7 Merek dan Harga Excavator Baru Paling Banyak Digunakan

Tidak hanya kualitas produknya saja yang perlu diperhatikan dalam pembelian excavator, namun Anda juga perlu memperhatikan dan mempertimbangkan masalah harga excavator baru yang ditawarkan di pasaran. Hal ini dikarenakan, alat khusus yang banyak digunakan dalam industri konstruksi bangunan ini menawarkan merek dan harga yang bervariasi. Oleh karena itulah untuk memudahkan Anda dalam melakukan pembelian excavator di pasaran, maka bisa menyimak referensi harga dari excavator yang ada di artikel berikut ini.

Daftar Merek dan Harga Excavator Baru dalam Industri Konstruksi Bangunan

Daftar Merek dan Harga Excavator Baru dalam Industri Konstruksi Bangunan
Daftar Merek dan Harga Excavator Baru dalam Industri Konstruksi Bangunan

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan alat khusus bernama excavator yang sering digunakan dalam industri konstruksi bangunan, bukan? Ya, excavator sendiri umumnya merupakan salah satu jenis alat berat yang memiliki fungsi utama dalam menggali / mengeruk dan mengangkut bahan material dalam berbagai proyek konstruksi. Dengan menggunakan alat excavator satu ini, maka pekerjaan konstruksi bisa diselesaikan dengan cepat dan optimal.

Excavator yang sering digunakan dalam konstruksi bangunan, umumnya terbagi menjadi beberapa jenis sesuai fungsinya masing-masing seperti Skid Steer Excavator, Hydraulic Shovel Excavator, Crawler Excavator, Dragline Excavator, Long Reach Excavator, Suction Excavator dan Wheeled Excavator. Sehingga tidak heran, jika harga excavator baru juga sering dipengaruhi oleh jenis dan merek dari alat berat tersebut. Sebelum Anda mengenal kisaran harga dari excavator satu ini di pasaran, sebaiknya Anda kenali terlebih dulu perbedaan alat berat excavator dan backhoe yang masih sulit dibedakan oleh kebanyakan orang.

Perbedaan Excavator Vs Backhoe
Pengertian
  • Excavator

Merupakan salah satu jenis alat berat yang memiliki fungsi utama dalam membantu penyelesaian beberapa pekerjaan proyek konstruksi. Yakni seperti memindahkan material berat dari satu tempat ke tempat lain, membantu proses penggalian tanah, membantu pengerjaan irigasi, meratakan tanah dan lain sebagainya.

  • Backhoe

Yakni sejenis alat berat yang memiliki ban dan roda yang dikombinasikan dengan backhoe, dimana penggunaannya dikhususkan untuk membantu pekerjaan penggalian, pembangunan, perbaikan dan lain sebagainya.

Fleksibilitas
  • Excavator

Fleksibilitas alat berat excavator terbilang sangat terbatas.

  • Backhoe

Backhoe memiliki fleksibilitas yang cukup banyak, yang mana dapat melakukan berbagai tugas dengan cakupan yang lebih luas. Bahkan penggunaan backhoe sendiri, umumnya bisa dikendarai di jalan raya dan pengoperasiannya lebih mudah dibandingkan excavator.

Ukuran
  • Excavator

Alat berat excavator, umumnya memiliki ukuran yang jauh lebih besar dengan bobot yang lebih berat dibandingkan backhoe. Meski demikian, alat berat satu ini memiliki sepatu belakang yang sedikit lebih kecil. Penggunaan alat excavator, biasanya sering diterapkan dalam proyek penambangan, penghancuran, tiang penggerak, poros pengeboran dan seluruh proyek konstruksi berskala besar.

  • Backhoe

Alat berat backhoe, memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan excavator, akan tetapi penggunaannya lebih mudah. Penggunaan backhoe sendiri, biasanya digunakan pada proyek pertanian, proyek konstruksi dan penggalian berskala menengah.

Rotasi
  • Excavator

Alat berat excavator, biasanya memiliki rotasi yang bisa memutar seluruh sasis dan lengan alat berat dalam satu lingkaran penuh (360 derajat).

  • Backhoe

Alat berat backhoe, umumnya memiliki rentang rotasi yang hanya bisa berputar dengan kisaran 200 derajat saja.

 

Setelah tadi Anda mengenal beberapa perbedaan di antara excavator dan backhoe, tentunya Anda sudah tidak kesulitan dalam membedakan jenis alat berat yang sering digunakan dalam proyek konstruksi bangunan tersebut, bukan? Selanjutnya, kita disini akan membahas mengenai harga excavator baru yang ditawarkan di pasaran, yang mana memiliki rentang harga yang berbeda-beda sesuai dengan jenis dan merek yang ditawarkan. Agar Anda tidak semakin penasaran mengenai harga dari alat berat excavator, maka bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.

