Daftar Harga Belut Per Kg 2024

Harga Belut Per Kg – Belut adalah sekelompok ikan berbentuk mirip ular yang termasuk dalam suku Synbranchidae. Belut ini banyak disukai banyak kalangan masyarakat karena mengandung gizi yang tinggi. Tetapi jangan salah, beberapa orang ada juga tidak menyukai dikarenakan bentuknya seperti ular.

Untuk mendapatkan nya juga sangat mudah karena sudah ada di pasar tradisional dan bahkan di sekitar kita yang membudidaya belut di rumahnya. Jika kita beli Belut langsung ke peternaknya, pastinya belut lebih segar. Tidak hanya mudah didapatkan, Tetapi bisa juga di olah dengan berbagai variasi dalam proses memasak nya contoh nya ditumis, digoreng, di rebus, dan banyak lagi olahan yang dibuat sedemikian rupa sesuai selera masing-masing.

Oleh karena itulah banyak juga orang selalu mencari dan ingin mengonsumsi ikan belut. Mulai dari gizi, rasa yang enak, variasi masakan yang dihasilkan hingga mereka tidak terlalu peduli dengan harga belut yang cukup mahal. Pada umumnya harga belut ini berbeda beda setiap tempat dimana di beli. Disini akan kita bahas harga belut terbaru . Baca selengkapnya berikut ini.

Jenis Jenis Belut

Sebelum kita membahas harga belut per Kg perlu juga kita tahu jenis-jenis belut. Berikut ini jenis-jenis belut dan ciri-ciri masing-masing belut:

Belut Sawah

Belut sawah adalah belut yang paling banyak diminati orang. Mengapa ? Bentuknya yang panjang dan daging nya yang tebal juga rasa belut sawah ini lebih manis dibanding jenis belut lainnya.

Harga Belut Per Kg 2023
Sumber : wikipedia.org

Apa sih ciri khas dari belut Sawah ? Belut sawah memiliki bentuk tubuh memanjang dengan ujung kepala menumpul dan ekor meruncing. Panjang tubuhnya bisa mencapai 20 hingga 40Cm. Belut sawah akan tinggal di lubang yang berlumpur yang pastinya ditemukan di sawah.

Untuk harga belut per Kg yaitu jenis belut sawah ini sangat terjangkau dan lebih murah dibanding harga belut lainnya.

Belut Rawa

Belut rawa hampir mirip dengan belut sawah. kandungnya yang ekonomis dan gizi yang dimiliki juga tinggi. sebenarnya sulit membedakan bagaimana membedakan belut sawah dengan belut rawa. Tetapi masih bisa kita bedakan dengan memahami ciri ciri belut rawa berikut ini:

Harga Belut Per Kg 2023
Sumber: Merdeka.com
  • Warna kulit gelap
  • Panjangnya bisa mencapai 150-300gr/ekor
  • Bagian kepala lebih runcing dibanding belut sawah
  • panjangnya bisa mencapai 50-60cm
  • Bentuk ekor lancip
  • Mata nya lebih kecil
  • Memiliki tekstur daging yang lembut
Baca Juga :  30+ Daftar Menu dan Harga Rocket Chicken Terbaru 2024

Mungkin ini adalah ciri ciri yang bisa di lihat untuk membedakannya dnegan belut sawah. Jika kita sudah sering membeli dan bahkan mengonsumsi dari rasanya juga bisa dikenal belut tersebut jenis apa.

Harga belut per Kg jenis belut rawa lebih mahal dibanding harga belut sawah, karena dagingnya yang lebih tebal dan tekstur nya yang lembut.

Belut Muara

Belut Muara sama saja seperti belut lainnya yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Belut ini akan di temukan di Muara. Tetapi setiap jenis belut memiliki ciri ciri khusus yang bisa kamu kenali.

Harga Belut Per Kg 2023
Sumber: majalahikan.com
  • Warna kulit pucat
  • Bagian kepala seperti ujung terompet
  • Panjang tubuh bisa mencapai 60-70 cm jika sudah dewasa
  • Habitat hidup di area muara atau tambak dekat laut
  • Memiliki bau amis yang mencolok
  • Ekor berbentuk seperti pedang
  • beratnya bisa mencapai 250gr/ekor
  • Gerakannya lambat diabnding belut lainnya

Harga belut per Kg jenis muara masih susah ditemukan karena belum ada pembudidaya belut ini. Oleh karena itu harga belut ini lebih mahal diantara jenis belut lainnya.

Harga Belut Per Kg

Harga belut per Kg juga berbeda- beda sesuai jenis dan bobot belut tersebut. Dilihat dari kandungan gizi yang dimiliki tidak heran lagi jika harga belut ini tergolong mahal. Tapi tidak menutup celah untuk orang ingin membelinya, karena belut ini memang enak, gurih, bergizi dan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Belut Hidup
Jenis Belut Berat/kg Harga (Rp)
Belut Sawah 1 kg Rp69900-Rp95000
Belut Rawa 1 kg Rp79.000-Rp100.000
Belut Muara 1 kg Rp85000-Rp105000
Belut Konsumsi
Keripik Belut 200gr Rp. 30.000
Keripik Belut 500gr Rp. 65.000
Keripik Belut 1kg Rp. 120.000

Perlu diketahui DaftarHarga Belut Per Kg diatas bukan menjadi patokan , karena harga belut berubah sewaktu-waktu sesuai harga pasaran sesuai lokasi dimana kita membeli nya. Pastinya jika kalian sudah sering membelinya sudah mengetahui harga pasaran dari ikan belut. Untuk kalian yang mungkin masih pertama kali disarankan agar membawa uang lebih mengingat harga ikan belut sewaktu waktu bisa berubah.

Manfaat Belut Bagi Tubuh Manusia

Harga Belut Per Kg 2023
Sumber: alodokter.com

Selain harga belut per Kg perlu kita ketahui manfaat dari belut itu sendiri. Belut yang sudah dikenal sebagai sumber gizi yang tinggi yang mengandung Vitamin A dan protein yang tentunya sangat bagus untuk tubuh. Dengan demikian apa saja manfaat belut bagi tubuh? Berikut ini akan dijelaskan detail manfaat belut :

Kandungan Nutrisi yang tinggi

Sesuai Harga Belut Per Kg tidak menjadi masalah karena belut adalah sumber protein hewani yang tinggi akan nutrisi. Kalian mau tahu apa saja nutrisi tersebut ? Berikut ini detail nutrisi yang dimiliki belut :

  • Protein :14,6gr
  • Karbohidrat :1,0 gr
  • Energi :70 kal
  • Besi :1,5 mg
  • Natrium :55mg
  • Kalium :169,0 mg
  • Seng :1,2 mg
Baca Juga :  Daftar Harga Smoothing Keratin di Salon Terbaru 2024

Untuk Kulit

Belut mengandung Vitamin E yang memiliki antioksidan. Kandungan Vitamin E sangat bermanfaat untuk kulit yang melindungi dari sinar ultraviolet. Kita ketahui Vitamin E sering kali kita temukan di produk kecantikan. Maka tidak salah lagi jika belut sangat bagus untuk kulit kita.

Untuk MPASI Anak

Jika kalian punya  keponakan, cucu ataupun anak kalian yang sudah waktunya MPASI, belut ini bisa menjadi menu MPASI anak yang tepat. Untuk pertumbuhan anak yang baik pastinya ada pengaruh dari aapa yang dikonsumsi. Nah, belut ini yang memiliki nutrisi yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan anak.

Memperbaiki Sel dan Jaringan Tubuh

Dari kandungan belut diatas kita bisa lihat bahwa belut sangat bermanfaat pada sel/jaringat tubuh, mulai dari rambut, kuku, kulit dan lainnya. Protein yang dimiliki belut baik untuk proses regenerasi jaringan tubuh.

Untuk Kesehatan Otak dan saraf

Harga Belut Per Kg mahal ? Benar mahal tetapi kalian harus tahu bahwa belut memiliki vitamin B1 dan vitamin B6 yang cukup tinggi. Vitamin tersebut bisa meningkatkan kemampuan daya ingat seseorang. Hal ini sangat baik untuk menjaga fungsi otak dengan maksimal.

Untuk Imun

Dari berbagai vitamin dan kandungan pada belut sangat bermanfaat untuk tubuh juga untuk meningkatkan imun yang tetap stabil. Pada hal ini sangat dianjurkan untuk mengonsumsi belut.

Setelah kita membaca manfaat dari ikan belut, tidak heran lagi jika harga ikan belut lumayan mahal. Dan dengan harga tersebut kita tidak merasa rugi karena mengonsumsi belut sangat banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan kita terlebih buat anak-anak sangat baik sekali untuk pertumbuhannyaa.

Cara Budidaya Belut

Berhubung harga belut per kg cukup mahal, Ada beberapa orang memilih untuk membudidaya belut juga dikarenakan membudidaya belut tidak begitu sulit. Nah, disini kami berikan sekilas informasi langkah-langkah umum dalam budidaya belut.

Budidaya belut atau disebut juga beternak ikan adalah suatu proses melestarikan ikan untuk tujuan bisnis{dagang} dan untuk di konsumsi. Jika kamu adalah salah satu seseorang yang sedang atau ingin membudidayakan ikan , berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Pemilihan Lokasi dan Kondisi Lingkungan

Pilih lokasi yang sesuai untuk budidaya belut, seperti kolam atau bak yang memiliki sistem air yang baik dan kondisi lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan belut. Dikarenakan ada beberapa jenis belut, kamu harus sesuaikan jenis dengan lokasi yang di pilih.

  • Pemilihan Bibit Belut
Baca Juga :  60+ Daftar Harga dan Menu Starbucks Terbaru 2024

Yang kedua, pilihlah bibit belut yang berkualitas dari peternak yang terpercaya. Mengingat Daftar Harga Belut Per Kg untuk hasil yang baik pilih lah bibit yang sehat dan aktif memungkinkan pelestarian belut tersebut berhasil.

  • Pembuatan kolam

Jika bibit sudah ada, selanjutnya siapkan kolam dan fasilitas yang diperlukan. Seperti air, aerasi, dan sistem penyaringan yang baik. Sesuaikan fasilitasnya dengan bibit yang kamu beli. Siapkan kolam sesuai kebutuhan belut, artinya jika belut yang kamu beli cukup banyak siapkan lah kolam sesuai porsi belut tersebut agar pertumbuhan belut maksimal

  • Perhatikan Lahan dan Penyediaan Air

Setelah pembuatan kolam, perlu juga diperhatikan lokasi sekitar dari kolam tersebut. Mulai dari membersihkan kolam, memastikan tanah stabil dan selalu memperhatikan air yang bersih sesuai kebutuhan belut.

  • Pemberian Pakan

Berikan pakan yang sesuai untuk belut, seperti cacing atau makan khusus belut. Pastikan pakan yang diberikan cukup tidak berlebihan dan tidak kurang juga guna untuk pertumbuhan belut secara maksimal.

  • Perawatan Harian

Lakukan perawatan harian secara maksimal, pantau dan selalu perhatikan air secara teratur dengan memeriksa suhu,pH, oksigen terlarut, makanan yang cukup, dan memperhatikan pertumbuhan belut. Jika kondisi belut ada yang tidak baik, secepatnya ambil solusi untuk memperbaiki pertumbuhan kembali normal.

Penting untuk pengetahuan lebih tentang cara atau kebutuhan sebelum budidaya ikan belut. Ada beberapa hal yang harus di pertimbangkan seperti kesehatan,kebersihan, dan perawatan yang baik dalam proses budidaya tersebut. Perlu juga untuk selalu berbagi informasi atau menanyakan ke peternak belut yang sudah ahli sebelum memulai atau sedang untuk memaksimal hasil yang baik.

Kesimpulan

Harga Belut Per Kg
Harga Belut Per Kg

Harga Belut Per Kg dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk permintaan dan penawaran di pasar, ukuran belut, jenis belut, kondisi ekonomi, metode pembudidayan ikan belut dan lokasi dimana kita bertempat tinggal. Hal tersebut lah yang menjadi pengaruh berubahnya harga belut per kg dalam suatu waktu. Dilihat dari harga yang cukup mahal membuat beberapa orang ingin melestarikan sendiri untuk menghemat biaya dan tetap bisa mengonsumsi ikan belut.

Demikian pemabahasan mengenai Harga Belut Per Kg yang sudah dipaparkan diatas, mulai dari jenis ikan belut, harga belut, manfaat belut dan juga cara budidaya semoga artikel ini berguna dan bermanfaat bagi kamu yang membaca nya.

Artikel Menarik Lainnya