Cara Mengatasi Gagal A02 Shopee

Bagaimana cara mengatasi gagal A02 Shopee pembatasan aktivitas penjualan dan pembelian? Hal ini sering ditelusuri pengguna yang senantiasa menggunakan fitur-fitur shopee dalam hal menjual dan membeli kebutuhan mereka.

Biasanya A02 Shopee terjadi karena menunggak pembayaran Shopee PayLater dan aktivitas penjual dan pembeli yang tidak sesuai. Shopee kemudian mengirim pesan error saat kamu akan checkout produk tertentu. Oleh karena itu, cari tau cara mengatasi gagal A02 Shopee di halaman ini!

Apa Itu Gagal A02 Shopee?

Apa Itu Gagal A02 Shopee?
Apa Itu Gagal A02 Shopee?

Pernahkah kamu dibatasi atau mendapat pesan error karena aktivitas akun yang tidak sesuai. Seperti halnya pesan error gagal A02 Shopee yang kita bahas di halaman ini. Gagal A02 Shopee merupakan pesan eror pembatasan akun dari aktivitas penjualan dan pembelian karena melanggar kebijakan Shopee.

Gagal A02 Shopee juga bisa karena pengguna terlambat membayar tagihan Shopee PayLater yang berimbas pada pembatasan akun. Maksud terlambat bayar SpayLater berarti tagihan pada bulan tersebut sudah melewati tanggal jatuh tempo.

Perlu diketahui, sistem shopee mendeteksi aktivitas mencurigakan dan menindak tegas dengan pemblokiran dan pembatasan akun. Setiap pembatasan akun diiringi kode dan deksripsi singkat. Kode-kodenya berbeda-beda seperti F01, M04, F07, F05, dan A02 dibatasi dari aktivitas pembelian dan penjualan.

Berbagai Penyebab Gagal A02 Shopee

Untuk membahas cara mengatasi gagal A02 Shopee, maka anda perlu mengetahui penyebab pembatasan akun dari aktivitas pembelian dan penjualan. Berikut diantaranya

  1. Terdapat tagihan Shopee PayLater Belum Dilunasi. pengguna shopee bisa saja mengaktifkan Shopee PayLater untuk kemudahan transaksinya. Namun jika tidak tepat waktu membayar tagihan, pembatasan akun (Gagal A02) kemungkinan besar terjadi.
  2. Pembeli melanggar kebijakan tambahan. Shopee memiliki kebijakan yang perlu diperhatikan pembeli. Dalam hal ini kamu tidak diperbolehkan membeli produk berulang-ulang dari toko yang sama. Aktivitas tersebut diklaim tidak wajar dan dianggap hasil kerjasama dengan penjual untuk meningkatkan performa toko. Akun juga dibatasi jika pembeli menyalahgunaan voucher dan memanfaatkan bug Shopee.
  3. Penjual melanggar kebijakan Shopee. Penjual yang meningkatkan peringkat toko tidak wajar, menyalahgunakan promosi, dan bekerjasama dengan pembeli untuk melakukan transaksi di luar platform Shopee.
Baca Juga :  4 Cara Melihat Status WA Orang yang Tidak Menyimpan Nomor Kita Paling Manjur

Cara Mengatasi Gagal A02 Shopee

Shopee salah satu platform jual beli yang populer di Indonesia dengan segala penawaran menariknya. Di dalam aplikasi ini kamu bisa membeli barang menggunakan sistem bayar kemudian, metode tersebut dikenal dengan SpayLater.

Cara Mengatasi Gagal A02 Shopee
Cara Mengatasi Gagal A02 Shopee

Platform ini memiliki syarat dan kebijkan yang perlu diperhatikan penggunanya. Itulah mengapa setiap kali mendeteksi aktivitas tidak wajar, akun dibatasi sementara bahkan diblokir permanen. Salah satu kendala yang paling umum kita temukan yaitu gagal A02 Shopee.

Bagaimana cara mengatasi gagal A02 Shopee? Sesuai info pembatasan akun, kamu bisa atasi gagal melakukan pembelian dan penjualan barang Shopee dengan beberapa cara. Berikut Beadaily jabarkan satu-persatu cara mengatasi Gagal A02 Shopee.

1. Membayar Tagihan Shopee PayLater yang Sudah Jatuh Tempo

Cara mengatasi gagal A02 Shopee yang pertama adalah membayar tagihan paylater yang sudah jatuh tempo. Pembatasan akun ini mungkin saja terjadi karena shopee mendeteksi anda melakukan pembelian berulang sedangkan kewajiban paylater tidak dilunasi.

Oleh karena itu, lunasi kewajiban kamu di shopee dan pastikan tepat waktu setiap bulan. Dengan cara ini, pengguna bisa pastikan tidak ada aktivitas yang menyalahi pedoman platform shopee dan semakin minim kemungkinan akun dibatasi saat membeli dan menjual barang.

Berikut langkah membayar tagihan Shopee PayLater sebagai cara mengatasi Gagal A02 Shopee:

  • Masuk ke akun Shopee yang dibatasi dan memiliki tunggakan paylater
  • Klik menu “Saya” lalu pilih SPayLater
  • Nanti akan muncul tagihan yang sudah masuk tanggal jatuh tempo dan bunganya
  • Klik bayar tagihan > bayar sekarang
  • Atur metode pembayaran dan kembali klik bayar sekarang
  • Selesaikan pembayaran Shopee PayLater anda menggunakan metode tersebut
Baca Juga :  2 Cara Melihat Bio WA Yang Disembunyikan Terbaru 2024

Shopee akan mengirim konfirmasi pembayaran ke akun mu, segera periksa apakah pembatasan akun sudah dipulihkan dan sebaliknya.