1. Excavator Caterpillar

Excavator Caterpillar
Excavator Caterpillar

Merek excavator yang banyak digunakan di konstruksi bangunan yang pertama, yakni ada Excavator Caterpillar yang diproduksi oleh perusahaan Caterpillar Inc. Dimana, perusahaan ini termasuk salah satu produsen alat berat terkemuka yang ada di dunia. Bukan hanya itu saja, merek excavator satu ini bahkan telah dikenal luas di Indonesia lantaran kualitas produknya yang handal, memiliki daya tahan yang tinggi dan teknologi inovatif yang diterapkan dalam desain maupun performa di dalamnya.

Mengenai harga excavator baru merek Caterpillar yang ditawarkan di pasaran satu ini, umumnya sangat bergantung pada ukuran dan juga kapasitas yang ada di dalamnya. Di samping itu, mahal tidaknya harga yang ditawarkan dari merek excavator ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti jenis excavator, ukuran, spesifikasi dan wilayah geografis. Adapun harga excavator merek Caterpillar dengan berbagai tipe di pasaran, bisa Anda lihat di bawah ini.

  • CAT 300.9D Mini Excavator dengan harga kisaran Rp 743.463.000.
  • CAT 305 / 307 Mini Excavator dengan harga kisaran Rp 751.000.000.
  • CAT 320D2 Mini dengan harga kisaran Rp 1.301.000.000.
  • CAT 320 GC Hydraulic Excavator dengan harga kisaran Rp 1.501.000.000.
  • CAT 320 Hydraulic Excavator dengan harga kisaran Rp 1.501.050.000.
  • CAT 390D Hydraulic Excavator dengan harga kisaran Rp 3.75.000.000.

2. Excavator Komatsu

Excavator Komatsu
Excavator Komatsu

Berikutnya, Anda juga akan menemukan harga excavator baru lainnya dari merek Excavator Komatsu. Sebagai informasi, produk alat berat excavator satu ini diproduksi oleh perusahaan multinasional Jepang bernama PT Komatsu Ltd, yang merupakan salah satu produsen alat terkemuka di dunia. Adapun salah satu distributor resmi di Indonesia dari produk alat berat excavator merek Komatsu satu ini, yakni bisa Anda temukan pada PT United Tractors.

Anda perlu tahu, bahwa alat berat excavator satu ini dikenal dengan kualitasnya yang handal, memiliki efisiensi kerja yang tinggi dan menerapkan teknologi terbaru di dalam desain dan performanya. Adapun untuk beberapa harga excavator baru merek Komatsu yang bisa Anda ketahui, yakni sebagai berikut.

  • Excavator Komatsu PC200 dengan harga di kisaran 30.000 – 50.000 dollar AS.
  • Excavator Komatsu PC30MR-5 dengan harga kisaran 38.500 dollar AS.
  • Excavator Komatsu PC45MR-5 dengan harga kisaran 51.910 dollar AS.
  • Excavator Komatsu PC35MR-5 dengan harga kisaran 51.915 dollar AS.
  • Excavator Komatsu PC55MR-5 dengan harga kisaran 54.910 dollar AS.

3. Excavator Hitachi

Excavator Hitachi
Excavator Hitachi

Bisa dikatakan disini, bahwa excavator merek Hitachi ini merupakan pimpinan dari seluruh dunia dalam industri pembuatan produksi excavator menengah. Yang mana disini dikatakan, bahwa merek excavator dengan harga excavator baru kompetitif satu ini hadir dengan memanfaatkan penggunaan teknologi hidrolik yang canggih, sehingga sangat mudah untuk dioperasikan pengguna.

Hadir dengan mengandalkan kecepatan, kekuatan dan daya tahan yang tinggi, menjadikan alat berat ini mampu meningkatkan produktivitas kerja dan menurunkan biaya pemeliharaan alat. Adapun untuk harga excavator baru dari merek Hitachi sendiri, bisa Anda lihat di bawah ini.

  • Excavator Hitachi ZX33U-5A dengan harga kisaran Rp 513.000.000.
  • Excavator Hitachi ZX48U-5A dengan harga kisaran Rp 631.000.000.
  • Excavator Hitachi ZX65USB-5A dengan harga kisaran Rp 891.000.000.

4. Excavator Hyundai

Excavator Hyundai
Excavator Hyundai

Diproduksi oleh perusahaan Hyundai Heavy Industries, alat berat excavator satu ini sudah dikenal luas dengan mengombinasikan antara kualitas, daya tahan dan kinerja yang baik di dalamnya. Hampir sama seperti excavator merek lain yang ditawarkan di pasaran, harga excavator baru satu ini juga dipengaruhi oleh jenis, ukuran dan spesifikasi alat beratnya.

