Daftar Harga Tembaga Bekas Per Kg Hari Ini Terbaru 2024

Harga tembaga bekas per kg hari ini kembali meningkat karena saat ini banyaknya permintaan akan tembaga. Pada umumnya, tembaga memiliki banyak kegunaan salah satunya ialah untuk kebutuhan pembuatan alat elektronik dan fasilitas lainnya yang sedang banyak dibutuhkan.

Selain itu, tembaga juga memiliki kegunaan yang secara khusus adalah untuk kebutuhan pembuatan perhiasan, alat listrik dan berbagai kebutuhan lainnya. Untuk mengetahui harga tembaga bekas per kg hari ini bukanlah menjadi hal yang sulit, karena saat ini sudah banyak media yang dapat di akses melalui internet secara mudah dan gratis untuk mendapatkan terkait informasi harga tembaga terbaru tersebut.

Salah satu media internet yaitu melalui artikel ini kamu akan menemukan beberapa daftar harga tembaga bekas per kg hari ini disertai jenis-jenis tembaga yang layak untuk kamu jual lagi. Simak pembahasannya dibawah ini!

Tentang Tembaga Bekas

Sebelum mengetahui harga tembaga bekas per kg hari ini, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu tembaga. Tembaga bekas adalah material tembaga yang telah digunakan sebelumnya dan kemudian dikumpulkan untuk diolah ulang. Tembaga bekas merupakan sumber daya yang berharga karena tembaga adalah salah satu logam yang paling berharga dan banyak digunakan dalam berbagai industri.

Salah satu keunggulan utama tembaga adalah kemampuannya untuk menghantarkan listrik dengan baik. Karena sifat ini, tembaga sering digunakan dalam pembuatan kabel listrik, kabel telekomunikasi dan komponen elektronik lainnya. Selain itu, tembaga juga memiliki kekuatan dan ketahanan terhadap korosi yang baik, sehingga banyak digunakan dalam konstruksi pipa, fitting, dan sistem perpipaan.

Tembaga bekas dapat berasal dari berbagai sumber, seperti instalasi listrik yang sudah usang, kendaraan bermotor tua, peralatan elektronik yang sudah rusak serta limbah industri. Pemulung atau pengepul tembaga bekas biasanya mengumpulkan material ini dari berbagai sumber, kemudian menjualnya ke pabrik-pabrik daur ulang tembaga. Proses daur ulang tembaga bekas melibatkan beberapa langkah seperti pemilahan, pembersihan dan peleburan. Tembaga bekas yang dikumpulkan biasanya terdiri dari berbagai bentuk seperti kabel, pipa, fitting, dan potongan-potongan tembaga lainnya. Setelah dipilah dan dibersihkan, tembaga bekas kemudian di lebur menjadi batangan atau benda padat lainnya, siap untuk digunakan kembali dalam berbagai aplikasi kelistrikan.

Daur ulang tembaga bekas memiliki banyak manfaat lingkungan. Dengan mendaur ulang tembaga bekas, kita dapat mengurangi penambangan tembaga baru yang membutuhkan sumber daya alam yang berharga dan berpotensi merusak lingkungan. Selain itu, daur ulang tembaga juga membantu mengurangi jumlah limbah elektronik yang di buang ketempat pembuangan akhir, sehingga mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan.

Pada umumnya, harga tembaga bekas per kg hari ini biasanya ditentukan oleh faktor-faktor seperti kualitas tembaga, permintaan pasar, kondisi ekonomi, serta faktor geografis. Harga tembaga bekas per kg hari ini dapat berfluktuasi dari waktu ke waktu, oleh karena itu, penting untuk memantau pasar dan mendapatkan informasi harga terkini sebelum melakukan transaksi jual-beli. Secara keseluruhan, tembaga bekas merupakan sumber daya yang berharga dan penting dalam industri daur ulang. Dengan mendaur ulang tembaga bekas, kita dapat memanfaatkan kembali material yang berharga, mengurangi dampak lingkungan, serta memberikan kontribusi dalam penggunaan sumber daya yang lebih berkelanjutan.

Mengenal Manfaat Tembaga

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai harga tembaga bekas per kg hari ini, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja manfaat dari tembaga. Tembaga adalah unsur kimia dengan simbol Cu dan nomor atom 29. Ini merupakan logam yang sangat baik untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan karena memiliki sifat-sifat yang sangat menguntungkan. Berikut adalah beberapa manfaat tembaga, antara lain:

  • Konduktor Listrik dan Termal

Tembaga merupakan konduktor listrik dan termal yang sangat baik. Karena itu, tembaga sering digunakan dalam produksi kabel listrik, kawat dan peralatan elektronik. Kemampuannya untuk menghantarkan listrik dan panas dengan efisien menjadikannya bahan yang ideal untuk penggunaan tersebut.

  • Peralatan Elektronik

Tembaga juga sering digunakan dalam berbagai peralatan elektronik seperti telepon, komputer, televisi dan perangkat lainnya. Karena keunggulannya sebagai konduktor listrik yang baik, tembaga digunakan dalam sirkuit cetak (printed circuit boards) dan komponen elektronik lainnya.

  • Perpipaan dan Pemanas

Tembaga juga digunakan dalam sistem perpipaan air dan gas. Keandalannya sebagai konduktor termal yang baik menjadikannya pilihan yang populer untuk sistem pemanas sentral, penukar panas, dan sistem air panas.

  • Peralatan Medis

Tembaga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba, ini menjadikannya bahan yang sangat ideal untuk digunakan sebagai peralatan medis seperti alat bantu dengar, jantung buatan, kateter dan peralatan bedah lainnya. Sifat antibakteri tembaga membantu mencegah infeksi dan penyebaran kuman.

  • Koin dan Perhiasan

Tembaga juga digunakan dalam pembuatan koin di beberapa negara di seluruh dunia. Selain itu, tembaga juga digunakan dalam pembuatan perhiasan, karena kemampuannya untuk membentuk dan mempertahankan detail yang halus serta warna yang menarik.

  • Pembuatan Seni

Tembaga digunakan oleh seniman dan pengrajin untuk membuat patung, lukisan, kerajinan dan dekorasi lainnya. Kemampuan tembaga untuk diukir, dipahat dan dibentuk menjadikannya pilihan yang populer dalam dunia seni dan kerajinan.

  • Perlindungan Terhadap Karat

Tembaga juga digunakan dalam perlindungan terhadap karat pada bangunan dan struktur logam. Lapisan tembaga dapat diterapkan pada atap, dinding, pipa untuk melindungi dari korosi dam memperpanjang umur bangunan.

  • Kesehatan Manusia

Tembaga juga memiliki manfaat kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan ion pada tembaga yang terlarut dalam air minum dapat membantu meningkatkan kesehatan manusia. Selain itu, tembaga juga ditemukan dalam berbagai suplemen makanan yang diklaim memiliki kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan tulang.

  • Mesin dan Kendaraan Bermotor

Tak hanya digunakan dalam peralatan elektronik, tembaga ini juga ternyata kerap dimanfaatkan sebagai komponen penyusun dari sebuah kendaraan. Jika kamu punya kendaraan pribadi, maka kamu dapat melihat beberapa komponen motor kamu yang terbuat dari tembaga seperti Radiator, rem dan kabelnya.

Baca Juga :  Biaya Ganti Lensa Kacamata Berdasarkan Jenis-jenisnya Terbaru 2024

Manfaat tembaga tersebut menjadikannya sebagai logam yang penting dalam berbagai industri dan aplikasi di berbagai sektor kehidupan manusia.

Lihat artikel menarik lainnya: 3 Cara Beli Token Listrik Pakai Pulsa Indosat

Apa saja jenis-jenis tembaga?

Setelah kamu mengetahui mengenai manfaat dari tembaga, tentu kamu juga perlu untuk mengetahui apa saja jenis-jenis tembaga. Unsur logam yang satu ini memiliki banyak jenis dan variasi yang digunakan dalam berbagai industri. Berikut adalah beberapa jenis tembaga.

