Daftar Harga Kambing Gibas Terbaru 2024

Harga Kambing Gibas 2024 berbeda-beda tergantung pada jenis, ukuran dan daerah asalnya. Lantas, berapa harga kambing Gibas di tahun 2024 saat ini? untuk menjawab rasa penasaran itu, maka simak penjelasannya pada artikel ini.

Kambing merupakan hewan ternak yang termasuk dalam keluarga Bovidae (hewan berkuku belah dan hewan pemamah biak) dan genus Capra (hewan mamalia yang memiliki 9 spesies). Mereka merupakan hewan herbivora yang umumnya dijinakkan dan dipelihara oleh manusia untuk berbagai tujuan, termasuk untuk produksi daging, susu dan bulu.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis kambing yang di ternakkan mulai dari kambing Etawa, PE (Peranakan Etawa), Boerawa, Kacang, Boer, Jawarandu hingga kambing Gibas yang akan kita bahas disini.

Seperti hewan kambing pada umumnya, harga kambing Gibas juga bervariasi. Adapun jenis-jenisnya berdasarkan jenis seperti usia, ukuran dan daerah asalnya. Lagipula harga kambing Gibas juga setiap tahun akan melonjak, terlebih lagi ketika memasuki Hari Raya Adha/Kurban. Sehingga pada kesempatan kali ini, kamu perlu mendapatkan informasi harga yang akan kamu gunakan untuk membeli kambing Gibas untuk diternakkan.

Apa kambing gibas?

Daftar Harga Kambing Gibas 2023: Semua Jenis, Ukuran dan Daerah Asalnya
Kambing Gibas

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai harga kambing Gibas, ada baiknya mengenal lebih dulu apa itu kambing Gibas. Kambing Gibas (yang sebenarnya domba) atau sering disebut dengan Kambing Gembel adalah salah satu ras kambing yang dibudidayakan dan berasal dari Indonesia. Nama “Gibas” atau “Gembel” berasal dari karakteristik bulunya yang agak kusut dan mirip dengan rambut yang gembel.

Kambing Gibas sendiri memiliki beberapa ciri khas, antara lain seperti:

  1. Bulu yang Khusut: Bulu Kambing Gibas cenderung kasar dan kusut, yang membedakannya dari beberapa ras kambing lainnya yang memiliki bulu yang lebih halus.
  2. Warna Bulu: Bulu Kambing Gibas juga bisa bervariasi dalam warna, termasuk seperti hitam, cokelat dan putih.
  3. Tanduk: Umumnya, Kambing Gibas memiliki tanduk yang melengkung ke belakang.

Kambing Gibas biasanya di jinakkan untuk tujuan produksi daging dan susu. Mereka juga sering ditemui di berbagai daerah di Indonesia, dan perannya dalam pertanian dan ekonomi pedesaan cukup signifikan. Kambing Gibas juga dikenal sebagai ras kambing lokal Indonesia yang tangguh dan mampu beradaptasi dengan lingkungan setempat yang beragam.

Jenis-jenis dan Daftar Harga Kambing Gibas Terbaru di Indonesia

Pada umumnya, jika dilihat berdasarkan warnanya kambing Gibas akan sama. Namun ternyata setelah diketahui, ada dua jenis kambing Gibas yang dibedakan berdasarkan ciri khas bulu pada ekornya. Maka, dari sinilah kita mengetahui perbedaannya serta pertumbuhan kambing tersebut.

Baca Juga :  30+ Daftar Menu dan Harga Rocket Chicken Terbaru 2024

Harga Kambing Gibas di bawah tidak menutup kemungkinan adanya perubahan maupun dari segi harga berdasarkan daerah asalnya. Mengingat jenis kambing Gibas yang banyak di ternak kan di daerah Jawa misalnya, sehingga harga kambing Gibas di pasaran pulau Jawa mungkin akan relatif lebih murah jika dibandingkan di daerah-daerah lainnya.

Berdasarkan penelusuran Team Beadaily, telah di rangkum dari beberapa sumber harga kambing Gibas menurut jenis kelamin dan usianya. Jenis dan Daftar Harga Kambing Gibas antara lain dapat di lihat pada tabel berikut ini:

Jenis Kambing Usia Harga (Rp)
Kambing Gibas Jantan 3 – 5 bulan Rp 750.000 – Rp 1.200.000
6 – 7 bulan Rp 1.200.000 – Rp 1.600.000
8 – 12 bulan Rp 1.600.000 – Rp 2.000.000
1 – 2 Tahun Rp 2.500.000 – Rp 2.800.000
Kambing Gibas Betina 3 – 5 bulan Rp 600.000 – Rp 1.100.000
6-7 bulan Rp 1.100.000 – Rp 1.300.000
8-12 bulan Rp 1.500.000 – Rp 1.800.000
1-2 Tahun Rp 2.300.000 – Rp 2.600.000

Selain itu, perlu untuk di ingat juga bahwa harga kambing Gibas diatas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu bergantung terhadap keputusan penjual. Untuk itu, silahkan lakukan konfirmasi langsung kepada penjual kambing Gibas untuk mendapatkan harga yang akurat.