Jika Anda tertarik untuk membeli produk alat berat excavator satu ini, maka perlu mengenal lebih dulu harga yang ditawarkan di dalamnya. Dimana untuk harga dari produk alat berat excavator merek Hyundai, di antaranya sebagai berikut.

  • Excavator Hyundai R80-7 tahun 2013 dengan kisaran harga Rp 375.000.000.
  • Excavator Hyundai Robex 210-7 tahun 2010 dengan kisaran harga Rp 501.000.000.
  • Excavator Hyundai HX210S tahun 2019 dengan kisaran harga Rp 9.850.000.

Baca Juga: 5 Distributor Sepatu Bekas Import Karungan Tangan Pertama

5. Excavator Pindad

Excavator Pindad
Excavator Pindad

Jika beberapa merek excavator tadi dibuat oleh perusahaan luar, maka selanjutnya Anda bisa menemukan produk excavator populer buatan Indonesia dari merek Pindad. Diketahui, produk excavator satu ini diketahui diproduksi oleh PT Pindad yang sudah cukup populer di pasaran. Bahkan tidak hanya menawarkan produk excavator saja, Anda juga akan menemukan banyak sekali produk alat berat lain seperti Motor Traksi, Paddy Dryer, Traktor Roda Empat PTM-45 dan lain sebagainya.

Anda perlu tahu, bahwa untuk harga excavator baru merek Pindad sendiri terbilang cukup mahal untuk satu unitnya sendiri. Apabila Anda penasaran mengenai kisaran harga dari excavator merek Pindad, maka bisa melihat daftar harga excavator baru di bawah ini.

  • Excavator Pindad Excava 55 dengan harga kisaran Rp 700.000.000 – Rp 800.000.000.
  • Excavator Pindad Excava 200 dengan harga kisaran Rp 1.200.000.000 – Rp 1.400.000.000.
  • Excavator Pindad Excava 200 Long Arm dengan harga kisaran Rp 2.100.000.000 – Rp 2.300.000.000.
  • Excavator Pindad Excava 80 Amphibious dengan harga kisaran Rp 4.300.000.000 – Rp 4.500.000.000.
  • Excavator Pindad Excava 200 Amphibious Long Arm (tanpa Side Pontoon & Spud Pile) dengan harga kisaran Rp 5.000.000.000 – Rp 5.100.000.000.
  • Excavator Pindad Excava 200 Amphibious Long Arm dengan harga kisaran Rp 5.600.000.000 – Rp 5.800.000.000.

6. Excavator Volvo

Excavator Volvo
Excavator Volvo

Produk excavator berikutnya, juga bisa Anda temukan pada merek Excavator Volvo yang diluncurkan pada tahun 2017. Disini dikatakan, bahwa merek excavator ini hadir pertama kali dengan tipe EC210D dan sudah memiliki reputasi yang cukup baik di wilayah Asia. Yang mana, produk excavator ini dikenal sebagai mesin berperforma tinggi dalam pengerjaan medan yang sulit, akan tetapi tetap cocok digunakan untuk pekerjaan konstruksi umum.

Terkait harga excavator baru merek Volvo di pasaran sendiri, umumnya berkisar antara Rp 700 jutaan sampai dengan Rp 1,7 milyaran. Adapun harga yang ditawarkan disini, biasanya bergantung dari pihak distributor penjual alat berat excavator merek Volvo tersebut.

7. Excavator Kobelco

Excavator Kobelco
Excavator Kobelco

Terakhir, Anda juga akan menemukan produk excavator merek Kobelco yang diproduksi oleh perusahaan Kobelco Construction Machinery Co., Ltd. Anda perlu tahu, bahwa perusahaan Kobelco sendiri merupakan produsen alat berat yang terbilang terkemuka dan berbasis di Negeri Sakura, Jepang. Bahkan, merek alat berat ini sudah menjadi pemimpin dalam industri alat berat selama beberapa dekade terakhir.

Terkenal dengan kualitas produknya yang handal, teknologi yang inovatif dan performanya yang tangguh, menjadikan Kobelco juga termasuk produk excavator terlaris di pasaran. Meskipun ditawarkan di kisaran ratus jutaan hingga milyaran, namun harga excavator baru tetap bergantung pada ukuran dan kapasitas yang ditawarkan.

Harga Excavator Baru
Harga Excavator Baru

Demikianlah tadi informasi menarik bagi Anda seputar harga excavator baru dari berbagai merek terkenal di pasaran. Sebelum Anda membeli produk excavator untuk kebutuhan konstruksi bangunan, pertimbangkan lebih dulu harga dan kualitas yang ditawarkan.

Baca Juga :  Harga Roti Gembong Gedhe Jogja dengan Berbagai Varian Rasa Terbaru 2024
Artikel Menarik Lainnya