3 Solusi Kepencet Pesanan Diterima Di Shopee

Barang sedang di perjalanan namun pengguna tidak sengaja klik pesanan diterima? Tidak perlu khawatir kini ada solusi kepencet pesanan diterima di Shopee. Sudah menerima barang pesanan Shopee namun belum klik “pesanan diterima” hal yang lumrah dilakukan pembeli dengan berbagai alasan.

Namun bagaimana jika pesanan belum sampai namun terpencet sudah diterima? kecerobohan yang seringkali meninggalkan masalah untuk si pembeli sebab mereka tidak bisa klaim garansi Shopee jika sewaktu-waktu barang sampai dalam kondisi catat atau sekedar khawatir paket tidak dikirim ke alamat karena status pengiriman sudah selesai.

Jika kamu tidak sengaja mengkonfirmasi pesanan diterima di Shopee kamu bisa mengikuti pembahasan ini untuk mendapat solusi paling efektif.

Arti Pesanan Diterima di Shopee

Arti Pesanan Diterima di Shopee
Arti Pesanan Diterima di Shopee

Tombol konfirmasi pesanan diterima di Shopee memang seharusnya di klik saat pembeli sudah menerima barang fisik dari kurir. Setelah barang diterima, pihak Shopee akan meneruskan dana pembelian kepada seller. Setelah itu pembeli bisa melakukan pemeriksaan barang atau mengajukan pengembalian jika produk tidak sesuai.

Ini berarti saat pembeli sudah menerima barang namun belum konfirmasi diterima Shopee masih menahan sampai waktu tertentu. Jika sudah melebihi waktu yang ditetapkan dan pembeli belum mengonfirmasi, sistem Shopee otomatis mengubah status menjadi “selesai”.

Ada beberapa hal penting saat pembeli sudah konfirmasi “Pesanan Diterima” yaitu sebagai bukti pembeli sudah menerima barang, dana akan diteruskan sistem Shopee pada penjual dan sebagai bukti penting seller jika dana tidak masuk ke akun mereka.

Bagaimana Jika Tidak Sengaja Klik Pesanan Diterima di Shopee?

Untuk membahas solusi kepencet pesanan diterima di Shopee, kamu perlu mengetahui konsekuensi dari konfirmasi tanpa menerima barang Shopee. Seperti yang dijelaskan pesanan diterima berati pembeli telah mengonfirmasi pengiriman sudah berakhir.

Lalu adakah konsekuensi jika kita tidak sengaja klik pesanan diterima untuk pembelian Shopee? Berdasarkan pengalaman pengguna, hal ini tidak berpengaruh besar pada pengiriman. Jadi paket akan tetap diantarkan ke alamat tujuan. Namun jika sudah klik pesanan diterima, sistem Shopee langsung mengirim saldo ke akun penjual seperti skema yang seharusnya.

Baca Juga :  40 Urutan Film Netflix Rating Tinggi Terbaik, Semua Genre Paling Banyak Ditonton

Sayangnya jika ada masalah dalam pengiriman yang menyebabkan barang cacat, proses refund atau klaim garansi pengiriman semakin sulit. Meskipun kasus ini sangat jarang, lebih baik anda mencoba solusi kepencet pesanan diterima di Shopee. Tujuannya supaya kedua belah pihak saling tahu dan semakin mudah dalam proses return ataupun refund.

Solusi Kepencet Pesanan Diterima di Shopee

Solusi Kepencet Pesanan Diterima di Shopee
Solusi Kepencet Pesanan Diterima di Shopee

Saat tidak sengaja klik pesanan diterima di Shopee kita sangat khawatir barang tidak sampai dan pembelian sia-sia, padahal ada solusi kepencet pesanan diterima di Shopee dan barangmu akan tetap sampai. Hanya saja prosesnya lebih rumit karena kamu harus mengonfirmasi pada penjual, CS Shopee bahkan pihak ekspedisi sesuai titik terakhir pengiriman.

Nah, bagi kamu yang sedang mengalami kendala yang sama berikut adalah solusi kepencet pesanan diterima di Shopee:

1. Lacak Posisi Paket

Solusi kepencet pesanan diterima di Shopee yang bisa kamu lakukan yaitu melacak posisi paket terakhir. Kamu bisa berpatokan pada posisi terakhir pengiriman Shopee maupun tracking di website jasa kirim seperti JNT atau cekresi.com. Selalu lacak pengiriman agar kamu tahu lokasi terakhir paket dan memperkirakan waktu barang sampai di alamat tujuan.

Kamu juga bisa mengambil barang di gudang agen terdekat sesuai titik pengiriman. Misalnya paket sudah sampai di lokasi transit terakhir, kamu bisa mendatangi lokasi untuk mengambil barang. Jika memilih cara tersebut, pastikan membawa data diri dan nomor resi pengiriman yang akan diperiksa petugas sebelum menyerahkan barang.

Meskipun sudah terlanjur klik pesanan diterima, paket tetap diteruskan kepada pembeli sesuai estimasi pengiriman di aplikasi. Jadi, selalu lacak nomor resi untuk mengetahui posisi terakhir dan kapan waktunya barang dibawa kurir ke lokasi tujuan.