2. Mengajukan Banding

Mengajukan Banding
Mengajukan Banding

Mengajukan banding adalah solusi mengatasi gagal A02 Shopee diluar pelunasan tagihan SpayLater yang jatuh tempo. Jika kamu merasa tidak melakukan kesalahan dalam transaksi jual beli, aktifkan kembali akun melalui banding. Berikut data yang perlu kamu siapkan untuk mengajukan banding:

Untuk pembeli:

  • Kartu Tanda Penduduk
  • Bukti Transaksi seperti pembelian, transfer dan pembayaran
  • Cantumkan ID Shopee dan nomor yang tertaut di aplikasi

Untuk penjual:

  • Informasi lengkap bisnis di Shopee
  • Foto identitas (KTP/kartu pelajar/kartu pegawai)
  • Bukti pengiriman produk
  • Bukti kepemilikan produk
  • Bukti lain bahwasanya tidak ada transaksi jual beli di luar apllikasi shopee atau kendala yang membuat akun dibatasi.

Setelah itu, kamu bisa hubungi Shopee melalui email [email protected]. Sampaikan kepada CS bahwa akunmu telah dibatasi (gagal A02) dari aktivitas pembelian dan penjualan karena telah melanggar kebijakan Shopee atau dikarenakan keterlambatan membayar tagihan ShopeePayLater. Mereka akan memeriksa aktivitas dan mengaktifkan akun jika tidak mendeteksi pelanggaran berat.

3. Menghubungi Customer Service

Cara mengatasi gagal A02 Shopee yang selanjutnya menghubungi CS Shopee melalui layanan call center, telepon dan email. Cara ini cukup mudah dimana kamu hanya perlu mengakses menu bantuan di aplikasi untuk penanganan lebih cepat.

  • Buka aplikasi Shopee di Smartphone kamu
  • Lalu pergi ke menu “saya” di pojok kanan bawah beranda
  • Gulir kebawah untuk menemukan menu “pusat bantuan”
  • Nantinya akan muncul opsi untuk menghubungi Shopee melalui live chat, telepon dan email
  • Pilih salah satu opsi dan sampaikan kendala kamu tidak bisa memesan dan menjual barang di Shopee
  • Terakhir klik kirim dan tunggu balasannya

Selain kontak diatas, kamu juga bisa menghubungi pihak Shopee via media sosial berikut:

  • Facebook: @ShopeeID
  • Twitter: @ShopeID
Baca Juga :  3 Cara Cek Tagihan PDAM yang Sudah Dibayar dengan Mudah

4. Menggunakan Akun Baru

Menggunakan akun baru adalah cara mengatasi gagal A02 Shopee yang terakhir. Jika akun kamu terdeteksi pelanggaran berat seperti transaksi di luar Shopee kemungkinan besar tidak bisa dipulihkan. Maka kamu bisa menghapus akun permanen dan membuat yang baru.

Menggunakan Akun Baru
Menggunakan Akun Baru

Sayangnya cara ini tidak efektif bagi mereka yang menggunakan ShopeePay, ShopeePayLater dan Spinjam. Jika akun sudah terdaftar kedalam tiga fitur tersebut, kamu tidak bisa menggunakanya di akun baru kecuali meminta identitas orang terdekat untuk verifikasi dari awal. Berikut cara menghapus dan membuat akun baru sebagai salah satu cara mengatasi gagal A02 Shopee:

  • Buka aplikasi Shopee lalu masuk ke menu “Saya”
  • Gulir kebawah dan pilih “Pengaturan Akun”
  • Kemudian pilih “Ajukan Penghapusan Akun”
  • Lalu klik “Ok”
  • Pilih alasan menghapus akun
  • Klik “Lanjut”
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan Shopee melaui SMS
  • Permintaan penghapusan akun akan diproses

Dalam menghapus akun Shopee ada syarat dan ketentuan berlaku, pengguna tidak boleh memiliki tagihan Shopee PayLater dan Spinjam, jika ada maka permintaan menghapus akun ditolak. Jika masih memiliki produk terdaftar maupun pesanan dalam proses, penghapusan akun juga tidak bisa dilakukan.

Setelah akun sukses dihapus, kamu tidak bisa log in dan melihat riwayat akun tersebut. Meskipun dilakukan pengajuan pembuatan akun yang sama, Shopee akan menolaknya.

Lihat juga Cara Mendapatkan Voucher Gratis Ongkir Shopee Setiap Hari

Penutup

Cara Mengatasi Gagal A02 Shopee
Cara Mengatasi Gagal A02 Shopee

Untuk menjaga kualitas dan integritas platform, Shopee memiliki sejumlah syarat dan kebijakan yang harus dipatuhi pengguna. Aktivitas yang melanggar kebijakan seperti spam, manipulasi pembelian, penjual dan pembeli bekerjasama melakukan transaksi di luar Shopee dan memiliki tunggakan SpayLater.

Dengan melakukan empat cara mengatasi gagal A02 Shopee diatas, sobat dapat mengajukan banding dan kembali menggunakan Shopee untuk menjual dan pelarian belanja online. Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya