Update! Info Harga Sarang Walet Terbaru 2024

Taukah kamu bahaw sarang walet memiliki banyak manfaat untuk tubuh? Untuk itu, Beadaily akan merangkum harga sarang walet 2024 terbaru dan terupdate pada artikel kali ini. Berabagai manfaat yang terdapat dalam sarang walet membuat harganya kian melambung tinggi.

Pada dasarnya sarang walet memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari halodoc.com, di dalam sarang walet terdapat kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, banyak kandungan lain yang terdapat dalam sarang walet yang tentunya bermanfaat untuk tubuh.

Untuk itu pada artikel kali ini selain membahas tentang harga sarang walet, Beadaily juga akan membahas informasi tentang sarang walet dan beberapa manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut adalah pembahasannya, simak ya.

Sekilas Informasi Tentang Sarang Walet Dan Mafaatnya

Sekilas Informasi Tentang Sarang Walet Dan Mafaatnya 
Sekilas Informasi Tentang Sarang Walet Dan Mafaatnya

Sebelum lebih lanjut membahas tentang harga sarang walet 2024, berikut ini adalah sekilas informasi tentang sarang walet dan manfaatnya. Burung walet adalah burung dengan ciri memiliki sayap meruncing, berekor panjang, berwarna hitam dengan bagian bawah tubuhnya berwarna cokelat. Umumnya burung walet hidup di daerah pantai dan juga daerah permukiman.

Burung walet merupakan salah satu jenis burung yang membuat sarangnya melalui air liurnya sendiri. Produksi air liur mulai aktif menjelang burung walet mengalami fase bertelur.  Air liur walet dihasilkan oleh sepasang kelenjar sublingualis yang berukuran besar selama masa musim berkembang biak. Sarang burung walet berasal dari air liur burung wallet yang telah memadat dan mengering.

Sarang walet mengandung kalsium, mangan, tembaga dan zinc yang termasuk mineral penting dalam tubuh. Selain itu, terdapat beberapa kandungan baik yang terdapat dalam sarang walet. Menurut informasi gizi yang terdapat pada laman Data Komposisi Pangan Indonesia, berikut ini adalah beberapa kandungan yang terdapat dalam 100 gram sarang walet yang bisa kamu dapatkan:

Jenis Kandungan Gizi

Jumlah

Protein 37.5 gram
Energi 281 kilo kalori
Zat besi 3 miligram
Fosfor 18 miligram
Karbohidrat 32.1 gram
Lemak 0.3 gram
Kalsium 485 miligram

Sarang walet dapat menjadi sumber protein, karbohidrat, serta sumber lemak yang baik. Selain itu, sarang walet juga mengandung glikoprotein yang lebih mudah larut serta dilengkapi kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibanding kandungan dalam sup ayam dan ikan.

Jenis Sarang Walet

Sarang walet memiliki jenis yang berbeda-beda dan tentunya harga sarang walet ditentukan tergantung pada jenisnya. Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis sarang walet yang umumnya dijual di pasaran, simak yaa:

  • Sarang Walet Mangkok (Putih)

Sarang Walet Mangkok
Sarang Walet Mangkok

Warna putih merupakan warna yang umum ada pada sarang burung walet. Warna ini berasal dari warna asli air liur burung walet yang memang berwarna bening keputihan. Sarang walet mangkok memiliki warna putih dan merupakan sarang walet yang umum dijual di pasaran.

Sarang burung walet putih mempunyai ciri khas, yaitu berwarna putih kekuningan, tebal dan bulu menempel. Sarang burung walet putih menciri yaitu bentuk seperti mangkuk dibelah, berwarna putih, bening, kristal, utuh, tidak retak ataupun cacat, bersih dari bulu dan kotoran. Harga sarang walet yang satu ini tergolong tinggi di pasaran.

  • Sarang Walet Segitiga/Sudut

Sarang Walet Segitiga
Sarang Walet Segitiga

Sesuai dengan namanya, jenis sarang walet ini memiliki bentuk tubuh yang sudut-sudutnya runcing seperti segitiga. Bentuk segitiga terbentuk karena air liur burung walet yang menempel pada sudut-sudut rumah walet. Sarang walet jenis ini umumnya ada pada pada berbagai sudut bagunan rumah walet.

Baca Juga :  8 Update Harga Tembaga Per Kg: Semua Jenis Terbaru 2024

Jenis sarang burung walet segitiga memiliki bentuk yang lebih kecil dari sarang walet mangkok. Walaupun secara bahan, kedua jenis tersebut sama-sama dari air liur burung walet yang asli namun sarang bentuk segitiga cenderung memiliki harga sarang walet yang satu ini memiliki nilai jual yang lebih rendah dari bentuk mangkuk atau original.