Bahkan, setiap di setiap wilayah kota lainnya seperti Medan, Padang, Bandung, Palembang, Bandung, Pekanbaru, Depok dan daerah-daerah lainnya.

Kambing Gibas Ekor Tipis

Daftar Harga Kambing Gibas 2023: Semua Jenis, Ukuran dan Daerah Asalnya
Kambing Gibas Ekor Tipis

Kambing Gibas ekor tipis merupakan salah satu kambing yang banyak ditemukan di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Memiliki ciri-ciri fisik badan yang mungil, kecil, pertumbuhannya yang relatif lambat dan mempunyai bulu yang relatif kasar.

Proses pertumbuhannya yang lambat sangat berpengaruh pada perolehan daging dan susu yang lebih sedikit. Selain itu, dari segi warna bulu, terdapat pula bercak cokelat, hitam, putih atau ada juga yang putih polos, atau bahkan hitam polos.

Untuk berat kambing Gibas jantan berkisar antara 30-40 kg per ekor-nya, sedangkan untuk kambing Gibas betina sekitar 20-30 kg per ekor-nya. Selain itu, ekor kambing Gibas ini sangat tipis, memiliki panjang sekitar 20 cm dengan ketebalan sekitar 3 cm.

Walaupun jenis ini masuk kedalam kategori ternak budidaya asli Indonesia, jenis kambing ekor tipis ini masih belum banyak diperjualbelikan karena pertumbuhannya yang sangat lambat.

Kambing Gibas Ekor Tebal atau Gemuk

Daftar Harga Kambing Gibas 2023: Semua Jenis, Ukuran dan Daerah Asalnya
Kambing Gibas Ekor Tebal atau Gemuk (sumber: rumahternak21.blogspot.com)

Berikutnya adalah Kambing Gibas Ekor Tebal atau Gemuk seperti pada gambar diatas, memiliki bobot lebih padat jika dibandingkan dengan kambing Gibas ekor tipis dan memiliki 14 ruas tulang ekor. Selain itu, ciri-ciri khas kambing ini adalah memiliki ekor yang tebal, kasar dan gimbal terlihat pada gumpalan sebagai cadangan lemak kambing.

Baca Juga :  Update Harga Roti Gembong Gedhe Terbaru 2024

Ciri-ciri lainnya pada kambing jenis ini adalah tidak mempunyai tanduk, baik pada kambing betina maupun kambing jantan. Memiliki kepala yang besar yang terlihat seperti cembung. Di sekitar matanya, terlihat pula ada warna putih, sedang pada bibirnya tidak terlihat ada noda hitam seperti kambing lain pada umumnya.

Populasi kambing Gibas Ekor Tebal  ini banyak ditemukan di daerah Madura. Kambing Gibas ekor tebal yang jantan memiliki berat sekitar 50-70 kg sedangkan Kambing Gibas ekor tebal betina ada diantara 30-40 kg.

Dengan berat badan yang berbeda dapat diketahui bahwa pertumbuhan kambing ini lebih cepat jika dibandingkan dengan kambing Gibas ekor tipis. Sehingga peternak lebih banyak tertarik untuk memelihara kambing Gibas ekor tebal ini.

Cara Budidaya Ternak Kambing Gibas Yang Baik

Daftar Harga Kambing Gibas 2023: Semua Jenis, Ukuran dan Daerah Asalnya
Cara Budidaya Ternak Kambing Gibas

Cara beternak kambing Gibas tidaklah terlalu sulit. Untuk itu, jika melihat dari harga kambing Gibas diatas, mungkin kamu berminat atau tertarik untuk mencoba peruntungan di bidan bisnis ternak kambing ini. Maka dari itu, simaklah beberapa poin penting dalam beternak kambing Gibas yang baik berikut ini.

Lokasi Kandang dan Lahan Harus Tenang dan Tidak Bising

Setelah mengetahui harga kambing Gibas pada tabel diatas, kamu juga perlu tahu cara budidaya ternak kambing Gibas, salah satunya yakni dalam membentuk kandang dan mencari lahan yang baik.

Kandang dan Lahan merupakan salah satu poin penting dalam beternak. Sebelum membeli dan memiliki bibit kambing Gibas, pilihlah lokasi lahan yang tenang dan jauh dari kebisingan agar kambing tidak stres dan mempengaruhi kurangnya nafsu makan.

Pastikan juga kandang memiliki ruang yang cukup, fasilitas yang memadai seperti tempat pakan dan minum dan ventilasi udara yang baik. Selain itu, rutin lah untuk membersihkan kandang agar kambing sehat dan bersih.