Tembaga Super

Harga tembaga bekas per kg hari ini
Tembaga Super

Tembaga Super juga dikenal sebagai tembaga murni merupakan salah satu jenis tembaga dengan kemurnian yang sangat tinggi, biasanya harga tembaga bekas per kg hari ini untuk jenis tembaga super dihargai yang paling mahal jika dibandingkan jenis tembaga lainnya.

Tembaga super sering digunakan sebagai penghantar listrik yang sangat baik dengan tegangan listrik yang sangat tinggi. Adapun ciri dari tembaga super ini adalah memiliki ukuran yang paling kecil seperti pujuk ujung dari sapu lidi dan memiliki warna berkilau seperti baru.

Pipa Tembaga

Daftar Harga Tembaga Bekas Per Kg Hari Ini Terbaru 2023
Tembaga Pipa

Tembaga pipa adalah jenis pipa yang terbuat dari tembaga atau paduan tembaga. Pipa tembaga telah digunakan selama berabad-abad dan terus menjadi pilihan yang popuper dalam berbagai industri, terutama di bidang perpipaan rumah tangga, instalasi air, sistem pemanas dan pendingin udara. Harga tembaga bekas per kg hari ini untuk jenis pipa sangat terjaungkau dan mudah di dapatkan di toko offline seperti panglong bangunan dan juga toko online seperti Shopee, Tokopedia dan marketplace lainnya.

Kelebihan Tembaga Pipa

Dari harga tembaga bekas per kg hari ini yang terjangkau, kelebihan utama tembaga pipa adalah kekuatannya yang sangat tinggi, daya tahan korosinya dan konduktivitas termal dan listriknya yang baik. Berikut ini beberapa keunggulan tembaga pipa, antara lain:

  1. Memiliki kekuatan yang sangat tinggi yang memungkinkan tahan terhadap tekanan dan tegangan yang tinggi
  2. Memiliki ketahanan terhadap korosi, karat dan kerak
  3. Memiliki konduktivitas termal dan listrik yang sangat baik
  4. Tembaga pipa sangat mudah untuk dibentuk dan dibengkokkan
  5. Memiliki sifat antimikroba sehingga cocok untuk penggunaan air minum
  6. Ramah lingkungan.
Baca Juga :  7 Merek dan Harga Excavator Baru Paling Banyak Digunakan

Baca juga: 7 Platform Reseller Top Up Game Termurah 2023

Tembaga Biasa

Tembaga biasa juga dikenal sebagai tembaga polos yang pada dasarnya ialah logam tembaga yang belum diolah atau dilapisi dengan bahan lainnya. Jenis tembaga ini biasanya didapatkan dari dynamo penggerak, trafo dan generator. Harga tembaga bekas per kg hari ini untuk jenis tembaga biasa atau polos ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan jenis tembaga lainnya.

Kawat Tembaga

Daftar Harga Tembaga Bekas Per Kg Hari Ini Terbaru 2023
Kawat Tembaga

Tembaga kawat adalah salah satu jenis tembaga bekas yang pastinya dapat dijual kembali dengan harga tembaga bekas per kg hari ini yang lebih murah. Harga tembaga bekas per kg hari ini jenis kawat tergantung pada kualitas, ketebalan dan kemurniannya.

Radiator Tembaga

Harga tembaga bekas per kg hari ini
Tembaga Radiator

Radiator tembaga yang sering kita jumpai di dalam mobil pada sistem HVAC, sering terbuat dari tembaga bekas, lalu di daur ulang dan menjadi nilai yang tinggi. Pasalnya jenis tembaga ini sangat mahal, dikarenakan sangat banyak peminatnya.

Pembubutan Tembaga

Harga tembaga bekas per kg hari ini
Pembubutan Tembaga

Pembubutan tembaga adalah potongan kecil dari sebuah tembaga bekas yang tersisa dari proses pemesinan. Jenis tembaga ini dapat di daur ulang dan dilebur untuk kendungan tembaganya dan pastinya memiliki harga tembaga bekas per kg hari ini yang sangat tinggi.