  • Sarang Walet Hitam

Sarang Walet Hitam
Sarang Walet Hitam

Jenis sarang burung walet yang kedua adalah sarang walet hitam. Sarang ini berwarna hitam karena terbuat dari air liur burung walet yang bercampur dengan bulu-bulu yang pada tubuhnya. Walau begitu, harga sarang walet hitam sangat stabil di pasaran.

Umumnya, sarang burung walet hitam dihasilkan oleh burung walet jenis Aerodramus maximus. Burung walet jenis ini membentuk sarang dari bulu-bulu yang direkatkan dengan air liurnya dan ditempelkan di dinding-dinding gua batu kapur.

  • Sarang Walet Merah

Sarang Walet Merah
Sarang Walet Merah

Sarang burung walet merah merupakan jenis yang cukup langka di pasaran. Hal ini karena warna merah yang dihasilkan berasal dari darah burung walet sendiri. Karena kelangkaannya, harga sarang walet merah cenderung lebih mahal dibanding jenis lainnya.

Sarang ini terbuat dari air liur yang bercampur darah. Darah ini bukanlah darah yang berasal akibat perkelahian atau penyakit dari burung walet, namun berasal saat burung walet sedang mengeluarkan atau membuang telurnya.

  • Sarang Walet Strip

Sarang Walet Strip
Sarang Walet Strip

Bentuk dari sarang burung walet ini masih nampak seperti mangkok, disebut bentuk strip karena tekstur dan lipatan-lipatannya lebih renggang namun tidak sepadat bentuk mangkok. Diantara jenis sarang walet lainnya harga sarang walet strip memiliki nilai yang sangat tinggi.

Jenis Olahan Sarang Walet Yang Sangat Bermafaat

Sarang burung walet memiliki rasa yang manis dan baik dikonsumsi harian sebagai makanan camilian produktif yang memiliki gizi tinggi. Olahan sarang burung walet menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi, hal tersebut juga disebabkan dengan permintaan yang semakin meningkat.

Dengan tingginya permintaan pasar, membuat banyak pengusaha tertarik untuk membuat beragam olahan dari sarang walet. Berikut ini adalah beberapa olahan sarang walet yang bermanfaat dan memiliki permintaan yang tinggi di masyarakat:

1. Sup Burung Walet

Olahan sarang walet yang pertama adalah sup burung walet. Olahan yang satu ini banyak diminati oleh orang-orang yang ingin mendapatkan khasiat dari sarang burung walet.

Baca Juga :  Daftar Menu dan Harga Donat Madu Terbaru 2024

Sup sarang burung walet dipercaya memiliki khasiat yang tinggi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mempercepat pertumbuhan bagi anak-anak, sebagai obat untuk menyembuhkan kanker, serta dipercaya dapat membuat awet muda.

2. Minuman Sarang Walet Yang Bekhasiat Tinggi

Selain dapat dioleh menjadi sup burung walet, olahan lain yang bisa didapatkan dari sarang walet adalah minuman. Mengonsumsi sarang walet dapat memenuhi asupan asam amino yang diperlukan oleh tubuh.

Kandungan tersebut mampu menambah massa otot, kekebalan tubuh serta dapat menjaga kesehatan organ jantung. Di dalam sarang walet terkandung 60% protein dan 30% asam amino yang berguna untuk tubuh.

3. Kosmetik

Selain untuk diolah menjadi makanan dan minuman, sarang burung walet juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat kosmetik. Sarang burung walet dikena memiliki khasiat yang dapat membantu proses peremajaan kulit. Kandungan Epidermal Growth factor (EGF) yang ada dalam sarang walet dapat merangsang produksi kolagen dalam jumlah tinggi, sehingga hal tersebut dapat memperbaiki kulit keriput.

Manfaat Sarang Walet

Semua manfaat yang berasal dari sarang walet diperoleh melalui kandungan fenilalaninnya. Sebagai informasi, kandungan fenilalanin ini mampu meningkatkan kinerja sistem saraf pusat, sehingga mampu mencegah berbagai masalah otak, termasuk depresi. Selain itu, di bawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan:

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh menjadi salah satu hal yang sangat penting saat ini, pasalnya penyakit bisa datang dari mana saja. Dengan mengonsumsiolahan sarang walet, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kandungan protein dan peptida bioaktif yang ada dalam sarang burung walet dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan kolagen dalam sarang burung walet dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Kolagen adalah protein yang penting untuk kekuatan, elastisitas, dan kelembapan kulit. Selain itu, dengan adanya kandungan Epidermal Growth factor (EGF), dapat membuat regenerasi kulit menjadi lebih optimal. Tidak hanya itu, sarang burung walet juga mengandung leucine yang baik untuk pertumbuhan jaringan kulit dan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati sehingga kulit wajah menjadi lebih cerah.

  • Mengatasi Resistensi Insulin

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling dihindari banyak orang. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan penyakit ini adalah terjadinya resistensi insulin dimana kondisi sel tubuh tidak dapat memanfaatkan gula darah dengan baik karena adanya gangguan respon sel terhadap insulin.

Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan kandungan gizi di dalam sarang walet yang dapat membantu mengurangi produksi insulin berlebihan. Kandungan sarang walet diketahui dapat mengurangi produksi insulin berlebihan dan menjaga sistem kerja metabolisme tubuh dalam memecah lemak.

  • Menjadi Sumber Asam Amino

Asam amino adalah senyawa yang bergabung untuk membentuk protein, menentukan struktur, dan fungsi untuk protein tertentu. Beberapa fungsi protein yaitu berperan sebagai antibodi, enzim, pembawa pesan, dan sebagai transportasi atau penyimpanan.

Baca Juga :  Daftar Harga Gadai HP Di Pusat Gadai Terbaru 2024: Semua Merk dan Tipe HP

Sarang walet kaya akan sumber nutrisi, salah satunya sebagai beberapa sumber asam amino penting. Di dalamnya mengandung asam aspartate, prolin, sistein, fenilalanin, tirosin, hingga glukosamin. Asam aspartate dan prolin yang bermanfaat untuk membantu proses regenerasi sel.

  • Sumber Antioksidan Yang Tinggi

Antioksidan merupakan senyawa yang memiliki fungsi untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan sel-sel di dalam tubuh, khususnya yang disebabkan oleh paparan radikal bebas. Antioksidan bisa ditemukan di dalam berbagai jenis makanan, minuman, serta suplemen.

Salah satu yang memiliki antioksidan tinggi adalah sarang walet. Sarang walet memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dengan mengonsumsi sarang burung walet, dapat menghindari diri dari berbagai penyakit berbahaya.

  • Mengurangi Dampak Nikotin

Konsumsi nikotin yang berlebihan mampu memberikan dampak bagi masalah kesehatan secara serius, tidak hanya kerusakan otak dan mengganggu kinerja sinapsis saja. Beberapa gangguan kesehatan yang dapat terjadi dari konsumsi nikotin adalah masalah gangguan pernapasan, sistem kerja kardiovaskular, dan gangguan imun tubuh.

Dengan mengonsumsi olahan sarang walet dapat mengurangi kadar nikotin yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan sarang walet ini dapat mengurangi dampak negatif pada nikotin yang mampu merusak kesehatan tubuh.

Harga Sarang Walet Terbaru 2024

Harga Sarang Walet Terbaru 2023
Harga Sarang Walet Terbaru 2024

Dengan banyaknya manfaat yang ada dalam sarang walet menghadirkan budidaya sarang walet yang tersebar dibeberapa daerah dan tentunya diperjual belikan bahkan sampai dieskspor ke luar negeri. Pada tahun 2024, harga sarang walet cenderung mengalami peningkatan karena kebutuhan yang semakin besar di pasaran.

Walaupun harga sarang walet mengalami kenaikan, namun, produksinya juga semakin meningkat karena banyaknya permintaan yang tersedia di pasaran. Di bawah ini adalah beberapa daftar harga sarang walet:

Jenis Sarang Walet Ukuran Harga Sarang Walet

Sarang Walet Mangkok (Putih)

200 gr Rp. 4.635.000
250 gr Rp. 4.635.000
500 gr Rp. 9.250.000
1 kg Rp. 18.500.000
Sarang Walet Segitiga/Sudut 200 gr Rp. 3.540.000
250 gr Rp. 4.385.000
500 gr Rp. 8.750.000
1 kg Rp. 17.500.000
Sarang Walet Hitam 200 gr Rp. 3.340.000
250 gr Rp. 4.000.000
500 gr Rp. 8.450.000
1 kg Rp. 17.000.000
Sarang Walet Merah 200 gr Rp. 4.800.000
250 gr Rp. 5.760.000
500 gr Rp. 11.520.000
1 kg Rp. 23.100.000
Sarang Walet Strip 200 gr Rp. 3.680.000
250 gr Rp. 4.600.000
500 gr Rp. 9.200.000
1 kg Rp. 18.400.000

Harga sarang walet di atas dirangkum dari beberapa sumber yang dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.

Penutup

Harga Sarang Walet
Harga Sarang Walet

Untuk kamu yang suka atau hendak mengonsumsi sarang walet, pastikan kamu memilih sarang walet yang berkualitas untuk menghindari efek samping yang berlebihan. Meskipun memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, tentunya sarang walet juga memiliki efek samping yang dapat membahayakan tubuh apabila mengonsumsi sarang walet yang tidak berkualitas.

Demikianlah pembahasan tentang harga sarang walet yang dapat Beadaily rangkum pada artikel kali ini. Semoga artikel ini  dapat membantu dan dapat membawa manfaat positif bagi para pembaca, terutama bagi yang sedang mencari harga sarang walet 2024.

Artikel Menarik Lainnya