Pemilihan Bibit

Pilihlah bibit anakan kambing Gibas yang gemuk, bersih dan tidak memiliki ciri fisik cacat. Perhitungkan juga untuk memilih kambing Gibas yang berusia 6 bulan, karena di usia itu kambing tersebut sangatlah ideal untuk dipelihara. Kambing Gibas ekor gemuk sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai kambing pedaging karena dagingnya tebal dan banyak sehingga suatu saat dapat menambah nilai jual harga kambing Gibas suatu saat.

Gizi dan Pakan

Berikan juga nutrisi dan pakan yang seimbang yang cukup. Pastikan kambing Gibas mendapatkan makanannya dengan kualitas yang baik, yakni seperti rumput hijau yang segar, jerami dan tambahan konsentrat pakan yang mengandung protein tinggi, vitamin dan karbohidrat. Gizi dan pakan merupakan hal yang paling utama dalam beternak kambing Gibas agar suatu saat dapat menambah nilai jual harga kambing Gibas suatu saat.

Baca Juga :  20+ List Harga Silverqueen di Alfamart Terbaru 2024

Cara Fermentasi Pakan Kambing Gibas:

Jika kamu kesulitan untuk mendapatkan makanan hijau untuk kambing Gibas, maka buatlah pakan fermentasi dari limbah pertanian yang ada di sekitarmu. Berikut ini bahan dan cara proses pembuatan pakan fermentasi untuk kambing Gibas antara lain.

Bahan:
  1. Giling daun pisang atau rumput, dedaunan, dll
  2. Air sumur
  3. Ampas singkong
  4. Katul/ dedak
  5. Garam
  6. Tetes tebu
  7. EM4
Proses Pembuatan:
  • Campur kan semua pakan daun rumput dengan katul atau dedak sampai merata pada media terpal.
  • Masukkan ke dalam drum yang sudah di racik dengan air garam tetes tebu dan EM4.
  • 1 drum untuk beberapa hari tergantung pada banyaknya kambing Gibas.
  • Setelah itu, ambil pakan seperlunya dan drum ditutup rapat agar tidak dihinggapi lalat BSF karena jika bertelur nanti akan menjadi magot (belatung).

Perawatan Kesehatan

Meskipun harga kambing Gibas cukup menguras kantong, nyatanya kamu juga harus menguras dana yang tidak sedikit untuk perawatannya. Perawatan kambing Gibas bisa dibilang sangat mudah, kamu cukup memberikan pakan dengan teratur dan juga memberikan suplemen kambing agar menambah nafsu makan yang tinggi dan cepat gemuk. Perawatan kesehatan ini juga merupakan hal yang penting dalam beternak kambing Gibas agar suatu saat dapat menambah nilai jual harga kambing Gibas suatu saat.

Pahami perkembangbiakan Kambing

Pada umumnya, Usia kawin pada kambing Gibas betina adalah sekitar 10 hingga 12 bulan, sedangkan pada kambing jantan sekitar 1 tahun. Ciri-ciri kambing Gibas yang ingin kawin adalah mereka akan merasa gelisah dan kelaminnya akan membengkak, maka lakukanlah proses perkawinan segera mungkin.

Berapa harga kambing gibas sekarang?

Harga kambing Gibas dijual dengan harga yang bervariasi tergantung pada ukuran dan jenisnya. Jenis kambing Gibas ukuran dewasa jantan berkisar diantara Rp 2.500.000 – Rp 2.800.000 per ekor, sedangkan kambing Gibas ukuran dewasa betina berkisar antara Rp 2.300.000 – Rp 2.600.000.

Kambing siap jual umur berapa?

Kambing yang siap untuk dijual berumur antara 1-1,5 tahun, sehingga berat tubuhnya sudah tidak dapat bertumbuh lagi (kambing normal tidak kurus). Jadi saat umurnya tersebut sudah siap dan ideal untuk dijual.

Penutup

Harga Kambing Gibas
Harga Kambing Gibas

Nah, itulah penjelasan dan informasi daftar harga kambing Gibas untuk semua jenis, ukuran dan cara beternak nya agar dapat menghasilkan kambing Gibas yang tidak saja sehat, namun juga gemuk agar menjadi kambing yang berkualitas.

Selain itu penting untuk diingat bahwa,harga kambing Gibas diatas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu bergantung terhadap keputusan penjual. Untuk itu, silahkan lakukan konfirmasi langsung kepada penjual kambing Gibas untuk mendapatkan harga yang lebih akurat.

Selamat mencoba peruntungan dalambeternak dan semoga informasi diatas bermanfaat.

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng. Ikuti saya di Instagram: @juandasidabutar09

Artikel Menarik Lainnya