Tembaga Lembaran

Harga tembaga bekas per kg hari ini
Tembaga Lembaran

Tembaga lembaran atau sering kita sebut sebagai potongan lembaran tembaga yang diperoleh dari atap talang, atap tua dan dari atap lainnya. Harga tembaga bekas per kg hari ini jenis lembaran sangat tergantung pada kualitas dan ketebalan serta kemurniannya yang ada di dalam tembaga tersebut.

Transfarmator Tembaga

Harga tembaga bekas per kg hari ini
Transfarmator Tembaga (sumber: aliexpress)

Transformator tembaga adalah transformator yang menggunakan kumparan atau gulungan tembaga sebagai konduktor primer dan sekunder. Tembaga dipilih sebagai bahan utama untuk kumparan transformator karena memiliki konduktivitas listrik yang sangat baik.

Transformator tembaga banyak digunakan dalam berbagai aplikasi seperti pembangkit listrik, sistem transmisi, distribusi listrik, industri dan peralatan kelistrikan komersial. Harga tembaga bekas per kg hari ini jenis transformator sangat tergantung pada kualitas dan kemurniannya yang ada di dalam tembaga tersebut.

Tembaga Bare Copper

Harga tembaga bekas per kg hari ini
Tembaga Bare Copper

Harga tembaga bekas per kg hari ini ada juga berjenis Bare Copper, yang merujuk pada tembaga super atau murni yang tidak memiliki lapisan atau pelapisan tambahan. Ini berarti bahwa permukaan tembaga tidak dilapisi dengan bahan lain seperti timah, nikel, perak atau anyaman kawat pelindung. Namun, perlu untuk dicatat bahwa tembaga bare copper yang terpapar udara dan lingkungan tertentu dapat mengalami oksidasi alami yang mengakibatkan pembentukan lapisan oksida tembaga berwarna gelap atau hijau.

Harga tembaga bekas per kg hari ini untuk jenis Bare ini sangat tergantung pada kualitas dan kemurniannya yang ada di dalam tembaga tersebut. 

Tembaga Bakar

Tembaga bakar adalah tembaga yang terpapar panas atau api sehingga berubah warna menjadi berbagai nuansa merah ataupun kuning. Proses ini bisa terjadi ketika tembaga terkena suhu tinggi dan mengalami oksidasi.

Harga tembaga bekas per kg hari ini untuk jenis bakar ini adalah yang paling murah jika dibandingkan dengan jenis tembaga lainnya.

Baca Juga :  Jadwal, Lokasi dan Harga Tiket Bioskop Semarang Cinema XXI Terbaru 2024

Daftar Harga Tembaga Bekas Per Kg Hari Ini Terbaru dan Jenisnya

Untuk mempermudah kamu mengetahui harga tembaga bekas per kg hari ini terbaru, maka berikut ditampilkan tabel daftar harga tembaga bekas per kg hari ini dan jenis-jenis tembaga sebagai berikut:

Jenis Tembaga Ciri-ciri Harga Tembaga Bekas (Rp)
Tembaga Super Ukuran Ujung Sapu Lidi 108000 – 123000 /Kg
Pipa Tembaga Berbentuk pipa 38000 – 1001000 /Kg
Tembaga Biasa Serabut Rambut 93000 – 108000 /Kg
Kawat Tembaga Berbentuk Kawat 11000 – 802000 /Kg
Radiator Tembaga Radiator 501000 – 1001000 /Kg
Pembubutan Tembaga Potongan Kecil Daur Ulang 108000 – 123000 /Kg
Tembaga Lembaran Lembaran 176000 – 2601000 /Kg
Transformator Tembaga Gulungan 501000 – 1001000 /Kg
Tembaga Bare Copper Hitam Kuyu 103000 – 119000 /Kg
Tembaga Bakar Hitam Kotor 84000 – 93000 /Kg

Itulah beberapa daftar harga tembaga bekas per kg hari ini yang disertai dengan jenis-jenisnya terbaru 2023. Namun, perlu diingat bahwa harga tembaga bekas per kg hari ini yang terlampir pada tabel diatas dapat berubah sewaktu-waktu dan tidak selalu sama di setiap tempat pembelian baik itu pembelian secara online di marketplace ataupun secara offline di toko panglong. Jika kamu ingin membeli atau menjual tembaga bekas, sebaiknya cek terlebih dahulu harga pasarnya harga tembaga bekas per kg hari ini agar bisa memperoleh harga yang wajar.

Berapa harga 1kg tembaga bekas?

Harga tembaga bekas dapat bervariasi. Namun, dilansir dari beberapa sumber terpercaya, harga tembaga bekas yang belum dikupas dari bungkus kabel berkisar mulai dari Rp106.000-Rp121.000 per kilogram.

Berapa harga tembaga saat ini?

Harga tembaga bekas dapat bervariasi tergantung jenisnya. Inilah harga tembaga per kilo di rongsokan terbaru 2024:

  1. Tembaga Super (TS): Rp109.000 – Rp124.000 per Kg.
  2. Tembaga Biasa (TB): Rp95.000 – Rp110.000 per Kg.
  3. Tembaga Bare (BC): Rp104.000 – Rp120.000 per Kg.
  4. Tembaga Bakar: Rp85.000 – Rp94.000 per Kg.
  5. Tembaga Kawat: Rp12.000 – Rp803.000 per Kg.
  6. Tembaga Pipa: Rp39.000 – Rp1.002.000 per Kg.
  7. Tembaga Radiator: Rp502.000 – Rp1.002.000 per Kg.
  8. Tembaga Lembaran: Rp177.000 – Rp2.602.000 per Kg.
  9. Pembubutan Tembaga: Rp109.000 – Rp124.000 per Kg.
  10. Transformator Tembaga: Rp502.000 – Rp1.002.000 per Kg.

Berapa harga tembaga per ons?

Harga tembaga bekas dapat bervariasi tergantung ukurannya. Namun, berikut daftar harga tembaga per ons terbaru 2024:

Produk Harga (Rp)
Kawat Tembaga Email 0.2MM per 1 ons (100gr) Rp130.000
Kawat Tembaga Email 0.6MM per 1 ons (100gr) Rp133.000
Kawat Tembaga Email 3MM per 1 ons (100gr) Rp131.000
Kawat Tembaga Email 0.25MM per 1 ons (100gr) Rp123.000

Apa itu tembaga TS?

Tembaga Super atau biasa disebut tembaga TS adalah salah satu jenis tembaga kelas satu dengan harga paling mahal dibandingkan jenis tembaga lainnya. Jenis tembaga ini hadir dengan warna yang mengkilap, ukuran yang lebih kecil seperti sapu ijuk dan hadir berupa kabel bertegangan tinggi.

Penutup

Harga Tembaga Bekas Per Kg Hari Ini
Harga Tembaga Bekas Per Kg Hari Ini

Nah, itulah beberapa informasi daftar harga tembaga bekas per kg hari ini terbaru di 2023. Untuk mendapatkan harga yang terjangkau, tembaga yang harus kamu miliki memenuhi standart pembelian dan penjualan yang telah dibahas sebelumnya seperti kemurnian tembaga, kualitas, bentuk dan masih banyak lagi yang dapat mempengaruhi harga tembaga bekas. Namun, perlu diingat bahwa harga tembaga bekas per kg hari ini yang terlampir pada tabel diatas dapat berubah sewaktu-waktu dan tidak selalu sama di setiap tempat, kondisi barang, dan negosiasi dengan pembeli atau beberapa faktor lainnya yang mempengaruhi harga.

Terimakasih telah berkunjung ke artikel ini sekiranya dapat membantu kamu dalam menemukan harga yang cocok dan nantikan informasi harga terbaru lainnya hanya di Beadaily.

Melalui harga tembaga bekas yang mungkin meningkat, kita disadarkan akan pentingnya menjaga lingkungan. Seperti tembaga yang bisa di daur ulang, kita juga perlu menjaga dan mengelola sumber daya alam dengan bijak. Jaga bumi ini untuk generasi masa depan.

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng. Ikuti saya di Instagram: @juandasidabutar09

Artikel Menarik Lainnya