Baca Juga :  7 Susunan Acara Ulang Tahun Anak yang Berkesan

2. Konfirmasi Kepada Seller

Konfirmasi Kepada Seller
Konfirmasi Kepada Seller

Solusi kepencet pesanan diterima di Shopee berikutnya yaitu mengonfirmasi pada penjual. Saat klik pesanan diterima berarti anda mengonfirmasi pembelian telah berakhir dan sistem Shopee otomatis meneruskan dana ke saldo seller.

Pada dasarnya paket akan diteruskan ke alamat pembeli hanya saja proses retur atau refund akan sulit jika barang cacat. Jadi, solusi kepencet pesanan diterima di Shopee yang mungkin bisa kamu lakukan mengonfirmasi kepada penjual dan menjelaskan kendala. Saat ingin retur atau refund barang cacat, kamu dan seller bisa menyelesaikannya di luar sistem Shopee.

3. Minta Bantuan CS Shopee

Meminta bantuan CS adalah solusi kepencet pesanan diterima di Shopee yang terakhir. Sebetulnya hal ini tidak terlalu penting jika penjual merespon baik dan memberikan solusi apabila barang diterima keadaan cacat. Namun jika hal sebaliknya yang terjadi, segera hubungi customer service Shopee di layanan live chat.

Berikut langkah-langkah menghubungi CS Shopee:

  • Buka aplikasi Shopee di smartphone kamu
  • Lalu cari toko penjual yang barangnya kamu terima dalam keadaan cacat dan sudah terlanjur klik pesanan diterima
  • Klik chat untuk membuka percakapan yang sebelumnya
  • Karena seller tidak merespon dengan baik kamu bisa klik tiga titik di sudut kanan obrolan lalu pilih “butuh bantuan?”
  • Di halaman pusat bantuan pilih “Chat Shopee Sekarang”
  • Jelaskan kendala kamu dalam 30 kata. Jangan lupa lampirkan resi pengiriman dan sampaikan jika seller tidak merespon baik permintaan retur maupun refund barang
  • Nanti akan muncul solusi yang relevan untuk masalah tersebut

Pengembalian Barang dan Dana Pesanan yang Tidak Sengaja Konfirmasi Diterima

Pengembalian Barang dan Dana Pesanan yang Tidak Sengaja Konfirmasi Diterima
Pengembalian Barang dan Dana Pesanan yang Tidak Sengaja Konfirmasi Diterima

Jika sudah mengetahui solusi kepencet pesanan diterima di Shopee, lalu bagaimana sistem pengembalian barang dan dananya? Hal ini wajib kamu ketahui jika barang yang diterima tidak sesuai deskripsi atau dalam keadaan cacat.

Baca Juga :  Berapa Lama Hasil Pemakaian Maxie Glow Terlihat? Berikut Jawabannya!

Dalam pengiriman barang Shopee, pengajuan pengembalian barang/dana hanya bisa dilakukan saat menerima produk atau saat pembeli tidak menerima barang sehari setelah tanggal garansi tiba. Misalnya untuk pengiriman barang tertentu Shopee memberikan garansi tiba di tanggal 19 Mei, namun barang belum diterima sampai tanggal 20 Mei maka pembeli bisa klaim dan mengajukan pengembalian.

Jika tidak sengaja klik barang diterima namun status masih dalam pengiriman, pembeli bisa menunggu selambat-lambatnya 3 hari untuk pengembalian barang dan dana. Shopee mengaktifkan fitur “Ajukan Pengembalian” 3 hari setelah pesanan diterima. Jika lebih dari waktu tersebut, kamu hanya bisa mengajukan pengembalian di luar sistem dengan cara bernegosiasi bersama seller.

Biasanya proses pengembalian barang dan dana memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Pengembalian karena barang rusak bisa dilakukan tanpa tambahan biaya namun kesalahan variasi produk yang dipilih pembeli dikenakan charge mulai Rp10.000.

Sementara itu, barang yang terlanjur konfirmasi diterima namun masih dalam pengiriman tentu berpengaruh pada proses pengembalian nya. Hal tersebut karena pembeli tidak bisa mengajukan pengembalian dari sistem Shopee melebihi waktu tersebut. Maka dari itu, perlu memahami ketiga solusi diatas untuk mencegah hal-hal yang berpengaruh pada proses retur ataupun refund barang.

Penutup

Solusi Kepencet Pesanan Diterima Di Shopee
Solusi Kepencet Pesanan Diterima Di Shopee

Menekan pesanan diterima menandakan kamu telah mengonfirmasi pembelian selesai dan perlindungan pembeli dari Shopee berakhir. Ini juga berdampak pada proses pengajukan barang yang lebih rumit karena Shopee dan penjual akan meminta bukti dan penjelasan tambahan.

Namun tidak salah mencoba tiga solusi kepencet pesanan diterima di Shopee untuk mempercepat penyelesaikan apabila produk yang kamu terima tidak sesuai deskripsi. Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya