuan provider.

Penutup

Jenius Gangguan Hari Ini
Jenius Gangguan Hari Ini

Banyak hal yang bisa memicu Jenius gangguan mulai dari masalah teknis, maintenance, koneksi hingga masalah keamanan. Dengan memperhatikan faktor-faktor ini, anda bisa menganalisis kendala akses Jenius dan mencari solusi yang tepat. Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya